Home / Kesehatan / 5 Lines Of Happiness : Brain Optimizer
Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie

5 Lines Of Happiness : Brain Optimizer

5 Lines Of Happiness , Brain Optimizer. Setelah mengenal cara kerja otak (Brain Ways)  dan  mengetahui siapa aku lewat Find True Your Color,  akan jauh lebih mudah  untuk meminimalisir stress yg muncul dari dalam diri kita. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar  selalu dalam kondisi equilibrium (Balance). Salah satu program yang ditawarkan oleh Stress Management Regenesis+ Lineation,  Brain Optimizer. Treatmentnya  adalah dengan  senam otak (Brain Gym). Brain Gym lebih menangani keadaan sekarang untuk menghadapi situasi dihadapan kita.

Jadi inget waktu tahun lalu setelah mengalami sakit berkepanjangan dan katanya sedang dilanda stress berat hehehe, memang yang aku rasain saat itu ketidaksiapan diri sendiri menerima sesuatu yang mengecewakan dan mendapatkan tekanan dari sana sini secara bersamaan yang otomatis berasa over load banget.  Membuat down, pastinya, tak ada gairah buat hidup kasarnya mati segan hidup tak mau, aiih Allah masih sayang selalu memberikan kekuatan dan keyakinan pada diri dan memberikan pertolongan melalui tangan-tangan sahabat, karena dengan supportnya  aku bisa kembali melihat indahnya warna warni dunia dan  bisa kelayapan lagi,  kalo si Nchie udah kelayapan berarti udah sembuh, ya begitulah salah satu sahabat berkicau.

Setelah bisa beraktifitas seperti biasa sambil melakukan beberapa terapi healing, masih ada kendala, rasanya ga produktif, ga kerja karena badan ga memungkinkan, mau  ngeblog ga bisa nulis. Rasanya sedih banget, sampai  berbulan-bulan ga bisa nulis, ga fokus, apa sebabnya? kembali konsultasi lagi sama Dokter David tentang keluhanku, padahal rajin loh healing, sampai aku pun disarankan untuk mengkonsumsi vitamin otak hahaa.  Atulah  Dok, itu tandanya aku lemot parah kah? Ok, aku mengikuti sarannya, coz aku pengen banget melakukan rutinitas seperti biasa lagi.

Akhirnya kembali Dokter  yang selalu kece menyarankan untuk mengikuti Brain Gym yang ada di  Lineation ( dulu masih DF Centre). Beberapa kali mengikuti seminar dan workshopnya  dipandu oleh pakarnya yang cantik Ibu Damma S Panne.  Nah, dengan mengikuti treatment  Brain Gym ini  harus dengan hati yang senang, biar bisa mengikuti gerakan-gerakan dengan optimal.

Brain Gym (BG)

Brain Gym  atau senam otak  merupakan serangkaian olah gerak  menggunakan anggota organ tubuh,  dengan melakukan 26 gerakan dasar/ body movement yang  dapat mengintegrasikan kecerdasan otak agar otak menjadi dinamis (Dynamic Brain),  sehingga badan selalu dalam kondisi balance dalam berbagai setting situasi. Karena otak merupakan bagian tubuh yang berperan sebagai pusat sistem koordinasi untuk semua organ tubuh yang berhubungan dengan intelegensia  dan kecerdasan seseorang.

Melihat dari sudut pandang fungsinya, otak terbagi menjadi dua belahan yaitu belahan kanan dan belahan kiri. Otak belahan kiri berperan dalam hal yang berkaitan dengan logika misalnya kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Sedangkan Otak belahan kanan berperan adalam hal yang berkaitan dengan hubungan atar manusia, sosialisasi, berkomunikasi dan pengendalian emosi. Nah, pada belahan belahan otak kanan lah adanya kemampuan intuitif, menciptakan rasa, ekspresi tubuh seperti  bernyanyi, menari dan melukis. Pengoptimalan  seluruh bagian otak ini akan membuat fungsi otak tetap optimal, tapi tak semua orang bisa melakukan pengoptimalan peran ini, maka dari itu perlu banget diterapkan senam otak.

Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie

Latihan Brain Gym

Akhirnya, mencoba mempraktekkan senam otak dengan gerakan-gerakan yang  dikelompokkan ke dalam 26 gerakan dasar yang berguna untuk menstimulasi seluruh bagian otak. Namun sebelum memasuki gerakan Brain Gym ini, ada tahapan yang harus dilakukan, diantaranya

 1.  Menetapkan Tujuan

Membayangkan masalah/keluhan  yang ingin diatasi atau goal yang ingin dicapai. Dari situlah, membentuk kalimat tujuan yang Positive, Active, Clear (jelas) dan Energetic. Mengutarakan  tujuan  dalam sebuah kalimat yang positif, menunjukkan kontribusi yang aktif dari diri sendiri, jelas, dan menimbulkan semangat. Misalnya : Aku fokus menulis, ngeblog  dengan lancar, nyaman dan semangat.

2. Start Noticing

Noticing adalah  suatu proses memfokuskan perhatian ke saat ini saja dan memerhatikan bagaimana yang kita lakukan dan apa yang dilakukan,  dimana tujuannya  untuk mengetahui kebutuhan badan  dengan merasakan setiap bagian tubuh.  Pada tahap ini, membantu mengenali apakah otak  sudah terintegrasi atau belom. Keadaan otak yang tidak terintergrasi  ketika merasakan ketidakseimbangan, pusing atau beban berat di salah satu bagian tubuh, atau perasaan ga nyaman.  Setelah mengetahui perasaan ga nyaman, baru lah mulai melakukan gerakan brain gym yang sesuai dengan tujuan diatas.

Yuk!

  • Pertama, minum air putih dengan pelan-pelan sampai dirasakan  ke rongga mulut, gunanya untuk untuk mengaktifkan gelombang elektromagnetik di otak sehingga dapat menyimpan dan menggunakan kembali informasi secara efisien.
  • Kedua, gerakan sakelar otak  dengan memiijat jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang pusar. Dan lakukan secara bergantian dengan menukar posisi tangan, gunanya untuk membangkitkan fokus.

Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie

  • Ketiga, gerakan silang (cross crawl) dengan  cara menyentuhkan siku ke lutut yang berlawanan arah, misalnya siku kanan ke lutut kiri dan sebaliknya secara bergantian. Gerakan ini gunanya untuk membangkitkan otak kanan dan kiri untuk berkoordinasi. Nah, air dan sakelar otak akan membantu untuk kesiapan tubuh dan otak sebelum melakukan gerakan silang ini.

Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie

  • Keempat, gerakan kait relax  dengan menaruh kaki kiri di atas kaki kanan, kemudian tangan kiri disilangkan di atas tangan kanan dengan ibu jari menghadap ke bawah. Lalu putar dan tarik tangan yang menyilang ke depan dada dan bernafaslah dengan lidah menempel ke langit-langit mulut saat menarik napas dan melepaskan  saat menghembuskan napas. Gunanya kait relaks berguna  menyelaraskan elektromagnet di otak sehingga memberikan ketenangan atau memunculkan aura positif.  Mulailah melanjutkan dengan 26 gerakan  yang sesuai dengan goal yang diinginkan.

Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie

Untuk  melakukan latihan senam otak cukup 15 menit di setiap latihan, kalau bisa setiap hari atau setiap saat dibutuhkan.

Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie26 Gerakan Brain Gym (poto dari mbah google)

Manfaat Brain Gym

Dengan rutin melakukan  26 gerakan- gerakan brain gym, ga harus semuanya tapi yang sesuai dengan goal kita, buat aku karena dibutuhkan  lebih fokus, maka gerakannya pun dilakukan yang  butuh kefokusan. Misalnya, dengan  mengangkat jempol tangan kanan, dengan siku yang lurus. Lalu membentuk  gerakan angka 8 tertidur dan mata mengikuti setiap langkah jempol tersebut. Gerakan ini dilakukan secara perlahan, lalu bergantian dengan tangan kiri.

Ya, banyak banget manfaat dari gerakan senam otak yang aku rasakan, diantaranya

  1. Menjadi lebih fokus
  2. Mampu menyeimbangkan kerja otak belahan kanan dan kiri
  3. Mampu mengelola manajemen waktu dengan baik
  4. Meningkatkan kepercayaan diri
  5. Relaksasi

Yeay, dengan rutin melakukan  gerakan brain gym, dan menerapkan sugesti dalam diri dengan mengungkapkan kata-kata yang positif saat itu seperti yang disarankan oleh Dokter, dan selalu dikontrol perkembangannya oleh beliau.

Aku bisa menulis saat ini,

Aku bisa menulis kapan pun

Aku bisa menulis dimana pun 

*harus diucapkan berulang-ulang setiap saat.

Akhirnya setelah hampir setengah tahun lebih ga bisa menulis dengan kendala ini itu, up n down  sedikit demi sedikit mulai bisa diatasi. Biasanya menulis  curhat atau paid review adalah me time aku mendadak berasa boomerang buat diri sendiri. Namun dengan keyakinan diri karena pengen hidup yang lebih produktif dan lebih baik tentunya, hanya diri sendiri lah  yang harus move on.

Beberapa hal yang dapat dipelajari dari senam otak ini, buatku sangat berguna karena dapat menstimulasi otakku yang nge-heng, jika fungsi otak kiri dan kanan terintegrasi akan membantu memecahkan setiap masalah dan lebih bisa mengontrol emosi, mengurangi tingkat stress. Dan tentunya lebih meningkatkan kualitas hidup.

Alhamdulillah, dua langkah dari  5 Lines of Happiness bisa aku ikutin dengan penuh semangat.  Makasih buat Bu Damma yang udah telaten  memberikan latihan brain gym ini, special thanx buat  Dokter David yang selalu mengingatkan rajin latihan biar hasilnya maksimal dan jadi tahu Cara Mengelola Stress dengan baik.

Yeaay, aku dah bisa ngeblog lagi, Dook!

Brain Gym | Brain Optimizer | 5 Lines of Happiness | regenesis+ | Lineation Centre | Nchie Hanie

Ngeblog  adalah me time, buat terapi jiwa juga

 

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

64 comments

  1. brain games bisa membantu fokus ya. penting banget nih kalau otak bisa fokus pada kegiatan tertentu

  2. Ternyata tidak hanya otot ya yang perlu dilatih, otak pun juga. 😀
    Hatur nuhun atas sharingnya teh. 🙂

  3. Sehat terus teh nchie olahraganya rutin ya, agar ngeblog ya bisa optimal sip

  4. Sehat terus neng. wiih senangnya hidupmu neng.

  5. Setuju mba, nge blog adalah terapi jiwa hehehe.. me time yang asik. Btw aku brain gym nya itu ngerjain bookworm, sudoku, puzzle, gitu gitu mba hehehe

  6. Bahasan kali ini rada berat… Saya bacanya bolak balik da maklum lemot
    Mau fokus gagal melulu hahaha

    • Hihii..teteeh, awalnya aku pun sama berat banget pas ngikutin,
      tapi harus dibarengin praktek, justru malah simple..sampe sesimple itu kadang kita lupa kalo kala BG ini emang penting banget dan banyak manfaatnya buat tubuh

  7. Senam otak bikin lebih rileks dan makin fokus ya..

  8. Lelah gak seh teh terapi otak gini? Kalau aku terapinya biasanya ke salon facial, atau nonton film aja, hahahaha

  9. Teteh, aku juga ngerasa bahwa ngeblog juga terapi jiwa. Apalagi nerima liputan berita yang kriminal. DUh stres. Perlu lah menerapkan 5 lines of happiness ini 🙂

  10. Aku pengen deh ikutan gym 😀 biar semakin fokus dan produktif teh.
    Wahhh itu pewe banget ngeblognya teh! Ajak-ajak sih hehhehe

  11. Baru tauuu ada Brain Gym, ternyata bukan cuma otot yang perlu ‘olahraga’ yaa

  12. Eh, tau gak, Teh… sambil baca, saya praktek, dong! Wkwkwk… nyobain Brain Gym, juga
    Aiih.. itu ngeblog di alam bebas, oke juga ya… di Maribaya, ya, Teh?

  13. Miss tamunya membentuk angka 8 muter jari. Semoga sehat selalu mba

  14. Banyak macam dan variasinya senam otak. Boleh dicoba nih. Mpo lagi malas banget nulis

  15. hai mb Nchie, masi inget aku ga? hehe.. Jadi pengen cobain ini, kl kemaren2 pas hamil ini aku belajar ttg hypnobirthing, secara afirmasi dan sugesti positif sama ya mb, cm ini untuk otak 🙂 Alhamd sekarang udah bisa produktif lagi ya mb, sehat2 selalu yaaa

  16. aku butuh ini sepertinya, biar pokus, mengingat udah jarang banget sepedaan, jarang gerak, kalo pening cuma tiduran males-malesan.

  17. aku butuh ini sepertinya huhuhu

  18. Kudu dicoba ya ini, biar bisa fokus terus dan sehat tentunya. Ternyata otak juga butuh olahraga ya teh

  19. Wah.. bermanfaat bgt ya teh brain gym ini.. btw sy setuju ngeblog itu terapi jiwa, menulis melembutkan hati.. TFS teh..

  20. Wuoo… terapinya sukses ya mba…. bisa bikin pikiran dan tubuh kembali fokus… gerakannya perlu dicoba biar bugar juga… 😀

  21. Terima kasih mba, aku lagi suka sukanya baca artikel artikel self development seperti ini.. bermanfaat sekali

  22. Wow ini tulisannya bermanfaat bgt. Makasih Mbak. Langsung pgn coba nih brain gym

  23. Baca sambil praktekin hihi…

  24. Bacanya pelan – pelan sambil diresapi dengan seksama

  25. Otak juga perlu senam, ya. Kalau ngomongin senam aku ingetnya skj 89 itu lho. Hihihi.

  26. Buat yang panikam kayak aku mah, wajib dipraktikkin ini :))
    Artikelnya saya bookmark ah, Teh.

  27. Pernah jg dikasih tau manfaat dan beberapa gerakan brain gym sm guru tk jav

  28. Wah penting ini, pas butuh pas ada info ini.

  29. aku kayaknya butuh brain gym sesekali juga dikantor nih biar tetep waras menghadapi kuishunter jaman now hahaha

  30. Setelah rutin dikerjain, terasa banget yah manfaatnya, badan dan otak leibh siap dalam menghadapi segala tantangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.