Home / Kesehatan / 5 Lines of Happiness : Natural Trauma Healing
Natural Trauma Healing (NTH) | Self Healing | Regenesis+ Lineation | 5 Lines Of Happiness | Stress Management | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

5 Lines of Happiness : Natural Trauma Healing

5 Lines of Happiness : Natural Trauma Healing. Seperti pepatah yang mengatakan, banyak jalan untuk ke Roma, begitupun banyak jalan untuk menuju kebahagian. Masalah dalam kehidupan terkadang selalu ada, ga bisa dihindari, sudah seharusnya kita hadapi dengan ikhlas. Mengucapkan kata ikhlas memang gampang banget diucapkan dimulut, namun apakah dalam hatinya sama? Belum tentu di hati, pikiran/otak dan tubuh menerimanya. Karena tidak sinkronnya antara mulut, pikiran dan tubuh ini jelas akan membuat rasa  ga nyaman yang lama kelamaan akan terus menumpuk hingga menimbulkan stress. Nah kondisi seperti ini merupakan salah satu bentuk trauma yang terpendam.

Apalagi aku termasuk pribadi yang diam dan memendam  jika mendapatkan sesuatu yang ga nyaman,  apalagi dalam hal urusan pribadi lebih ke introvert, senang menyimpan segala sesuatunya sendiri, bukan tipe  yang suka bercerita panjang lebar pada setiap orang. Katanya sih berbahaya kalau punya karakter seperti ini, istilahnya ngebatin sendiri karena menyimpan sesuatu yang tak terungkapkan. Namun sejauh ini aku masih nyaman saja dengan diriku. Berbagai masalah kehidupan sering dialami, membuatku belajar dan menjadi lebih kuat menghadapi hidup ini.

Pernah suatu hari dikecewakan teman dan  sahabat, karena  sebagian cerita hidupku aku bagi yang harusnya masuk zona privacy, malah diceritakan sama orang lain. Merasa tak dianggap dalam dunia pekerjaan, persaingan di dunia kerja,  disakiti dan difitnah rekan kerja sudah menjadi hal biasa. Masalah keluarga yang sempat membuat down tak kunjung terselesaikan. Jawabku, ya sudah, biarkan saja! Dari setiap kata-kata ya sudah, biarkan saja, tubuh menyimpan rasa kecewa yang  tanpa disadari berefek pada gangguan tubuh.

Hidupku yang katanya selalu ceria, namun menyimpan  trauma karena 17 tahun yang lalu  pernah kecelakaan lalu lintas yang fatal pake banget. Diberikan kesempatan untuk merasakan hidup  kedua kalinya dengan cara bersyukur dan melakukan hal yang lebih bermanfaat. Namun trauma itu melekat  dan menghantui, setiap mendengar suara kecelakaan kendaraan, teriakan apalagi melihatnya pas lagi dijalan, otomatis diri ini langsung panik berlebihan, rasa ketakutan, cemas, bergetar seluruh badan dan ketika di jalan menemukan  kecelakaan aku  bakalan mlipir jongkok ke pinggir jalan dengan menutupi telinga dan mukaku.

Berbicara masalah trauma yang aku rasakan memang mengganggu, karena disetiap trauma akan menimbulkan dampak seperti berikut:

  1. Cedera jasmani/luka : luka, memar atau patah
  2. Tekanan jiwa/mental : perasaan sedih, kehilangan, marah/dimarahi, preassure pekerjaan, rumah tangga, sekolah dan bencana.

Yang aku rasakan terberat adalah ketika trauma kecelakaan yang mengakibatkan cedera jasmani dan sekaligus  berefek pada mental karena kejadian tersebut.

Sampai pada tahun  2016 akhir  mengenal  tentang cara pengobatan healing ini, yang akhirnya membawaku kembali ketemu Dokter David dan disarankan mengikuti workshop Natural Trauma Healing di Klinik miliknya.  Karena setiap orang butuh bahagia, kalau hatinya bahagia maka dengan sendirinya akan terpancar kecantikannya. Dan sebaliknya, kalau hati dan pikiran sedang kusut  wajah kita pun akan terlihat kucel dan tampak jelek. Lagi lagi bersahabat dengan  dokter niy membuatku jadi nambah wawasan tentang pentingnya kesehatan tubuh, kebahagiaan hidup, cara mengatasi masalah dikehidupan,  yang ujung-ujungnya stress  melanda dan semuanya berefek pada kecantikan dan kesehatan kulit.

Natural Trauma Healing (NTH)

Natural Trauma Healing (NTH)  merupakan program yang akan membantu menyelesaikan trauma  dalam kehidupan. Treatmentnya  dengan gerakan Psoas Conditioning yaitu kumpulan gerakan yoga yang bertujuan untuk streching dan exercise  otot psoas dan otot-otot yang berhubungan langsung didalamnya, sehingga membantu tubuh  berenergi dan sehat. Exercise ini akan melatih kecerdasan tubuh untuk melakukan “self healing” secara natural dalam kondisi apapun sehingga dapat menghilangkan trauma yang secara  sadar maupun tidak  yang tersimpan di dalam tubuh.

Pelatihan ini juga akan memaksimalkan kecerdasan tubuh dalam mengobati dirinya sendiri dengan Neurogenic Tremor, dimana tubuh kita akan bergetar dengan sendirinya. Neurogenic tremor merupakan kemampuan tubuh dalam meredakan stress fisik atau mental. Namun kadang dikarenakan “ego manusia”  yang secara alamiah menghalangi neurogenic tremor untuk bekerja, maka dari itu perlu dilatih terus menerus.

Natural Trauma Healing (NTH) | Self Healing | Regenesis+ Lineation | 5 Lines Of Happiness | Stress Management | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

Sekilas tentang perjalanan NTH yang pada awalnya dipelopori oleh dr David Barcelli sebagai TRE (Trauma Release Exercise), seorang ahli  Traumatology di Afrika dan Timur Tengah, sebagai hasil observasi dari insting alamiah saat serangan bom di Libanon. Observasi  prilaku pada hewan di alam, dan melakukan shaking  untuk meredakan stress.

Kini, diadopsi disempurnakan  dan dikembangkan dalam Regenesis plus oleh dr David Budi sebagai  dokter yang berpraktek Anti Aging Medicine dan para koleganya untuk  modalitas stress management pasien-pasiennya.

Tubuh kita dilengkapi kecerdasan yang memungkinkan utk self healing dalam kondisi apapun, namun sayang nya ada kondisi dimana self healing ini dapat di off kan, salah satu nya adalah karena timbunan stress dan emosi negative.

Ketika melakukan exercise ini dibuka dengan gerakan  yoga,  kondisi pikiran harus tenang, ikhlas, santai, dan jujur pada awalnya ga percaya kalau seluruh tubuhku bisa tremor/bergetar dengan sendirinya. Dan ketika tremor ini akan muncul emosi diri baik itu menangis ataupun marah, kesal, tertawa yang kita ga tau penyebabnya, kalau aku sendiri seringya sih  emosi dalam  bentuk menangis, tapi setelah itu rasanya lega, plong.

Exercise NTH dapat dilakukan untuk menanggulangi gangguan psikomatis yaitu penyakit fisik yang disebabkan  oleh faktor mental sepeti stress, rasa cemas berlebihan. Dimana tanda-tanda psikomatis badan merasa pegal-pegal, nyeri di bagian tubuh tertentu, insomnia, susah konsentrasi, mudah cemas, merasa seluruh tubuh terasa ga nyaman dan tak jarang pula ada yang merasakan kulitnya gatal-gatal, kesemutan, mati rasa dll

Nah, setelah mengikuti Workshopnya NTH di Lineation Centre, aku termasuk yang rajin melakukan treatment ini yang aku praktekan di rumah,  cukup dengan 15 menit tremor. Pada awalnya memang badan akan terasa sakit, lama kelamaan karena terbiasa ya ga akan sakit lagi. Karena seringnya latihan, nanti bakalan tremor sendiri bagian tubuh  mana  yang dibutuhkan tanpa diminta. Alhamdulillah, setahunan ini sudah menjadi rutinitas  melakukan NTH setiap  hari atau setiap saat ketika badan merasa lelah/cape, atau ketika tanda-tanda perasaan ga nyaman mulai muncul.

Nah, masih ga percaya dengan tubuh kita? Hayu kemon kecerdasan tubuh kita  ini sudah kita miliki, yang diperlukan hanyalah diingat dan di latih agar selalu lancar. Coba pernah mengalami ga,  saat kita sangat ketakutan tubuh akan bergetar menggigil, kenapa pada saat kesakitan hebat tubuh kita bergetar menggigil. Itu adalah respons alamiah tubuh untuk  bertahan dan meredakan stress, kemampuan alami ini dapat di latih dan di pergunakan untuk mengendalikan stress dan kesehatan kita.

Natural Trauma Healing (NTH) | Self Healing | Regenesis+ Lineation | 5 Lines Of Happiness | Stress Management | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

NTH Release  bareng yang langsung di pandu dr David

Kerusakan akan terjadi kalo stress  stress adalah terhentinya kemampuan healing alami tubuh. Hal ini  mampu membuat  tubuh kita rusak dan  kesehatan pun  terganggu, pain, mental menjadi drop, gangguan depresi, cemas, dan gangguan kepribadian  sangat mungkin terjadi. Karena seluruh system tubuh  dikendalikan oleh otak dan  apabila  stress dibiarkan seluruh system yang dikendalikan otak pun  akan terganggu pula. Sudah kebayang dong kalau otak kita terganggu, hayu atuh  bersama kita memulai hidup yang sehat.

Yes, tubuhku cerdas, salut dengan keajaiban ini. Dan semenjak mengikuti NTH ini, trauma-trauma kehidupan yang terpendam akan terobati dengan sendirinya. Trauma kecelakaan yang aku alami, lambat laun tak ada lagi dan sekarang ketika mendengar atau melihat kecelakaan akan cuek. Aku dulu yang selalu mengkonsumsi obat sakit kepala dosis tinggi setiap harinya, setahun ini alhamdulillah bebas mengkonsumsi obat-obatan. Aku yang sering begadang karena pekerja online dan meNgeblog malam hari, kini mulai bisa diatasi kapan saja harus bisa menulis, lebih bisa mengontrol emosi, dan lebih kalem bo.

Pada awal exercise ini pola hidup jadi berubah, mulai bersahabat dengan diri sendiri, tidur teratur, pernah kerjaannya hanya tidur dan tidur entahlah rasanya mengantuk terus saat itu, ternyata alamiah tubuh sedang menggantikan jatah tidurku yang dulu-dulu berantakan. Kata dokter mah ikutin saja dulu maunya tubuhmu bagaimana, tubuhmu lagi memperbaiki dengan sendirinya.

Yang utamanya dengan mengikuti NTH ini, lebih menjadi pribadi yang sehat dan berkualitas,  Ya, aku mencintai diriku sendiri, tak henti mengucapkan terima kasih untuk diriku sendiri.

Natural Trauma Healing (NTH) | Self Healing | Regenesis+ Lineation | 5 Lines Of Happiness | Stress Management | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

Yeay, I’am Happy!

Oiya, di Lineation Centre  ada Workshopnya Regenesis + NTH,  setelah mengikuti pogram ini, nanti bakalan dipantau terus progressnya dengan mengikuti NTH Release setiap bulannya. Mau tau lebih lanjut tentang NTH ini, hayu ngobrol sama aku langsung atau info lebih lengkapnya di sini

Lineation Centre

JL Leumah Neundeut no 10, Setrasari, Bandung

Telp 022-2010593 & WA/Tele 081221906850

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

42 comments

  1. Bener banget aku kalo stress bawaanya ngga enak terus perasaannya. tidur ngga tenang, sering mimpi aneh2 :((
    Ini cuma ada di Bandung ya teh Lineation Centre ini?

  2. Wah menarik bgt tuh, sayang adanya di bdg ya teh. Sy kpengen gitu ikutan biar bisa menghilangkan sisa2 innerchild

  3. Memang nomor satu itu mental ya Teh. Kalau mental/batin kita sakit, bakalan ngefek banget ke tubuh. Jadi gampang capek dan sakit. Aku tahun 2016 masuk RS dua kali juga kalau kupikir2 akarnya adalah karena stress dan banyak pikiran.

    Jadi pengen ikutan NTH, buat release sampah masa lalu yang masih numpuuuuk T__T

  4. I know you so well, diajeng geulisku!

    Kuingat saat awal kita ikutan Natural Trauma Healing ini. Masih jelas diingatanku kenapa tiba-tiba ada hentakan suara kaki kuda, hahaha. Pasti yang baca ini bingung, tapi kuyakin, kau dan aku tertawa ngakak mengingat kejadian ini.

    Dah, ah, itu aja komenku. Yang pasti, NTH ini memang luar biasa yaa?
    Thanks to Regenesis+ dengan 5 lines of happiness nya. Sungguh sebuah program stress management yang keren dan sukses bikin orang happy. 🙂

  5. emang harus mencintai diri sendiri dulu ya mba sebelum memikirkan yang lainnya…kalo gak mencintai diri sendiri kita bisa gampang sakit dan stress..

  6. Stresss obatnya iman dan taqwaaaa. Eaa malah nyanyi dangdut. Sukaa baca tulisan2 tentang Lineation di blogmu teh, bloh mba Al jugaa

  7. Noted! “Tubuh kita dilengkapi kecerdasan yang memungkinkan utk self healing dalam kondisi apapun, namun sayang nya ada kondisi dimana self healing ini dapat di off kan, salah satu nya adalah karena timbunan stress dan emosi negative.”

  8. Saya juga sedang mengurangi begadang Teh. Ternyata ada kalanya bawaannya ngantuk terus ya… Seperti kata teteh, ikuti aja dulu apa maunya tubuh ini. Akhirnya tiduuur aja mulu. Hahaha…

  9. Nchie makin cantiiik aja. Sehat2 terus ya.
    Aku malah beberapa hari ini ngantuk terus, rasanya kok jadi malas ngapa-ngapain *ada apa dg tubuhku? 😀

  10. aku jadi inget dulu suka psikosomatis teh pas kuliah sesak napas sering bulak balik UGD RS dan dokternya bilang paru2 bersih yang sakit fikiranku hahaha..

    Pengen coba juga nih teh NTH penasaran sama gerakan tremor sendiri dan bagaimana rekasi tubuh aku dalam repair kembali makasih sharingnya teh mantappp

  11. Aku baru ngerti kalau tubuh sebenernya secerdas itu ya, Masya Allah deh Allah captain tubuh kita sampai bias healing sendiri tapi kadang kita tumpuk stress jadi ga bisa berjalan otomatis. Berarti kalau stress dikit harus cepet cepet buang dan ganti dengan inget yang seneng2 ya, biar ga sampai parah banget ehehehe.

  12. asik banget ya.. pengen ikutan tapi ak di kalimantan huhu

  13. Suka deh teh tulisan-tulisan di blogmu, bikin ngingetin lagi supaya terus belajar ikhlas, happy, dan ningkatin self-love and respect 🙂

    Cheers,

  14. Bener bgt, orang yg bahagia akan slalu kliatan cantik. Thanks for sharing Mbak. Salam kenal. Mampir blogku jg yuk 🙂

  15. Mba nchie sudah pernah berbagi kisah kecelakaan itu belum ya di blog? Atau maaf, kalau masih trauma dan ga mau ingay tolong di abaikan pertanyaan ku tadi ya mba :)) cemungudh!! Semoga selalu ceria

  16. Paham dan mengerti tubuh sendiri itu bagus banget ya teteh. Jadi mau beneran ikut kegiatannya

  17. Ikhlas ini ya Alloh… kdg lain di mulut lain di hati hehe… aku suka msh trauma klo ada gempa (akbt gempa jogja 2006, lihat langsung rumah2 pd roboh). Dlu aku bs lari paling jauh klo ada gempa (bikin ngakak klo ingat) tp skrg agak mending paling teriak kecil, tengok kiri kanan sambil memastikan gempa bukan. Kadang getaran krn angin dan kendaraan lewat bs kuanggap gempa haha… *malah jadi cerita*. Btw, aku baru tahu memaksimalkan kecerdasan tubuh ini. Sharingnya sangat membantu 🙂

  18. Hiks, sama teh, aku juga cenderung diem dan nutupin. Kalo berbagi itu yg masalahnya umum aja, ngga minat berbagi masalah pribadi. Keren juga ya program ini, cocok buat yg model2nya introvert.kayak kita hehehe

  19. Sama ih, saya jg tipe pendendam hihi…

  20. Setelah rutin NTH, lebih tenang dalam menghadapi gangguan emosional ya, teh, kalau teteh mah tambah cantik hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *