Home / Review / 5 Tempat Wisata di Banjarmasin Untuk Liburan Bersama Keluarga
Indonesia Flight | Tiket Pesawat Murah Domestik | nchiehanie

5 Tempat Wisata di Banjarmasin Untuk Liburan Bersama Keluarga

5 Tempat Wisata di Banjarmasin Untuk Liburan Bersama Keluarga.  Kalimantan terkenal mempunyai bentangan alam yang begitu menawan dengan sebagian besar areanya berupa hutan dan sungai. Jadi nggak heran kalau pulau Kalimantan punya banyak tempat wisata menarik yang siap memanjakan matamu.                   

Salah satu kota di Pulau Kalimantan bagian selatan yang menjadi tempat wisata favorit adalah Kota Banjarmasin. Sungai Martapura membelah kota Banjarmasin menjadi 2 bagian. Itulah mengapa tempat wisata di Banjarmasin sangat identik dengan panorama sungainya yang mengesankan.

Jika sedang bingung mencari tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, berlibur saja ke Banjarmasin merupakan pilihan yang tepat. Di Banjarmasin terdapat bandara yakni Bandar Udara Syamsudin Noor, sehingga jika pergi ke sana menggunakan jalur udara, maka  mesti beli tiket pesawat tujuan bandara tersebut. Nggak usah bingung, urusan tiket pesawat serahkan saja Flight Indonesia.

Berbicara mengenai tempat wisata, berikut ini ada beberapa  tempat wisata di Banjarmasin yang harus dikunjungi bersama keluarga untuk mengisi liburan :

  1. Museum Wasaka

Museum wasaka adalah sebuah museum yang di dalamnya menceritakan perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajah Belanda. Lokasi Museum Wasaka ini berada di Jingah, Banjarmasin Utara. Tempat wisata keluarga di Banjarmasin yang satu ini menyimpan sekitar 400 benda bersejarah termasuk senjata tradisional, alat masak pada zaman perang, kamera, radio, senapan angin berbahan kayu, tas kuno dan mesin ketik.

Nggak cuma itu aja, di sana kamu juga bisa melihat-lihat bermacam lukisan yang menceritakan perjuangan para rakyat Banjarmasin sewaktu berperang dengan penjajah. Tempat wisata Musem Wasaka sendiri buka pada pukul 09.00 WITA. Harga tiket masuk ke Musem Wasaka ini gratis.

2. Menara Pandang Sungai Martapura

Tempat wisata keluarga di Kalimantan selanjutnya adalah Menara Pandang. Menara yang letaknya di pusat kota Banjarmasin ini mempunyai tinggi sekitar 21 meter serta terdiri dari 4 lantai. Ketika berada di atas menara, kamu bisa melihat pemandangan Kota Banjarmasin, Sungai Martapura, serta megahnya Patung Bekantan. Lalu apakah berada di atas sana aman?

Berbicara mengenai keamanan, kamu tidak perlu khawatir. Walaupun bangunannya sangat tinggi, namun di sana terdapat pagar besi yang mengelilingi menara, sehingga kalangan anak-anak pun diizinkan naik ke atas menara. Menara Pandang ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WITA. Adapun harga tiket masuk ke Menara Pandang ini gratis.

3. Pusat Kuliner Banjarmasin

Jalan-jalan ke Banjarmasin kurang afdol kalau nggak nyobain makanan khasnya. Cobalah datang ke Pusat Kuliner Banjarmasin. Di sana ada banyak sekali ragam jajanan tradisional dan makanan khas Banjarmasin. Pusar Kuliner tersebut bada di tepi Sungai Martapura, sehingga sembari menikmati makanan kamu akan disuguhkan dengan panorama sungai yang indah nan sejuk. Kamu juga bisa lho menyusuri sungai Martapura, yakni dengan menyewa kelotok seharga Rp 5 ribu per orang selama 30 menit.

4. Masjid Sultan Suriansyah

Masijd Sultan Suriansyah adalah destinasi wisata keagamaan yang bisa juga di jadikan sebagai tempat wisata keluarga. Masjid ini berada di Tepi Sugai Kuin yang didirikan sejak masa pemerintahan Sultan Suriansyah. Bentuk bangunannya yang unik, mimbar, dan juga kaligrafinya menjadi objek utama dari tempat ini. Nggak jauh dari Masjid, ada juga museum dan makan Sultan Suriansyah.

5. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan adalah sebuah tempat pusat penjualan kain tradisional Kalimantan Selatan yaitu kain Sasirangan. Di sini, kamu bisa membeli kain Sasirangan untuk dijadikan oleh-oleh. Adapun harganya sendiri sangat bervariasi, mulai dari Rp 85 ribu – Rp 250 ribu. Nggak cuma kain aja, ada pula aneka Dompet, Tas dan aneka aksesoris lainnya berbahan kain Sasirangan.

Itulah beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang harus  dikunjungi. Kalau nanti liburan ke Banjarmasin aku bakalan lebih lama di Kampung Sasirangan. Siap-siap agendakan liburan dan   pesan tiket pesawat Online tujuan Banjarmasin sebagai destinasi liburan berikutnya. Yuk ahh!

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

4 comments

  1. Pengen ni ke Kalimantan blm pernah seru jg ternyata banjarmasin punya tmpt wisata y mba.
    aku penasaran sama kainnya dikampung Sasirangan harganya mayan juga soalnya 😂👌

  2. Ke Banjarmasin 12 tahun yang lalu. Sampai saat ini belum balik ke sana lagi. Duh kepengen. Borong sasirangan sama main ke Martapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *