Home / A.C.B (Aku Cinta Bandung)

A.C.B (Aku Cinta Bandung)

Membaca postingannya Mba Keke aka Yunda Hamasah tentang kecintaan pada Kota Kelahirannya,membuat aku ingin menulis tentang kota kelahiranku juga.
Aku lahir di Bandung meskipun orang jawa dan di besarkan di lingkungan keluarga jawa juga,dengan bahasa sehari-hari campuran sunda jawa.
Tapi tetep ketauan aku sunda asli *logatnya* tetep cinta kotaku..

Dan akan merasa kegerahan,ga nyaman jika berkunjung ke rumah kerabat yang berhawa panas,rasanya pengen pulang ke Bandung yang adem.Pokoknya beda suasana,selalu merindukan Bandung apalagi kalo mudik ke Sukabumi atau ke Solo,Boyolali.Bawaannya pengen cepet pulang.


Tau donk Kota Bandung identik dengan Kota Kembang,Paris Van Java,Peyeumnya dan mojang priangannya (peuyeumpuannya) nu gareulis,haha ga kuat pengen ketawa.





Ikon Bandung di fly over Pasupati
Menara Kembar Mesjid Raya Bandung ,kita bisa naik  ke menara melihat pemandangan kota



Bandung kota kembang
Kenapa ya bandung di sebut Kota kembang? apakah banyak kembang bertebaran,aku sendiri tak tau *ngikut aja* 
Setahuku  Bandung kota yang asri,dingin karena di kelilingi oleh gunung-gunung.Meskipun sekarang bandung dah panas sekali cuacanya karena sudah mulai di bangun apartemen-apartemen,jalanan macet,gedung-gedung tinggi.Tapi teuteup Cinta ..
Asri kan,ikon kota Bandung  Gedung Sate ada taman yang indah,tempat nongkrong sekedar duduk menikmati bunga-bunga,tempat  foto-foto.

Gedung Sate sebelah Selatan  berhadapan dengan Monumen Perjuangan Sebelah Utara.Tempat acara atau panggung musik,bazaar,tiap minggu pagi rame sekali ada pasar tumpah.

Jalan Tamansari ITB pohonnya bikin adem, sebelah kananKebun Binatang sebelah kiri


Bandung dan Kuliner
Siapa yang ga kenal dengan Batagor..somay..cireng..peuyeum,Brownies,Ma icih  ?? Segala jenis makanan mulai dari kaki lima  sampai bintang lima menjajakan makanan khas Bandung.
Memang pada enak-enak loh,harus pinter milih juga di mana makanan yang enak dan murah meriah *naluri emaknya keluar*
Makan di Punclut kawasan Bandung Utara,sambil memandang indahnya Kota Bandung dari perbukitan,atau sepanjang jalan Burangrang,Dago,Riau,tinggal di pilih..dipilih..makanan yang sahabat sukai.Pokoknya gudangnya makanan ada di Bandung *kata orang luar*hhe..

Bandung Wisata belanja
Jangan salah setiap wiken apalagi looong Wiken Bandung penuh dan macet di serbu wisatawan luar terutama plat B,secara 2 jam perjalanan  bisa nyampe.
Sebagai pribumi harus mengalah,membiarkan mereka memenuhi kawasan jalan Riau,Dago dan Setiabudi berburu baju di factory outlet.
Hmm..FO yang menjamur  bertebaran dan diskon gede-gedean menjadi sasaran empuk wisatawan atau berburu sepatu di Cibaduyut,di Pasar Baru Trade Centre.

FO Heritage salah satunya,tempat kita kopdar sama Bu Monda.

Ikon kota Bandung di Taman Cikapayang tempat ber poto ria,sepanjang jalan Dago yang rindang FO dan kuliner menjelang sore tempat nongkrong sambil menyantap jagung bakar,pisang keju,dll

Bandung dan Sejarah
Menjelang liburan sekolah Bandung juga menjadi salah satu kota yang mempunyai nilai sejarah,ada gedung Merdeka dan Museumnya tentang Konferensi Asia Afrika.Museum Geologi selalu di penuhin anak-anak sekolah dari berbagai kota yang study tour.Dan sejarah tentang Bandung lautan api.
Museum KAA,potonya kecil
Gedung Merdeka bagian samping barat.Tempat ini sering di pake buat prewed dan berpoto ria


Museum Geologi yang wajib di kunjungi pelajar dari berbagai daerah

Bandung tempat Wisata
Mau represing *maap orang sunda ga bisa bilang f* ke Bandung saatnya ke  pinggiran,ke Ciwidey ada Kawah Putih,Ci Walini,Situ Patengang atau ke Bandung Utara daerah Lembang ada Tangkuban Perahu,Ciater,Maribaya,THR Dago Pakar,d’Ranch,Kampung Gajah,Kampung daun Sapu Lidi daerah jajahan Teh Dey.
Atau mau jalan ke Mall ada BSM  Trans Studio atau ke CiWalk,BIP,PVJ,IP,Braga City Walk,PTC,BTC.Buat anak-anak seru loh main ke Saung Udjo,main angklung,cara buatnya.
Kawah Putih,Ayo yang mau narsis mampir sini,pemandangannya indah banget
Kampung Gajah,seruu loh main kesini
Jalan Braga di waktu malam.Jalan ini tempat wisata juga,banyak bangunan tua,tampilan jalan pake batu andesit sangat menarik,jangan heran kalo lewat jalan ini banyak yang bernarsis ria *ampe dipoto tiduran ada,cuek*.Sekalian mampir ke Braga City Walk ..

Bandung dan Blogger
Sebenarnya banyak blogger yang dari Bandung,cuma yang sering nongol tiap kopdar ya ini.Ada Kang Argun,Bang Edu,Mba Isma *maap ga punya potonya*
Kalo sahabat mampir ke Bandung jangan lupa koling kita-kita Blogger Bandung, kopdar yuk..!! di tambah bonus blogger cilik..!!
Asop,Kang Ade,Masjier,Bibi family,Bang aswi family,Teh Dey family dan Nchie family
***


Nih dapet Award,maap baru aku pajang ya,makasih Mba Keke ..Mimi Radial..


About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

83 comments

  1. pas semua tentang Bandung ada di sini ya,
    Braganya dong Nchie..

  2. Aku juga A.C.B lho mbak…Aku Cinta Batam…hehe…tapi kapan2 pengen juga nih main-main ke bandung…hehe..

  3. Luar biasa Teh, lengkap kap, asli jadi lebih kenal ama Bandung 😉 Bandung emang adem, ngangenin yak…

    Baru tahu ada kampung gajah, kirain di Sumatera aja tu gajah dibuatin kampung, hehe…

    Jadi ingin ajak anak2 ke Bandung nich buat liburan, dulu pernah waktu mereka masih kecil2 dan belu kenal ama yang namanya blog ;(

    #Teteh bisa aja bikin GR, sebutin namaku diawalan, thankyu …

  4. paket kumplit lah bertandang di mari, jd lbh kenal dg kota yg terkenal dg FO nya. cintai kotamu seperti kau mencintai isi dompetmu [halah!] hihihihi

  5. wach….bandung, kapan yach kesana lagi, seringnya pas lg SD sewaktu sodara kuliah disana. udah gede baru sekali, itupun cuma ketempat sodara,g mampir2.he

  6. @monda udah tuh Bun,tadi lupa hehe..
    Ayo kapan main lagi ke sini..di tunggu ya..

  7. Jadi pingin liburan ke bandung

    Salam PLUR Warga Bandung

  8. masih teteup berhiber nteu, mama olive?
    ^_^

  9. @Yunda Hamasah apalagi sekarang musim ujan Mba,asli bbrr kedinginan..

    kampung gajah,tempat rekreasi kaya dufan gitu deh,cuma di atas gunung,jangan salah loh,ga ada gajahnya,cuma patung gajah aja yang banyak hhe..

    Ayo..ayo..kapan kesini,kabari ya..
    siap jadi guide buat Mba Keke..

    hhii..tau ko si Mba pasti kedip-kedip geer ..

  10. @Mami Zidane Pas banget ya Mam..
    Cinta kota sendiri haha..

  11. @mimi RaDiAl haha..Mimi bisa aja,kalo isi dompetnya ga ada gimana tah..

  12. Jadi pengen ke bandung, seumur2 baru 4x ke bandung, waktu umptn, wisuda suami, nganter legalisir n nikahan sepupu. Sedihnya ga bs wiskul abisnya ga ngerti tmp

  13. @risa
    Sedikit berhiber ..tergantung tempatnya..hhaaa..

  14. @Rurumahku waktu UMPTN waah seru ..banyak pendatang baru,nanti kalo ke Bandung lagi aku kasih tau deh tempat yang enak..

  15. Jika ke sana, saya pasti nyempetin ke Dago.. hihi

  16. Bandung juga kota saya itu mbak.. Keluarga besar sy & suami aslinya di Bdg & masih byk yg tinggal di Bdg.. Jd cukup sering saya ke Bdg..

    Rencananya dlm wkt dkt mau ke Bdg lagi.. Sepupu mau lamaran, sekalian mau ngajakin anak2 ke museum geologi sm saung udjo ah..

    Btw, sy juga lagi tertarik pengen ke kawah putih.. Tp katanya skrg mahal ya?

  17. @ke2naiToss donk..!!

    terakhir Ke Kawah putih,masuk mobilnya yang mahal 150rb,perorgnya 10rb,motor 5 rb.

    jadi di sarankan,lebih baik mobil di parkir di bawah aja,naik kendaraan khusus namanya ontang anting cuma 20 ribu/org udah tiket masuk,lebih murah..

  18. gua juga cinta bandung chie!!!
    emang bandung itu rasanya enak aja kotanya ya. 😀

  19. @Mama Olive oke… thx bgt utk sarannya yg kekawah putih ya 🙂

  20. Semoga suatu saat nanti kita bisa ketemu, Teh. Sebab ada satu orang teman SMP sampai SMEA saya yang mendapat bea siswa S2 di Bandung ( universitas mana, saya lupa ). Beliau ini juga katanya nyambi jadi penyiar radio, tapi radio apa lagi-lagi saya lupa ( benar2 pengaruh usia, hehehe ).

  21. ah bandung.. makanannya bikin ngiler..:D

  22. Bandung memang keren, aku ke bandung beberapa kali terpesona melulu. terpesona dengan tras studio, pasteour, ciwalk dll

    aku belum bisa bilang aku cinta jogja. aku mencintai desa dimana aku tinggal dulu saja 😀

  23. wuih…keren! Aku sdh beberapa kali planning mau liburan ke Bandung,tp blm sempat juga…sekarang malah sudah ada info tujuan2 wisata lengkap dengan kulinernya….

    Kampung Gajak dan Kawah putih….kereeen yaaaa…

    malasih infonya

  24. Saleum,
    Bandung memang indah… pingen jalan – jalan kesana disuatu hari nanti.

  25. satu lagi Teh yg terkenal dari Bandung itu: musisinya… ^^

    #Peterpan dari Bandung kan? 😉

  26. Mantap teh, jadi banyak tahu tentang kota bandung… 😀

  27. yang bandung yang bandung ngumpullll 😀

  28. bandung….
    hawanya dingin……
    pengen kesana lagi,,,buat ngadem & belanja sekalian maem batagor asli bandung, hehehe

  29. Teteeehhhh, kejamnya dikau memposting ini. Jadi pengen ke Bandung hiks!!

    Dooohhh mana ada poto KopDaran segala pulaaaa

    Btw selamat Teh poto merem melek dikau terpilih menjadi juara di Sawerannya Mak Cebong 🙂

  30. Nchie….kalo aku ke bandung janji yachh jadi guidenya hihihi…entah kapan terwujud…mudah2an secepatnya…mo nabung ahh biar bisa refreshing ke bandung…padahal 2 tahun lalu suami sering bolak balik bandung…sering juga ke pasar tumpah itu….

    nchie alamatnya aku tunggu via email yach….

  31. bandung emang mantep da ah 🙁 kapan iia bisa ke sana?!?!

  32. bandung dan macetnya ngga diceritain teh? hehehe…. terutama klo pas long wiken…:D

  33. your post is nice.. 🙂
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. 🙂

  34. Jadi kangen Mama sama Papa di bandung, abdi ge aseli bandung Teh. Insya Allah nanti kalau ke bandung kabar2 yaa, pengen kopdar sama yang punya blogger bandung nih 🙂

  35. wah klo aku nulis ttg Jakarta.. apa yg ditulis yaaa? macet? panas? polusi? ihik…

    Bandung emang tempat liburan yg oke bgt.. sayangnya skrg udah ketularan macetnya jakarta klo weekend deh.. hehe..

    foto sama Olive yg di Jalan Braga oke tuh Teh.. 😀

  36. Daannn bandung adalah kota di Luar Kalimantan yang paling sering aku kunjungi teh 😀

  37. @Armanenakan mana Bandung Vs LA..

  38. @Abi Sabilahahaa..ketawa deh baca komennya Abi,sebuah pengakuan yang tulus..
    Ayo kalo ke Bandung koling2 Bi..

  39. @:: sary :: ho oh..tapi kata orang bandungnya biasa aja tuh hahaa…

  40. @novy jangan lupa kopdar ya kalo ke bandung..

  41. @dmilano Ayo Bang dari Aceh ke Bandung lumayan ..di tunggu loh..

  42. @yustha ttbetul Mba tt gudangnya musisi dan artis juga..

  43. @jiah al jafara Ayo bandung..Bandung..*calo terminal* hahaa…

  44. @irmarahadianAyo Mama Irma,sini nanti aku temenin maem batagornya..

  45. @NiaSiap Mam..apa sih yang ga buat Mam Ina..

  46. @watiUdah tuh di atas,bandung muacet,ampyun..tapi seru juga sih,yah menikmati ..

  47. @@yankmirakudu Ayank..wajib ketemu,sok atuh kapan di tunggu nya..

  48. @Lyliana Thia hahaa..banyak donk jakarta..monas,TMII,dufan,ancol dll

    Macet,panas,oh no..jangan-jangan bentar lagi bandung kaya jakarta nih Tia..

  49. @nieeAsik niee mau dinas ke bandung lagi..di tunggu di ngodul lagi yaa..

  50. @Mak Cebong 3Jeng kapan dirimu Mudik..
    Aku tunggu ya..*oleh2nya* wkwwkk..

    Waah..senangnya,makasih ya Mak2 cebong..

  51. @Mama Olive everything about Bandung emang t o p b g t….
    bandung tempat liburan waktu dari kecil hingga kuliah…..
    bandung tempat yg dulu bersahaja menjadi sebuah kota wisata…
    yg di cikapayang keren banget nchie nanti mamu mampir ah

  52. Setelah membaca ini aku jadi makin tahu tentang bandung dan ingin pergi kesana 😀

    terima kasih informasinya dan salam kenal dari Surabaya mama olive 😀

  53. Weiiits, nulis tentang Bandung, Nchie?
    Semuanya iya banget, apalagi kalo kita tinggalnya udah diluar propinsi Jawa Barat, main-main ke Bandung itu berjuta rasanya…hehe, kalo masih di Garut gini mah bolak balik wae…
    😀

  54. Macetnya Bandung kalo akhir pekan itu yang saya nggak tahan…duh, tadinya mau jalan-jalan, malah jadi bete karena mesti macet bolak-balik di tempat-tempat strategis…a.k.a rumah makan…hihihi 😛

  55. Nchie dan Olive itu memang kayak pinang dibelah dua ya…miriiiiip banget!

  56. eh..eh..eh.. pokoknya… pokoknya.. pokoknya… teteh wajib! jadi guide saat aku ke bandung 😀

  57. Bandung memang punya semua! Mantap deh! 😀

    Sukaa deh liat foto Olive berdua sama mamanya di tiang itu. Keren!

  58. satu hal yang saya tahu juga tentang Bandung adalah “neng geulis” 🙂

    kapan ya saya bisa represing ke Bandung. andai saya ada di Bandung.. mungkin saya akan cari dulu Bu Polwan itu wkwkwkwk

  59. asik banget baca tulisan ini, serasa diajak jalan jalan oleh Nchie sayang ….
    plus foto2nya , apalagi kuliner dan shoppping2 ituh….sukses bikin ngiler… 🙂
    salam

  60. @BintangBandung-Garut deket kan Mba..cuma 1.5 ampe 2 jam an..

  61. @Bintangyup…betul banget Mba ir..ampyun dah macetnya,pribumi mah mengalah wikennya di rumah saja..

  62. @Bintang ahh masa sih..kan emak dan Anak..

  63. @tunsaSiaap Ari..aku tunggu kedatangannya hehe..bener neh..

  64. @Allisa Yustica Kroneshehe..jadi malu ..
    Mama Raja bisa aja ..

  65. @Lozz Akbar neng geulis..lirik kiri..lihat kanan..*ke aku ya Uncle??* hahha…

    Siph ..nnati akan ku antarkan Uncle menemui Marpuah Polwan Indah itu..

  66. @Lozz Akbarkiri..lihat kanan..*ke aku ya Uncle??* hahha…

    Siph ..nnati akan ku antarkan Uncle menemui Marpuah Polwan Indah itu..

  67. @serambipuisi Jadi kapan Bunda mau ke Bandung,ke ??

  68. saya juga pernah ke bandung,saya melewati gedung DPRD bandung,sama unipersitas penerbangan gitu,,entah apalahh pokonya ada monumen kapal terbang,heheh maklum baru satu kali

  69. Kalau lihat Bandung di foto2 di atas, kayaknya hidup di Bandung enak banget deh. Suami saya lebih banyak di Bandung, namun saya di Jakarta bersama si sulung.

    Ke Bandung kalau liburan atau akhir pekan…dan muacett banget….apalagi di daerah Pasopati, Dago, depan Gedung Sate dan FO Heritage.

  70. Nchie …

    I like this post …
    I like this post …
    Informatif tetapi tidak kehilangan nafas Nchie nya …

    Foto dengan olive di lampu itu … Super punya …
    Hasil sotrekan si Abah bukan ? … emang paten punya nih … sang fotografer punya “taste” yang keren

    salam saya Nchie

    (catat postingan ini … bisa jadi ini salah satu kandidat “nine from … 2012” Desember nanti

  71. Bandung yang saya tahu cibaduyut
    soalnya pernah kesana, dan terminal tentunya
    tempat yang lain belum pernah

  72. dari wajahnya, kelihatan bandung banget kok Mbak…
    eh maksudnya SUNDA banget

  73. Bandung terkenal monumen BLA nya
    Tegal Lega
    Pasirkoja Bandung

  74. Terminal Besarnya di Kota Bandung
    Terminal Cicaheum
    Terminal Leuwipanjang

    Stasiun Di Kota Bandung
    Stasiun Bandung (Stasiun Hall)
    Stasiun Cimindi
    Stasiun Cikupadateuh
    Stasiun Andir
    Stasiun Ciroyom
    Stasiun Gedebage

    Yang laian menyusul 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *