Home / Blogging / Berdamai Dengan Diri Sendiri
ODOP | Indonesian Social Blogpreneur | LifeStyle Blogger | Nchie Hanie

Berdamai Dengan Diri Sendiri

Berdamai Dengan Diri Sendiri. Selama menjalani kehidupan ini pastinya pernah mengalami kegagalan atau sesuatu yang tak sesuai dengan harapan. Dan biasanya tanpa disadari kita pun seringkali menyalahkan diri sendiri dengan apa yang terjadi yang akhirnya melakukan hal yang menyakiti diri sendiri, yang jelas tentunya membuat diri kecewa dan merenung.

Seperti kejadian  yang aku alami minggu lalu, ketika seorang kerabat dekat memberikan pesan lewat wasap dan menghakimi aku, sekarang setelah menjadi Blogger gaya hidupnya seperti “Emak-Emak Sosialita” nongkrongnya di cafe-cafe, minumnya aja kopi mahal, mainannya tempat-tempat mahal. Seolah menganggapku negatif dengan pekerjaan yang satu ini.

Aku tersenyum, terdiam, bahkan tertawa ngakak, lantas sedikit marah karena terpancing kata-katanya. Hanya menjawab dengan jutex, “Atas dasar apa kamu menganggapku Emak-emak sosialita?” Mana ada hidup sosialita seorang Biker yang suka pake backpack, terjadilah adu argument, jujur sangat malas menjawabnya karena buat apa menjelaskan sesuatu hal tentang diri kalo memang sudah benci.

Merenung, sambil minum kopi mahal :p

Berusaha menenangkan diri, jujur marah iya dan membuat hati pikiran ga nyaman merasa terusik. Namun bagaimana lagi, mungkin belio kurang memahami apa eksklusifnya menjadi Blogger. Tapi jadi kepikiran yang akhirnya membuat diri uring-uringan, ya biasa masa-masa perempuan PMS pun ikut andil bikin emosi tingkat tinggi melanda. Contoh kasus kecil saja sih yang harusnya diabaikan dari ingatan, tapi tetep lagi-lagi harus mendamaikan diri sendiri.

Lalu bagaimana cara berdamai dengan diri sendiri? Mungkin bagi  sebagian orang merasa kebingungan dengan apa yang dimaksud  kalimat di atas. Karena kebanyakan orang menganggap ga pernah merasa bertengkar tau sedang bermusuhan dengan diri sendiri. Padahal yang dimaksudkan berdamai dengan diri sendiri adalah suatu keadaan dimana kita harus menerima kenyatan yang sedang dijalani dan dihadapi selama ini dalam kehidupan.

Terkadang menimbulkan perang batin atau konflik batin, yang mana pikiran dan hati kita ga bisa menyatu, perasaan dan logika ga  bisa sinkron. Seperti hal dalam menyelesaikan masalah, sering mengalami hal dimana logika dan pikiran kita merasa A adalah jalan yang baik, sementara hati dan perasaan kita mengatakan ga banget  karena adanya sesuatu yang terasa berat dihati atau merasa tidak ikhlas. Seperti halnya aku dikatain Emak2 Sosialita, rasanya ga ikhlas banget  ini hati, hehehe.

Ya sudah, mau gimana lagi terima saja, dari pada stres, satu-satunya jalan cukup “Berdamai dengan diri sendiri” begini loh caranya:

1. Tetep berpikir positif

Langkah pertama yang harus diambil, memang cukup sulit untuk memulainya, terutama jika mempunyai pengalaman yang ga menyenangkan. Pemikiran positif  “Aku bisa” atau “Aku Sanggup” harus jadi mantra, karena yakin bahwa diri mempunyai potensi lebih.

2. Menjauhi pergaulan dengan orang-orang negatif

Aura negatif juga bisa terserap tanpa disengaja kalau kita sedang berada di tengah orang-orang yang selalu berpikiran negatif. So, lebih baik mengindarinya dan jangan biarkan mereka ‘mencemari’

3. Bersahabat  dan menyayangi dengan diri sendiri

Jangan  sampai terlalu menyiksa dan memakskan diri demi mencapai suatu tujuan yang kadang diri ga sanggup. Berkomunikasi seperti pada sahabat jika kita sedang curhat, begitu pun hal yang sama dilakukan pada diri dengan bertanya, mengajaknya ngobrol pada diri sendiri kalau  merasa ragu akan sesuatu, selalu menyemangati  jika sedang down dan menyayangi dengan memanjakannya.

4. Ikhlas

Segala sesuatu ini kuncinya, memang sangat mudah banget untuk ditulis dan diucapkan, namun dalam pelaksanaannya dengan bersikap ikhlas langsung  akan mampu mendamaikan diri sendiri. Dengan ikhlas yang diniatkan akan memancing diri untuk semakin tenang dan semakin sering mengatur keikhlasan ini, inyaallah akan semakin damai diri sendiri.

Nah hal diatas terkadang sering aku lakukan untuk mendamaikan diri sendiri dari segala sesuatu yang datang membuat diri ga nyaman. Gimana dengan caramu Manteman?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

52 comments

  1. Buat aku berdamai dengan diri sendiri itu rasanya lebih susah daripada berdamai dengan orang lain. Aku tipe orang yang selalu menyalahkan diri sendiri kalau terjadi sesuatu. Sadar itu enggak baik. Tapi sampai sejauh ini masih terasa berat untuk mengubahnya.

  2. Ikhlas:
    Berusahalah ikhlas jika muncul komentar di blog yang tidak diinginkan dan jauh dari topik. 😂

    Barusan komentar di tulisan kopdar pamitan blog detik eh malah eror. 🙁
    Gak tahu deh kesimpan di database atau memang eror, kalau saya suka nyalahin hostingnya kalau eror hehehe.
    Ini komentarnya di tulisan blogdetik pamitan, biar nanti bisa tinggal copas.

    Wah tutup blogdetik. Masih ingat dulu kalau blogdetik itu jadi sasaran tautan balik. Mana sudah lama lagi gak buka detik. Padahal dulu blogdetik diprediksi bakal bisa bersaing sama kompasiana.

  3. Baca ini jadi pengin ke ngopdul bareng lagi Teh hahaha
    Yup, beneran saat diri dikuasai amarah sebaiknya dekat2nya sama yang mengeluarkan energi positif saja hehehe

  4. yess setuju mbak… Pikiran positif terhadap semua hal itu tips paling ampuh buat meredam amarah…

  5. Ketawain aja Teh kalau ada yang bilang hidupnya macem Emak-emak Sosialita. Toh minum kopi mahal juga duit gak minta dia, kan 😀

    Namanya manusia udah berusaha hidup ini dibikin gak neko-neko, masih aja ada yang membuat kecewa diri ya, Teh.

    Semangat Teh! Merdeka! *halah* 😀

  6. Reseh tanda tak mampu kali ya teh, kalau omongan orang didengerin, bisa bikin jantungan juga. Lebih Naik berdamai dengan diri sendiri dengan mengabaikan omongan orang lain.

  7. Yuk ajak saya ngopi mahal habis perawatan body di salon mahal trus belanja baju di emol. Wkwkwkwk, ngakak juga teh, ternyata memancing permasalahan itu gampang banget yaaa, kalau kitanya esmosi juga sama saja. Semangat teteh

  8. cintai diri sendiri… setuju

  9. Bisa berdamai dengan diri sendiri itu emang penting bgt ya mbak, trlebih saat apa yg kita harapkan tidak sesuai dgn kehendak kita. Hmmm ikhlas adalah kunci utamanya, klo udh ikhlas InsyaAllah semuanya akan baik” aja…

  10. Iya Teh, kalau dengerin orang lain ngomong apa bisa stress dan baperan terus. Betul banget kudu berdikir positif.

  11. Menjauhi pergaulan dengan orang-orang negatif, aku setuju banget Teh

    beneran loh, deket2 dengan orang yang suka negatif think itu nular… hahaha

  12. Coba ajak ngobrol santai sambil ngopi di kedai mahal yang ngomong gitu, Teh :))

  13. Paling susah adalah berdamai dengan diri sendiri, tapi sebenernya ga susah ya kalau berusaha mah hehe, hindari orang – orang negative emang kudu alias wajib

  14. Berdamai dengan diri sendiri, lagi terus terusan belajar ini. Hati rasanya lebih tenang lebih adem

  15. Berdamai sama diri sendiri caraku, selain keempat di atas biasanya adalah jalan-jalan, melihat dunia luar. Biasanya ada banyak persoalan org lain yg kita temui, dan ternyata jauh lbh berat dr persoalan diri. Melijat kebawah intinya sih

  16. Menjauhi pergaulan dengan orang-orang negatif bener banget karena mereka akan mengganggu mulu hihi dasar lambe btw mungkin kali2 pengen diajak tuh Teh hehehhe

  17. Selalu berusaha ikhlas ya tapi Berat ihhh mba, hehe

  18. situ dibilang emak-emak sosialita, kalo aku dibilang “kerja dari dulu gak punya apa2” (karena sukanya naik sepeda ontel).

  19. Menurutku memang penting membuat support system. Daripada dengerin omongan negatif, temenan aja sama orang-orang yang berpikiran positif.

  20. Aku baru tau teh…yang dimaksud “Berdamai dengan diri sendiri” itu adalah menerima sepenuhnya apa yang dilakukan.

    Aku harus sering-sering maintenance kali yaa teh…
    Kadang suka mikir kalau orang lain gak suka sama aku…atau sudah benarkah dengan apa yang aku lakukan?

    Hal-hal simple yang bikin aku rusing sendiri.

  21. Aku setuju banget yang nomer dua! Negative people will bring negative vibes. Ga bagus buat kita hehehe.

  22. Emak sosialita euuuy keren Teh Nchie maaah hihii.
    Kamus ikhlas itu yang belajar seumur hidup ya Teh, Dira mah masih ngesot-ngesot soal ikhlas kalo diomongin tentang anak.

  23. No 2 penting banget, mending cari teman2 yg juga kasi energi positf TFS mbak 😀

  24. Iyah bener ih teteh, aku pun mesti dibesarin lagi nih kuali hatinya, oalnya masih suka luber dan keluarlah emosi neatif seperti marah dan nangis kalau ada hal yang mengganggu, tapi better-lah daripada dulu

  25. aku juga lagi belajar banyak tentang ini, teh 🙂

  26. Msh banyak mimpi yg ingin dikejar tapi sudah jdi emak2. Kdg suka kesal sendiri. Tp yg terbaik belajar berdamai dg diri sendiri…

  27. Salah satu yang paling susah menurutku ikhlas :”)

  28. Kadar ikhlasku masih naik turun hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *