Home / Tips / Bergaul Cantik Agar Tetep Eksis di Sosial Media
nchiehanie | dewaseo |blogger bdg

Bergaul Cantik Agar Tetep Eksis di Sosial Media

Bergaul Cantik  Agar Tetep Eksis di Sosial Media. Beberapa tahun ke belakang  niy kegiatan  di dunia maya begitu fenomenal. Sosial Media  menjadi salah satu kebutuhan masyrakat muda mudi ataupun yang sudah berumur seperti *nunjuk diri sendiri. Sebagai pecinta online yang berawal dari hobi ngenet , ngeblog dan akhirnya menjadi suatu profesi adalah suatu kebutuhan untuk tetap eksis di social media. Mulai dari  facebook , twitter, g+, Instagram, path dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang secara langsung harus bisa menempatkan diri sendiri dan bergaul dengan pengguna sosmed lainnya.

Sudah selayaknya Media sosial bisa dijadikan sumber informasi, tempat berkomunikasi, berbagi pengalaman yang positif, atau mendokumentasikan  perjalanan  yang punya akunnya. Namun terkadang dalam kenyataanya justru dimanfaatkan sebagai wadah untuk curhat, melampiaskan kekesalan, saling  nyinyir, perang status  yang akhirnya sampah  di time line yang ga bermanfaat.

Bagaimana Bersikap dan Bergaul

Hal yang paling susah memang menaklukan diri sendiri, tentang gimana sih cara bersikap dan bergaul.  Secara sediri juga ga kuper. Menurutku sih harus mempunyai “Skill” dalam bersosialisasi adalah wajib untuk dimiliki atau setidaknya sudah diketahui oleh semua orang baik itu degan membaca ataupun sekedar tau dari mulut ke mulut. Karena manusia sebagai makhluk sosial akan menyadari sendiri tentang peranan sosial itu sendiri.

Biasanya beberapa faktor yang harus diketahui oleh diri sendiri sebelum bergaul di sosmed, diantaranya membangun rasa percaya diri tentunya  yang positif  agar dapat menaklukan berbagai permasalahan yang ada. Pemikiran bisa ga ya bergaul di dunia maya antara  ga bisa dan ga mau, rata-rata itu yang dikhawatirkan sebelum aktif ke pergaulan dunia maya. Mengenal diri sendiri itu yang utama sebelum bergaul, tentang sifat dan karakter  yang terbentuk bisa saja berubah karena lingkungan . Tapi setidaknya dengan watak dan karakter yang ada bisa menentukan mana cocok untuk menjadi teman. Dalam hal ini bukannya milih-milih teman tapi masalah nyaman dan ga nyaman berteman bakalan terseleksi.

Ilmu tentang bagaimana bersikap dan bergaul sudah menjadi pegangan, dan tentunya sahabat terdekat sekitar  yang selalu  menjadi konsultan tentang cara bergaul cantik di sosial media. Yuk, biar nggak salah dalam menggunakan sosial media, berikut ini ada beberapa tips aman bergaul cantik dengan sosmed :

  1. Jangan jadikan sosial media untuk tempat mengeluh, silahkan mengeluhlah pada rumput yang bergoyang dan cermin yanga da di depan  anda.
  2. Tidak sembarangan memfollow orang yang ga bergitu kenal, minimal harus tau bibit, bobot nya, halagh kaya mencari jodoh aja .
  3. Jangan  memasukkan keterangan pribadi secara detail, bisa diatur dalam pengaturan untuk mengamankan dan menjaga privasi.
  4. Jangan  mudah mengumbar emosi, khususnya buat perempuan biasanya menjelang PMS tuh. Yuk mulai b,erpikir secara dewasa sebelom nyetatus  agar tak menyesal dikemudian hari.
  5. Status atau kicauan  sebaiknya yang bermanfaat, yang memiliki  citra rasa  humor, informasi, berbagi pengalaman yang positif, atau sharing apdetan blog.
  6. Membiasakan saling menghormati sesama pengguna sosial media lainnya termasuk privasi  orang lain, jangan sampe kepo di komentar.
  7. Jangan terlibat perdebatan yang ga penting, hanya membuang tenaga, waktu dan pikiran saja.
  8. Menerapkan standar yang sama antara dunia nyata dan maya dalam bergaul, tapi biasanya justru kan sebaliknya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.
  9. Jangan menyinyir, apalagi apdet status yang memojokkan pada seseorang entah itu menyantumkan inisial, jangan sampai jadi korban menaikan klout dengan apdet  status yang kurang  pantas.
  10. Berhenti menggunakan Facebook saat mulai berpikir negatif atau jenuh pada dunia online. Misalnya deactive dulu untuk beberapa waktu. Khawatir menjaga jari jemari kita yang nekat  dan ga bisa diajak kompromi yang akhirnya bakalan merugikan kita sendiri. Mencari penyegaran dan aura kegiatan positif di dunia nyata dan mendamaikan diri sendiri dulu atas hal yang ga berkenan.

Beberapa  hal diatas adalah hal-hal yang seringnya aku lakukan saja. Satu hal agar tetap eksis di Sosial Media  jadilah DIRI SENDIRI, asyiklah dengan kegiatan sendiri,tanpa mencampuri urusan orang lain. Sekiranya suka sama hal2 yang mempunyai ciri khas kenapa engga. Tentu bakalan membrandingkan diri dengan sendiri. Harus banyak tutup mata dan telinga untuk hal-hal yang beraura negatif di sosmed. Lebih aman sih mengabaikan , yang cukup tau saja biar ga kudet juga 😀

Sosmed ntu  bagaikan sebilah pisau, selain memiliki sisi positif pastinya ada sisi negatif yang terjadi. So, hayu atuh Manteman jadikanlah sosmed untuk hal-hal yang baik coz banyak peluang  untuk menghasilkan pula dan  mari gunakanlah sosmed dengan bijak.

Moga kita semua tetep bisa belajar, belajar lagi dan lagi  untuk bagaimana bergaul dan tetep eksis  aktif di sosmed.

NOTE : Say  tengkyu bingits buat Sahabat  yang selalu mengingatkan tentang etika bersosmed yaa.

 

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

37 comments

  1. setuju pisaan teh nchiee..be yourself dan santai ajaaa yaa…

  2. Nyantai dan gak usah cari ribut 😀
    Aku skrg lg berusaha bgt buat gak mencak2 di sosmed 😀

  3. Sudah agak lama aku nggak scroll timeline sosmed Mak, cuma sesekali ngeshare foto yg di IG ke fb plus naruh2 link youtube lagu kesukaanku ajah. Kupikir2 sekarang ya orang yg pake sosmed itu galak2, pada suka ‘gigit2an’ di sosmed. Takuuuuttt….

  4. ribut dalam hati aja ya 🙂

  5. Memang medsos kayak pisau, hehe
    Mendekatkan yg jauh, mnjauhkan yg dekat. Hahahaa

  6. Ngikik baca komen Mak Lid: ribut dalam hati :)))

    Etapi, bener juga sik. Ga usah ‘cari musuh’ lah ya, di sosmed 🙂

  7. been there, done that! udah insaaap… hahaha.. 6 taun lalu, sering curhat di temboknya fb.. trus skrg, kadang diingetin sama fb, kejadian beberapa waktu lalu. trus ngikik sendiri :))

  8. urusan nyinyiiir menyinyiiir emang ngga bangeeet yaaa teeh. Paling sebel kalau socmed dibanjiri energi negative seperti itu hehehe

  9. bener banget ini teh nchie..
    aku suka bingung pasang2 status apa..
    jadi nitip link aja lah di sosmed..
    boleh ga kaya gini?
    wkwkw..

    – teh, ini dessy yg ketemu di seminar charity 2 minggu lalu.. hihihi –

    • hai..hai..Desii ingetlah …
      makaaih ya dah berkunjung, ayo blogwalking…

      iyaa , mendingan titip link aja, ga usah ikut2an..

  10. heheh.. setuju banget mba sm point2 nya. Apalagi “Jangan menyinyir” yg dimaksud satu orang tapi bisa bikin banyak orang ikutan bete juga nglihatnya.

  11. setuju banget, saya juga kadang suka kebawa-bawa emosi terutama pas lagi bad mood

  12. Setuju.. kalau lagi bete jangan update status. Mau nembak si A, malah si B yang ilfil sama kita. makanya sekarang au kebanyakan share foto dari IG atau blog aja. Suka bingung kalau mau nyetatus, takut salah 🙂

    • hehehee..have aja sista yaa…

      beneran, yg kenanya banyakan tuh, perang dunia onlen deh, capede, childish yaa..wkwkwkwk..

  13. ada lagi mba manfaan sosial media selain bersosialisasi dan eksis, jadi dapet suami *ehh :))

  14. Ah ya. Suka sebel dan ilfil juga baca stat keluhan orang di fb. Efek baiknya, jd ga suka ngeluh lg di fb hihi

  15. Setujuuuh aku sama Mak Monsters satu ini 😀 #PositiveVibesOnly

  16. Bener banget yg penting selalu jaga sikap 🙂

  17. suangat setuju dengan point pertama, jangan jadikan sosmed sebagai tempat mengeluh, apalagi mengeluh soal keluarga. haduh jadi males banget berteman dengan akun seperti itu 🙂

  18. setuju bahwa medsos bisa dijadikan sumber informasi. Tapi awas… jangan sampai kita percaya pada informasi yg salah 🙂

  19. Sekarang makin banyak yang suka nyinyir di medsos ya. Duuh jangan sampai ikutan deh kita

  20. memang sih medsos terkadang harus dibatasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *