Home / Blogging / Cara Cantik Menjadi Blogger Produktif
Sumpah Aku Blogger | Nchie Hanie | Blogger BDG | Emak2 Blogger | Blogger Perempuan |Dewaseo | Blogger Produktif

Cara Cantik Menjadi Blogger Produktif

Menjadi Blogger Produktif emang keingin yang terselip dari dalam hati setiap Blogger. Termasuk aku juga donk yang  berawal menggeluti dunia blogging ini  sekedar hobi. Namun apa daya hanya bisa mengikuti ritme dan alur sesuai dengan kehendak alam dunia maya, yang akhirnya kini Blogger menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan. Jika menulis dilakukan dengan have fun dan mendapatkan recehan adalah bonus, nikmat apa lagi yang kau dustakan.

Sumpah Aku Blogger

Berada diantara dua dunia Blogger dan Imers, itulah aku. Tetep ngakunya, Sumpah Aku Blogger! Dulu sempat hiatus setahun lebih  gara-gara kerjaan offline yang menyita waktu. Tapi karena memang Ngeblog adalah me time buatku dijalanankan ya dengan have fun dan asik namun diam-diam tetap menghasilkan. Dan kini Blogging menjadi salah satu passive income yang menjanjikan. Karena mengaku sebagai seorang Blogger ya wajib menulis. Maka dari itu produktivitas blogging diukur dari jumlah dan kualitas tulisannya.

Menjadi Blogger Produktif tidaklah gampang, banyak kendalanya terutama untuk memulai menulis seringnya bingung karena ide yang terlalu banyak ataupun tak ada ide. Namun tentu saja tak segampang yang dibayangkan. Pernah kah mengalami kehabisan ide-ide untuk menulis di blog? Padahal katanya Ide banyak disekitar kita. Atau karena saking  ide menumpuk dan banyak yang mau ditulis justru malah jadi males dan beku. Ya, ya pernah kualami semua itu.

Perasaan hiatus, atau sudah lama ga menulis artikel di blog dan terkadang menjadi bingung sendiri dan mati gaya. Memang ketika berada dalam zona seperti ini rasanya mulai putus asa, otak menjadi beku untuk berpikir, stress sendiri, semangat pun dengan sendirinya akan menurun. Yang ada hanya melongo menatap layar monitor dan blank. Apalagi jam waktu menulis on nya malam hari, seringnya perang batin antara ngeblog dan menjemput impian di pulau kapuk.

Sumpah Aku Blogger | Nchie Hanie | Blogger BDG | Dewaseo | Blogger Produktif

Yeay aku mah milih Blogger ajah 😀

Untukku Menjadi Blogger yang Produktif teteplah harus menghasikan sesuatu dari blognya. Jadi, menjaga agar  tetep produktif adalah suatu keharusan bagiku, karena seorang Blogger tadi wajib blognya ter-update cantik  secara konsisten (meski masih belajar terus niy) 😀

Selain menjadi Blogger  narsis yang pose2nya kudu cantik, harus seimbang donk dengan menulisnya. Ada cara cantik niy untuk tetep menjadi blogger produktif, yuk:

  • Menemukan Ide

Ide ini emang luar biasa, bisa kita temukan dimanapun. Bahkan saat terdiam, makan, dijalan ide niy  lewat begitu saja dan yakin  bakalan bisa diungkapkan dalam sebuah tulisan. Mencatat  point-point ide   atau nge draft sesaat  yang biasanya aku catat di note henpon.

  • Menulis

Hal yang paling sulit adalah menulis,  butuh ruang dan jam khusus untukku mengembangkan point ide yang aku catat di henpon tadi. Bahkan pernah diuji dan diberikan keleluasaan di office waktu itu untuk ngeblog oleh my Boss. Tapi ya tetep ga bisa, karena memang konsekwen bukan pada jamnya aku on untuk menulis. Biasanya butuh waktu menulis sekitar  satu jam, kalo memang lancar jaya 😀

  • Mengedit

Mengedit membutuhkan waktu yang lumayan lama juga buatku bisa satu jam lebih kadang bisa juga berhari-hari  nyangkut di draft *jangan diikutin ya. Biasanya memasukkan image yang sesuai postingan  dengan tiitle dan deskripsinya. Mengecek paragraf demi paragraf  barangkali ada typonya, atau membold tulisan, memiringkan kata , memformat tulisan agar tampak lebih baik dan enak di lihat bisa menggunakan h3  pada point-point yang dibahas,  menyisipkan kata kunci , dan memberikan tautan  atau link baik ke blog sendiri atau sesuai pesanan blog lain  dan tak lupa menyisipkan SEO onpagenya juga.

  • Mempublish

Artikel sudah siap, diedit pun kelar tinggal di publish . Terkadang aku kebiasaan berkali-kali di preview dulu tentang layak atau engganya di publish. Masih mengecek barangkali ada kekurangan dan segera bisa di edit. Jika sudah merasa Ok sesuai dengan kata hati, tinggal klik tombol publish.

Meski jujur ngap-ngapan, dari mulai menemukan ide, menulis, mengedit dan mempublish. Dengan cara cantik mengapdet blog itu baru bisa menjadi blogger produktif. Tentu saja sangat dibutuhkan komitmen yang berasal dari diri sendiri untuk melaksanakannya agar konsisten.

Selain itu juga, tak hanya menulis dan mempublish saja tugas blogger, namun berusaha silaturahmi alias blogwalking sekedar say hello. Menshare blogpost dan tetep aktif dan interaktif di ranah sosial media plus attitude  harus dijaga. Aktif di dunia offline dengan cara bergabung dengan komunitas yang diikutinya atau sekedar menghadiri acara sambil kopdar berhahaha..hihihi..

Selain itu juga  yang terpenting untuk menjadi blogger produktif sepanjang masa, jadilah blogger yang flexible, sosiable, supelable dan gaulable dengan dunia perbloggingan.

Sumpah Aku Blogger | Nchie Hanie | Blogger BDG | Emak2 Blogger | Blogger Perempuan |Dewaseo | Blogger Produktif

Ahh semoga aku menjadi blogger produktif sepanjang masa eeaa

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

123 comments

  1. Artikel yang sangat mencerahkan… suka banget bacanya. Semoga kita semua bisa menjadi blogger yang lebih produktif lagi dalam memasarkan ide dan kreativitas ya mbak 🙂 Amiin… Tetap kita kibarkan ” #SemangatNgeBlog & #NgeBlogSemangat ” hehehe

    • Ahh..makasih Ka DIdik,salam pramuka!!

      amin..amin.
      aku ambil kerekan dulu mau siyap2 ngibarin bendera #SemangatNgeblog

  2. Artikel keren nambah semangat… 🙂 Mari kita semangat dan menyemangati 🙂

  3. Aku biasa ngaku blogger, apalagi semenjak dikasih kaos Sumpah Aku Blogger!

    Meski di dunia nyata dan maya tak serupa, karena dalam dunia nyata lebih ke antenglable tapi diam2 tetep produktif di dunia maya. Ngono tok sih *kembali ke pojok

  4. Kalau cara ganteng ada nggak teh? :mrgreen:

    • hahhahaa dek..dek…
      aseek yang komen ganteng datang
      ada lah, tinggal ganti aja potonya pake poto Dek Anggara S

  5. Aku juga mau donk kakak, menjadi blogger yang produktif, tapi apa daya, sampe rumah udah tepar. Hehe.
    Yuk, semangat cyiiin, jadi blogger kece yang produktif, yuk!

  6. Blogger Purwakarta

    Mantep Mak… Blogwalking lebih asyik daripada spaming… Ngabuburit sambil blogwalking…

  7. aku niat banyak, ide segudang mbakkk tapi nulise ga jadi2 -____-

  8. aaah kalo teteh mah blogger produktiflah.

    setuju tuh nemu ide gampang, pas eksekusi butuh waktu banget nget

  9. Blogger produktif tandanya hanya 1 yaitu blognya banyak artikel yang menarik dan bermanfaat.
    Terima kasih tipnya.
    Salam hangat dari Surabaya.

    • nah setuju jugaa pakde..
      tapi menurutku masalah menarik atau engga balk lagi ke setiap pembaca suka apa enga xixiixi
      aku mah kebanyakan curhaat hahahaha

  10. Ngiring ngabuburit ya Teteh…. Semoga aku juga bisa produktif… Hehehe

  11. amin… Yuk sama2 berdoa dan berusaha biar jadi Blogger produktif 😊 baik di konten maupun di penghasilannya.

    Konsisten nulis itu yg blm bisa kesampaian…

  12. holaaaa…..aku kangen banget ngeblog mak, gara2 mudik duluan dan g bisa ngeblog gara2 sinyal g ada. untugnya ada penyelamat, jadi ide2 yang berseliweran bisa ditulis di blog..
    loh,kok jadi tjurhat^^

  13. Keren Teh artikelnya. Aku juga lagi berproses menjadi blogger produktif, kalau ada ide suka langsung dicatat aja di handphone biar nggak hilang. Kalau sudah depan laptop tinggal nulis deh. 🙂

  14. persoalan utamanya itu MALAS, teeeeh..
    kalo udah ketemu kata malas, susyaaah.. hahaha

  15. kalau buat-emak kayak ekeu kendala utamanya ya mendisiplinkan waktu, minimal 1 jam per hari aja susah udah gitu kalo cuma sejam serasa gak cukup, habis dipake posting doang dan mengunjungi beberapa blog sekenanya 😀

    • hahahhaa iyaa emang kadang waktuu kayanya kuraang yaa
      harusnya 26 jam/hari biar ada tambahan 2 jam uat me time

  16. Masih banyak belajar aku.
    Masih anak bawang, kakaa…
    Etapi, kog sama yah aku juga kalau mau pencet publish, suka mundur ganteng mundur ganteng…
    Bolak balik di edit. Hahaha…

  17. Wah inspiratif sekali teh..tapi aku juga gitu kalo kebanyakan ide malah jadi buntu hehehe

  18. Mau juga ikutin jejal teteh tercintaaa

  19. Wah, pas banget dengan yang kualami sekarang. Nuhun udah berbagi tips-nya, Teh Nchie. Salam kenal ya 🙂

    • haloo salam kenal kembalii..

      Iya Masama,
      semua blogger pasti merasakan fase2 itu ko Teh
      ayoo semangat lagii

  20. bisa dobel nih cantiknya kalau aku ikuti tips kece ini 🙂

  21. Kadang idenya nari-nari di kepala. E pas mau ditulis, mendadak ngumpet satu-satu. Dan kadang aku males mencatatnya itu loh mba. Huhuhu :(.

    • huhuuu, samaaaa…

      lucunya kalo pas nari2, menggoda untuk segera nulis, apa daya waktu tak bersahabat yaa
      capedee

  22. teteeeh, ngedit fotonya pake apa ih, keren hehehee pengen bisa nambahin kata-kata kayak gitu tp ga tau nama aplikasinya XD

  23. Aku juga pernah mengalami kedua hal diatas, mulai ga punya ide.. sampe kebanyakan ide.. numpuk.. tp malah ga tersentuh

    Aku juga sering ngeblog di kantor, tp karna ngga konsen malah ga selesai postingnya (biasanya sih aku ngeblog pas jam istirahat tp lagi puasa)..

    btw pertama kali kunjungan.. semoga berjumpa kembali di post yg lain Mbak nchie cantik ^^

    • haloo salam kenal kembali Mba Leli..

      iya yaa, berada di zona ituh bener2 mati gaya, yang ada males ngeblog 😀

  24. inspiratif banget tulisannya, mari lebih produktif untuk menulis :D* self reminder

  25. wih tipsnya mantap itu mbak…
    keren jadi blogger 😀

  26. “Jadilah blogger yang flexible, sosiable, supelable dan gaulable dengan dunia perbloggingan.”

    Mak… ajari aku gaulable….

    • hahhaaa..hayuu tak ajariin..

      cuma modal senyum doank, sering ketemu orang, ntar juga mengalir begitu saja Mbaa Sus..
      Perlu di latih juga denk, dulu diajarin sama tempat kerjaku yg pertama, disekolahin kepribadian xixiixix

  27. Witri prasetyo aji

    Ide selalu ada, waktu nulis yg terbatas… edit foto juga butuh waktu… hiks

    • nah bener banget itu maak
      makanya butuh kesabaran dan waktu yang pas buat ngeblog
      coz ga sembarangan kita juga menulis yaa 😀

  28. Waaahh seneng nemu post ini…iya niih
    Makin semangat ngeblog jadinyaaaaa

  29. seruuu eng liat potonyah dan isi tulisannya cantik bingiiitsss. Pengen tuh belajar

  30. Saya lebih sering nulis pas di atas commutet line teh, entah kenapa liat orang aneh di kereta kadang bisa dpt ide buat jd bahan blog hehehehe

    • waah seruu tuh, sambil menikmati perjalanan ya mbaa..
      xixiix emang, pada aneh tuh kalo di commuter line, udah pada seriuus masing2,muka stress, ga ada senyumnya sedikit pun 😀

  31. Saya malah sering bengong di depan lappi, Teh. Waktu ada ide, langsung dicatet di note hape. Tapi begitu mau dieksekusi, malah bengong. Feel-nya ilang…kumaha atuuh..? :((

    • wkwkwkkw..kumaha atuuh yaa..
      butuh waktu yang tepat teh,menyendiri kalo aku mah, makanya lebih on feelnya kalo malem2 😀

  32. berawal dari tukang ojek kece, berujung jadi diva SEO.. makin caem aja nih tante bening.. eeaaa

    • tenaaang Yos..
      sampai saat inipun masih tukang ojek ko 😀
      eeeaa jangan suka memuji ahh *ga ada recehan 😀

  33. Kayaknya kalau menghasilkan nggak pada diem deh, dilambai-lambaikannya ke arahku wkwkwkwkk

  34. Supelable dan gaulablenya perlu diterapkan oleh saya nih mba hihi

  35. saya sering banget nemu ide pas lagi beberes rumah, pas mau ngetik pas laptopnya lagi dibajak anak2.. 🙁 kudu dibenerin niy managemen waktunya saya, hatur nuhun sharingnya ya teh..

    • tah etaaa, manajemen waktu yang yang tabrakan sana sini 😀
      kan beberes rumah bisa jadi postingan juga ya Mak xixiix

      misamii

  36. Teteh mah emang gaul ebell banget, kalah anak gaul 😀

  37. Aku dibagian menulis sama self editing yang lama banget, bisa sampai berhari-hari soalnya harus diteliti plus dibaca lagi takutnya ada yang salah atau ketinggalan infonya.

    • samaa niy, kadang kebanyakan nyangkut di draft sebelom di editing yaa 😀

      xixixi bener banget maju mundur cantik yaa 😀

  38. Waaa aku juga mau dong teh biar blognya menghasilkan. Ajari akuuu.. :):)
    Makasih tips2nya ya teh. Memang paling males itu pas nulis yaa hihi

  39. mantab tenan mba, haha , jadi nambah ilmunya haha …
    btw tulisannya joss

    • ahh lebaay, ngenyek loh yaa..
      ajarin emakmu ini anak muda, mastah 😀

      buka sikit joss, halah itu mah lagu hahaha

  40. Pernah mengalami masa hiatus dan juga pernah tergopoh-gopoh menyelesaikan banyak DL..fiuh..rupa-rupa warna Blogger.. 😀

  41. Wah luar biasa ya mbak.. 😀
    mantap keren jadi iri karena blogku masih sepi tulisannya…

  42. Haloo teteh blogger gaulable
    Aku mau juga teh jadi blogger yang produktif. Tips nyaa aku ikutiin ahhh

  43. Suka banget ama teteh, Blogger gaulable , semoga saya bisa awet mudah kayak teteh 🙂

  44. Selalu suka sama tulisan teh Nchie neh. Cara cantiknya kece banget, sangat bermanfaat buat saya neh teh.

  45. Duh lagi pengen nulis cantik, ide banyak, bahan ada, tapi tempat duduk cantiknya ga ada. Kadang saat bisa duduk udah ditungguin bantal cantik, eh keterusan jadi bobo cantik haha

    • wwkkkkwk ..teh ekaaa…
      sama itulah, aku juga kadang keterusan bobo cantik,
      Ngeblognya sambil gogoleran eeaa

  46. Makasih remindernya Teh.. Jd malu sdh lama jarang apdet 🙁

  47. Mengikuti langkah di atas untuk bertamu ke sini. Writer block y, sering banget saya ngadepin hal ini.

  48. Naaaaah, masalah kehabisan ide plus gak sinkron nya antara waktu nulis sama ide yang tetiba muncul emang jadi kendala yang sering dihadapi….

  49. ikutan dong…jadi blogger produktif sepanjang masa, aamiin

  50. Apik n berguna banget teh, sharing blognyaa.
    Berdoa bersama njuk diaamini juga. Semoga kita jadi blogger produktif sepanjang masa. Gimana suaranya yang kenceng? Aamiin

  51. Boleh nih belajar semangatnya kak Nchehanie.. 🙂
    biar bisa banyak nerbitin artikel berkualitas.

  52. wah, Sangat enginspiratif. saya juga pengen banget bisa hobi nulis kayak gt.. tp masih aja malas kadang muncul. gimana cara ngatasinnya ya kak Hanie?

    • ada masanya Kakaa..
      nikmati aja dulu, nanti juga engga.
      ngatasinnya ada dalam diri sendiri dan dukungan temen juga kalo aku
      saling menyemangatii, ayooo semangat!!

  53. Eh iya ya, jadi blogger mesti produktif dan kreatif. Aduh teh, aku malah salah fokus lihat infographisnya, keceee

  54. sejak lahiran, aku agak keteteran sih, nulisnya jadi lama

  55. jadi blogger memang harus produktif dan kaya pemikiran mbak

    makasih sudah share

  56. Soal produktivitas dan ngeblog cantik, Jeng Hanie tdk perlu diragukan. Happy blogging Jeng.

  57. Aduh jadi pengen nih jadi blogger yang produktif mbak pasti rasanya senang banget ya.

  58. Bagian nyangkut di draft itu… aku banget.
    Bukan karena lama ngedit demi tampilan ciamik dan terindexnya, tapi kadang suka mentok, Mba x_x

    • hihiii…iya sama banget Mba..ya gitu deh ketika masa2 kebimbangan blogger yang akhirnya mentox..
      Yang ada menghuleng ga karuan !!

  59. kalau jadi blogger emang harus produktif mbak……salut deh.
    karena udah males banget liat blog yang hampir-hampir mirip. gak fresh gitu kontennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *