Home / Blogging / Cara Membuat Toko Online Berbasis WordPress & WooCommerce
Women Masterclass | coding for women | toko online | wordpress | woocommerce | blogger bdg

Cara Membuat Toko Online Berbasis WordPress & WooCommerce

Cara Membuat Toko Online Berbasis WordPress & WooCommerce . Mengenal Toko Online semenjak awal ngeblog hanya sekedar intip-intip saja. Mendalami bagaimana seluk beluknya ketika bekerja di dunia konsultan Internet Marketing DEWA SEO. Bergelut dengan bidang ini hampir setiap hari. Biasanya hanya melototin dan tau beres ajaa atau ngebawelin bagian web design ko lama banget beresnya. Dan kali ini lebih mendalam bagaimana cara membangun toko online sendiri. Berbicara tentang bisnis online di jaman era digital sekarang yang bisa menguntungkan salah satunya dengan membuat toko online atau online shop. Produk yang dijual pun bisa produk sendiri ataupun orang lain. Ibarat membangun sebuah warung atau supermarket banyak yang harus dipersiapkan tak segampang yang dibayangkan.

Kebanyakan si pelaku bisnis online menjual lewat bbm dan sosial media, Tapi alangkah sebaiknya buat Anda yang memang serius berbisnis online bisa membangun toko online sendiri. Kenapa? Ya, agar terlihat profesional dan terpercaya bagi calon konsumen. Menjual produk sendiri baru mempromosikannya di sosial media, dengan cara begini bisnis online akan berjangka panjang. Beberapa waktu yang lalu diberikan kesempatan perwakilan dari Blogger BDG untuk mengikuti acara yang dipersembahkan oleh IM3 Ooredoo. Rangkaian acara yang bernama Women Masterclass ini terdiri dari beberapa kelas yang ada, setiap 2 minggu sekali. Dan selalu berganti tema, kali ini temanya tentang “Coding For Women”

Women Masterclass | coding for women | toko online | wordpress | woocommerce | blogger bdg

Suasana pelatihan yang didampingi oleh instruktur anak2 muda berjenggot

WOMEN MASTERCLASS “CODING FOR WOMEN”

Bertempat di Kantor Pusat IM3 Ooredoo Jakarta, kali ini akan membahas tentang Membangun Toko Online menggunakan WordPress dan WooCommerce, pesertanya pun perempuan dari berbagai komunitas. Perkenalan satu persatu beragam profesi ada yang Dosen, Hijaber Mom Community, Woman Preuneur Community, pebisnis online dan ada juga Blogger BDG. Di era digital seperti sekarang bahwa kaum perempuan pun harus melek internet yang mencakup aspek digital agar mampu berperan memiliki pengetahuan dan keahlian.

Sebagai pelaku Online dan Blogger, mengenal Coding, toko online, WordPress, WooCommerce pastinya sangat familiar sekali. Mengikuti Training bagaimana cara membangun toko online dengan menggunakan WordPress dan WooCommerce Di pandu oleh anak muda bernama Asep Bagja Priandana salah satu indie developer yang sedang berkibar saat ini, Co-founder Froyo  Framework yang dampingi oleh beberapa temannya yang menjadi instruktur kami para perempuan yang bawel.

Apa itu Coding?
Adalah bahasa inggris yang kalo di Indonesiakan artinya adalah pemograman. Coding bertujuan untuk membuat sebuah program komputer.

Apa itu WordPress?
Adalah sebuah CMS (Content Management System) yang bersifat free dan open source. Digunakan untuk mempermudah user mengatur isi dan tampilan sebuah website. Dan merupakan salah satu platform media paling populer untuk membuat website baik itu blog pribadi, situs berita, situs edukasi bahkan situs penjualan ( ecommerce/online shop), situs berita.

Apa itu WooCommerce?
Adalah sebuah plugin WordPress yang digunakan untuk membuat toko online berbasis wp. Dengan ini maka setiap user Wp bisa dengan mudahnya melakukan set up dan mengatur toko onlinenya.

Suasana mulai Gaduh, karena instruktur anak-anak muda mulai menyebar ke setiap meja memindahkan data2 yang perlu di instal di perangkat leptopnya masing-masing. Bagaimana cara kerja website mulai dari jaringan internet yang menghubungkan user dengan server. Dimana User akan melihat isi online shop kita melalui browser. Sementara pengaturan isi website online shop kita lakukan dengan WordPress dan WooCommerce.

Hal yang harus dilakukan adalah persiapan development, menyiapkan web server dan wordpress dengan menginstall XAMPP WEb Server. XAMPP adalah sebuah paket software yang terdiri dari Apache web server, bahasa pemograman. Multi flatform yang dapat berjalan di windows, linux dan MacOs digunakan sebagai local server. Selain itu juga menyiapkan database dan menginstal WordPress.

Dalam Website Eccomerce tersebut ada dasar-dasar HTML dan CSS. HTML (Hypertext Markup Language) digunakan untuk menstruktur tampilan web. Sedangkan CSS (Cascading Stle Sheet) digunakan untuk mempercantik struktur web yang sudah dibuat dengan HTML tadi. Ahh ternyata senangnya, mempraktekan step by step  dan akhirnya berhasil membuat toko online sendiri.

Women Masterclass | coding for women | toko online | wordpress | woocommerce | blogger bdg

Hmm, ternyata bisa juga yaa membangun toko online

Nah buat pebisnis online jika ingin membuat toko online, hal-hal yang perlu diperhatikan cara membangun toko online secara profesional dengan menggunakan WordPress adalah :

1. Menyiapkan Nama  Domain dan  Hosting.

Domain adalah alamat dari website agar dapat diakses dengan mudah oleh orang lain. Nama domain yang unik sangat penting karena menjadi identitas bisnis di internet. Biaya sewa domain dibayar tahunan sedangkan harga sewa domain tergantung jenis TLD (Top Level Domain) nya misalnya .com, .co, .co.id, .id, dll. Contoh
penyedia domain bisa godaddy, name.com, domain.com, Qwords dan masih banyak lagi
Hosting adalah rumah dari website kita. Biaya sewa hosting berbeda setiap provider biasanya dibayar bulanan,
3 bulanan, 6 bulanan atau tahunan. Mengupload seluruh file website bisa menggunakan cpanel yang disediakan oleh pihak hosting.

2. Menginstal WordPress dan Template Toko Online

Menggunakan paltform berbasis wordpress banyak sekali keuntungannya, tersedia banyak template harga yang murah. Meskipun sebenernya ada template yang gratisan tapi alangkah lebih baik memakai yang premium agar lebih profesional apalagi kalau buat bisnis.

Menginstal WordPress
– Instalansi Wp
– Manajemen wordpress, pages digunakan untuk mengelola halaman yang statis, posts digunakan untuk mengelola artikel dimana setiap post memiliki kategori dan tags, themes digunakan untuk mengelola tema website yang tampil di bagian depan web tersebut, plugin untuk menambah fungsi yang tak tersedia di sistem wp. untuk mempercantik toko online tinggal men-setting sendiri bagaimana cara mengatur widget, side bar,membuat halaman, kategori, cara posting aplod produk, memberikan harga dll

3. Menginstall Plugin Pendukung

Plugin dugunakan untuk menambahkan fungsi-fungsi yang tidak tersedia di sistem standar Wp. Membantu performa toko online yang dibangun dibutuhkan beberapa plugin . Terlalu banyak plugin pun tidak dibenarkan karena akan memperlambat loading sebuah website. so, bener-bener sesuai kebutuhan saja misalnya Akismet untuk mencegah spam, Wp SEO untuk mengoptimalkan SEO dalam postingan dll.

Dipelatihan kali ini   membangun toko online dengan menggunakan  Wordpress dan WooCommerce. Setelah menginstall WordPress lalu Menginstal WooCommerce. Mencari di menu plugin lalu tinggal di aktifkan. Mulai deh melakukan konfigurasi misalnya Locale tentang format harga, ukuran, dan lokasi bisnis berada. Payment Gateway tentang format pembayaran di website eccommerce kita bisa dengn paypall, transfer bank dll.

4. Belajar Internet Marketing dan SEO

Setelah toko onlinenya jadi, lalu bagaimana agar orang lain menemukan toko online kita? Sebagai pengguna internet segala sesuatu informasi yang dibutuhkan langsung melalui search engine. Maka dari itu dibutuhkan belajar SEO (Search Engine Optimization) agar toko online nongkrong dan mampu bersaing di halaman pertama si mbah google akan berpeluang besar untuk mendapatkan penjualan. Atau bisa juga di pasarkan lewat sosial media tentunya dengan belajar cara-caranya juga.

Woman Masterclass kali ini gampang-gampang susah, pada anteng masing-masing tapi ga lupa bercanda juga biar ga manyun, stress dan ngantuk sama teman semeja bundar. Bawaannya pengen nyemil mulu plus ngebayangin makan Curry . Melirik meja sebelah dah banyak yang nyerah beberapa personil dah kabur.Alhamdulillah bisa mengikuti dan mempraktekkan bagaimana cara membangun toko online. Dan hasilnya belajar praktek kali ini memuaskan meski cuma beberapa jam . Hasil dari uyel-uyelan coding terbitlah toko online fiktif ala Nchie Hanie.

Women Masterclass | coding for women | toko online | wordpress | woocommerce | blogger bdg

Hasil karya Sibening Shop, masih kurang rapi, ternyata memang memasukan produk gambar dan resolusi tetep harus diperhatikan ya.

Women Masterclass | coding for women | toko online | wordpress | woocommerce | blogger bdg

Kelakuan teman satu meja rombongan dari Bandung, setelah mengikuti kelas coding langsung pada ngeheng semua.

Women Masterclass | coding for women | toko online | wordpress | woocommerce | blogger bdg

Hmm, nambah lagi koleksi sertifikat. Tengkyu  banget buat Women Masterclass, IM3 Ooredoo Jabar,  Asep Bagja dkk serta Manteman dari Bandung .

Selalu ada drama tatkala hendak menimba ilmu ke Ibu Kota ya 😀

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

72 comments

  1. Hayoo…drama apa ini..teh?
    Kerreen genk blogger Bandung. Semangatnya ruaarr biaassa.

    *berharap bisa dapet ilmu dari teh Nchie and team.

  2. Hihihihi. Baca komen di atas sebenernya kepo sih.Tapi lebih kagum sama ilmu yang didapet… Bahkan toko online bisa buat sendiri ya Teh….

    • sssttt iihh bapak2 ga usah kepoan :p

      Iya gampang2 susah kalo buat sendiri mah,kudu rajin, ulet penuh dengan kesabaran.
      Sekarang baru tau kan kenapa bikin website toko online tuh agak mihil hahhaa..
      Cukup tau aja dan bisaaa, yeeay!!

  3. Wihii… keren.. mau pindah bandung ah biar bisa ikutan acara Mba Nichie yang alway seru..

    aniwei itu sertifikat siapa mba, upss jadi itu sosok di balik seorang Nchiehanie yang masyur itu.. 🙂

  4. Keren ih, Mba Sri, udah lulus ya. Selamat.
    Kapan ngajarin dakuuuuh?

  5. Jadi inget dulu th 2013 juga pernah bikin oshop pake WP, tp ga ngerti setelahnya mau di apain, wkwk..

    Akhirnya pake jasa penyedia web oshop.. penting bgt y teh ilmu beginian buat oshopers..

    • iya memang kalo mau praktis, mendingan minta dibikinin sama ahlinya saja, mis ke dewaseo gituh eeeaa *ngiklaan hahahaa

      Tapi minimal yang punya olshop setidaknya memahami dan mengerti barang sedikit aja, biar ga dibodoin Ibuu

  6. Pengin bisa bikin juga euy

  7. Coding saat ini lagi ngtren banget ya mba. Dan aku aru tahu kalau bisa juga ya diaplikasi untuk emak-emak seperti kita ya 🙂

    • NgeTren sih dari dulu jugaa Mbaa, cuma memang sekarang lebih di familiarkan ke setiap perempuan2 yang melek internet. Biasanya kan kebanyakan kaum Adam xixixii

      Minimal bisa diaplikasikan ke blog kita atau web jualan kita

  8. Aku juga pernah denger nih tentang woocommerce, temen suami rasanya pake ini juga bikin olshopnya.
    Btw baru tau nama asli Nchie 🙂

  9. Teh Nchie!!!! Bootsnya ya ampun gemes amaaaat tapi pasti gaada ukuran aku deh hiks *salah fokus*

  10. woocommerce itu untuk ecommerce rupanya. thanks for sharing teh

  11. Mba sharing knowledge mba di Bandung xixixi..pengen deh tahu ttg knowledge ttg ini 🙂

  12. kalo bikin web utk olshop emang lebih enak pake WP ya teh daripada blogspot?

  13. Akuuu doyan wordpress, tp ttp ngga ngerti yg rumit2. Haha. Seledar install plugin msh bisa, selebihnya wasalam. Hiks

  14. keren teh si bening shopnya , jago ya teh nchi hanie sudah mainan coding sekarangmah, #cakeppisan

  15. Wow mantap teh Nchie makin keren n kinclong aja nih si bening eh teh Nchie 🙂 Dah main coding2 an..aku mah angkat tangan ajah 😀

  16. mak nchie yg jago aja bisa ngehang… apalagi eike yg gaptek parah. udah tiwas ditempat jangan2 haha
    keren euy ols sibeningnya

  17. teh mau ikutan kaya gini, seru banget keknya

  18. Waaaah dulu sempet coba bikin, tapi lieur haha

  19. Wuaaaahhj mupeng pengen ikutan..kebetulan punya online shop kecil2an..tfs ya mba..jadi tau bisa bkin web os sndiri

  20. Wah… cuman wordpress yah teh. Heee
    Aku salfok dan baru tau nama lengkapmya teh Nchie hheee
    Asyiikk nambah ilmu codingnya nih. Kira2 masih ada klas lanjutannya ga teh? Hhee

  21. Wah..acaranya seru deh…banyak nambah ilmu. Ternyata buat online shop bisa pakai wordpress ya… Kirain hanya buat ngeblog aja. Jadi pengen punya online shop. Ajarin koding-kodingannya atuh, Teeh…. 😄

  22. Acara yang seru. Banyaaak sekali ilmu. Ada kelas Blogspot-nya gak, ya? 😀

  23. Wow.acaranya pelatihan woman masterclassingnya menarik aekali.jadi pengin deh, scra jaman kuliah sdh mempelajari basic coding+html*udahlumutan😥

  24. wihihi si teteh keren banget ihh
    ajarin daku tehhhh

  25. Aku pengen bikin toko online teh. Nampaknya perlu les privat ini sama teh Nchie.

  26. coding *____* dan naksir dengan boots cewek itu.
    karena gampang puyeng ketemu coding, aku jualannya lewat market place seperti qlapa aja. Tinggal upload barang, ga mikirin tampilan website.

  27. Wah, wanita ini super tangguh ya dr jkt bandung bolak balik mulu, pelatihan ink cocok ya teh nchie di era digital ini. Kapan lagi ya kopdaran sama teteh hits dari Bandung ini

  28. Indosat Makassar gak ngadain kelas seperti ini, ih.. Jadi pengen mention marcomm Indosat Makassar. Hahahaha

  29. Wah, kereeeen! aku bayangin belajar coding udah mumet duluan 😀

    Dulu pernah dibelikan domain di WP sama suami, buat jualan online, tapi ga keurus.. huhu akhirnya ga diupdate 🙁

    *ehm! baru tahu nama aslinya.. *piss

  30. jadi pengen belajaar bareng teteh nan caem iniiii 🙂

  31. Mau diajarin bikin web buat commerce gini dong, Teh.
    Nunggu pengumuman kopdar belajar bareng hehee :*

  32. Aku dari dulu malah nggak terlalu ngerti banget sama yang namanya WordPress, punya sih blog wordpress, tapi sekrang sudah terbengkalai dan berdebu *fiuhhh….

    Soalnya aku lebih cinta sama blogger hihi…

  33. Waa! Ini tulisan mesti di bookmark nih, siapa tau nanti punya toko online :)) Eh teh nchie kenal asep bagja juga? Haha, sempit duniah xD

  34. Waa lengkap banget mbak.
    saya juga pengguna plugin woocommerce lho, dan emang ngebantu banget untuk membuat olshop hehe

  35. wah .. acara nya menarik sekali …. pingin ikutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *