Home / Kesehatan / Fisioterapi Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot
Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Fisioterapi Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot

Fisioterapi Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot. Setelah melakukan jalan-jalan ke alam tepatnya ke puncak gunung, baik itu pendaki sejati, pendaki  pemula atau pendaki yang berpengalaman pun bisa memiliki resiko terserang cidera  otot. Apalagi aku yang jatuhnya sebagai pemula, logikanya saat mendaki semua otot tubuh mereka bekerja sangat ekstra terutama otot kaki sebagai pijakan. Makanya sebelum mengikuti acara pendakian sudah diingatkan Dokter David untuk mengikuti olah raga freeletic ataupun jalan kaki ke hutan. Kalau, rajin olah raga bakalan diajak ke gunung, tapi kalau malas olah raga resikonya sangat besar jika langsung ikut ke gunung.

Jangankan mendaki, olah raga saja terkadang badan ini merasakan pegal-pegal dan nyeri otot, terus jalan kaki sakit. Begitu pun aku sebagai  seorang pendaki pemula hal ini sering kali terjadi karena kurangnya latihan dan pemanasan ketika hendak melakukan pendakian. Tapi jangan khawatir, pegal-pegal itu hal yang wajar. Yang jelas kita tahu dengan pasti cara untuk  mengatasi cidera  tersebut.

Pada umumnya biasa  yang terjadi pada cidera otot setelah  mendaki gunung adalah:

  1. Kram pada bagian betis
  2. Nyeri pada pada paha yang disertai gemetar di lutut
  3. Nyeri di pergelangan kaki
  4. Nyeri pada tulang jari kaki
  5. Nyeri otot pada pinggul
  6. Nyeri pada bagian pundak

Ayo pasti dirasakan nyeri-nyeri di atas kan? Tentunya sangat tidak nyaman banget buat diri sendiri. Pengalaman pertamaku  waktu pendakian ke Gunung Gambung, Artapela  tidak  merasakan rasa  nyeri ataupun pegal-pegal. Mungkin karena treknya yang landai  ga ada tantangan yang luar biasa, masih sewajarnya  jalan menuju ke sana. Jadi aman bebas dari  rasa di atas.

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Kalo trek hikingnya begini mah, huhuu..

Nyeri Otot Pada Paha

Nah, pengalaman yang kedua,  setelah pulang dari pendakian untuk Memeluk Puncak Manglayang aku merasakan nyeri pada paha yang luar biasa, mungkin dikarenakan jalanan yang terjal dengan kemiringan 70-80 derajat, penuh bebatuan  besar. Apalagi pas turun gunung rasanya  nyeri di paha yang disertai gemetar pada lutut. Tapi masih dalam tahap yang wajar aku rasakan, hingga sampai bawah tetap fit.

Namun selepas pendakian itu, beberapa hari kemudian aku istirahat. Eh malahan paha nyeri banget dan pegal sampai jalan pun  ngangkang dan naik tangga jalannya miring. Diketawain tuh sama si Dokter, malahan iseng jahilin suruh jalan cepet. Pada waktu Dokter nyaranin untuk Fisioterapi di Lineation-DF Clinic.

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Lagi di Stimulasi Elektrik

Tapi sebelumnya,  Fisioterapis kece n gaul panggil saja Aa Furqon, begitu teliti banget. Sambil bercerita tentang  fisioterapi jaman now, ada beberapa metode penyembuhan  untuk mengatasi pegal-pegal dan cidera otot yang teteh alami. Tangannya terampil, yang pertama melakukan stretching atau peregangan otot pada bagian yang nyeri lalu di massage  untuk mengatasi pembengkakan dan kejang pada otot, nah harus sama ahlinya khawatir juga kan kalau salah tekniknya malahan tambah nyeri.

Dan taukah rasanya sodara, sakit pake banget. Pas diterapi pun pengen ketawa, nangis heuheu. Setelah itu baru  menggunakan  Electrical modaliti/stimulasi elektrik, rasanya nyetrum  tapi enak jadi rileks, cukup 15 menit saja.

Aa Furqon berpesan dengan keadaan begini harus 3x fisioterapi,  serta banyak latihan streching di rumah. Sebaiknya melakukan  pengompresan untuk mengatasi cidera otot dengan cara ini bertujuan untuk membuat panas tubuh berkurang, mengurangi nyeri serta mengatasi bengkak pada bagian yang nyeri. Untuk menurunkan panas tubuh bisa dikompres dengan menggunakan air hangat sedangkan  untuk bengkak atau luka memar bisa menggunakan kompres air es.

Nyeri Otot Pada Betis

Pengalaman kedua saat Mencicipi Puncak Burangrang, prepare badan udah siap sehingga tidak mengalami kendala sepanjang pendakian. Namun  setengah perjalanan  pas turun gunung lumayan betis ini merasakan nyeri, masih dalam tahap wajar dan bisa diatasi. Ternyata turun gunung memang membutuhkan tenaga ekstra dan otot kaki  pun lebih bekerja keras karena menjadi tumpuan.

Kali ini, setelah pendakian ketiga, meski tidak merasakan nyeri yang luar biasa, tapi  aku langsung melakukan fisioterapi kembali dengan Aa Furqon. Kenapa? Karena untuk mencegah nyeri atau pegal-pegal yang bisa menjalar ke seluruh tubuh.

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Ada penampakan Fisioterapisnya, yang lagi melakukan stretching dan massage

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Menempelkan pad  lalu direkatkan

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Santai sejenak, sambil merasakan  setruman  karena stimulasi elektrik

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Kali ini pad-nya di simpan pada bagian yang nyeri

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Ciyuus enak loh, badan rilex

Alhamdulillah setelah melakukan terapi  20 menit betis berasa ringan, jalan pun kembali dengan normal. Keesokan harinya, seperti biasa  seolah tak terjadi apa-apa, tak ada rasa pegal ataupun nyeri lagi. Intinya kalau lagi pegel-pegel dan nyeri otot harus banyak digerakin, kalau diam malah tambah sakit.

Wow sehebat itukah fisioterapi? Mendengar kata Fisioterapi adalah hal yang familiar di telinga. Dulu aku pernah mengalami  musibah tabrakan dan pernah melakukan fisioterapi selama 3 bulan lamanya. Tapi jaman now Fisioterapi emang banyak banget digunakan untuk kesehatan. Yuk, bahas Fisioterapi.

Fisioterapi

Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan professional yang menangani permasalahan gangguan fisik dan fungsi gerak tubuh melaluiberbagai terapi fisik. Fisioterapi akan membantu meredakan rasa nyeri  akibat  cedera olah raga, sakit pada leher , punggung dan berbagai nyeri otot lainnya. Tentunya  secara perlahan  membantu  untuk dapat beraktifitas kembali secara normal.

Tujuan utama fisioterapi adalah untuk mengembalikan fungsi gerak tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya. Nah Untuk melakukan hal tersebut, ahli fisioterapi menggunakan berbagai metode, yang meliputi terapi manual, latihan fisik dan latihan.

Di Lineation Centre kemaren untuk mengatasi pegal-pegal dan cidera otot yang aku alami  fisioterapinya menggunakan alat dengan daya listrik  sebut saja Electrical modaliti atau stimulasi elektrik.  Ahli fisioterapi menggunakan TENS atau Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation, metode  menggunakan energi listrik yang kecil untuk mengurangi  rasa nyeri dan pegal-pegal

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

TENS ( Trans Electrical Nerve Stimulation) atau electrical modality alias strum

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Pad namanya

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Pad diselipkan  pada busa yang basah

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Perekat

Setelah pad disimpan pada bagian yang nyeri direkatkan dengan ini

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Alat ini sudah mengurangi  cidera otot nyeri pada bagian paha dan betis

 

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Ini ruangan Fisioterapi yang ada di Lineation – DF Clinic berada di Lantai 3

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

Nah ini dia Fisioterapis Kece, Aa Furqon Jaya Wicaksono ( Jawa banget)  ya kalo Sunda mah ntar jadinya Wicaksana *eh ko bahas nama

Cidera otot  ini merupakan sebuah permasalahan yang sering terjadi setelah pendakian. Dengan mengetahui macam-macam  dan cara mengatasinya cidera otot ini tentunya akan lebih mempermudah ketika melakukan pendakian. Tentunya  ga ingin dong, jika aktivitas bahagia saat naik gunung  terhenti gara-gara cidera otot ini. Nah, next pendakian ke gunung lagi Aa Furqon janji bakalan ikut. Yeaay!!

Buat manteman yang punya keluhan seputar  cidera otot, nyeri otot, sakit leher dan sebangsanya. Buat Mahmud alias Mamah Muda yang punya baby  atau anak dengan fisioterapi ini bisa membantu untuk tumbuh kembang anak. So,  bolehlah mampir ke Lineation bertemu dengan Aa Furqon. . Beliau praktek setiap hari  senin-jumat pukul 16.00 – 20.00 WIB kalau hari sabtu harus perjanjian dulu.

Cara Mengatasi Pegal-Pegal dan Cidera Otot | Fisioterapi | Lineation | DF Centre | Blogger BDG | Furqon Jaya Wicaksono

 

Lineation Centre

Jl Leumah Neundeut no 10 Bandung
Telp : 022 – 2010593
Telegram/WA 0812 2190 6850
Telegram Channel. @DFclinic

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

18 comments

  1. Dulu saya pernah ngerasain difisioterapi. Bagian pundak dan kepala deh kalau gak salah. Rasanya emang nyaman dan enak banget teh..

  2. Habis naik gunung, capek terus di fisioterapi pasti rasanya nyaman banget ya Nchie.
    EH betul juga pijat memijat mah nggak boleh sembarangan, salah penanganan malah bukan tambah sehat malah tambah sakit 😀

  3. Hati-hati Mbak, fisioterapi kadang bikin ketagihan …

  4. Coba mun aya di CIanjur. Untuk ngarepehkeuna cukup ka tukang urut la we. Hehehe…
    Sambil nunggu keajaiban dapet kesempatan pakai alat canggih itu…

  5. Aku belum pernah ikut fisioterapi, dan paling ga bisa dipijet. Malah jadi geli n sakit semua badannya haha. Apa karena ga biasa ya?
    Cepet pulih yaa mba

  6. Wah.. Belum pernah nyobain mbak fisioterapi. Kayaknya di Bengkulu belum nemu tempat terapinya. Saya juga hobi naik gunung, tapi biasanya berbekal counterpain aja supaya meredakan otot yang kejang

  7. Cedera otot wajar terjadi bila ada aktivitas berlebih dari yang biasanya. Saya pegel2 biasa saja Teh. Dipijet aja sama mbak di rumah hehe..

  8. Waah jaman now, aneka macam cara penyembuhan cidera otot yah. Boleh nih klinik terapi. Ngng tapi kapan ya bukanya di kota Makassar? Tanyain sama Aa Fiurqan eh Furqon ya Teh 🙂

  9. badan jadi seger lagi ya Tante?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *