Home / Blogging / Habis Mengikuti Event, Terbitlah Tulisan
manfaat menulis | nchiehanie

Habis Mengikuti Event, Terbitlah Tulisan

Habis Mengikuti Event, Terbitlah Tulisan. Enak banget ya jadi blogger, bisa menghadiri berbagai macam event, jalan-jalan terus, kulineran aja dan  dapat produk endorse. Begitulah kira-kira pandangan orang lain melihat kegiatanku sebagai seorang blogger. Alhamdulillah, semuanya ga gampang, butuh  usaha dan perjuangan untuk mendapatkan titel sebagai “blogger”. Teringat jamannya pertama kali ngeblog ga pernah ada event-event, palingan cuma kopdar dan rasa yang ada langsung diungkapkan pada sebuah tulisan dengan sendirinya.

Sekarang setelah fenomenal blogger menjadi trending topik, banyak dilirik brand dan diundang ke sebuah event baik itu seminar, launching produk, opening tempat wisata/kuliner atau lainnya. Untukku pribadi, jika mengikuti sebuah event baik itu berbayar atau tidak, tentunya dengan komitmen,  terkadang jika tema acaranya sreg dan masuk ke hati, insyaallah hadir  dengan keyakinan memang harus menulis. Kalau pun lagi malas menulis, ya jelas menolak secara halus atau tidak mendaftarkan diri ke event tersebut. Simple kan?

Jadi ketika mengikuti event, selayaknya memang harus menulis. Kenapa? Setidaknya ada take and give. Lalu apa yang dituliskan? Tulisan reportase ala blogger tidak sepenuhnya terikat oleh pakem jurnalis. Keunikannya adalah hal yang bisa menjadi pembeda antara blogger satu dengan yang lainnya, karena setiap blogger mempunyai  ciri khas tersendiri dengan  memakai gaya bahasa personal sesuai dengan kepripadiannya, tutur kata,  pendapat, pandangan masing-masing.

Selain itu, tulisan reportase  ala blogger tidak dibatasi jumlah katanya, maka dari itu  bisa menceritakan  secara detail dan nilai plus  dengan memberikan foto atau video. Dan sebelum mengklik tombol publish sebaiknya  harus mampu mengedit tulisannya sendiri karena blogger juga seorang self editor bagi tulisannya sendiri. Setelah itu, tulisan hasil reportasenya bisa di share di akun sosmed atau di grup komunitas yang diikutinya.  Menurutku menulis reportase ala blogger itu asyik banget, karena lebih lentur, bisa menambahkan pandangan pada tulisan tersebut.

Dengan menulis reportase tentunya suatu kepuasan tersendiri, lalu bagaimana jika event yang tidak berbayar. Tetep saja buatku ya menulis, seperti saat ini sedang mengikuti One Day One Post (ODOP). Banyak manfaat, diantaranya :

  • Me time

Karena dari awal tujuan ngeblogku adalah me time, semacam release untuk menenangkan diri, mengungkapkan  rasa yang tak bisa diucapkan dengan kata-kata. Suatu kenikmatan tersendiri, bisa duduk manis ditemani musik, secangkir kopi plus cemilan.

  • Blog Update

Blog yang penuh sarang laba-laba karena ga update tentunya sangat mengganggu, dengan menulis menjadi kepuasan tersendiri. Makin rajin menulis makin meningkat kualitas blog, DA/PA, traffic akan dengan sendirinya meningkat.

  • Mengasah pikiran

Sebagai blogger yang tak muda lagi namun berjiwa muda, dengan menulis akan mampu mengasah pikiran agar tidak beku, menambah wawasan  untuk merangkaikan kalimat demi kalimat. Menyadari  terkadang apa yang akan dituliskan pun mendadak menjadi blank, tak ada ide  jika lama hiatus.

  • Berbagi informasi

Dengan menuliskan beberapa event secara tidak langsung akan memberikan informasi kepada siapapun yang membacanya. Apalagi jika ada yang ngejapri tentang berita yang ditulis, dengan senang hati membalasnya sambil berbisik dalam hati, “asyiiik, ada yang kepo”

So, tak ada alasan lagi untuk menanyakan kembali, harus menulis atau tidak? Berbayar atau tidak?

“Sebagai blogger, dituntut harus multi tasking, menulis dengan jujur dengan segenap hati dan yang penting enjoy aja”

***Reminder diri sendiri, terkadang memang moody kalo menulis.

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

25 comments

  1. Saya pernah ikut acara kementrian dan karena tidak diwajibkan saya malah tidak nulis. Hahaha jadi berasa salah sendiri. Asa punya utang…

    Lebih gak enak kalau tahu blogger lain (yg nulis) mencibir ke saya…

    Ini pelajaran meski tidak dibayar kejadian seperti itu tidak saya ulangi lagi…

    • Tapi emang iya, kadang aku juga suka gitu teh..
      Mood2 nulisnya. Pernah waktu itu acara kementrian, udah nulis, trus down servernya, ke hack blognya hilaang tulisannya gondok..*atit hati ampe sekarang..
      *mau nulis lagi ga ada nyawanya lagi

  2. Ayo kita menulis, baik dibayar atau tidak. yang penting enjoy 🙂

  3. Bunda mah, kalo nyantel banget penyajian materinya, atuh puguh langsung bisa bikin tulisannya, tapi kalo gak mah teuteup aja tinggal kenangan cuma ada di diary, tanggal sekian hadir di acara ini itu. Tapi belakangan nyadar itu tuh gak baik buat reputasi blog kita (cie–ciee pake bahasa reputasi euy). Nchie boleh main deh ke blog bunda, ya. bunda udah mulai rajin koq.

  4. keren ngeblog banyak manfaatnya,
    Salam kenal 🙂

  5. Bahasanya blogger yang menulis dari hasil liputan keren keren ya, seakan akan kita ikutan acaranya karena mereka berhasil mendeskripsikan dengan bahasa yang unik

  6. Dulu sebelum jd blogger cuman bs abadikan lewat foto. Sekarang saat udah punya blog rasanya kok sayang tiap ad event atau traveling terlewatkan bgtu saja tanpa ditulis. Serasa ad penyesalan. Tnx penerahannya teteh

  7. Sehati banget teh! Tetep nulis kalau ke acara walaupun tidak dibayar itu bisa bantu ngisi blog. kan lumayan dari pada blognya jadi sarang laba-laba seperti yang teteh bilang. Seneng juga kalau melalui tulisan, kita bisa bantu update informasi ke sekitar kita.

  8. Belum pernah ikut event2 nan.. jauh diplosok desa..wkwkwkw

  9. Teteh, kalau datang ke acara aku selalu nulis. Tapi kalau ke satu tempat wisata ya nulia juga sih. Dbayar atau nggak, kalau menarik ya aku nulis

  10. Bagian yang “blog update” itu nyentil aku, Teh Hanie hahaha… Makasih sudah diingatkan.

    Kadang kalau benar-benar padat urusan di di dunia offline, bisa beranak-pinak tuh laba-laba di blogku. 😀

    Btw, aku gak bisa lama-lama baca/nulis dalam posisi tengkurap kayak Teh Hanie..gak kuat hehehe

  11. blog yang tidak diupdate selain menyebabkan sarang laba2 juga membuat alexa bengkak dan Pv menurun mbaak hahah

  12. Wajib nulis donk, apalagi kalau diundang.
    Kalau yang gak diundang tapi sekiranya bagus buat dibagi pun oke jg ditulis buat isi blog dan menambah trafik 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *