Home / Review / Penting Mengetahui Jadwal Pemberian Makan Bayi Usia 6 Bulan  

Penting Mengetahui Jadwal Pemberian Makan Bayi Usia 6 Bulan  

Penting Mengetahui Jadwal Pemberian Makan Bayi Usia 6 Bulan. Mendengarkan kisah seorang teman akhir-akhir ini rutinitas dipenuhi dengan mengurus  bayi yang masih berusia 6 bulan. Bayi  yang  sudah dianggap dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) karena beberapa refleksi pada bayi yang sudah berusia 6 bulan ini sudah lebih terorganisir jika dibandingkan dengan bulan kelahirannya. Pada usia tersebut, bayi sudah dapat menyangga kepalanya dengan baik, duduk dengan tegak dan juga reflex menggerakan lidahnya agar mencegah benda asing masuk ke dalam mulutnya. Setiap ibu harus mengetahui jadwal pemberian makan bayi yang dianjurkan oleh ahli kesehatan Gunakan juga pompa ASI untuk melancarkan ASI agar si kecil nyaman. Saluran pencernaan bayi akan terus berkembang sehingga akan memerlukan nutrisi tambahan yang tidak dimiliki oleh ASI.

Tanda lain bayi sudah siap memakan makanan yang padat adalah ketika bayi sering memperhatikan atau berusaha untuk mengambil makanan pada saat waktu makan. Mulailah berikan MPASI dengan sabar, bertahap dan sabar. Disamping itu pemberian susu masih terus berlanjut diberikan kepada mereka. Mulailah berikan MPASI dengan sabar jika si kecil menolak. Cobalah untuk menunggu beberapa menit hingga beberapa hari atau bahkan minggu. Cobalah mengenalkan lagi pada MPASI tanpa perlu khawatir. Perhatikan juga tekstur  dan konsistensi larutan, bubur, puree dari MPASI. Anda pun bisa mencampurkannya dengan sayuran atau buah – buahan yang sudah dipanggang maupun dikukus.

Aturlah jadwal pemberian makan bayi sebelum memulai jadwal makan bayi 6 bulan, ada baiknya mengenal dan mengetahui dengan bak kebiasaan dan kebutuhan si kecil. Bayi yang berumur 6 bulan umumnya masih membutuhkan ASI sebagai sumber kalori yang utama, meskipun telah memberikannya susu formula. Pada usia ini bayi biasanya menyusui atau makan sebanyak empat sampai enam kali sehari, dan biasanya akan menghabiskan 180 hingga 240 ml susu per waktu makan. Jumlah susu keseluruhan yang dikonsumsi usahakan untuk tidak melebihi 960 ml, dan selalu gunakan pompa ASI manual untuk kelancaran menyusui.

Mulailah untuk memberikan MPASI sebanyak dua kali sehari dan sekitar dua sendok makan. Gunakan juga sendok makan bayi untuk memberi makan mereka. Bayi biasanya bisa mengonsumsi MPASI sebanyak dua sendok makan sampai dua cangkir atau setara dengan 480 gram per hari. Jumlah tersebut tergantung dari kemampuan dan juga ukuran makan si kecil. Pada tahap perkenalan, Anda pun dapat mencampur 1 sendok teh the Puree MPASI dengan 4 – 5 sendok teh ASI atau susu formula yang biasa Anda berikan pada si kecil. Perbandingan dapat ditingkatkan sampai 1 sendok makan puree MPASI dengan 1 sendok makan ASI atau susu formula yang biasa diberikan pada si kecil.

Jika sudah memungkinkan, waktu makan bisa  ditingkatkan menjadi dua hingga tiga atau empat kali per hari.  bisa memberi si kecil jus buah, namun pastikan jus yang Anda berikan adalah jus yang Anda buat sendiri dari bahan – bahan buah alami atau tidak memberi mereka jus dalam kemasan. Takaran jus yang direkomendasikan untuk bayi yang berumur 6 bulan adalah 120 ml per hari. Pilihlah juga jadwal pemberian MPASI pada saat si kecil sedang tidak merasa gelisah dan lelah, serta ketika si kecil merasa tidak terlalu lapar. Selalu sediakan takaran susu yang biasanya digunakan atau diberikan sebagai pendamping dan berjaga – jaga jika bayi masih belum mau menerima MPASI.

Demikian menjelaskan cara pemberian makan pada si kecil dan jadwal yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan bagi si kecil yang masih berumur 6 bulan.

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.