Home / Blogging / Jelajah Green Industry Kamojang & Konservasi Elang Jawa
Jelajah Green Industri | Komunitas WEGI | PGE Kamojang |

Jelajah Green Industry Kamojang & Konservasi Elang Jawa

Jelajah Green Industry  Kamojang & Konservasi Elang Jawa. Pertama kalinya mendengar tentang   Jelajah ini ketika obrolan bersama sahabat Blogger bareng komunitas WEGI.  Menyimak dengan seksama dan serius menangkap maksudnya.  Biasanya familiar dengan wisata adalah jalan-jalan cantik menuju tempat-tempat yang pemandangan alam pada umumnya.  Tapi kali ini anti mainstream pas mendengar “Jelajah Green Industry” yang diadakan oleh Komunitas WEGI dengan Pertamina , dalam pikiran  apa ya, jadi penasaran alias kepo akut.  Apa itu WEGI? Ada apa di Kamojang? Berburu Elang kah di sana?

Apa itu Komunitas WEGI?

We Green Industry  (WEGI) adalah komunitas yang fokus dalam penerapan kaidah dan best practices Green Industry oleh perusahaan di Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab sosial. Program utamanya yaitu Wisata Edukasi Green Industry di mana perusahaan berbagi pengalaman pengelolaan lingkungan dan sosial masyarakat. Ini komunitas terbuka  untuk siapa pun, baik  perusahaan, kelompok  atau pun individu bisa bergabung untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan menjadi lebih baik dan mendorong perusahaan menerapkan kaidah green industrynya.

Jelajah Green Industri | Komunitas WEGI | PGE Kamojang |

WEGI 6 Jelajah Green Industri

Ternyata  sebelumnya ada WEGI 1-5 yang berkutat dengan industri semen. Kali ini WEGI 6  akan mengenal lebih dekat dengan industri yang bergerak di bidang energi. Tepatnya di Kamojang, Garut selama  2 hari pada 11-12 Nopember 2016 yang diikuti oleh beberapa perwakilan komunitas penggiat lingkungan dan ada blogger terpilih yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Ada apa di Kamojang?

Kamojang yang aku tau adalah sebuah kawah dan  kawasan industri milik PLN, PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas). Dari obrolan bareng Mas Arief ketua komunitas  WEGI  ternyata di sana ada perusahaan  milik Pertamina dan PLN yang membeli uap panas tersebut. PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Unit Kamojang adalah anak usaha PT Pertamina yang bergerak dibidang panas bumi, sebuah bisnis  dibidang energi terbarukan.  Sebagai perusahaan pemanfaatan energi  panas bumi, PGE punya peranan  penting bagi masyarakat, terutama memberikan sumber energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan.

Jelajah Green Industri | Komunitas WEGI | PGE Kamojang |

PLTP di Kamojang

Dan sangat bangga juga bahwa Pertamina  adalah perusahaan panas bumi terbesar di Indonesia  memiliki cadangan geothermal yang berpotensi diubah menjadi  listrik sebesar 29.000 MW atau 40% cadangan panas bumi dunia. Dan hanya  sekitar 2.000 MW  atau 8% saja yang bisa  dimanfaatkan.

WEGI 6 Jelajah Industri ke Kamojang ini bukan saja  menjelajah  energi panas bumi tapi  akan mengunjungi Konservasi Elang Jawa, dimana hanya di tempat  ini masih ditemukan hewan yang  menyukai habitat hutan pegunungan. Sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan, PT Pertamina PGE Kamojang melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) membuat Konservasi Elang Jawa terbesar di Indonesia Konservasi Elang Jawa bukti kepedulian Pertamina mendukung keanekaragaman hayati di Indonesia.

Sebenernya masih penasaran banget dengan  PLTP, PGE dan Elang jawa ini, ga sabar merasakan terjun langsung mengamati kegiatan bareng komunitas WEGI dan PT Pertamina . Tentunya bangga sekali menjadi salah satu Blogger yang terpilih dari Jawa Barat untuk turut serta dalam Jelajah Industri.

Nah buat Manteman Sobat WEGI yang belum berkesempatan ikut Jelajah Kamojang. Ada berita gembira nih, WEGI bakalan menyiapkan 2 Smartphone untuk  kamu yang beruntung. Caranya gampang aktif berinteraksi live report Jelajah Industri  Kamojang di sosmed.

Jangan lupa Kaka  follow akun Twitter dan IG  @komunitaswegi dengan hestek #PertaminaKamojang #EnergiBersih.

 

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

61 comments

  1. Teteh, aku ga diajak atuh…
    Penjelajahan gini mah aku suka banget…
    Itu yg lomba buat peserta penjelajahannya aja ya apa gimana?

    • hahahahaah…aku ga tauu Teteh, bukan panitianyaa,

      Nah buat Teh Okti bisa di rumah sambil mantengin acara Jelajah Industry ini pas tgl 11-12 nov ,
      Aktif interaksi aja di sosmed dengan menggunakan hestek di atas teh, kali aja beruntung dpet henpon

  2. Eh kemojang ini kan panas bumi, seinget ku ada chevron juga disana yaaa ????

  3. Bagus ya bisa ngeliat CSR dari perusahaan-perusaan itu. Rasanya pengen ikutan deh. Pasti seru.

  4. Wow itu foto PLTP di Kamojang indah bangeett, hijau sejuuk 🙂

  5. kepengen banget bisa lihat Elangnya langsung teh, sekalian main-main di PLTP Kamojang yang sejuk itu tuh. 😀

  6. Pernah ke Kamojang, tp gak sampe ke tempat yg ada elangnya ini.

  7. wow, kegiatan CSR mereka keren juga… dlm kegiatan itu mereka turut berpatisipasi sbg donatur dan para karyawannya jg turut serta di lapangan?

  8. keren ya, semoga bisa memberikan byk manfaat bagi kita, WEGI…joss

  9. Wegi kereeeeen… jarang2 ada yg beginian. Anak2 boleh ksana ga teh? Skalian field trip gitu 🙂

  10. Bagus ya teh, konsep “Green Industry” ini. Semoga banyak perusahaan lain yang juga menerapkannya. 😀

  11. Mba, ini bisa jadi pilihan buat keluarga nih mba. Keluargaku banyak yang kerja di PLN tapi aku malah tahu dari mana Nchie. Hihii

  12. wah ada ya komunitas kayak gitu hahaha wah menarik ini harusnya. abis kalo label industri teh bawaannya gak ramah lingkungan. kalo ada komunitas gini mah harusnya jadi ladang edukasi ke orang yang gak tau. btw ini blognya ganti, teh? kok asa beda.

  13. Baru dengar konsep Green Industry ini Teh. Pengen berkunjung ke sana, nampaknya adem yaa

  14. Wegi..huwahh..teringat kenangan di Padang bersama Komunitas Wegi V, seruuu banget apalagi sama presenter cantiknya..Wegi memang konsen ke lingkungan, jargon komunitas hijaunya selalu terngiang. Sukses buat Wegi.

  15. Kangen ke Kamojang, dulu sering main kesana pas lagi tinggal di garut. Indah banget disana, pokoknya bakalan betah kalau menghirup aroma tanah disana.

  16. Mendadak kangen kamojang, inget masa SMA suka mabal kesini *ups
    Indah dan adem banget di sana. Sukses ya buat komunitas Wegi

  17. Yang aku tahu kamojang itu juga kawah dan baru tahu kalo ada PLTP (pembangkit listrik tenaga panas).

  18. Saya pengen lihat elangnya 😀

  19. Komunitasnya okeeee ya teh.. Dan tempat yang dikunjungi juga kereen banget..

  20. Pasti seru acaranya teh Nchie. Mendekatkan publik dengan dunia industri yg biasanya hanya diketahui dari media TV dan cetak

  21. Wiii sefu nih jalan-jalan sambil.belajar kayak gini 🙂
    Btw, jadi inget tesisnya temen aku tentang mencari elang jawa. Si elang jawa ini memang sudah endangered ya teh.. hiks

  22. Jadi dulu lahan itu adalah tempat berkembang biaknya elang jawa, lalu krn ada sumber nergi di situ maka juga dijadikan lahan buat PLN gtu ya mbak? Trus biar elangnya gak punah maka ada sebagian lahan yg dikonservasi? #sokteu
    Kawasannya asri ya? Jd pengen ikut menjelah juga.

  23. Kereeeennn nih mba..semoga makin banyak perusahaan yang cihuy macam begini yaa

  24. asik sih kalo bisa ikut jelajah kamojang, tapi mungkin lain kali kalo anak udah bisa ditinggal 🙂

  25. Asyik, akhirnya bisa main bareng teteh cantik lagi. 😀

  26. Waah..acaranya pasti seru, ya, Teh. Pengen ikut…tapi ternyata bukan hari libur, ya? Hiks..hiks..nasib emak punya anak kecil 🙂

  27. Kalo piknik ada baiknya ke tempat-tempat gini ya teh, relaksasi pikiran banget lihat ijo-ijo. Aku ingin foto sama elangnya dooong hihi

  28. Uda pasti adem ni teh daerahnya

  29. Wah elang jawa cakep ternyata ya.. asli baru kali ini liat.. hehehe.. komunitasnya keren bgt sih.. coba ada di banjarmasin ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *