Home / Kelas Unggulan

Kelas Unggulan

Apa yang di maksud Kelas Unggulan ?
Kenapa sih mesti ada?
Katanya  siswa yang ada di kelas unggulan  itu adalah siswa siswi yang berprestasi , jumlah nilai di rapornya tinggi, diambil dari tiap kelas hanya 8 orang.

Sebenernya aku termasuk orang yang kurang setuju kalo di adakan Kelas Unggulan gitu. Alasannya ya karena timbulnya  kesenjangan antara orang tua dan anak-anaknya *beban mental tau*.

Pas di bagi rapor kemaren alhamdulillah Olive hasilnya memuaskan, dan wali kelasnya bilang nanti  pas kelas 4 bakalan di pecah lagi dan denger-denger ada wancana Kelas Unggulan segala berarti kalo masuk kelas A berarti siswa yang pintar, kelas B,C, D dan E berurutan sesuai dengan jumlah nilai di rapor/ ranking.

Hari ke dua Olive sekolah, ( bangun pagi kesiangan semua jam 05.45…wadooh ada kerusuuhan  tadi pagi). Aku masih menunggu di sekolah, karena  jadwal  masih berantakan, belom pasti pulangnya jam berapa.Ceritanya nongkrong nih, justru malahan pusing  Emak2 lain yang riweuh dengan adanya kelas unggulan, anak saya masuk kelas apa ya ? duh takuut kelas E nih..takut wali kelasnya ibu Ini..Ibu itu..*cape deh dengerinnya*.
Tau donk gimana Emak2 kalo lagi ngumpuul, hhrrgghh..!! bikin nyut2an kepala  *kalo lagi ngumpul aku sih lebih banyak diam,  ngedengerin dari pada ngomongnya, cuma senyum-senyum doang hehe*
Lebih baik menyingkir sejenak menyeruput secangkir kopi susu  panas di warung langganan di temani semangkuk bubur ayam, rasanya lebih adem.
Dan hari ini, di umumkan siapa saja yang masuk  Kelas Unggulan, alhamdulillah Olive masuk kelas A, dari temen sekelasnya yang dulu hanya di ambil 6 orang untuk masuk kelas unggulan ( untung masih ada temen sebangkunya Dimas yang ranking 1 bareng lagi, solmetnya Glory juga masuk).

Anak-anak yang lain banyak yang nangis, sedih, karena di pisah  ga bisa bareng lagi, kasihan ya. Paling benci melihat suasana tadi pagi jadi melow *mungkin aku terlalu sensitif* anak-anak yang keluar kelas matanya sembab, merah-merah, jkarena ga  sekelas lagi. Dan ini total berlaku dari kelas 1-6 SD.

Ada sisi positif nya  masuk kelas unggulan, karena Olive bisa lebih bersaing dengan siswa-siswi yang berprestasi, menumbuhkan semangat belajar lebih giat lagi dan merupakan suatu kebanggaan buat orang tuanya dan juga PR buat orang tua agar lebih rajin lagi terutama mama2nya  dalam membimbing anaknya.
Sisi negatifnya, merasa ada kesenjangan antar kelas A-E, terutama bagi orang tua yang tidak menerima, dan akan merasa minder kalo anaknya termasuk kelas E. Dan  anak-anak mesti adaptasi lagi dengan teman- teman yang barunya. Padahal kemaren tuh selama 3 tahun,  baru kelas 3 merasa dekatnya, lagi akrab-akrabnya olive sama temennya, eh malahan di pisah.
Buat aku sebagai orang tua menerima saja apapun keputusan sekolah, alhamdulillah masuk kelas unggulan, siapa pun Wali Kelasnya yang penting nyaman di anaknya. Toh setiap guru pasti akan memberikan yang terbaik buat anak-anak didiknya dan tentunya  di butuhkan kerjasama antara orang tua dan murid, supaya anaknya berhasil.
Selamat ya Ka Olive..
Dan harus lebih giat lagi belajar, soalnya saingannya siswa berprestasi semua..
Hei Sahabat..Anda setuju ga sih kalo ada Kelas Unggulan ??
Share di sini yuukk!!

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

39 comments

  1. aku sih ikut aturan sekolah aja deh 🙂 semoga Olive makin pintar ya. hasil pengalaman nih teh aku udah gak mau dengerin lagi deh pengen wali kelasnya ibu ini atau ibu itu sugestiin baik aja mudah2an baik keanaknya

  2. dulu wkt sy SMA ada kelas unggulan.. Dan sy masuk ke dlmnya.. Rasanya bangga.. Tp stlh jadi org tua kok sy juga kurang setuju.. Cuma di sklhnya anak2 skrg kayaknya gak ada kls unggulan.. Ranking aja gak ada, jd gimana mau bikin kls unggulan 😀

    Teh kok sm sih sm sy, kalo di sklh sy lebih byk diem & senyum2 ajah… Heheh…

  3. selamat ya olive udah bisa masuk kelas unggulan…hebat deh…

  4. bagi eMak yang penting semangat olive terus menyala untuk belajar.. mau unggulan atau bukan, semangatnya kudu jangka panjang yaaaa…

  5. Di luar negri pengklasifikasian kelas berdasarkan kemampuan intelektual sudah dilakukan sejak lama. Anak yang berbakat dan cerdas(IQ di atas rata-rata) tidak akan berkembang dengan baik kalau disatukan belajar dengan anak yang kecerdasan dan daya kreatifnya biasa-biasa saja. Akhirnya malah kemampuan intelektualnya tidak bisa berkembang secara maksimal. Sehingga kaum pendidik maupun orangtua menjadi salah dalam mengarahkan bakat mereka. Kasus ini terjadi pada dua penemu besar dunia, Thomas Alva dan Albert Einstain.

  6. iya ya sebenernya kasian ya kalo digroup2in gitu. jadi kesenjangan banget. dan semakin dicap ini itu jadinya.

    lagian bukannya harusnya dicampur ya, biar anak yang ‘kurang’ juga bisa ikutan belajar dari anak yang ‘lebih’?

  7. @Lidya – Mama Cal-Vin Sama sih Mba..
    Aku selalu nurutin aturan sekolah *males banyak ngomong* yang penting ngasih yang terbaik buat anak ajah..

    Nah itu, sok rariweuuh ga puguh ibu2 mah,makany aku ga pernah kumpul2 😀

  8. @ke2nai Bener banget Chi..
    Sama di sekolah Olive juga ga ada ranking, cuma di lihat dari jumlah nilai di rapor ajah..

    Mencari aman kan kalo dengerin sambil tersenyum, menjawab kalo di tanya Chi..hehe *irit* hhee

  9. @Mami Zidane Makasih MAmi..
    hmm PR buat emaknya niih..
    Lebih rajiin lagi membimbing belajarnyaa..

  10. @LJ Setujuu Maak..
    Semangaat teruss niih..!!
    *kok malah emkanya yang semangat!!

  11. @Dewi Iriani Ya gitu deh Mak ..
    TErkadang salah mengarahkan gitu,..

  12. @Arman Bener banget MAn..
    KAsihan, ga tega..coba kalo posisi aku di kelas yang rendah hiks..

    Sebenernya sih kurang setuju, cuma ya udah ah,ngikut aja, 😀

  13. heheheh secara terselubung di sekolahku dulu juga ada. tapi jadinya gampang karena kelasnya pasti kelas A semua hahaha.
    BUT berada di dalam kelas unggulan itu sebetulnya tidak begitu enak, karena stress. Iya kalau bisa jadi nomor satu di kelas itu, kalau nomor buntut (meskipun nomor buntut kelas A, bisa jadi nomor atas di kelas B kan?) Namanya juga rangking per kelas. Nah itu yang membuatku akhirnya memilih universitas yang biasa-biasa aja, krn aku ingin menjadi nomor satu dong. Memilih kantor juga sama, aku tidak akan memilih kantor yang besar, terkenal dengan pegawai banyak karena aku tidak akan bisa menjadi nomor satu di situ 😀 Bagaimanapun juga manusia akan senang menjadi nomor satu 😉

    Well, selamat belajar ya Olive, tante yakin sih, kalau olive tidak akan kesulitan belajar, tapi jgn jadi stress spt tante. Curhat aja terus pada mamamu ya… dulu mamaku terlalu sibuk dengan adik-adik dan mengurus rumah sih 🙂

  14. sebaiknya pihak sekolah bisa lebih bijak ya, apalagi kl masih tahap Dasar, pake unggulan ??? terasa aneh, orang semuanya dasar kok 😛
    Semoga Olive lebih okeh deh kedepannya ya 😀

  15. inget jaman smp dulu
    setiap semester siswa dioplos sesuai prestasi
    yang pinter masuk kelas A, yang kurang masuk kelas B dst
    mungkin niatnya bagus biar satu kelas bisa punya taraf pemikiran sama dan lebih mudah dalam hal pengajaran
    tapi efek psikisnya itu yang bikin ga enak
    siswa kelas A seringkali jadi arogan ke kelas B C atau D
    sebaliknya yang kelas bontot juga jadi minder dan bukannya terpacu biar masuk kelas A semester depan…

  16. itu supaya anak-anak ‘potensial’ berkembang baik, mbak.
    Ada teknik yang berbeda untuk menghadapi anak-anak sesuai dgn ‘potensial’ terpendamnya.

    Kalo efek nega or pos, kayaknya lebih baik kita2 sbg ortu yg memberi dasar2 akhlak agar mrk jadi gak sombong atau arogan. Krn kebanyakan, anak-anak itu hanya ‘ikut-ikutan’ ortunya yang terlalu bangga. 🙂

  17. waktu SMP aku pernah masuk kelas unggulan gitu Teh, biasa aj rasanya, tapi yg jelas jd di-exclusive-kan sm teman2 lain, jadi ga mau main sm orang2 di kelas unggulan, sedih bgt kan 🙁

    Semoga Olive semakin pintar di kelas unggulan ya 😉

  18. selamat..selamat..moga bisa berprestasi..bagi yg di kelas E ya..sapa tau bisa menjadi “macan” di kandang “tikus”

  19. Semua pasti ada positif negatifnya ya teh. Selamat ya olive masuk kelas A, siapa dulu ya mamanya *winkwink* 😀

  20. Eh, udah dikirimin kode verifikasi lewat hp, coba komen lagi ah…

  21. sisi negatif yang ditimbulkan dari kelas unggulan ini adalah adanya kesenjangan sosial diantara para siswa sendiri maupun orang tua siswa, dan terkadang pihak sekolah sendiri selalu meng anak emaskan siswa yang dididik di kelas unggulan tersebut, dan selalu mengutamakan pembelajaran kepada siswa yang berada dikelas unggulan tersebut, jadi sebenarnya lebih baik kalo kelas tersebut tidak usah dibuat, sehingga pengajaran pihak sekolah bisa merata ke seluruh siswa

  22. Nggak bisa komen lagi, padahal udah ngetik panjang banget…. 🙁

  23. Kakak olive, hebat (kasih cium) :*

    Dulu jaman sma ada kelas unggulan ada testnya dari awal masuk sekolah, jadi 3tahun bareng2 terus sama orang2 TL (Tuh Lagi Tuh Lagi) hhehehehe….

    Buat semangat belajar biar ndak mau kalah sama yang lainnya itu masuk unggulan tante cantik 😀

  24. Halo Olive, selamat belajar di kelas baru ya. salam

  25. @Imelda Hahaa..Episode Mba Em Curhat dan streess ya..

    MAkasih ya MbA Em dan share disini..

  26. @Stupid monkey sepemikiran juga sih denganku,..
    La wong masih dasa rini buat apa sih..
    Makasih Om stumon..

  27. @RawinsNAh justru itu MAs..
    Efek psikis yang akan ada pada anak2..kasihan kan..

  28. @Bunda Iin sepaakt bunda Iin . memang bagaiman orang tuanya juga sih, menjelaskan kepada anak ..

  29. @Orin sediih banget atuh ga ada yang nemenin.

    JAdi inget dulu waktu SMA aku masuk kelas FIsika, kesannya gimana gitu, kok jadi pada minder cowo2 deketin akuh hehhee…
    padahal mah biasa aja kaleee..

  30. @Desimakasih Tnte Desi..
    tuink,,tuink,,

  31. @Bintang Error ya Mba Iir..hehhe..pake hpemah suka gituh..

  32. @yadibarus NAh itu dia..
    kesenjangan sosial..
    yah semoga ga jadi deh ..

  33. @Bintang hehe..nyeseel nyesel kann…Mbaaa
    KAsihaan banget ..

    Makasih ya dah be;la2in di hpe komennya, padahal kan tau Mba Irma tuh paling malas otak atik hpe kaya sayah…hihiih

  34. Setuju nggak setuju sih, Nchie. Soalnya pengalaman jadi guru dulu, murid yang cerdas kalau digabung sama yang biasa-biasa aja, lama-lama jadi ikutan biasa karena guru-gurunya akan lebih memprioritaskan yang biasa-biasa itu. Sedangkan kalau satu kelas isinya pinter semua, mereka bisa lebih terpacu. Hasilnya insya Alloh bagus.
    Nggak setujunya kalau kompetisi itu sampai bikin anak-anak stres.
    Selamat ya buat Olive, moga makin berkilau 🙂

  35. susah memang berpisah dengan teman sekelas ya
    tapi sedihnya pasti sebentar aja kok, nanti juga ketemu teman baru lagi

    kelas unggulan sih aku setuju setuju aja, maksudnya kan untuk mengintensifkan belajarnya anak anak yang dinilai unggul dibanding yang lain
    siapa tau, anak anak yang gak masuk kelas unggulan akhirnya terpacu agar masuk kelas itu

  36. Olive ngeTop.
    Hayooo..cari satu bidang untuk diunggulkan diantara teman2mu nak.
    Sukses yaaa

    Salam sayank selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *