Home / Blogging / Kopdar Pamitan, Memory Ngeblog di Blogdetik

Kopdar Pamitan, Memory Ngeblog di Blogdetik

Kopdar Pamitan, Memory Ngeblog di Blogdetik. Cinta pertama ngeblog  adalah pada Blogdetik, rasanya  jatuh cinta pada pandangan pertama tuh gurih-gurih enyoy, sulit dilupakan, kaya makan permen yupie, pengen lagi terus dan terus ngunyah.  Kenangan 10 tahun yang lalu muncul kembali dalam ingatan. Waktu itu menjabat sebagai Mom Stay at Home, pendiam, pemalu, kuper, jutex abis, tukang ngerem di rumah itulah aku, ketika itu dikenalkan dengan yang namanya Blog dan diajarkan  dengan alasan biar ada hiburan. Selanjutnya otodidak dengan dimodali sebuah komputer butut dan kursi muter, masih silent  rider sebatas baca-baca blog

Setahun kemudian, mengenal Blogdetik dan mulai jatuh cinta dengan platformnya berbasis wordpress, sangat mudah dipahami. Pengenalan pertama dengan membuat akunnya, lalu surfing online sana sini, nanya sama mbah google, teman ngeblog seperjuangan si Bibi Titi Teliti yang akhirnya bisa posting. Postingan pertama  bulan September 2009, blog dengan nama  Mama Olive  yang isinya menceritakan  keseharian seorang  Mamanya Olive , ya bener-bener curcol, lumayan menulis buat mengasah pikiran yang  beku.

Lambat laun, mulai mengenal yang namanya  blogwalking. Berkunjung dari blog ke blog yang lain membuat chemistry semakin dekat, berteman dengan sahabat online dari facebook  dan blog  se nusantara seolah dalam genggaman dan sejauh mata memandang dari sebuah layar monitor. Ah, cerita biasa, namun ceritaku dan teman-teman begitu melekat dibenak sampai saat ini. Mengepakkan sayap untuk mengenal lebih banyak teman, pada akhirnya menemukan sebuah komunitas  blogdetik dengan nama dBlogger.

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Ini Trio Blogger Detik jaman jahiliyah, kopdar pertama  di acara Blogvaganza

Komunitas dblogger adalah komunitas pertama yang aku ikutin waktu itu,  menyelami berkenalan dengan beberapa member yang akhirnya mulai ada kedekatan. Apalagi makin dekat dengan adanya beberapa event di Bandung, salah satunya  FesTIK di Telkom, acara Blogdetik dengan BlogVaganza di Preanger Bandung yang menghadirkan Raditya Dika, waktu itu sosok idola kekinian banget dan  menambah kembali deretan teman Blogger yang jumpa di darat.

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Kopdar bareng dblogger di acara FesTIK  di Telkom University

Aku bukan penulis, tapi berusaha untuk menulis  mengalir apa adanya, belajar bareng  sahabat perjuangansi Bibi  yang kebetulan kami bertetangga, berasa jadi IRT yang cerdas dan kekinian pada jamannya jahiliyah. Sampai mengikuti Workshopnya Asma Nadia, menghadiri event, duo Emak cupu dengan cueknya berlenggok di dunia blogging hanya bermodalkan niat dan keinginan pengen maju dan  ga gaptek.

Mengikuti beberapa kontes yang diselenggarakan Blogdetik demi berburu “kaos blogdetik” sampai mendapatkan predikat “banci kontes” hahahhaa, bodo amat!! Yang penting bagaiman caranya kaos itu bisa  ada di tangan, voucher bluebird bejibun dan buku-buku seabregan menghiasi rumah mungil. Semua ada masanya,  saat  berjaya waktu muda digunakan sebaik-baiknya belajar otodidak, pengalaman teman-teman membentuk  karakter tersendiri sebagai Blogger Pemula.

Berkah Ngeblog

Rajin menulis di blogdetik, meskipun banyak drama dengan alasan server down, waktu itu  belom mengerti  apa itu server,  hanya sekedar  menulis curhat-curhat geje aja tugasnya. Banyak banget sukanya yang dirasakan ngeblog di Blogdetik,

  1. Menjadi orang kaya, yaa tentunya kaya akan ilmu, pengalaman/wawasan dari hasil blogwalking dan kaya akan pertemanan.
  2. Menjadi Narsis akut, semata-mata untuk keperluan konten, dan poto-poto diri untuk memperindah tulisan, terus biar ga dikatakan “hoax” makanya perlu banget poto narsis.
  3. Mendapatkan  Domain dan Hosting tahun 2010,  itu hasil dari ikutan lomba di BlogCamp dan juara 2. Saat itu masih katro ga ngerti apa itu domain dan hosting. Oh, ternyata aku di kasih rumah maya baru yang lebih layak dengan nama nchiehanie.com yang sampai sekarang menjadi persinggahan terakhir.
  4. Bekerja di Dewa SEO, sebuah perusahaan Konsultan Internet Marketing dan Bisnis Online, yang kebetulan Ownernya “mantan blogger”. Ditawarin untuk join mengelola office karena butuhnya “emak2 blogger bawel” hanya  dengan bermodalkan jadi Blogger dan  narsis di Online. Ini berkah yang sangat istimewa buatku sepanjang jadi Blogger melebihi segalanya. Kembali menjadi Mama Bekerja setelah usia tak muda lagi dan mendapakan penghasilan bulanan dengan hasil keringat sendiri. Yeaay!!

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Yeay, ini adalah lomba blog  Blogcamp menang juara 2, hadiahnya domain hosting, selalu jadi kenangan karena rumah maya yang sampai saat  aku huni berawal dari sini. Kalo dulu disaat aku pake blog TLD berasa istimewa banget, karena belum banyak yang pake dan mengenal apa itu TLD.

Up and Down Ngeblog

Dengan niat awal, ngeblog adalah hiburan dan me time. Ada masanya hiatus karena penyesuaikan untuk bekerja kembali dan  kesibukan pekerjaan offline, sebuah totalitas yang saat itu harus meletakkan jabatan blogger dan beralih menjadi seorang Spammer alias tukang nyepam. Akhirnya setelah menguasai dunia internet marketing yang wara wiri  di online dan offline, kembali aktif dan mulai melanjutkan hobi ngeblog lagi. Meski bukan prioritas, namun rasanya kalau ngeblog tuh adalah terapi jiwa, bisa menumpahkan semua ide, rasa, pikiran yang aku rasakan di sekitar.

Berada diantara dua dunia, membuatku yakin dan percaya diri  untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya. Ketika menjadi Blogger aku akan haha hihi dengan  blogger yang lainya dan ketika memasuki dunia Imers yang serba serius, dimana setiap ketemu Imers  pikirannya $$$$. Alhamdulillah, banyak belajar dari pengalaman dunia blogging dan dunia internet marketing.

Sampai saat ini aku masih menjunjung tinggi predikat “blogger”  meskipun dari tahun ke tahun rasanya fenomenal banget ya dunia blogging. Blogger jaman now dan blogger jaman old jelas berbeda, tapi bagaimanapun tetep harus mengikuti perkembangan jaman dan update. Masaaaa,  google aja update mulu, seorang blogger pun kudu update untuk terus bertahan menjadi Blogger yang Produktif .

Kopdar Pamitan Blogdetik

Kini, merasa diri Blogger jadul yang inginnya tetep eksis donk , namun semua ada masanya ketika seorang blogger mengalamai masa kejayaan. Kali ini  sudah cukup di balik layar saja yang hanya sesekali muncul di event. Tahu  ga sih blogger yang hidup di jaman now rasanya selalu merindukan kopdar  berkumpul dengan teman-teman lama dengan topik pembicaraan santai tanpa beban sponsor dan live tweet.

Sampai pada saatnya ada Kopdar Pamitan Blogdetik, entahlah maksudnya apa acara ini, namun karena kekepoan tingkat dewa rasanya ingin ikut bergabung dan berkumpul kembali dengan Manteman Blogger Jadoel. Kangen-kangenan bareng crew Blogdetik mulai dari adminnya dan MC ngawur-nya, alhamdulillah mereka sangat familiar banget.

 

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Wow ini pasti seruu

Sabtu, 20 januari 2017 di  Mall Kuningan City PIC Room mendadak menjadi riuh oleh kedatangan beberapa blogger jadul yang berkaos belogdetik, bernostalgia rasanya seneng banget sampai lupa aku mengbadikannya karena keasyikan ngobrol ngalor ngidul. Ketika acara berlangsung pun begitu riuh, siapa lagi coba kalo bukan MC ngawur yang kocak, ga berhenti tertawa sepanjang acara.

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Kaos Blogdetik warna warni ( poto by awan)

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Poto by Awan

Kopdar Pamitan yang dipandu  oleh Aa Karel bikin heboh deh, kehadiran orang-orang di balik layar Blogdetik  Mba Melly, Mba Sena, Mas Gajah Pesing, mas Marwan, Om Karmin yang menceritakan suka dan dukanya bersama Blogdetik. Ahh jadi   mengenang kenangan tentunya bikin kita senyum-senyum sendiri ya.

Makin heboh di tengah acara kedatangan bintang tamu Syahrini KW, huhuu cantik banget ya Putri Chaniago yang mampu bikin suasana semakin memanas. Keahliannya menghibur, suaranya yang merdu plus bisa menirukan suara artis yang diminta Karel begitu mempesona dan semua yang hadir dibikin takjub dengan perfomancenya. Kereen abiis, sumpee!

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

poto by Awan

Nah, yang ga kalah heboh adalah doorprize yang diberikan di acara Kopdar Pamitan tersebut, membuat terpana dan bener-bener hadiahnya bakalan dikenang sepanjang masa. Coz ga akan pernah ada diacara lain yang menghadiahi sembako, peralatan dapur dan perlengkapan mandi cyiin. Dan itu asli bikin ngakak.

Siang itu canda tawa, tertawa bahagia tiba-tiba mendadak hening dan sunyi ketika vidio kegiatan Blogdetik selama 10 tahun ini ditayangkan. Rasa haru, sedih ga nyangka kalo memang Blogdetik akan tutup, hiks. Namun kehadiran Blogger Senior seperti Om MT, eyang Anjari dan Teh Ani yang juga ikut berbagi certita selama ngeblog di Blogdetik memberikan kekuatan, dengan berakhirnya Blogdetik ini tetep kita semua yang hadir akan selalu menjalin ikatan silaturahmi sampai kapan pun.

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Yeay bersama Manteman di Kopdar Pamitan, Akhiri dengan indah

poto by Blogdetik

Makasih Blogdetik dan  Manteman untuk semua kenangan yang menggembirakan dan menyebalkan  selama 10 tahun ini

 

kopdar pamitan blogdetik | dblogger | detik.com | nchie hanie

Yeay, Ciyuus tas biru  yang ditenteng  adalah gudibeg terindah selama jadi blogger 10 tahun ini

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

29 comments

  1. aku masih punyaaa t-shirt blog detik teeeh…sedih juga ya. Semoga bisa move on ke platform yang lebih baik..

  2. blogdetik ditutup, sedih juga ya. aku gak pernah ngeblog disana, tapi aku pembaca setia.. penutupan blogdetik ini hanya untuk sementara karena maintenance atau permanen ya mba?

  3. Blogger zaman jahiliyah menuju zaman now. Hahaha. Nanti ada blog detik versi new pasti ini laah. Ya kaan, Teh? 😀

  4. jadi jarang ngebw ke teh nchie karena hiatus yang panjang itu ya teh.

    Sekarang makin ketje aja blognya teh nchie.

  5. prestasimu luar biasa teh, seiring berkembangnya zaman.
    Aku seneng belajar di dunia SEO juga teh, kebetulan ada salah satu bos yang pernah ngajarin.
    tapi belum maksimal masih dangkal ilmu. Sayang ya teh harus tutup permanen blogdetik, padahal aku sering baca. Punya akun tapi jarang isi.

  6. Aku sempet bikin blog di detik, tp gk pernah diisi, sampe akhirnya skrg malah tutup. Buat yg aktif atau pernah aktif disana pasti sedih yaa

  7. Saya punya blog juga di blogdetik tapi isinya seuprit. Jarang banget diupdate. Jadi memang saya gak terlalu punya kenangan sama Blogdetik. Tapi ya tetep aja kalau ada platform blog yang mati seperti waktu itu Multiply, ikut sedih juga

  8. hiks. saya juga sedih denger kabar ini…

    btw, goodiebagnya luar biasa keren hahaaa

  9. Masih berasa Teh euforia kesedihannya. Hikssss
    Inget yg blogdeik kartinian kita ber-21?

  10. Wah tutup blogdetik. Masih ingat dulu kalau blogdetik itu jadi sasaran tautan balik. Mana sudah lama lagi gak buka detik. Padahal dulu blogdetik diprediksi bakal bisa bersaing sama kompasiana.

  11. aku pernah bikin akun di blogdetik tapi ga pernah diisi hahahaa tapi baca-baca postingan teteh jadi sedih juga ya, 10 tahun bukanwaktu yang sebentar loh 🙁 dan bener teh, blogger jaman now sama jaman jahiliah tu beda banget ya 🙁 terkadang aku sedih merasa tersisihkan *curcol

    • Eeeaaa..Winda Curcol..
      Berbeda karena beda pemahaman aja Win, ayo semangaat!
      Ga ada yang tersisihkan, tetep istimewakan diri sendiri, insyaallah percaya diri.
      Ahh, ngelihat dirimu mah keren ko, beauty blogger kece, semangaat !

  12. Duh … kangen dengan dua foto teratas karena pernah menjadi bagian dari memori ngeblog dan kopdar di Bandung. Seru rasanya (meski manis dan pahit) karena telah menjadi bagian dari hidup kita selama ini. Senang pernah dan menjadi bagian dari Keluarga BlogDetik ^_^

  13. Sedih ya Blogdetiknya ditutup. Dulu pertama ngeblog di sana ikut challenge 30 hari non stop blog lalu dikirimin sertifikat. Kenangan indah dan takkan terlupa

  14. Aku ngga ngeblog di blogdetik tapi dulu sering baca-baca sih. Sedih juga sekarang beneran pamitan.

  15. Selamat jalan blogdetik, sedih banget pas tau blogdetik bakalan ditutup.

  16. Sedih rasanya pas tahu di twitter kalau blogdetik bakal wassalam 🙁
    Kenangan paling mengharukan bersama blogdetik adalah menang lomba ngablogburit tahun 2011 dan 2013

  17. Banyak kisah bersamamu oh blogdetik, semangat selalu ya teh Nchie….

  18. Waah bisa dapet kerjaan juga ya gara2 nge blog
    jadi makin semangat nih mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.