Home / Liburan Seru ke Hutan, Yuk..!!

Liburan Seru ke Hutan, Yuk..!!

Liburan  jalan-jalan ke Mall sih biasa..
Tapi Liburan jalan-jalan ke hutan,wow..itu Luar Biasa..!!

Ini liburan sekolah anak-anak tahun kemaren. Biasanya aku mengajak Olive ke suatu tempat yang bikin adem jauh dari hingar bingar,polusi kendaraan bermotor.Kebetulan keluarga kecilku paling seneng kalo liburan  ke tempat yang adem, kata orang sunda mah *ni is*.

Kali ini Olive liburan aku mau ngajak ponakan alias sepupunya Olive dan Tantenya alias iparku, katanya pengen ikut liburan bareng biar tambah seru. Akhirnya aku usulkan bagaimana kalo kita liburan ke Hutan tepatnya Taman Hutan Raya Ir H Juanda atau sering di kenal dengan Dago Pakar.Kalo minggu pagi banyak pengunjung anak-anak pencinta alam dari yang tua ampe anak kecil,seru nyanyi-nyayi.


Tempatnya enak,anak-anak bisa leluasa jalan kaki,lari-lari sambil menghirup udara yang segar,sekalian mengenalkan kepada anak tentang indahnya hutan dan pentingnya hutan bagi kehidupan manusia.Selain itu juga tempat ini mengandung unsur  sejarah juga,ada peninggalan jaman penjajahan .Ada Gua Jepang dan Gua Belanda.

Memang agak jauh tempatnya, ya itung-itung hiking , so siapa yang mau ikut ??
Akhirnya mereka menyanggupi ajakkanku, selain bayarnya murah meriah, pokoknya ga rugi, bakalan seru deh khususnya buat anak-anak.

Yuk mari kita siap-siap. Sebelum berangkat ke Dago Pakar sebaiknya memperhatikan barang-barang yang akan di bawa.

  • Perbekalan, karena di sana tidak ada warung nasi atau makanan, jadi harus bekal secukupnya terutama air minum yang banyak, soalnya bakalan jalan  jauh.
  • Memakai sepatu cat yang nyaman, buat emak-emak tidak di anjurkan memakai high heels,secara medan jalan naik turun.
  • Membawa topi, atau  penutup kepala yang lainnya, ga terlalu panas sih soalnya cuacanya adem banyak pohon-pohon.
  • Harus Enjoy dan tersenyum manis *ga boleh ngedumel*
  • Ga boleh buang sampah sembarangan di hutan dan harus ber etika jika kita main ke hutan *jadi inget  apa kata Uncle Lozz*

Yuk Marii siap siap..!!
Waktu itu harusnya berangkat pagi, ada sesuatu hal jadi kesiangan deh, tapi tak mengurangi semangat kita untuk tetep berlibur ke Hutan.

Nih jalan dari hutan menuju Gua, lewat anak tangga banyak banget, capee…
 
Setelah jalan terus, akhirnya menemukan Gua Jepang, besar loh guanya, menakutkan gelap. Tapi boleh masuk loh ada guidenya Mamang-Mamang sambil nyodorin sewaan senter.
Jalan lagii…jalan terus sambil nyanyi-nyanyi, lari-lari, pokoknya anak-anak seneng, meskipun  lelah
Petunjuk arah ..Ayo bingung,mau ke arah mana ?? Tinggal pilih mau ke Curug Omas..atau curug yang lain..Pengennya sih lanjut ke Curug, cuma waktu yang tak memungkinkan, ga jadi deh..
Akhirnya nyampe di tempat yang di tuju , ya Gua belanda. Gua ini sebagai penghubung loh antara Dago Pakar dan Maribaya. Kita semua masuk,dengan nyewa senter cuma 3000 perak bisa keliling Gua semaunya. Tapi ngeri juga ya lama-lama di dalem Gua pengap.
Seru banget jalan-jalannya, bersama Olive  dan ponakan-ponakan kecilku
Ada  taman bermainnya, sok mangga anak-anak main sepuasnya,emak-emaknya duduk manis sambil botram 
Ahh..arah menuju pulang, ga afdol kalo kita berwisata kesuatu tempat tanpa bernasis ria,hmm nasib jadi tukang poto ga bisa moto sendiri, untung ada Olive bisa gantian dan Mamanya bisa ikutan mejenk hhe..



Akhirnya waktunya pulang, senja sudah tiba,bagaimana anak-anak??  
Seru ga liburannya? 

Mudah-mudahan dengan jalan-jalan ke hutan ini bisa menanamkan kepada anak-anak rasa cinta dan kepedulian terhadap alam, mengerti akan fungsi hutan  betapa pentingnya hutan bagi kehidupan manusia,dan bagaimana cara merawatnya agar tetap lestari.


Karya ini aku tulis dalam rangka turut meramaikan hajatan Liburan Seru: Say No to Mall! 

Ini liburanku, liburanmu kemana..

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

44 comments

  1. kakak olive kalau liburan lagi aku diajak ya

  2. seru!!
    mau ah someday juga pergi hiking ke hutan…

  3. Liburan yang penuh dengan kecerian dan pendidikan dalam indahya kebersamaan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  4. looks FUN.. DAGO Pakar bikin cape tapi bikin seger paru-paru..

  5. Langsung masukin keranjang penilaian satu entry dari duniaolive…Asyik juga kalo ke hutan. Jarang2 lo ada ortu ngajak ke hutan 🙂 Makasih ya atas partisipasinya. 🙂

  6. Coba kak, lain kali diajak berlibur ke hutan hutan yang lebih perawan, hehe

  7. dago pakar dengan pohonnya yang tinggitinggi itu.. duh, olive dan mamah bikin bundo terkenangkenang deh.

  8. liburannya seruuuuu…. *loh kok jd sy yg jawab ya pdhl yg di tanya kan anak2.. hihiih…*

  9. mau dong tante di ajakin ke hutan ..

  10. lebih seru ke hutan dari pada ke mall…aku juga suka ke tempat yang ijo-ijo begitu mbak…

  11. aku mau donk…di foto ama tukang fotonya.. 😀
    teteh sudah terdaftar menjadi kontributor blog webe. silakan cek email dan konfirmasi. selamat ngeblog.. 😀

  12. wah seruuu banget.. ikutan dung tante 🙂

  13. klo bw krucils yg udah ngerti itu enak mama, naaah klo bawa yg pitil2 kek gini, trus dijalan minta gendong, alamaaaaaaak…emaknya aja udah berat bawa body wkwkwkwk. sukses GA nya y mam….sok kumpulin hadiahnya, biar bisa jln ke jambi…semuanya hutan !!!! hayoooooo hihihi

  14. kalau kami lebih senang jalan-jalan ke toko buku langganan di salah satu komplek pasar tak jauh dari rumah, beli beberapa buku dan membacanya di rumah. liburan yang aneh ya, tapi sejauh ini kami menikmatinya.

    sukses GA nya,Teh. Amin, insya Allah.

  15. Serrrrrrruuuuuuuuuuuunya Teh… Ceria dan masih ketok Ayu meski dihutan, hehe… pinjem bahasanya Pakde 😉

    Aku belum selesai berhias, disela2 ngajar nich,jadi nggak bisa buru-buru, hiiihiiii…

    Dikau sudah mengantarku mendaftar kok Teh, dengan kirimanmu di fb, aku lihat kok, hanya ndak bisa koment maklum via hp, lemot. Sering2 ya…

    Thanksfull pokoknya, luv U decchhh, muaaachhh 😉

  16. pernah kesana duluuuuu waktu smp, jadul banget yak.. dan kepengen kesana lagi, rindu suasana hutan…. sukses ya mba kontesnya

  17. Waaah menarik! Suatu kali ingin ke sini….
    Aku juga suka ke hutan. Di sini hutannya terawat dan bagus aksesnya. Cuma jarang pas dengan cuaca. Karena biasanya kita hiking itu pas musim panas/gugur, sedangkan musim panas aku di Indoensia hehehe

  18. seru ya chi di hutan..pohon2nya tinggi, udara masih bersih, ada bunyi air gemericik dari sungai, wangi pinus..kalo hutan pinus sih…^^
    pernah juga ke gunung bunder sentul, masih alami…salam chi

  19. wah mama Olive liburan terus yah… 😀
    dari pantai, mampir ke kebun teh, sekarang ke hutan …. next nya apa yah ??? 😀

  20. aku yg tiap hari ke hutan atau sawah, termasuk liburan atau bukan ya bu?? hiiihihi

  21. Hutannya udah modis heeee…memang saya lebih memilih liburan ke hutan atau pegunungan dibandingkan laut, bukan berarti saya orang utan atau pertapa, tapi memang senang aja 🙂

  22. @Indra Kusuma pastinya donk harus ceria..
    sukses juga untuk Mas Indra

  23. @walank ergea MAkasih ya ..mudah-mudahan berkenan..

  24. teteeeeehh seru banget maen2nyaaa :3

  25. waah…sedap betul liburannya…
    betul, mending rekreasi di luar ruang dari pada ke mall 🙂
    moga2 sukses ya buu…
    oya, hari minggu besok aku ada rencana ke bandung dg teman-teman alias ibu-ibu, hehe…

  26. Jadi penasaran dg Goa Jepang dan Goa Belanda itu mbak… Kenapa disebut begitu? Apa goa2 itu dibuat oleh Jepang dan Belanda? Spt ruang bawah tanah itu? Jadi bukan goa asli buatan alam ya? Duh, sorry mbak… pertanyaannya banyak banget hehehe

    BTW liburannya seru banget tuh! Jadi pengen kesana juga…

  27. @Mechtabukan masakan lho bu mechta 😀

  28. Undangan belajar kelompok untuk bloger wanita, info lihat disini

  29. serunya …
    belom kesampaian juga ke hutan satu ini padahal deket dg rumah neneknya anak2
    salam kenal teh 🙂

  30. Nchiiiiie…
    kalo ke tenda biru termasuk hiking juga gak ya?
    hihihi…

  31. Ngambek, Osar gak diajak… hiks…

  32. Pengen ke gua belandanya ituu bii…seru kayaknya

  33. wah kebayang kalo jalan2 di hutan pake high heels… bakal jd tontonan tuh.. hihihi…

    seru banget… aku paling suka Teh jalan2 ke hutan begini… tapi di Jakarta dimana siiih ada hutan.. hiks.. jd pengen jalan2 ke Bandung.. 😀

  34. Pengenalan cinta lingkungan sejak dini ya Jeng Han, hutannya juga tertata indah plus gua Belanda, jauh meninggalkan kesan hutan seram. Salam

  35. Eh aku pernah kesini.. tapi dulu pas tour kelulusan SMP, ternyata sekian tahun gak ke THR Ir. H. Juanda, suasananya masih sama, sempat pengin mengulang lagi datang ke sini

  36. asyiiik… jalan jalan ke hutan… mencari oksigen yaaa

  37. wahh ini beneran hutan yachh? aku pikir kayak kebon raya bogor gitu…..asyik banget yach tinggal di bandung….banyak tempat rekreasi yang bagus dan sejuk…..

  38. Wah pengalaman yang seru …

  39. Excellent blog post. I certainly love this website. Continue the good work!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *