Home / Manajemen Vs Akuntansi

Manajemen Vs Akuntansi

Warning..!! 
“Kamu harus kuliah di UPI jadi guru atau kuliah di Swasta  ngambil jurusan Akuntansi S1  biar kerja di kantoran titik, begitulah pesan Alm Bapak.”
Sebenarnya saat mencari tempat kuliah dan jurusan yang pas dan sreg di hati memang suatu pilihan yang sulit. Setiap orang  berangan-angan masuk ke Universitas Negeri begitu pun aku jawabnya pasti mau ke Unpad dan UPI.. Kenyataannya memang  tidak tembus ya sudah harus kuliah ke luar negeri.
Pada waktu itu, aku pengennya mengulangi tahun depan aja ikutan UMPTN lagi, tapi orang tua khususnya bapak menginginkan aku harus kuliah. Sebagai anak yang berbakti, ya mengikuti apa maunya, aku mengerti pilihan orang tua mungkin yang terbaik.

Waktu itu aku kebingungan mencari tempat kuliah swasta, yang favorit semua sudah tutup masa pendaftarannya, aku sibuk mengantar   temen-temenku  yang masuk universitas swasta sudah memulai ta’aruf dan ospek. Sedangkan aku masih pontang panting ga jelas  mencari sendirian, hiks..

Warning ke kedua kalinya..!

“Besok harus sudah dapet tempat kuliah dengan jurusan Akuntansi.”

Dalam satu  hari aku harus bisa menemukan tempat kuliah sesuai pesan Bapak, kebayang ga sih sendirinya aku mencari tanpa di temani teman apalagi pacar baru putus.
Unisba, Unpas, STIEB dah tutup, STIE YPKP ga tembus karena kurang uang sumbangannya.
Akhirnya  di pusat kota aku menemukan tempat kuliah  Unla (Universitas Langlangbuana), milik kepolisian lumayan keren juga. Bismillah, aku daftar masuk USM gelombang ke 3, mengambil fakultas ekonomi jurusan Manajemen S1.
Haduh senengnya, tapi apa daya udah nyampe di rumah langsung di ceramahin. Jurusan yang tak sesuai  menjadi debat antara aku dan Bapak, alhasil aku ga di tanya beberapa bulan.
Pembelaan diri harus, buat apa aku kuliah dengan jurusan yang tidak sesuai dengan hati, pengennya sih masuk Fakultas teknik, apalagi saat itu jurusan Akuntansi S1 statusnya masih terdaftar. Ya udah Fakultas ekonomi yang ada cuma Manajemen.

Akhirnya aku lulus dan berhasil menyandang status Mahasiswa angkatan 1995 di Unla meskipun dengan perjuangan  yang melelahkan, dengan tekad dan percaya diri aku harus dapet tempat  kuliah hari itu juga, meskipun  di cuekkin sama bapak, lanjuut..!!

Jujur masuk di Unla sedih banget, ga ada teman yang kenal satu pun, asing berasa di pengungsian, berasa antara hidup segan mati tak mau. Korban putus cinta lagi, nasiiib..*gengsi sih meratapi di tinggal cowok*
Jamannya sekarang mah di bilangnya lagi Galau gitu deh.
Life must go on, smangat..!

Untuk memulai pertemanan mengalir begitu saja.

Pas waktunya Ospek seru banget, mulai banyak kenalan, pengalaman   awal saat masuk kuliah yang tak kan pernah terlupakan. 
Saat di kuncir banyak pake pita warna warni dengan seragam putih abu-abu, kaos kaki beda warna, tas dari karung terigu, mirip gembel bangget *aku sih gembel lucu*. Saat  di keceng kakak-kakak mentor, di anak emasin, berasa paling istimewa hadeuh..
Rasa sedih berganti dengan rasa bahagia, dan aku mulai menemukan jati diri aku sendiri saat itu, ini loh aku.
Satu semester aku meyakinkan diri  kalo aku bisa mengikuti mata kuliah, meskipun  tidak nyambung sama jurusan Fisika sewaktu SMA. Berusaha dan  rajin pasti bisa dan aku membuktikan  dengan hasilnya dapet IP paling tinggi, sempurna..!!
Dan tak lupa membuktikan ke Bapak kalo aku juga bisa, dan selalu menjelaskan ternyata tidak harus masuk Akuntansi  untuk menjadi pegawai kantoran. Akhirnya Bapak luluh juga dan mulai menerima meski tetep ngedumel.
Ya begitulah pengalaman menarik saat  masuk  kuliah, perasaan nano nano antara keinginan sendiri dan keinginan orang tua. 
Perjuangan  dengan kesendirian dan keyakinan aku pasti bisa.
Ternyata ngontes memang penyemangat ngeblog sodara-sodara.

lomba blog #sukasuka
“artikel ini di ikut sertakan dalam lomba blog #sukasuka di genksukasuka yang di sponsori oleh bunda desi, kakjuli dan teh ani berta

NB : Buat Alm. Bapak hari ini 3 April adalah hari Ulang tahunnya,
Selamat Ulang Tahun, semoga Bapak di berikan tempat yang paling indah di sisiNya.
Amin..

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

63 comments

  1. Eh ada lomba blog 🙂

    Saya dulu kuliahnya aja yang di sastra, tapi teman nongkrongnya di banyak fakultas, hehe..

    jaman dulu kata galau belum booming ya Mbak 🙂

  2. ehem….galau sama siapa tuh…?
    hihihi…

    btw sukses lombanya ya…

  3. Gembel lucu, wkwkwk…
    Wah hebat banget IP tertinggi xD
    Sukses ya mbak kontesnya…

  4. @RZ Hakim Ayo bro..ikutan…!!

    Kuliah di sastra, pantesan jagonya deh merangkai kata,..

    Betul banget, dulu belom ngetrend Galau bro..

  5. @Diandra Hihih…wakakkak…
    Ada deh Yan..

    Tq yan, ayo ikutan donk..!!

  6. @Tebak Ini Siapa
    Una..seneng deh ngetawain..
    huhuuh..

    Tq Una..

  7. Ah…jadi inget masa2 awal kuliah itu Teh.
    Al fatihah untuk Bapak ya Teh..

  8. hehe, jadi inget pas pertama masuk kuliah, mba. bapakku juga ngedumel karena aku ga mau masuk PGSD, adahal udah seleksi ke-2. cz lebih milih jurusan matematika. 😀

    yah, sampe didiemin juga, hehe. 😀
    tapi itu masa2 lalu. hehe, kalo inget jadi ketawa sendiri.

  9. jadi inget gelengan kepala orang tua saat saya mengutarakan keinginan untuk kuliah. sedih memang,tapi mungkin inilah jalan yang Allah pilihkan. Tidak bisa di bangku kuliahan, semoga bisa mengambil pelajaran di sekolah kehidupan.
    Semoga sukses di kontes, Teh.
    Salam untuk Olive.

  10. hehe…kok dulu waktu SMA malah nggak masuk jurusan akuntansi aja sih mbak….?

  11. wah paling tertekan ya Teh kalo jurusan kuliah harus menuruti orangtua.. belajar juga nggak enak… untunglah, semua berakhir sempurna… dgn nilai yg tinggi pula…

    btw, emang kayaknya akuntansi itu skrg jd “semacam” jaminan seseorang bisa sukses jd pegawai kantoran ya Teh.. padahal ilmu2 lain pun sama bermanfaatnya.. 😀

    apa kabar Teh Nchie dan Olive? maaf baru nongol nih.. hihihi…

  12. wuih cepet nih ikutan kontesnya teh. allhamdulillah aku gak ada paksaan kuliah dimana

  13. eh kita angkatan kuliahnya sama… 😀

    gua dulu juga pas udah mau lulus sma juga bingung mau kuliah apa. sukanya musik ama matematika. tapi kalo ngambil musik di indo gak ada yang bagus sekoalhnya. pengen sekolah ke luar gak ada dananya.

    mau ngambil matematika, ntar bingung kerjanya apa. soalnya gak mau kalo kerjanya jadi guru/dosen. hahaha.

    akhirnya bokap juga tuh yang bilang suruh ambil akuntansi aja. padahal gua gak pernah suka ama akuntansi (pas sma kelas 1 pernah ada pelajaran ini dan gua gak bisa).

    tapi akhirnya gua nurut juga, karena gak punya ide lain. huahahaha. jadilah masuk akuntansi, dan ternyata kok gua juga jadi suka ama akuntansi. hahaha.

  14. oh ya happy bday buat bapak ya chie… pasti bapak sekarang berbahagia di surga

  15. Kalo aku dulu cita-citanya masuk kedokteran, teh, apa daya ikut UMPTN gak lulus, akhirnya nyasar di informatika sesuai saran orang tua yang ternyata emang jadi dunia yang aku suka 😀

    Pilihan orang tua memang sebenarnya bisa benar juga 😀

  16. klo eMak dulu sudah lulus malah gak kepingin masuk.. minta pulang ke bukik, pdhl sudah sampe di bandung.. sampe skrg terus jadi ledekan deh.

    Alhamdulillah semuanya terlewati ya nChie.. 🙂
    #eMak jauh lebih tua drmu.. wkwkkkk

  17. ehya, kampus langlang buana adalah bagian hidup emak juga. karena harihari selalu naik Kelapa – Dago di depan sana.. penuh kenangan. hedehhh.

  18. @Orin
    Hadeuh Orin..
    bernostalgia..

    Nuhun nya

  19. @Ila Rizky Nidiana

    Wah sama donk..
    toss ahh..

    bener Ila..
    lucu suka pengen ketawa sendiri,

  20. @Abi Sabila
    Amin..
    Ya harus begitu jalan nya ya Bi..

    Makasih..
    Salam juga buat Sabila..

  21. @Mami Zidane

    dulu tuh berdasarkan test psikotes di anjurkan masuk IPA
    yang ada jurusan Fisika, biologi, sosial..
    Karena ga suka akuntansi Mam, soalnya ngitungin uang orang aja hhee..

  22. @Lyliana Thia

    Hai Tia, alhamdulillah kita baik..

    Iya bener, orang tua pikirannya masih kolot kale ya..
    Belom beres Tia, masih ada kendala dan berontak, tunggu di episode berikutnya..

  23. @Lidya – Mama Cal-Vin
    mumpung lagi mud Mba hiih..

    Alhamdulillah atuh

  24. @Arman

    Toss dong..kita dah sama2 tuwirnya Man..!!

    Beneran ya paling males kalo dah menghadapi suasana beda pendapat, ujung2 nya ya nurut deh..

    Whaat..Lu jadi suka ?
    bener apa kata pepatah, jangan terlalu benci nanti jadi suka..

  25. @Allisa Yustica Krones

    Bener juga Mam, pilihan yang pas kalo kita memang menyukai..

    Orang tua terkadang ada benarnya juga hhe..

  26. @LJ
    Si Emak ngaku lebih tua..
    jangan gitu ahh sesama wong tuwo..qiqiqi..

    Sayang ya Mak kita baru kenal sekarang, coba dari dulu Emak kan bisa kost di rumah ku..qiqiqi..

  27. @LJ
    Hadeuuh..
    so sweet pisan..
    Ato
    Kenangan jadi calo angkot ya MAk wkwkwkwk..

  28. Ngontes bikin semangat NGEBLOG ya^^

  29. dhe dari masuk MTs udah terbiasa sendiri ncie.. dulu, temen2 dhe masuk SMP, ee dhe sendiri disuruh masuk MTs, sendirian.. trus pas SMA ketika temen2 MTs dhe masuk SMA 2, dhe disuruh SMA 1, dan lagi2 sendiri.. terakhir pas kuliah, temen dhe gk ada yang satu jurusan dan satu kampus dengan dhe, sendiri lagi.. hahahaah, jadi terbiasa memulai semuanya dengan sendiri..

  30. padahal akuntansi itu mengasyikkan lochh…..apalagi kalo ada selisih….pas ketahuan penyebabnya…wah kayak nemu emas…..kadang smpe loncat2…trus mikir lagi tadi kenapa ngga ketemu2 yachh…perasaan udah dihitung bener2….pokoknya serru abis dech lihat angka2 kayak gitu hehehe……udah gitu bener kata bapak, kalo jurusan akuntansi mo kerja di kantor mana aja bisa…krna semua perusahaan butuh orang utk membuat pembukuan, mungkin itu yg dimaksud sama Bapak, peluang kerjanya lebih luas….

    sukses utk kontesnya yachh….baru nongol lagi udah langsung ngontes aja hihihi……

  31. Untunglah akhirnya selesai juga kuliahnya ya Mbak, walau tak direstui Bapak.
    Selamat ngontes, semoga sukses 🙂

  32. aah jadi kangen juga saiah sama alm bapak…. kadang banyak konflik dgn ortu karena masalah pilihan ya mbak…

  33. teh izin nyapa dulu ah ya, tos lami teu tepang di dunia blog, akhirnya kembali ya 🙂

  34. Weleh…weleh…Nchie dulu jadi primadona kampus ya?
    Manis banget gitu lo, dikuncir pita warna warni juga tetep dijamin unyuuuuu 😀

  35. Nchieee, saya paling nggak suka pelajaran yang berhubungan dengan hitung menghitung lo…saya lebih suka hafal menghafal, jadilah ujung-ujungnya saya belajar di fakultas hukum, bukannya manajemen apalagi akuntansi…
    😉

  36. Kalo lihat Nchie sekarang bapak juga pasti bangga, sehebat apapun wanita adalah saat dia bisa menjadi isteri dan ibu yang baik bagi suami dan anak-anaknya. Ya nggak sih?
    🙂

  37. Wah bapak sampai gak negur putrinya yang cantik berponi…therlaluuuuuuuuuuuuuuuuu…..
    Syokur akhirnya lulus dengan gemilang.
    Dengan ambil jurusan manajemen paling tidak sekarang bisa me menej waktu dengan baik ya jeng. jam berapa mandi, mnasin motor, berangkat antar si Olive, sms, mbakso, ngeblog dan lain-lainnya.
    Bagaimana dengan me menej uang belanja ?? Rapi, lebih, atau tekor ha ha ha ha.

    Semoga berjaya bersama saya.

    Salam sayank selalu.

  38. Waaahhh …
    menarik juga ya perdebatan dengan orang tua ini …

    namun yang jelas …
    menurut saya … apapun jurusannya .. saya rasa sama saja … yang penting kita menikmatinya…

    salam saya Nchie

    semoga sukses di perhelatan genk suka suka

  39. kita takkan pernah tahu mbak, Rancangan jalan kehidupan yang telah Tuhan atur untuk kita, kali aja memang mbak akan bebakat di bidang Manajemen:)

  40. daripda ngambil jurusan akuntansi lebih baik jurusan inggris saja,,dehh,susahhnya minta ampunn mabk

  41. Pengalaman Pribadi yang luar biasa ….

    Salam Mama Olive,
    @rie fabian-

  42. Kok nggak nemu cerita pacaranya ya…padahal itu penting juga lho..:)

  43. Wahh baca postingan teteh nchie ini bikin dejavu deh 😀
    Aku dulu masuk Akuntansi padahal inginnya jd dokter hehehe tapi tak mengapa, banyak hikmah, akuntansi itupun sama teh pilihan ortu 😀

  44. @dhenok habibie
    Dhe ternyata mandiri ya..
    Bagoes..!!

  45. @Nia
    NAh itu tadi MAm, kan ngontes penyemangat ngeblog..

    Yang ada mumet Mam, mana ngitungin uang orang lagii hhe..

  46. @Bunda Kanaya

    Betul sekali Bunda..
    Perdebatan yang klise karena berbeda pilihan..

  47. @maminx hehe..
    Hai Maminx..
    Iya neh, biasa lagi terkena Virus Malas..

  48. @Bintang
    Primadona ngga sih Mba..
    Cuma lumayan sedikit terkenal

  49. @Pemilik Restoran Suroboyo
    NAh justru itu Dhe..
    Tekor terus..
    Piye iki..

  50. @Mang jazi
    Kan baru putus Mang..
    Ini kan cerita pengalaman awal masuk kuliah..
    Ntar tunggu kelanjutannya..

  51. @anny
    Kenapa ya Para orang tua menginginkan anaknya masuk jurusan Akuntansi..
    weleh..weleh..

    Hadeuh teh anny ada apakah gerangan >??

  52. Keren tante..
    kalo alm.ayah saya gak nuntut anaknya jadi mau apa..apalgi saya ditinggal saat saya kelas 1 SD..
    ini masuk teknik juga sebuah kebetulan 😛

  53. hebat hebat mama olive berani memperjuangkan pilihan gak kaya awak ini taunya cuma nerima aja pilihan orang tua hehehhee

    eh baidewei koq bisa pulak kow angkatan 95 dek? aku aja angkatan 94 :p

  54. hasik ganti tema lagi euy, aku belum nemu yang sehati nih tema 😀

  55. Kapan yah bisa ngerasain kuliah juga *malah curhat..

    Kata almrh ayahnya jadi motivasi..
    sukses yah n salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *