Home / Review / Manisnya Kisah Masa Remaja Ala Dilan dan Milea
Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

Manisnya Kisah Masa Remaja Ala Dilan dan Milea

Manisnya Kisah Masa Remaja Ala Dilan dan Milea. Jalan-jalan ke sebuah Mall di Jakarta bareng anak Abege, katanya pengen ngerasain Mall gede  yang namanya Grand Indonesia. Nah kali ini  Mamanya yang menemani katanya juga mau nonton sambil menunggu waktu acara Mamanya sore hari menanti  Tulus Intimate Concert  . Konon nonton film di CGV GI adalah pusatnya dan besar tempatnya, sering menjadi Meet n Greet atau Gala Premiere setiap film.

Nah kali ini bisa merasakan nonton  di CGV GI yaitu film yang lagi ngehits dan kekinian, ya Dilan 1990 ! Wow tempatnya kece banget, dari semua bioskop CGV yang pernah aku datengin, ya di sini yang paling keren. Yeay, akhirnya bisa nemenin si Kaka nonton. Jadi jauh-jauh ke Jakarta cuma mau nonton Dilan gituh?

Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

   Asyiik!

Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

  Ow..ow Dilan tetep kiyut

Awalnya cerita Dilan diangkat dari sebuah Novel best seller, ada 3 series, Dilan 1990, Dilan 1991 dan Milea karya Pidi Baiq, seorang penulis, musikus yang terkenal di Bandung dan pernah ketemu beberapa kali.

Nah, siapakah sosok Dilan? Ternyata adalah salah satu mantan penyanyi cilik, personil Coboy Junior yang menjadi idolanya Kaka Olive waktu kecil. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan namanya, kini menjadi sosok Abege yang menjadi Idola  kids jaman now. Meski banyak kontroversi  kenapa Dilan yang terpilih, dan diragukan aktingnya namun telah membuktikan sosok dilan menjadi fenomenal.

Dilan Bandung 1990

Berlatar belakang  tahun 1990 dengan nuansa Kota Bandung, alur cerita Dilan 1990 sukses membuat pembaca dan penonton terpana dengan kesederhanaan kisah cintanya. Sepanjang jalan pohon yang rindang  Dilan menggoda anak perempuan  bernama Milea,  kisah Dilan dan Milea yang dimulai sat perkenalan yang tak biasa di salah satu SMA di Bandung. Pertemuan mereka di tahun 1990 ketika Milea pindah dari Jakarta.

Ahh, perkenalan unik itulah yang akhirnya membuat Milea kenal Dilan lebih jauh, kata-kata romantis selalu menghujani Milea, bagaimana engga kalo setiap hari mendapatkannya, hati perempuan mana yang ga klepek-klepek. Kisah cinta  anak SMA tahun 1990an berasa banget feelnya. Secara aku pun mengalami masa muda di tahun yang sama.

Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

Gimana ga luluh coba, setiap pagi menuju sekolah dihujanin kata-kata romantis

Tentang Dilan, sosok yang pintar, baik hati dan romantis, seorang anak SMA yang menjadi anggota genk motor, termasuk anak yang nakal, selalu terlibat perkelahian antar sekolah. Sukanya membuat puisi dan membaca buku, sebenernya anak yang cerdas apalagi termasuk anak Fisika, pada jamannya memang anak yang masuk Fisika tuh pinter.

Kisah Dilan yang mengejar cinta Mylea dengan kata-kata romantisnya, akhirnya luluh dengan sang peramal, ucapan “selamat tidur” setiap malam ahh membuat geer sendiri nonton film Dilan ini.  Dilan dengan caranya sendiri bisa mendekati Milea, meskipun dengan bicaranya  yang terdengar kaku dan garing, tapi sikap Dilan itulah yang  membuat Milea makin penasaran dan ingin dekat dengan Milea.

Tentang Milea  yang diperankan oleh Vanesha Prescilla, seorang anak SMA yang cantik, polos, judes sama Dilan, karena mungkin sudah punya sosok  laki-laki yang menempati hatinya bernama Beni pacarnya yang tinggal di jakarta diperankan oleh Brandon Salim.

Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

Dimana aja kata-kata romantis selalu  diucapkan Dilan

Milea merasa kehilangan sosok Dilan, ketika tak ada gombalan kata-kata romantisnya tak ada deringan suara telpon, serba salah, ya itukah yang dinamakan dengan jatuh cinta? Momen manis mereka dengan kisah cintanya yang unik dan manis membuat baper siapapun yang melihatnya.

“Milea, kamu cantik. Tapi aku belum mencintaimu, ga tau kalau sore, tunggu aja” salah satu sapaan romantis Dilan yang pastinya bikin senyum-senyum Milea. Duh, bener-bener bikin baper siapapun yang merasakan jamannya cinta 90an. Ketika mendengar suara di telpon lalu mengatakan “Dan, kamu jangan rindu, kenapa? Berat, kamu gak akan kuat, biar aku saja!” Ya, gombalan Dilan yang  menusuk hati Milea dan semua penonton.

Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

Ketika Milea abis belanja ke pasar

Hujanan kata-kata romantis Dilan setiap saat yang kadang garing, ngebodor plus obrolan bahasa Sunda asli menarik banget dan membuat tertawa setiap yang nonton. Perjalanan kisah kasih Dilan dan Milea yang unik nan manis. Akankah Dilan dan Milea bersatu?

Dilan 1990 | Dilan | Milea | Pidi Baiq

Menanti Dilan 1990

Ayo Dilan ada di Auditorium 5 apa 6?

Menonton film Dilan, ibarat nostalgia jamannya aku pernah muda dan merasakan getaran  cinta  tahun 90an, rasa bagi seorang anak sma yang tak pernah hilang. Kisah cerita  jamannya putih abu-abu memang tak lekang oleh waktu. Hmm, jadi teringat Alumni Hati  anak hitam manis yang bandel sesekolah yang ga ada duanya, cuek, dan urakan.

Apakah aku malu memiliki hatinya, jalan dengannya di bawah gerimis?  No, coz belio begitu baik dan selalu menjaga hatiku untuk  selalu bahagia. Apa kabar Dilanku ? Eeaa..

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

31 comments

  1. Dilan ini bikin nostalgia bgt ya… Baru baca bukunya aja sih, belum nonton filmnya hiks…

  2. nostalgia jaman masih sekolah, mau aja digombalin :))

  3. Jadi teringat OVJ 4 th yg lalu Klo nggombal2..
    OVJ suka bikin nostalgia waktu kecil kayak lagu2 malaysia gtu dan aq baru sadar klo gombalan2 itu terinspirasi dari sini

  4. Belum nonton, euy. Dan kayaknya ga nonton dulu deh, takut bernostalgia, haha.

  5. #eeaaa prikitiew~ hehehe.. aku belom nonton mba, cuma tau quote quote nya aja yang tersebar di sosmed.. tapi cuek dan pintar nya aku jadi ingat rangga. Apa kabar rangga ku?

  6. Kak Nchieeeeeee… Lucuu-lucuuuu garing gemesin yaa Kak, aah besok libur mau beli novelnya dulu aaahh

  7. Racunnnn ini namanya teh. Hejejej. Udh download pdfnya tp belum sempet baca. Apa langsung cuz bioskop aja ya? Hehehh

  8. hwaa…pengin nonton..atau eggak ya? hahaha…jelasnya belum bisa ninggal bocil buat nonton 🙂

  9. Film ini bikin baper banget ya? Nostalgia masa muda nggak habis-habis deh kayaknya hehe

  10. Dilan,, Aku rindu Dilan.. #eh? hihi

    Saya belum nonton filmnya mbak, di daerah saya ga ada bioskop, hiks..

    Baca novelnya bikin baper, bener2 jadi bikin ngayal pingin ketemu Dilannya 😀

  11. ooww. jadi dilan 90 itu maksudnya latar belakangnya tahun 90 teh. Aku kirain lahirnya tahun 90. hahahaha

  12. Teteeeh….
    Aku juga berasa memiliki (kembali) hati gita cinta anak SMA pas baca novelnya.
    Sampe nangis waktu tau Milea uda punya pacar.
    Gimana Dilan?

    Aaakkkk…kang Pidi Baiq keren banget deeh…novelnya TOP.

    Dan menyoal anak Fisika keren?
    Aku jadi teringat dengan sahabat blogger yang juga jurusan Fisika.
    Orangnya baik, kalem, cantik, stylish….tapi sayang, dia gak suka drama Korea.

    ((eaaa))

  13. CGV itu apa sih artinya mbak? Apakah angka romawi juga sama seperti XXI?
    Apa bedanya CGV dengan XXI?
    Hahah maaf malah OOT karena katrok. Saya belum nonton film Dilan 1990 tapi sudah lihat meme kata-kata romantis Dilan “kamu jangan rindu. Berat. Biar aku saja…” itu sudah booming di IG 😀

  14. Siang ini aku bikin voting di instagram, nonton Dilan 1990 atau nggak. Hasil votingnya mayoritas iya, lalu pergilah aku ke bioskop nonton Dilan 1990.

    Lucu ya lihat kisah kasih masa SMA yang polos dan sederhana 🙂

  15. Penasaran, tapi takut ntar zongk, kayak sinetron. Tapi banyak yang bilang gemes sama Dilan.

  16. Wah si Dilan sempat ramai bulan Januari lalu di forum ka*kus. Mungkin ini AADC-nya anak zaman sekarang.
    Oh yah ternyata komentar soal blogdetik itu muncul juga. Terus langsung ada surel dari intereserver masuk ke kotak surat saya. Katanya eror atau kelebihan kirim email per jamnya. Makasih sudah mo komentar di blog saya, semoga bisa langgeng nih blogwalkingnya.

  17. Ngegombalinannya bikin melambung hatinya ya teh. Saya malah belum nonton, belum ada yang ngajak nich. Ngajak suami pasti gak mau. Tahun 90 an , saya masih SD teh di daerah Cilacap, hehehee. Dilan ternyata udah ketemu MIlea tahun itu yaaa

  18. Sukses nostalgianya mengenang masa SMA setelah nonton Dilan kan mbak Nchie? Hehe…
    Aku pun masih baper nih setiap kali lihat trailer, haha…

  19. masih mencoba memahami lewat novel, gemes gengges ihihihih

  20. Haha filmnya memang target market aslinya mereka yang pernah muda…bukan remaja sekarang kyknya *curiga*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.