Home / Mari Menjadi Guru, Yuk ..!

Mari Menjadi Guru, Yuk ..!

Waktunya Ujian Akhir Semester tiba dimulai dari tanggal 8 – 14 Desember 2010.

Menurut kacamata aku dari hasil penelitian biasanya mama-mamanya yang sewot,tegang stress,sibuk sementara anak-anaknya santai saja.

Apakah ibu-ibu yang mempunyai anak merasakan begitu?

Tenang Mam,jangan sampai mempunyai perasaan yang berlebihan ketika hendak menghadapi anak ujian,justru nanti malah sebaliknya membuat kecewa anak dan anak menjadi malas belajar,stres karena orang tua yang terlalu banyak menuntut dan mengatur harus belajar begini begitu.

Sebagian besar para mama yang curhat padaku,mereka suka sulit untuk menyuruh anaknya belajar,katanya malas lah,main terus lah. Kalau menurutku sih anak ga bakalan begitu,mereka pasti melihat sikap orang tuanya juga.

Gimana anak mau belajar sementara mamanya masih ngegosip main di luar rumah,tul ga?? Ya pintar2 kita aja sebagai orang tua,maaf bukannya aku sok menggurui,tapi memang realita yang aku temukan di sekeliling begitu.

Yang harus kita lakukan pengalaman aku sendiri sebagai seorang mama,tentu saja mama nya harus tenang,harus ekstra sabar,berusaha selalu mengerti cara belajar anak maunya gimana,mama harus ikut serta dalam belajar juga jadi guru,bukan hanya menyuruh saja.

Rasa khawatir jujur pasti ada,takut anaknya ga bisa menyelesaikan soal ujian,tapi masih bisa aku kontrol perasaan itu.Kasihan anak juga pasti stres menghadapi ujian,ketakutan ga bisa,tentunya peran mama sangat di butuhkan oleh anak untuk memotivasi,mensuportnya,pasti bisa asalkan belajar.

Aku selalu membuatkan Olive jadwal,kapan waktu belajarnya,kapan waktu nonton TV,kapan waktu makan,kapan waktu bermain,kapan waktunya tidur dan alhamdulillah Olive menyepakati peraturan tersebut,apabila salah satu ada yang di langgar olive pasti tau resikonya.

Memberikan anak untuk selalu mempunyai rasa tanggung jawab,itu sangat penting sekali.

Nah sekarang peraturan buat mamanya,selama Olive ujian harus tau diri dong,harus menyampingkan kegiatan2 di luar rumah yang tidak penting,rutinitas yang biasa dilakukan 2 hari sekali menengok nenek dan ponakan kecilku di stop,tidak nge blog dulu,ngenet ria deh,pokoknya harus fokus ke anak.Setuju…!!

Saatnya menjadi Guru yang terbaik dan tercerewet..yuk..!!

Cara Belajar Anak

Pernahkan para mama mengerti tentang cara bagaimana anak belajar,sebagian besar anak ada yang duduk manis,ada yang cuma mendengarkan anak bisa hafal,ada yang sambil nonton TV,mendengarkan musik (nah ini cara jitu aku belajar tuh..hhe..),dll.

Banyak jalan menuju Roma,banyak jalan cara anak belajar yang penting pelajarannya masuk ke ingatan anak tsb.Contohnya Olive kalo belajar ga pernah mau diam,ada aja tingkahnya,awalnya sih aku sempat komplen,tapi lama kelamaan dah terbiasa,ternyata nyamannya belajar menurut Olive begitu.

Alhamdulillah,aku percaya dengan kemampuanya,so tinggal mengarahkannya saja.Pertama aku suruh Olive membaca dulu,lalu nanti aku test.

100_3008

Posisi tiduran

100_3001

Posisi Duduk Manis

100_3007

Posisi Nonton TV

Nah ini cara Olive belajar

100_3004

Belajar sambil ber hula hup

Melihat cara belajar diatas membuat aku bertanya-tanya,apakah dia bisa konsentrasi?

Waktunya tanya jawab,mama bertanya Olive menjawab dengan banyak tingkah pula,ga mau diam,sambil main hula hup lah di leher ditangan,yang nungging lah,yang jalan2 kaya setrikaan,menjawabnya sambil teriak-teriak pula.

Ampyun..!! Anak siapa ini?? Hmm..(mamanya dah tandukkan nih..,kalo film kartun mah dari kepala ngeluarin asap heu..heu…)

Dan ternyata Olive bisa menjawab dengan benar,rasa kesal di pendam berubah jadi pengen ketawa,abis lucu dengan caranya belajar dan menjawab.

Sementara sang mama hanya bisa diam melotot,bengong,pusing,bergemam,menarik nafas panjang sambil mengurut dada,mencoba menahan emosi karena kesal banget (tidak boleh marah2,sabar2,berusaha tersenyum manis).

Lalu mama kabur ke kamar melihat cermin dengan wajah kesal sambil menggerutu,hmmm,*sambil mengepalkan tangan*rasanya pengen teriak aargghh.!!! Tidaak..!!!

100_2920

Sebelum ujian aku selalu menyiapkan buku2 bahan ujian sesuai jadwalnya,jadi nanti memudahkan Olive untuk belajar

100_2923

Nah ini papan dada dan perlengkapan alat tulisnya

Ada beberapa tips yang aku lakukan untuk membantu olive menghadapi ujianya :

  1. memastikan olive untuk tahu besok test pelajaran apa,bentuk soalnya pilihan ganda atau esay ,berapa soal kira-kira.
  2. selalu mendukung apa yang olive mau baik dalam hal cara belajar,maunya gimana?
  3. sebisa mungkin menghindari perdebatan,menjaga mood nya agar tidak kesal karena pasti akan mempengaruhi waktu belajar.
  4. meminta olive untuk menyiapkan segala peralatan tulisnya di malam hari tentu saja mamanya juga membantu.
  5. membuat olive selalu tenang,biasanya kan anak suka tegang kalo menghadapi ujian,selalu berfikiran positif dan meyakinkan kalo olive pasti bisa.
  6. memberikan strategi untuk menghadapi ujian,misalnya jangan lupa berdoa,membaca pertanyaan harus dengan teliti,menjawab soal yang paling mudah dulu,santai dan tenang,jangan terburu-buru.
  7. tentu saja olive harus cukup istirahat dan makan yang teratur,menjaga badannya agar selalu sehat,apalagi selama ujian masuk jam 7 pagi,tidur malamnya harus lebih awal.
  8. tidak memporsir berlebihan waktu belajar anak.

Setiap orang tua pasti mengharapkan hasil test anaknya mendapatkan nilai yang memuaskan,yang penting si anak sudah berusaha belajar maksimal,hasilnya gimana nanti.

Buat orang tua,khususnya mama menjadi guru sudah,membantu anak mempersiapkan ujian sudah,membantu belajar sudah,tinggal anaknya sendiri menghadapi ujian,harus percaya diri dan smangat!!

Ingat-ingat pesan mama tenang aja,jangan lupa tulis nama yang jelas,tulisannya harus rapih biar di mengerti,jangan lupa berdoa,oke..!!

Olive menjawab,”siaaap mama..!!” *sambil teriak

Semoga berhasil ya !!

Hari ke 4 ujian,masih aman terkendali,besok libur nah bisa istirahat sejenak,bikin postingan dulu heheh..(meski curi-curi waktu di kala olive tidur),sstt…!!

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *