Home / Blogging / Matematika Pelajaran Favorit di Sekolah
ODOP Feb 2018 | Indonesian Social Blogpreneur | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

Matematika Pelajaran Favorit di Sekolah

Matematika Pelajaran Favorit di Sekolah . Rasanya kalau bisa kembali duduk di bangku sekolah aku bakalan berkata, masih ingin mengenang sejenak masa-masa  jamannya sekolah, kalo boleh memilih aku pengen memakai baju seragam putih abu-abu aja dan  duduk di bangku depan kelas, sambil ngecengi anak-anak basket, mata memandang pada sosok si lincah  hitam manis yang  selalu tebar pesona dengan senyuman mautnya eeaa. Duh berkhayal tingkat dewa nih.

Masa-masa sekolah emang ga akan habisnya untuk dikenang, baik itu teman-temannya, cinta monyetnya, guru-gurunya dan yang pasi tentang pelajarannya.  Kali ini pengen cerita masalah pelajaran sekolah yang membuat aku teringat terus, ketika belajar matematika  jamannya  SMP, gurunya genit, kebetulan anak guru tersebut satu kelas pula. Kebayang donk tuh anak gimana nakalnya mentang-mentang bapake yang ngajar. Hmm anak sama Guru sama aja genitnya, sampe lirikan matanya memandang ke arah bangkuku saja, jadi bulan-bulanan, dan selalu memanggil dengan sebutan “Susi”  ga pake simeleketek yaaa. Cara mengajarnya enak dan begitu nerap diingatan, termasuk buly-an  dan rayuan si Bapak Guru, “Tuh, seperti Susi yang cantik, sini ke depan kerjain soal”

Nah, ada lagi tentang kesan pelajaran matematika ketika duduk di kelas 2 Fisika 1, Bapak Gurunya asyik sendiri mengobrol,   mencatat, nerangin dan ngerjain soal matematika sama papan tulis, murid-muridnya dicuekin dan berisik ngobrol. Jelas donk hal ini bikin malas sekaligus seneng sama pelajaran matematika. Tapi mau ga mau kadang matematika ini emang harus diikuti, karena dalam seminggu ada 3x pertemuan.

Matematika Pelajaran Favorit di Sekolah

Iya, suka atau tidak pastinya makin menambah benci pelajaran ini, biasanya kan kalo pelajarannya susah tapi karena cara guru mengajarnya asyik itu bakalan mempunyai poin tersendiri. Dan entahlah mungkin aku termasuk orang yang suka dengan matematika ini, gampang-gampang susah tapi begitu menantang dan tahu ga sih secara tidak sadar pelajaran ini begitu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

Nah, berikut ini kami sajikan ulasan tentang manfaat-manfaat mempelajari ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari:

Membuat kita menjadi orang sabar.  Tahu kan kalo kita mengerjakan soal-soal matematika harus sabar menyelesaikannya, terkadang memecahkan soal yang rumit dengan cara penyelesainnya yang panjang. Nah dengan rajin belajar matematika akan menjadikan kita pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi persoalan dalam hidup.

Membantu kegiatan dalam pekerjaan sehari-hari. Sebagai ibu rumah tangga tentunya sangat membantu menghitung uang belanja, perkiraan biaya listrik atau air dan uang tabungan. Ataupun sebagai ibu bekerja sebagai akunting bisa dipergunakan untuk menghitung laba dan rugi, menghitung gaji  atau hal lainnya yang berhubungan dengan perhitungan.

Membantu menjadi pribadi yang lebih teliti. Tentunya dengan belajar matematika dituntut untuk lebih teliti  dalam mengerjakan soal ga pake ceroboh, bolak-balik di lihat khawatir salah, sedikit salah aja hasilnya pasti salah. Maka dari itu dengan  terbiasa mempelajari dan mengerjakan soal matematika dengan teliti dan cermat otomatis akan terlatih dengan sendirinya dan membentuk pribadi yang lebih teliti, cermat dan ga ceroboh.

Membantu pola pikir sistematis. Kehidupan sehari-hari terkadang mengalami berbagai persoalan, dibutuhkan pola pikir yang kritis dan sistematis untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Begitupun ketika belajar matematika sangat mengasah otak banget agar mampu berpikir secara kritis.

Tuh kan pelajaran matematika yang kebanyakan orang ga suka, ternyata tanpa disadari memang banyak banget manfaat yang aku dapatkan dari proses belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam hal pekerjaan, mulai dari menghitung anggaran perbulan, gaji, menghitung untung dan rugi dll. Begitupun dengan menjadi blogger ngitung-ngitung invoice kan bikin seneng, plus menghitung hutang eeaa

Matematika oh matematika, tetep aku suka meskipun pelajaran yang sangat rumit dan pastinya sangat berkesan banget dengan cara pembelajarannya yang diberikan oleh guru-guru semenjak sekolah. Dan aslinya  dari dulu  sama adek-adek sering dikerjain kalau mereka ada PR langsung  kakaknya yang ngerjain, sampe sekarang pun sama anak kalau ada  soal matematika yang susah, mamaa.. bantuin donk! Cuma jaman sekarang pelajaran matematika gampang banget, banyak cara  mudah mengerjainnya.

Nah,  hayo Manteman suka ga niy sama Matematika?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

26 comments

  1. suka ga suka sama matematika. mau ga suka, tapi di setiap aspek kehidupan butuh matematika

  2. Ya ampun aku tuh nyerah banget kalau urusan pelajaran matematika, mbaaa. Nyerah deh karena bikin pusing. Tapi banyak juga ya memberikan manfaatnya untuk pelajaran matematika. Biar makin sbaar karena bikin telaten 😛

  3. Waktu sekolah pelajaran matematika suka nggaknya tergantung materi dan rumus nya…
    Kalo yg sulit ..sebel ..
    Tapi kalo pas lagi ngerti2 nya…ya happy…
    Guru mempengaruhi…

  4. Aku gak suka matematika jaman skolah, suka pertanyaan yang suruh jelaskan. Haha. Tapi emang bener sih, kalo matematika membantu kita agar alur berpikir sistematis. 🙂

  5. Aku juga suka mbak pelajaran matematika, suka hitung2an, walaupun suka matematik tapi ga suka pelajaran ekonomi yang hitung menghitung heheheh.

  6. Samaa saya juga senang, tp skg udh lupa semua. Yg dihafal cuma diapers, susu hahahah

  7. Sedih saya atuh teh. Dulu tuh menganggap matematika itu monster, yang harus dihindari. Sekaranng nyesel dech, saat ngajarin matematika ke anak, kok sepertinya mudah banget yaaa matematika itu

  8. Semester satu kelas satu, nilai Mathematics saya cukup di angka 6. Akhirnya les, dan hasilnya lumayanlah. pelajaran apapun tergantung pengajarnya sih teh, bagus neranginnya, murid pasti betah Dan cepat nangkap.

  9. Udah illfeel duluan sama pelajaran matematika, akhirnya nggak pernah dapat nilai baik. Mentok angka 6 deh. Mungkin kalau bisa menumbuhkan rasa suka, matematika bisa jadi pelajaran yang menyenangkan ya^^

  10. Saya biasa aja sih, suka engga, engga suka juga engga 🙂

  11. Biasa saja sih teh standar gitu
    Kebetulan ada teman yang jago mate dan kami sering belajar bareng. Kadang saya nyontek darinya hahaha

  12. Ah aku beda dengan Mbak aku lebih suka Bahasa Indonesia dibanding matematika, ini kalau nggak jawab anakku matematika aku minta tolong suami deh

  13. Aku suka matematika wktu SMP kls 3 aja, itu krn gurunya yang asyik. Kalau gurunya bukan beliau, hadeuhh…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *