Home / Mendadak Jadi Mamah Dedeh

Mendadak Jadi Mamah Dedeh

Mendadak jadi Mamah Dedeh, tatkala ada salah seorang sahabat  mengungkapkan isi  hatinya padaku, tentang kehidupan rumah tangganya sekarang yang sedang  mendapat ujian.  Hanya sebagai pendengar setia dan sebisa mungkin memberikan solusi tentang permasalahannya. Sok tua, sok iye memberikan beberapa petuah yang  membuatnya nyaman dan tenang. Hei, mana senyummu Sob..

Mari kita membahas tentang Cinta..! 
Apakah  jika  kita telah berkeluarga dan jatuh cinta (sebut saja cinta ke-2) pada pria ato wanita lain, itu di sebut berselingkuh  ? Meskipun ga pernah bertemu hanya lewat  pesan  singkat, chatingan. Apakah itu bisa di bilang selingkuh juga? 
Mamah Dedeh (beneran) bilang, ya tetep selingkuh, namanya selingkuh hati, justru lebih berbahaya *manggut manggut*

Cinta (ke-2) yang hadir dalam diri tentu ga bisa di tolak, dia datang  atas izinNya. Cinta  adalah makhluk yang materinya hanya bisa kita sentuh dengan rasa,  dan kedatangannya ga bisa di rencanakan, sesuka hatinya. Kehadiran cinta (ke-2) tak akan menimbulkan efek jika kita pandai mengelolanya ( tak perlu rasa itu di ungkapkan dengan ucapan dan tindakan).

Namanya perasaan akan di butakan oleh cinta, seperti  dalam lagu  kalo jatuh cinta berjuta rasanya, menyenangkan dan menimbulkan sensasi tersendiri. Hidup tiba-tiba menjadi jauh lebih bergairah, deg degan, adrenalin merasa terpacu, rasa merindu, ahh mendadak jadi 4L4Y layaknya abege (tua). Tapi tak  ada jaminan bahwa semua itu akan berakhir  bahagia.

Laki laki ato perempuan lain yang membuat dunia kita tiba tiba berpelangi, bagaimanapun belum teruji. Tidak seperti pasangan  yang telah mengiringi kita melewati  saat suka dan duka, pasangan yang tak pernah berpaling meski mengetahui betapa banyak kekurangan diri kita.

Mengenali beberapa alarm untuk menghindarkan kita dari selingkuh, cekidot :
  • Adanya ketidakpuasan terhadap pasangan
Perasaan  ketidakpuasan ini, secara karakter merupakan alarm pertama untuk ‘hati-hati’. Perasaan  kesal, sebal, bosen terhadap pasangan, dan komunikasi yang  tidak lancar. Ambil inisiatif  untuk menyelamatkan pernikahan, karena jika merasa tidak puas  pada satu hal, bukan tidak mungkin pasangan kita juga di landa hal yang sama. Berbicara baik baik lah di komunikasikan.
  • Kecewa karena pernah terluka
Alarm kedua yang harus di perhatikan, hal yang wajar jika perasaan pernah  dilukai pasangan entah oleh sikap, perkataan yang tidak menghargai atao pernah melakukan affair. Obatnya ya saling memaafkan , mengikhlaskan yang sudahlah. Dan perasaan kecewa perlu di bicarakan  terhadap pasanagan. Sebab perasaan kecewa dan luka yang masih hidup dalam hati, akan memicu seseorang untuk berselingkuh.
  • Jatuh Cinta
Cinta adalah manusiawi, jika seseorang sudah menikah tidak menjamin cincin yang melingkar membuat kita  lantas imun dari bersemi kembalinya perasaan ini.Yuk mencoba mengingat saat  pertama kalinya bertemu  dengan perasaan yang sama, mengingat kebaikan terhadap diri dan anak kita. Betapa pun mempesonanya, si dia bukanlah pasangan  yang telah melalui beberapa persoalan. Jika pasangan  banyak kekurangannya, ingatlah kita ga ada yang sempurna, hanya bisa saling melengkapi. Bukankah jika mencintai seseorang berarti harus menerima kekurangannya juga.
  • Mantan Kekasih
Warning..!! Ketemu di fb, berawal dari colek-colekan, say hello chatingan di inbox, lanjuut. Perlu di waspadai, makanya banyak menyalahgunakan keberadaan fb adalah bertemunya orang-orang lama yang pernah mengisi hati dan akan memicu CLBK.
________________
Hei sahabat,
Jangan bersedih, ayo bangkit, jangan terbelenggu oleh kisah masa lalumu, jangan bermain api. 
Lihatlah disana anak-anakmu, lelaki terbaikmu, menanti dengan setia, tegakah   jika anak- anakmu kehilangan sayapnya sebelah.
Coba pandangi aku, aku tak menyalahkan kamu, tak menyalahkan Cinta yang ada di antara kalian. 
Kalian sudah  dewasa dan mengerti mana yang baik dan tidak. 
Jangan kau nodai persahabatan yang ada  dengan perselingkuhan, karena kita tau akibatnya, kita bukan hanya berkhianat kepada pasangan dan anak-anak, tetapi kepadaNya.
Alangkah lebih baik rasa Cinta yang kau punya    di simpan saja di hati dan  cukup Mencintainya Dalam Diam..meski membuatmu sakit..!

Mari kita petik hikmahnya..
Renungan buat diri sendiri..buat kita..

Semoga kita  semua di jauhkan dari hal hal yang tidak baik.
Semoga kita diberikan kesetiaan untuk selalu mendampingi pasangan hidup.

Alarm alarm diatas kan berbunyi kelak..
Dan kita harus waspada..!! 

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

61 comments

  1. @mimi RaDiAl hmm.. bisa aja Mimi..
    Ayo katanya mo privat..

  2. @mimi RaDiAl Hehehe… mo pertamax plus kah Mi..

  3. Aih… Mantan kekasih ku udah blokir2 fb.. So, nggak ada dech CLBK, :p
    nggak ada pula colek2an.. Bhahha

  4. @Nchie Hanie ahahahah,,,byk kali lah yg mo privatin mimi heheyyy

  5. yeahhhh apa sih yg gak mungkin terjadi di dalam hidup ini yaa
    apalagi saya yg nikahnya baru lewat 3thn dikit, banyak yg nakut2in … hati2 memasuki th ke 5 bakal banyak cobaan … hihihi asli ngikik aja, yg namanya cobaan gak usah nunggu th ke 5 pasti ada, cumaaaa kaga dipamer, jadi pada kaga tau huehuehue

    jadi kapan boleh sesi curhat sama mba hani? hihihi

  6. Mama Olive curhat doong….

    semoga alarm nya bunyi kalau ada hal spt diatas yaaa….

  7. Hmm…merinding kalau baca atau dnger cerita orang ketiga. Perasaan itu datang tak diundang, namun apakah manusianya itu sendiri mampu menghalaunya atau malah larut di dalamnya? Nice sharing mak

  8. Aiihhh cinta yang mendua…Sumber keterlukaan hati banyak orang tapi juga sumber kreativitas yang Allah dan langit saja batasnya 🙂

  9. mnrt sy rasa suka, rasa cinta itu kan rasa2 yg ada dlm diri manusia.. Boleh2 aja suka sm seseorang tp ya kita harus yg realistis aja lah.. apalagi kl kita udah berkeluarga & keluarga kita gak bermasalah, ya jgn di biarkan jd tumbuh subur rasa suka & cintanya sm pihak lain itu.. Nanti bisa malah jd masalah 😀

  10. sip lah Nchie..
    jadi ntar siap manggung dimana yeuh? hehe..
    semangat buat temennya yg lagi curhat!

  11. warning… warning… semoga tida bertemu kisah hati yang mendua. hihi.
    serahkan saja pada pemilik hati. Minta yang terbaik bagi kita.

  12. wuuih kalo tau bisa curhat sama nchi hanie kemarin aku curhat dech uppsss…….

    smoga aja temannya bisa menguasai perasaannya dgn baik yach…sehingga ngga terjadi hal-hal yg tidak di-inginkan….

  13. kembali pada diri sendiri, ada asap pasti ada percikan api….

    tq buat pelajarannya mb’ 😀

  14. terima kasih renungannya mamah dedeh, eh salah mama olive

  15. *sibuk nyatet*
    makasih mamah dedeh, eh mamanya olive..
    mantan gebetan boleh juga lah ya diwaspadain.. klo mantan kekasih aku punyanya cuma atu.. dah jadi suami..

  16. @nicamperenique Tapi bener juga tuh Ni..
    Ada tahun2 pernikahan yang berasa berat gitu ngejalaninnya..Lupa deh tahun keberapa..
    Melewati Ujian berarti tandanya Lulus, ealah ngapain juga di pamerin kesedihan..
    Yuk pamenr bahagia ajah ahh…

    Hahaa..sesi curhatnya, di tarif bo, deal ga Ni..

  17. @Niken Kusumowardhaniiyaaa xixii..

    Bunyinya mo pake nada apa Bun..

  18. @@yankmira | Mira Sahid Hihiih..ikut merinding juga Mak..
    Wallahualam ..

  19. @juragan gula aren DAn mungkin hanya bisa menerima dan terdiam, jangan nyampe terjerumus kedalamnya..

  20. @ke2naiBener2 harus realistis ya Chi..

  21. @hilsyaManggung di BAngkok Syaa..
    Nyusul dirimyu..
    BEtah aja di sono, kapan baliknya..

  22. Aku jg barusan di curhatin sama temen yg berumah tangga, bingung jg musti gimana..hehe.

  23. @Susi Susindra Amin..kalo papasan cuekkin aja Mbaa..xiixi

  24. @Nia hahaa…Mama Ina bisa aja..
    Ayo mo curhat Apa, curhat dede Walu yang perutnya di samain ma gentong xiixi..

  25. @jiah al jafara Nah Jiah pinter banget..

    sama2 dek..

  26. @Lidya – Mama Cal-Vin hehhehe..Mba Lidya suka begitu deh ahh..

  27. @amela halagh mantan gebetan..
    saingannya Om genit ya Mel..
    hmm baek2 ya ma Tuan Suami, yang selalu mesra, deuuh pengantin baru…

  28. Kalau bertemu mantan kekasih, baik via fb, twitter ataupun blog, jelas nda mungkin bagi saya karena mantan kekasih saya sudah tenang berada di sisiNya. Dan bicara soal cinta kedua, setelah cinta pertama berakhir dengan takdirNya, ternyata tidak mudah, benar-benar tidak mudah.
    Terima kasih atas pengingat yang indah ini, Teh.

  29. Waaah, mama dede mode on ini….
    nyimak sambil manggut2 saya Mbak…

  30. Masih penganten muda Mbak, masih terasa yang indah-indah.

    Semua ntar ngalamin nerima alarm gitu yak?

  31. jadi inget lagunya marcel “hanya memuji”.
    Cukuplah hanya kagum dalam hati ya..jangan sampe jatuh cinta..

  32. tok…tok…tok…
    bu Nchie ada? mau konseling donk…. 🙂

    Keren nih postingannya Nchie…. bener banget, cinta tak bisa disalahkan karena dia datang dengan sendirinya. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengelola atau menggiringnya ya Nchie, agar tidak meng-kisruh kan rumah tangga yang telah terbina.

    Manusia tak ada yang sempurna, jadi kala melihat kekurangan pasangan, tilik juga diri sendiri, kekurangan kita yang mana yang dirasakan oleh si pasangan kita… karena kita juga tidak sempurna…

    Makin mantap aja nih postingannya….

  33. Ternyata sikap dewasa itu itu tidak harus berpatokan akan umur. Apalagi bila sudah berhubungan dengan perasaan.

    Hm…… cerita yang tidak akan pernah ada habisnya. Karena dari mulai terbentuknya dunia ini selalu ada dan akan ada terus, sebagai pembelajaran ntuk setiap generasi yang sedang dilanda proses mengenali kelemahan dan kekuaan dirinya sendiri.

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

  34. selingkuh hati ternyata lebih berbahaya ya mbak….:)

  35. Sebenernya cinta ke-2 itu yang dicari cuma perasaan “deg-deg’annya aja, karena sesudah “deg-deg”an itu hilang yang tersisa cuma dosa dan penyesalan iya kan ?!
    Bukan begitu mamah Dedeh …. hehehe

  36. @yustha tt wow nya pake koprol ga Mba tt ?/

  37. @Abi Sabila Hmm..semoga Umi tenang di sana dan pastinya melihat Abi dan Sabila yang bahagia di sini.

    Susah jatuh cinta lagi ya Bi,memang ga gampang ya Bi..
    Semoga kelak dapat penggantinya yang lebih baikk

    SAma sama Abii

  38. @cumakatakata hehe..
    manggut manggut ajah..
    yah..

  39. @isnuansa i know..i know..
    ciyee penganten baru yang baru dapet baby..masih manis2 nya tuuh..

    Mungkin iya mungkin juga tidak ..

  40. @Desi
    Ayo atuh kita nyanyi hanya memuji..
    betuull ituu Des, heuheu..

  41. @alaika abdullah
    Ada, konselingnya sambil nongkrong ngejaguung bakar aja nyook..

    Ah biasa aja kali Mba, mengalir begitu deh..
    harus banyak belajar dari Mba Al nih..

  42. @Ejawantah Wisata Umur hanya angka saja ya MAs..tidak menjamin tingkat kedewasaan..!!

    Sukses juga deh buat Mas Indra

  43. @Mami Zidane Heuuheuu..katanya sih begituu Mamiii..hhe.

  44. @Marchia Diandra Hahhaa..wkwkkkk
    Tepaat sekalii..(kata mama dedeh palsu)
    Deg degannya itu loh yang perlu di waspadai, boleh aja .. asaaal jangan ampe kesononya aja ya Mak..ntar kebablasan,,
    Begetoo Mak (mamah dedeh alay)

  45. Belajar ilmu dalam rumah tangga

  46. Cinta ke-2 itu mungkin ujian pada cinta yang sesungguhnya, jadi jangan biarkan perasaan hanyut lebih dalam karena akan banyak hati yang ikut tenggelam… #duuuuh sok bijak bangat ni comment saya Mba, maafkanlah…hehehehehe

    Semoga temannya Mb”Nchie diberikan kejernihan hati dan pikiran untuk menentukan yang terbaik… Amiiiin 🙂

  47. Cinta bisa datang pada siapa saja. Itu sebagai salah satu ujian dalam rumah tangga. Perlu ditegaskan lagi komitmen membina rumah tangga itu dulunya bagaimana. Kalau sudah tergoda dan terlena, memang bisa runyam urusannya.

  48. insya allah kita dijauhkan dari hal2 tsb dalam pernikahan *amiin*
    namanya ujian yah mbak pasti akan ada,tergantung gimana ma pasangan kita menyikapinya..

    salam kenal mbak ^^

  49. @Awan hehe..gpp sok bijak juga, nyante aja kale,adem malahan bacanya..

    Amiin..

  50. @HALAMAN PUTIH tepaat sekalii..
    Bukan runyam lagi, akan banyak hati yang tersakiti juga hmmm..

  51. @rannyakan selalu ada ran..

    Hei..salam kenal kembali yaa..

  52. nice a post sist……
    belajar untuk setia..

  53. Kadang kita memang perlu sering2 diingatkan, Mbak.. 🙂
    Godaan di luar sana berat banget… #eh 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *