Home / Review / Mengenal Kampung Inggris, Pusatnya Belajar Bahasa di Pare, Kediri
Kampung Inggris |Kereta Api Brantas | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

Mengenal Kampung Inggris, Pusatnya Belajar Bahasa di Pare, Kediri

Mengenal Kampung Inggris, Pusatnya Belajar Bahasa di Pare, Kediri. Jadi inget sama sosok anak muda, teman kenalan di gerbong kereta,  kebetulan beliau menceritakan tentang pengalaman seru belajar bahasa  Inggris di sana. Dengan antusias dan berapi-api step by step mulai dari belum mahir berbahasa sampai 6 bulan berada di kampung ini, mencari kostan dan suasana asyik di sana seolah aku pun ikut larut dalam ceritanya.

Kampung Inggris bukan tempat baru di Indonesia. Desa ini sudah puluhan tahun menjadi pusat belajar bahasa Inggris dan tingkat efektifitas belajarnya pun sudah diakui di negeri ini. Ibaratnya, berangkat tak bisa bahasa Inggris sama sekali, pulang langsung mahir. Berbeda dengan rumor yang selama ini menyebut bahwa semua penduduk di kampung ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian. Fakta di lapangan adalah, hampir semua penduduk menggunakan bahasa Jawa sebagai alat komunikasi mereka.

Sehingga lebih tepat jika kampung ini disebut sebagai kampung kursus bahasa Inggris. Dengan berbagai lembaga yang berada di sana  akan membantumu untuk mempelajari bahasa ini dengan baik, fokus dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Di mana lokasinya?

Kampung Inggris berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk menuju kampung ini, kamu bisa menumpang kereta api Brantas dan turun di Kediri, lalu melanjutkan perjalanan dengan kendaraan menuju Pare yang memerlukan waktu sekitar satu jam lebih.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kereta api Brantas, kemudian turun di Stasiun Kertosono. Dari stasiun yang berada di kawasan Nganjuk ini, lokasi kampung Inggris tidak terlalu jauh, hampir sama dengan jarak tempuh dari kota Kediri.

Biasanya beberapa lembaga kursus  di sana menyediakan jasa antar jemput dari terminal dan stasiun. Setelah memesan tiket kereta api Brantas, kamu bisa mengkomunikasikan jadwal kedatangan dan memilih stasiun mana sebagai lokasi penjemputan.

Bagaimana Sistem Belajar di Kampung Inggris

Hal pertama yang harus diketahui adalah metode belajar di kampung Inggris. Ada materi bahasa Inggris dasar buat mereka yang memulai dari nol, juga ada kelas lanjutan dan mahir. Di kampung ini  juga bisa memilih salah satu materi fokus. Seperti speaking, learning dan writing. Semua ada kelasnya sendiri-sendiri, yang rentang waktu belajarnya bisa  ditentukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing

Berapa lama kursus di Kampung Inggris?

Rata-rata pengelola lembaga kursus membuka kelas minimal dua minggu dan paling lama empat bulan. Untuk hasil maksimal, disarankan untuk mengambil kelas yang panjang, karena materi yang didapat pasti lebih banyak.

Namun jika  hanya perlu mendalami beberapa fokus tertentu, kursus selama dua minggu pun sudah cukup untuk menambah ilmu.

Kampung Inggris |Kereta Api Brantas | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

sumber:panduankampunginggris.com

Camp English Area

Ada beberapa model penginapan selama  belajar dan menikmati suasana kampung Inggris. Ada banyak rumah kost yang menyediakan paket sesuai dengan rentang waktu belajar  di sana. Namun yang banyak dipilih adalah English camp yang merupakan area kost-kostan dengan aturan wajib menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi sehari-hari.

Nah jika  memilih tinggal di English camp dan tanpa sengaja berbicara dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, maka biasanya  akan mendapatkan sanksi berupa denda atau hukuman sesuai dengan kebijakan masing-masing lembaga. Aha, seru banget ya jadi mau ga mau harus membiasakan diri berbahasa inggris.

Pendaftaran Kelas Baru

Rata-rata lembaga kursus di kampung Inggris membuka pendaftaran setiap dua pekan sekali, bisa ngecek di masing-masing lembaga, kapan mereka akan membuka batch baru.

Sebelumnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan lembaga yang dituju tentang program yang akan diambil dan detail penginapan selama di sana. Berbagai media bisa kamu gunakan untuk berkonsultasi, bisa lewat chat di website resmi, line, facebook messenger atau menggunakan e-mail.

Kampung Inggris |Kereta Api Brantas | Nchie Hanie | Lifestyle Blogger

sumber:kampunginggris-voc.blogspot.co.id

Berapa biaya kursus di kampung Inggris?

Masing-masing lembaga memiliki paket khusus. Namun rata-rata mengenakan biaya mulai Rp 450 ribu sampai Rp 1,4 juta untuk durasi dua minggu sampai satu bulan. Biaya ini sudah termasuk penginapan dan makan selama berada di English camp. Dan mungkin bisa berubah jika kamu memilih kost biasa.

Ada banyak pilihan lembaga bahasa yang membuka kelas di kampung Inggris. Pilih yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan serta budget, dan jangan segan untuk membandingkan kualitas dan pelayanan antara satu lembaga dengan lembaga lainnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mendengarkan kisah teman baru di kereta seru abis, setiap perjalananku selalu meninggalkan kenangan yang tak terlupakan, namanya Zulfa orang Solo, yang ternyata sekampung halaman ma aku.  Kami pun berpisah di Solo Balapan. Jadi merenung ,  secara aku yang pasif berbahasa inggris, rasanya pengen belajar atulah di Kampung Inggris.

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

37 comments

  1. Kalo aku masih bujang, pengen rasanya ke kampung Inggris di Pare. Sekarang udah ada anak, belajarnya melalui hp aja deh. Besok smoga Luigi mau belajar disana. Jadi makin paham mengenai kampung Inggris gegara tulisan ini. 🙂 Makasih Nchie 🙂

  2. Temenku pada ke sini Teh, aku pun penasaran asli. Yang banyak jebolan dari sana ciamik Inggrisnya hehehe

  3. Sounds I have to go to Pare now *car* *plane* .. hehehe.. I used to go to kampung Ingris just once, but then everything was goin’ messe up, so i’ve never been to there 🙁 .. wish I could stay in Pare for couple weeks

  4. Dulu aku pernah berencana main2 ke sini mba tapi entah kenapa cuma jadi wacana sampai sekarang haha. Gara2 tergiur lokasi lain. Padahal, seru banget untuk nambah ilmu dan networking 🙂

  5. Kampung bahasa di dukung dengan aturan ketat agar terpacu buat bisa ngomong english

  6. Temanku di sana mau mendalami Bahasa Inggris, keren ya

  7. Oh baru tahu juga ternyata tempat kursus ya bukan penduduknya pakai bahasa inggris hehe

  8. Saya juga ga bisa bahasa Inggris. Mau belajar juga ih. Secara saya blm tahu ke Kediri. Hehehe

  9. Wah termasuk murah ya itu biayanya, soalnya termasuk tmp tinggal dan makan. Pasti asik sekali belajar sambil ngecamp gitu yaa

  10. Keren juga ya ada kampung inggris bisa belajar disana pingin juga belajar kalau ada disana

  11. adekku pernah belajar disini, 1 bulan. betah dia hihi.. aku dulu sempat kepengen tapi ga kesampaian.. sepertinya asik ya

  12. Kalo saya dl larinya ke magelang mbak, ada kampung inggris juga. Wah ternyata kampung inggris sekarang banyak banget yaa ada dimana2 buat belajar bahasa. Anyway, mampir jalan2 ke blog saya mbak. Thankyou.

  13. Aku juga pengen belajar bahasa inggris teh, inggris aku kacau banget soalnya. Si K juga sekarang aktif banget pake bahasa Inggris lagi. Andai ada kampung inggris kayak gini di Pontianak 😀

  14. Saya jadi kepengen juga belajar ke sana mba.

  15. Aku jadi pengen belajar bahasa inggris lagi teh, soalnya makin kesini makin kacau. Paket khusus di kamoung inggris terjangkau juga ya.

  16. Buat emak2 bisa jg ya mbak les di sana?
    Duh nyesel gak sejak muda (MUDA) les di sana 🙁

  17. Aku pernah doonk ke Pare, Kediri bersamaaaa….mantan (( eaaa, lalu baper abis baca tulisan teteh ))
    Karena si doi dulu pernah berharap masuk STAN, ternyata qodarulloh gak keterima.
    Jadi daripada nganggur setahun, dia manfaatin magang di kampung English ini.
    Dan balik-balik, dia keterima di ITS.

    *eaa…komen mengandung tjoerhat.
    ^^”

  18. Efektif, Teh. Soalnya tiap hari dituntut berbahasa Inggris. Ponakanku seminggu di sana trus aku langsung kebalap deh kemampuan English-nya.

  19. Dari kecil sampe sekarang udah punya anak 3 masih bingung mau duluin yg mana belajar bahasa arab apa belajar bahasa inggris #$%(*&&*%%$

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.