Home / Menikmati Sunrise di Gunung Bromo

Menikmati Sunrise di Gunung Bromo

Menikmati  Sunrise di Gunung Bromo..

“Life is empty without travelling”, ya itulah yang tertanam dalam diri sahabatku sejak menginjak remaja. Rasa ingin tahunya begitu besar membuat dirinya ingin selalu berada di luar rumah dan menikmati indahnya ragam ciptaan Tuhan di bumi ini.Terlalu banyak memang keindahan alam yang masih belum beliau nikmati langsung. Tidak perlu jauh-jauh untuk ke luar negeri karena di dalam negeri pun masih banyak tempat yang sangat menggoda dan pastinya layak untuk dikunjungi.

Kali ini aku hanya jadi pendengar setia mendengarkan cerita serunya, ketika sahabatku berkunjung ke salah satu destinasi favorit para pelancong di provinsi Jawa Timur. Ada yang tau namanya apa? Yess, tempat tersebut adalah Gunung Bromo. Wisata alam Bromo ini merupakan salah satu destinasi favorit untuk para penikmat alam. Mayoritas pengunjung ingin melihat indahnya sunrise dari salah satu puncak gunungnya dan yang lainnya ingi nmenikmati sensasi berpetualang di Bromo yang terkenal dengan padang pasirnya.

Bromo sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mana merupakan salah satu pegunungan dengan pemandangan yang menakjubkan di Indonesia. Perjalanan ke Gunung Bromo kali ini sebenarnya bukan hal yang asing bagi sahabatku,karena sebelumnya juga pernah mendaki beberapa Gunung lain di Indonesia. Tetapi memang, sebenarnya perjalanan ini merupakan salah satu pilihan dari tempat yang direncanakan.

Liburan adalah hal yang menyenangkan, berbagai info kami cari, mulai dari berburu tiket kereta di tiket.com, cari tiket pesawat promo Traveloka.com   dan mencari akomodasi yang cocok di forum serta komunitas backpacker. Dari sini akhirnya harus memutuskan untuk ke Gunung Bromo sebagai tempat liburan. Selain karena faktor ekonomis, juga sangat tertarik dengan cerita para teman backpacker tentang tempat wisata ini. Oleh karena itu, tanpa banyak pikir lagi  langsung melakukan persiapan dengan cepat. Bersama dengan teman komunitasnya, berencana untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) yang konon katanya termasuk salah satu tempat paling indah untuk melihat matahari terbit.

Perjalanan di mulai dari jakarta, dengan harga tiket kereta ekonomi ini terbilang sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 65.000/orang untuk sekali jalan. Perjalanannya sendiri membutuhkan waktu hampir 18 jam perjalanan. Ya, cukup lama memang kalau dipikir dan pastinya akan membosankan kalau kita tidak menikmati, have fun so pasti itu. Setelah mengarungi perjalanan selama 18 jam akhirnya  sampai ke Stasiun terakhir, yaitu Stasiun Malang.

Di sana, telah ditunggu oleh Pak Danang yang merupakan supir Jeep yang akan membawa kami ke Bromo. Jauh hari sebelumnya memang telah memesan jeep melalui Pak Danang ini. Dengan biaya 350ribu per orang atau Rp. 1750000,- untuk satu jeep. Layanan ini yang mengantar rombongan  menuju bromo dan juga untuk kembali ke Stasiun Malang pada keesokan harinya. Selain itu, biaya ini juga sudah termasuk dengan penginapan di rumah Pak Danang beserta tiket masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampaike rumah Pak Danang dan sesampainya di sana,  di berikan 2 kamar yang bisa ditempati hingga 3 orang. Setelah meletakkan barang-barang bawaaan dan santap makan siang,  diajak Pak Danang ke sebuah tempat yang sudah cukup terkenal di daerah sini. Rasa penasaran pun muncul dalam benak  kala itu mengingat ini adalah pengalaman pertama  jalan-jalan ke Bromo. Ternyata setelah perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit, i dibawa ke sebuah hotel bernama Java Banana yang merupakan tempat dimana setiap tahunnya pada bulan juni atau juli diadakan sebuah acara musik yaitu jazz gunung.

Tempat Wisata Gunung Bromo

Pemandangannya keren, hamparan hijaunya lahan pertanian warga menghampar bebas di depan mata. Terasa sangat memanjakan dan menyejukkan memang. Cukup lama berada ditempat itu namun ketika hari mulai gelap, harus segera kembali ke penginapan untuk beristirahat. Setelah 5 jam istirahat, tepat pukul 3 dini hari dibangunkan oleh Pak Danang untuk segera bersiap-siap dan berangkat menuju Bromo. Suhu yang sangat amat dingin memaksa  untuk memakai pakaian berlapis-lapis dan memakai pakaian kaos dan juga jaket gunung inner polar yang telah saya siapkan jauh hari sebelumnya.

Langit masih sangat gelap, tapi harus bergegas masuk kedalam Jeep untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dari atas puncak Gunung Bromo. Sepanjang perjalanan tidak sedikit saya melihat banyak motor dan juga Jeep yang searah untuk sesegera mungkin menuju Bromo. Sesampainya di tempat parkir  telah ditunggu oleh banyak ojek kuda yang merupakan salah satu mata pencaharian warga setempat. Dengan biaya sekitar Rp 100.000 untuk 1 kali perjalanan,  dibawa menuju ke sebuah Gunung yang bernama Gunung Pananjakan. Butuh waktu sekitar 20 menit agar kami sampai di tempat parkir kuda yang merupakan tempat terakhir penggunaan jasa ojek kuda ini.

Perjalanan masih terus berlanjut, dan  harus mendaki Gunung Pananjakan ini. Waktu sudah menunjukkan pukul 4.25 pagi. Dengan perlahan tapi pasti akhirnya pada pukul 5.00 telah sampai di puncak Gunung. Akhirnya, tanpa sempat bersantai-santai  justru langsung bersiap-siap menyambut kedatangan matahari. Tepat pukul 5.20 matahari sudah mulai perlahan menampakkan dirinya. Dan hampir semua orang yang berada di tempat ini berdecak kagum melihat pemandangan yang ada di depan kami, sekaligus mengabadikannya lewat foto dan video.

Tempat Wisata Gunung Bromo

Wooow..lukisan alam yang sangat indah 🙂

Selain menikmati indahnya matahari terbit di Bromo, terus melanjutkan petualangan ke kawah Gunung Bromo dan juga hamparan gunung lain seperti Gunung Batok yang terletak persis disamping Gunung Bromo ini. Dari sini jadi lebih menghargai negeri ini dan kayanya malah makin cinta.Pengalaman ini membuat jiwa petualangan semakin bertumbuh dan saya pribadi siap untuk mencari tahu dan menjelajahi harta karun lain yang tersimpan di negeri ini.

Hanya bisa tersenyum mendengar cerita sahabatku, seolah-olah aku diajak berpetualang menuju kesana. Berawal dari impian suatu saat nanti aku pasti kan menginjakkan kakiku  untuk Menikmati  Sunrise di Gunung Bromo. Mari Bermimpi !

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

28 comments

  1. Kirain ke Bromo beneran… tiwas aku mo ngerengek knp aku ga diajak? 😉

  2. Terakhir aku ke Bromo pas masih duduk di bangku SD mak. udah lamaaaa banget aku ga ke sono. Suatu hari nanti, aku jadwalin ama my kiddo deh. So inspiring mak, tengkiu

  3. Mak Nchie…aku sudah lama pengin ke Bromo…makin mupeng saja baca postingan ini…

  4. Aku tak hanya ingin bermimpi, tapi ingin secara nyata bertualang denganmu ke Bromo sana. Hayuk agendakan waktu dan dana untuk nikmati sunrise dan aneka petualangan di Bromo! 🙂

  5. Hampir saja emongsi kenapa nggak ngasih kabar, eh ternyata buka Teh nchie yang ke sana hhhhh ketipu aku.
    Oke deh kalo semua udah siap, Insya Alloh aku siap nganter kemanapun pergi.

  6. ih ulu pengen pisan ke sana. belon kesampaian wae. hehehe

  7. Orin udah 2x ke sana Teeeeh, dan pengen pergi lg da kalo ad yg ngajakin #eh?
    qiqiqiqiqi

  8. Ya ampuun, kirain si empunya Blog udah mbolang sampai Bromo. 😀
    Semoga saya, teh nchie bisa segera ke sana. Minimal tahun ini. #doa

  9. saya jadi pengen kesana lagi. Kapan, yaaa? ^_^

  10. indah banget..
    cari cari tentang alam gunung bromo nyangkut disini, ikut nyimak yah makasih

  11. Lho, jadi ini bukan dirimu yang ke sana, Nchiiieee? *pengsan*

  12. duh, baru wacana doank ke bromo akunya :((

  13. Semoga segera keturutan … untuk dapat melihat sunrise di Bromo …

    (Yang jelas … saya belum pernah … Istri saya yang malah sudah pernah … dia juga naik … mendaki sampai ranu kumbolo pula …

    Salam saya Nchie
    (3/10 : 24)

  14. Hahahahaha. Masih mending Teh Nchie jauh dari sana. Saya yang asli jawa timur belom pernah ke bromo.

  15. Bromo impianku sejak lama teh. Sayang belum tereksekusi nih.

  16. Nanti zafran kalau sudah gede mau sekali pergi ke Bromo

  17. rasanya bisa jadi kenyataan mak nchie :)….tapi tunggu aku kembali ke tanah air yaaah…more than happy to join you and hike up to the top of the mountain…pasti cantiiiik 🙂

  18. Cakepppp….. Aku belum berhasil dapat sunrise yang kece nih waktu kemarin ke Gili. Wkwkwkwkwk….

  19. wah keren banget pemandangannya…

  20. Wah boleh tuh minta kontaknya Pak Danang teh!. Hahaha

  21. Wow indah sekali ya saat sunrise, aku dulu pernah ke bromo waktu SMA tapi sampenya siang hari.

  22. hehehe…. penipuan ini namanya mbak
    kirain beneran. hehehehhehee….

  23. Impian sejak lama tuh mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *