Home / Traveling / Menjadi Guide Cantik Explore Lembang
tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Menjadi Guide Cantik Explore Lembang

Menjadi Guide Cantik Explore  Lembang. Judulnya kepedean banget ya, iya lah masa  ganteng. Kali ini disuruh kerjanya jadi Guide aja menemani teman yang lagi  ke Bandung.  Persahabatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Mereka bukan saudara, tak ada hubungan darah sekalipun namun terkadang melebihi persaudaraan. Berawal dari seorang sahabat Imers yang mempunyai sahabat berasal dari Malaysia.

Dua tahun lalu mereka datang untuk liburan ke Kota Kembang dan aku pun dikenalkan dengannya. Dua perempuan adik dan kakak sosoknya yang supel, begitu mengalir apa adanya. Entahlah mungkin adanya chemistry dan kenyamanan tersendiri tatkala berinteraksi. Dan aku pun menemani kemana  mereka mau, ya seperti tujuan factory outlet yang wajib dikunjungi, serta tempat wisatanya.

Kisah 2 tahun lalu, terulang kembali ketika sebuah pesan masuk mengabari bahwa mereka sedang perjalanan ke Bandung.  Dadakan mempersiapkan tempat penginapan dan akomodasi. Akhirnya, dengan meninggalkan sebuah acara karena  sudah di tunggu, seperti biasa intruksi dari Bapak Bos harus cepat tangkas dan akurat. Ahh, berasa mimpi biasanya berinteraksi di dunia maya kini ketemu lagi  sosok yang tetap dan formasi yang lebih lengkap dengan membawa jagoan2nya. Dan diperkenalkan lagi dengan sosok yang baru namun terasa kehangatannya.

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Persahabatan berantai..

Pak Bos bersahabat  sama Om Ferry. Seingetku pertama kali kerja pertama kopdar dikenalin dengan Beliau.  Om  ini punya sahabat  Kak Nana . Sungguh lingkaran pertemanan sambung menyambung menjadi satu.

Hari Pertama

Sore itu kami berkumpul bersama, hanya melepas kangen dengan mengobrol santai di balkon penginapan sekitar Braga sambil memandang kota Bandung. Bercerita tentang aktivitas dan keadaan di negaranya masing-masing saling sambut menyambut satu sama lain secara bergantian. Gelak  tawa menyelimuti kehangatan bak sebuah keluarga yang lama tak jumpa. Kosakata bahasa yang terkadang salah mengartikan dengan hal-hal yang negatif semakin terbahak-bahak tertawa.

Setelah suasana semakin memanas, kami pun napak tilas. Mengunjungi sebuah Outlet Rumah Mode dikawasan Setiabudi, belanja belanji yang  katanya murah meriah semakin kalap mereka berbelanja. Setelah puas meluncurlah ketempat jagung bakar tempat yang sama di kawasan Dago, makan makan sepuasanya dan membakar kalori dengan jalan kaki menuju Braga. Yang kusuka dari mereka tak manja, terbiasa dengan activity di outdoor  diajak jalan kaki pun tetap semangat sambil bercerita, bersenda gurau menyusuri pekatnya malam pusat kota Bandung.

Hari Kedua

Kali ini waktunya menjadi Guide, napak tilas explore Bandung Utara. Anehnya mereka tetep pengen ke tempat tujuan yang dua tahun lalu mereka kunjungi. Kalo kata Dora Explore tuh, Mau kemana kita? Start dari pagi hari menuju destinasi yang telah direncanakan sebelumnya, kembali tak ada henti obrolan dalam kendaraan, menikmati perjalanan. Yuk ahh, mari kita mampir di tempat wisata andalan yang sering  dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar.

Yuk, jalan-jalannya kesini aja..

1. Tangkuban Parahu

Tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dibalik kisahnya yang melegenda dengan “Sangkuriang” yang menceritakan  cinta anak lelaki pada ibunya sendiri sangat fenomenal sekali. Meski hanya sebuah kawah dengan track jalanan yang seru dan menyenangkan dan penuh dengan hati-hati jika membawa anak-anak tetap dalam pengawasan.  Rasanya ada yang mengganjal tatkala berada di pintu masuk dengan HTM yang begitu jauh perbedaannya hampir 10x lipat antara wisatawan asing dan lokal, sempat bertanya dalam hati ko mihil pake banget. Ternyata katanya untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan jadi sebagai asuransi  bagi mereka. Baiklah, semoga benar adanya. Karena bukan hanya rombongan kami yang dari Malaysia  banyak rombongan dari negara lain pula.

Melihat dari sisi tukang jualan yang menjajakan berbagai macam aksesoris buat buah tangan. Untung masih ada aku yang paham dengan bahasa Sunda dan Indonesia. Karena sudah kebiasaan jika ada wisatawan asing harga pun di up lebih tinggi bisa 10x lipat. Dengan alasan mengais rezeki untuk  keluarganya. Dengan cara mengintil dan merayu memakai bahasa melayu akhirnya berhasil dengan caranya. Tapi aku salut dengan solidaritas antara penjual yang satu dengan yang lainnya saling mendukung menjajakan dagangannya. Ya apa boleh buat, wisatawan pun menjadi tergoda dan membelinya meski menawar harga masih dengan harga tinggi menurut ukuranku. Semoga bermanfaat aja.

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Ampoon dah pada narsis akut semua ini

Kembali explore sudut-sudut spot kece Tangkuban Parahu yang melegenda, untungnya jatuh pada weekday ga terlalu ramai suasananya. Bisa lebih leluasa untuk narsis pun tak ada yang bocor. Mengejar waktu, setelah puas dengan lincahnya wara wiri turun naik jalanan akhirnya kembali ke destinasi berikutnya.

2. Punclut

Menikmati wisata kuliner khas sunda banget tempatnya di sini. Banyak pilihan saung-saung dengan backround view kota Bandung, menambah tersendiri kenikmatan yang ada. Makan pun makin lahap, diiringi dengan alunan lagu hits ala Malaysia ( lagu jadul, amy search,suci dalam debu, dll *ktauan angkatan lamanya). Pesanan makanan yang banyak akhirnya abis juga, doyan makan banget ya

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Kalo dah begini  pada khusyu, mendadak terdiam “sesaat”

3. Floating Market Lembang

Kembali mengunjungi tempat wisata kuliner yang terapung, duduk manis ngobrol-ngobrol cantik sambil ngopi cantik menghangatkan suasana. FML yang terkenal dengan pasar terapungnya menyediakan beberapa kuliner baik itu cemilan ataupun makanan berat. Wahana-wahana buat anak pun sangat lengkap, ada miniatur kereta api, outbond. Ada namanya Kampung Leuit dimana banyak saung-saung ditengah sawah dengan suasana ala pedesaan.

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Hahaha..jadi ngakak lagi lihat  sosis2 kerdil ini

4. Dusun Bambu

Adalah tempat wisata alam yang terletak di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang ini menyajikan area wisata yang dilengkapi dengan restaurant, villa dan fasilitas lainnya. Beragam aktifitas dapat anda lakukan disini seperti bersepeda santai sambil menikmati sejuknya udara pegunungan Lembang, camping dan kegiatan luar ruang lainnya.

Untuk menuju ke tempat wisatanya, dari pintu masuk disediakan mobil terbuka alias odong-odong yang siap mengantarkan pengunjung, free! Tadinya Kami mau menginap di Kampung Layung masih di area Dusun Bambu, hmm telat sedikit konfirmasi aja sudah full booked padahal waktu itu  weekday. Karena  pengen merasakan suasana alam, alhasil cuma jalan-jalan aja menikmati udara sejuk sambil puas-puasin selfie.

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Jadi ke Dusun Bambu cuma penasaran aja ya, ga semua ke explore waktu yang mepet.

5. Imah Seniman

Akhirnya Kami bakalan menginap di sini, Imah Seniman Lembang terkenal dengan tagline “Makan di Hutan” memang tidak jauh dari kenyataannya. Lokasi Imah Seniman masih asri dengan pepohonan rimbun, tinggi dan besar di sekelilingnya,  karena memang sebelum di ubah menjadi Imah Seniman lokasi ini dulu terkenal dengan nama alam sejuk, sebuah area hijau yang asri dan sejuk.

Hmm, kebayang donk waktu check in menjelang malam, suasana yang begitu dingin dengan suara-suara binatang yang di hutan mulai terdengar. Menuju tempat penginapan  sebenernya bikin bulu kuduk berdiri, entahlah di sekitar ada apa karena memang gelap dan tak bisa menikmati pemandangan. Yang ada ngobrol-ngobrol cantik dengan ditemani secangkir kopi hangat.

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Suasana yang bikin Mager alias malas gerak

Keesokan harinya, woow benar-benar di hutan suasana  pagi yang begitu dingin pake banget, aliran air di sungai, wangi aroma kesegaran udara  benar-bener merefresh , sensasi liburannya dapet banget.

Hari Ketiga

Rombongan kembali ke kota menengok sebuah Mall yang terkenal dengan nama Paris Van Java, tetep makanan yang dicari adalah Ayam Penyet ala Sunda. Puas jaan-jalan  akhirnya waktu yang tak memngkinkan untuk lama-lama di Bandung. Akhirnya mengantarkan mereka ke Jakarta untuk kembali ke asalnya, perjalanan Bandung-Jakarta  tak henti-hentinya ngerumpies, obrolan ngalor ngidul, bercanda tertawa ahh menyenangkan sekali.

Tiba disebuah hotel kawasan Cengkareng, mereka bakalan kembali ke Malaysia  esok pagi. Suasana begini yang paling ga nyaman. Sebenernya ga mau berkata perpisahan tapi yakin suatu saat nanti pasti kita bakalan ketemu lagi. Dimana ada perjumpaan  pasti ada perpisahan. Rasa kebersamaan selama 3 hari ini, begitu saja  berlalu.

Say, goodbye ..

Dan kembali ke Bandung ditemani bapak Supir  yang setia mengntar Kami. Dalam perjalanan berbicara dengan hati sendiri, senang rasanya punya banyak teman dan menjadi saudara. Kak Nana seorang  Ibu Super dengan 5 orang anak yang aktif kegiatan outdoor dan rajin olah raga ini. Uncle Ami bodiguard ganteng yang doyan selfie, mungkin cita-citanya jadi model tapi ga kesampaian. Jaswan & Denny anak-anak yang ganteng dan lucu  dengan karakter yang berbeda. Dan King Kong sebutan untuk sahabat Imers  Om Ferry yang baik dan setia menjaga Emak2. Makasih semuanya telah mengisi  dan mewarnai lembaran hidup ini.

tempat wisata di lembang | dusun bambu | imah seniman |tangkuban perahu | punclut | blogger bandung

Kembaran hijabnya doang ya Kak Nana

So, tunggu aku di Malaysia, insyaallah!

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

80 comments

  1. Bandung…
    Gak cukup kl cuma 3 hari.

    Ghiihhii…

    *bisa kembaran, emang janjian, teh..?
    Suka warna biru gonjrenk nyaa…segeerrr.

  2. Pengen ke Imah Senimaaaan..pengen makan di hutan..huhuhuhuhu…

  3. Oh, ini yang waktu itu, ya, cyin? Yang dikau akhirnya ga bisa ikutan acara itu, karena diminta si Boss untuk menggawangi acr explore kece ituh? hihi. Seru yaaaa? Itulah yang namanya persahabatan, ya, cyin? Dari ga kenal jadi kenal, jadi akrab dan saling menceriakan. Indahnya persahabatan.

    Berarti kapan2 kita bisa berkunjung balik donk ke mereka, di Malaysia kah? *kodekeras, haha.

  4. Persahabatan yang tulus yah teh nchie semoga selalu berkah dan saling support ^^

  5. Bandung mah emang gak ada habisnya, selalu luar biasa 😊

  6. Dari dulu tuh

    Saya pengen banget ke Lembang Floating Market …
    tapi belum kesampaian juga
    Satu saat saya pingin juga ke sana

    salam saya

  7. Pengen ke Bandung lagi.. Huhuhu.. Puas-puasin di sana..

  8. kalau guide nya seperti itu, tentu banyak yang mau traveling ke sana ya 🙂
    salam kenal Mbak dan terima kasih

  9. Saya orang Bandung tapi selain Tangkuban Perahu, tempat-tempat di atas semuanya belum sempat saya kunjungi hehehe. Kapan-kapan Teh Nchie juga ajak saya jalan-jalan donk hehehe

  10. Waaah udah di eksplore semua nih area lembang nya.. aku malah belum ke gunung tangkuban perahu ncie.
    Terus ke dusun bambunya udah malem, jadi ga dept foto bagus kayak di atas..

    Waah itu persahabatannya awet yaah

  11. Sempet krrja di bandung dan kangennya gak ketulungan. Bandung emang keceeee

  12. Pasti ada kesenangan tersendiri ya teh bisa punya sahabat beda negara.

    Ditunggu reportase kunjungan ke Malaysianya *lope lope

  13. Itu bisa mengunjungi 5 tempat wisata dalam sehari, Teh? Kayaknya sebentar-sebentar ya? Soalnya saya mah bisa seharian kalo ke sana 😁…*lebar ku tiket hahahah

  14. Aku belum pernah ke imah seniman Teh Nchie. Eh biasanya kalo Malaysia minta diantar ke pasar baru belanja bahan, koq ini engga hehehe.

  15. seneng ya mba…kalo jalan sama teman yang sealiran gini…sealiran doyan selpih hihihi… itu tempat2nya bikin mupeng beneran ya mba…

  16. teh itu penginapannya yang di hutan minta reviewnya dooonggg pengiiiiinnn da buat liburan…

  17. aihhh, kapan-kapan guiding me ya teh 🙂

  18. Aih Teteh, jadi makin kagum sama Teh Nchie dan pengen banget ketemu T___T
    Nanti kalau aku halan-halan ke Bandung mau jadi giude-ku nggak Teh? Tenang, nanti dapet bonus berupa: aku poto-potoin Teh Nchie dengan berbagai pose, ahahahahaha…:V

  19. Imah Seniman saya belum Teh, penasaran jadinya
    Kapan atuh jadi guide saya? 😊

  20. Belum pernah nih ke imah seniman. Kayanya adem banget ya, Mbak^^

  21. Teh, kalo aku ke Bandung, mau dong diojekin ke Tangkuban Perahuuuuu

  22. jadi kangen makan di punclut, dulu sering banget kesana waktu masih kuliah..lebih bagus lagi kalo datengnya malem ya teh 😀 pemandangannya itu loh 🙂

  23. Andai dpt guide syantiik kayak gituuuh yaa mau buanget n kerasan dong ampe berhari-hari.Suka bgt ama persahabatan yang tulus bgt☺

  24. Waaah aku udah lama banget nggak ngurilingan Bandung. Sejak rumah Sarijadi dijual, kunjungan ke Bandung jadi sebentar-sebentar aja. Kangeeeen

  25. Aku juga mau donk mbak dipandu kalau tour Lembang. Pertanyaannya: “Kapaaaaannn?” huaaaaaaaa

  26. Waw seru sekali teh jalan jalannya, kalau menurut saya mah liburan kebandung mah kurang kalau cuman 1 hari mah karena banyak sekali tempat yang harus dikunjungi biar tidak penasaran.

  27. Asyik, kalau ke Bandung ada guide cantik kiyis-kiyis, pasti dijamin seru dan super duper eksis.

    Kalau ke Balikpapan colek aku yaaa, ntar aku ajak ke Batu Dinding yang kekinian.

  28. Enak banget lihat yang ijo-ijo, pengen weekend di Lembang

  29. Halo mbak, jalan jalannya kelihatan seru sekali, oh ya namanya sangat susah di ucapkan NCHIE 😀

  30. ketika sudah jenuh bogor melulu saat weekend, bisa ke lembang aja nih.. keren juga view dan suasananya.. 😀 salken mbak hanie

  31. Mau dong mau dong mau dong ….
    .
    .
    di-guide sama yang cantik2 ^_^

  32. Asyik ya, punya kenalan jadi makin akrab setelah nge-guide..
    Mau dong di-guide sama guide cantiknya kalo ada rezeki ke Bandung ^_^

  33. wah asik, keliling Bandung dan sekitarnya dengan guide cantik. 😀

  34. guide nya cantik ya, boleh dong jadi guide kita juga kalau lagi liburan di bandung hehehe.

  35. Kok sepertinya menyenangkan ya? Jadi pengen nabung biar bisa wisata ke bandung juga. 🙂

  36. Aduh teh Nchie meni ngabibita jalan-jalan wae 🙂

  37. Hmmm… Rasanya jadi kepengen ke Bandung mak, pengen mengeksplore pemandangan dan wisata disana… Lihat gambarnya aja serasa indaaaah banget apalagi senyatanya ya…..

  38. duh Lembang, membuka kenangan kenangan masa lalu :p

    salam kenal ya, jangan lupa main main ke blog saya juga 😀

  39. Temenan muter aja yaa kalo cocok, gw juga punya temen deket yang asli nya temen nya temen ku tapi karena passion nya sama jadi akrab banget melebihi ke temen ku

  40. Hasyekkkk… Nanti kalau saya ke Bandung, Teh Hani jadi guide cantik saya ya? 😀

  41. Kalau ke bandung saya paling pavorit ke daerah lembah, salnya udaranya sejuk banget,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *