Home / Blogging / Menuju Puncak Bintang
puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Menuju Puncak Bintang

Menuju Puncak Bintang, tak segampang yang dibayangkan dan tak semudah teori yang bertebaran. Jalanan yang berkelok, naik turun dan berlubang meski dilewati. Terkadang jalan yang mulus dan lurus banyak yang menjebak. Tetep waspada dengan kerikil yang menghalangi. Sangat sulit bukan? Ya, tidak seperti Puncak Bintang yang ini, hanya dengan 30 menit dari jalan raya belokan Padasuka itupun berdasarkan waze yang tertera di handphone. Segala sesuatu yang serba dadakan memang pas dan tepat waktunya, begitu pun untuk menuju Puncak Bintang kali ini bermodalkan nekat dan rasa ingin menyendiri. Tempat  yang selalu menjadi sorotan  wisata di Bandung yang kekinian.

Kunyalakan Si Bening Merah, semoga selalu menjadi soulmate dalam perjalanan. Jalanan yang besar pada awalnya lambat laun makin mengecil. Butuh perjuangan menuju tempat yang indah, sempat terhenti di kawasan jalan yang mulai menanjak curam dan berhenti pada satu warung yang agak datar. Mendadak nyali menciut, ketika melihat jalanan dari kaca spion begitu indah kota Bandung dari ketinggian sekaligus rasanya badan lunglai melihat lukisan alam.

Ngopi Cantik di Caringin Tilu

15 menit sudah waktu berjalan, namun berasa lama karena medan jalan yang tak hafal. Sejenak terhenti mengumpulkan nyali menuju puncak. Dan sambil mikir bagaimana nanti pulangnya ya? Ssstt..satu hal meski telah lama jadi Emak Biker, tetep lebih senang dan nyaman dengan jalanan yang menanjak curam daripada harus melewati turunan yang membuat lutut bergetar dan  lengan ini tegang 😀

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Sejenak istirahat, ngopi cantik dengan view kota Bandung yang wow

Caringin Tilu atau biasa dipanggil Cartil oleh warga masyarakat sekitar, kalo diartikan ke dalam bahasa indonesia  berarti “Beringin Tiga” atau lebih jelasnya berarti “Pohon Beringin berjumlah tiga”. Konon katanya nama itu bukan tanpa alasan atau sebab,karena nama cartil sendiri memang ada karena adanya ketiga pohon beringin  itu.

Dan kini Cartil telah menjadi tempat wisata di daerah Bandung Timur. Bisa menyaksikan keindahan wisata Caringin Tilu baik di malam hari maupun siang hari. Sambil menikmati view pemandangan yang tak biasa dan hampir tak ada bedanya dengan mensyukuri keindahanNya. Pengunjung bisa sekalian memesan jajanan dari warung-warung yang berderet rapi.

Perjalanan berlanjut Menuju Puncak Bintang..

Sekitar 15 menit lagi kurang lebih 2,6 KM membawa My Bening berpetualang di jalanan yang mulai mengecil, penuh bebatuan dan berlubang.  Disuguhi kiri kanan pemandangan alam, bebukitan yang berjejer bak lukisan alam. Woow, akhirnya perjalanan yang dilalui berujung di sebuah bukit. Bukit Moko namanya, memakirkan My Bening dengan aman pada tempatnya. Kembali perjalanan dimulai dengan tanjakan curam bebatuan licin yuuk..!

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Parkiran yang luas

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Ahaa..puncak bintang di depan mata

Giliran langkah kaki ini merasakan lelahnya menuju Puncak Bintang. Perasaan legaa, senang, dan ternyata masih harus melewati  jalan yang panjang . Tampat deretan Bukit Moko dari ujung kiri ke kanan dengan 2 bintang yang keberadaannya garis lurus  antara ujung dan ujung.

Bintang Pertama

Dari arah pintu masuk, langsung ambil ke arah kanan, melewati jalan setapak di sebelah kiri pepohonan  hutan pinus dengan aroma yang khas dan kanan pemandangan kota Bandung. Menghampiri Bintang  yang sedari perjalanan tampak kecil kini di depan mata.  Buat yang mempunyai nyali gede, ayo bisa naik ketempat yang  lebih tinggi, untuk mendapatkan view yang kereen.  oya untuk naik ke area pagar biru ini maksimal 30 orang.

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Melihat ke atas, rasanya lutut bergetar, tapii kudu dicoba, sayang kan udah jauh-jauh jalan, ga mencoba hal yang ekstrim 😀

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Mulai menyusuri anak tangga demi melihat keindahan dari puncak bintang

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko| warung daweung

Yeay sampailah di ujung pagar uji adrenalin dari ketinggian. Demi apa coba? Demi melihat kedamaian

Kembali menyusuri hutan pinus dengan cahaya matahari yang mulai turun ke ufuk barat. Cuaca yang mendukung dan bersahabat dengan kedatangan ini.  Saatnya menengok Bintang yang kedua di ujung sana.

Bintang Kedua

Berada disebelah kiri pintu masuk, jalanan  beranak tangga yang lumayan menguras tenaga akhirnya menemukan Puncak Bintang tertinggi. Beberapa view dan tempat duduk berupa batu menemani  pengunjung untuk menikmati alam ciptaanNya. View Bandung ari ujung timur, selatan sampai barat tampak jelas dari sini.

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Bintang kedua, kalo malem bakalan nyala, coz ada lampu2nya

Wisata Bukit Moko atau Puncak Bintang ini   memiliki pesona keindahan pemandangan lampu-lampu kota dari kejauhan. Dan akan terasa romantis jika bisa menikmati malam hari . View kota Bandung bagaikan bintang yang berkelapkelp.  Sejak dari pagi hari menjelang siang,  sore bahkan malam tiba, perbukitan yang membuat takjub banyak orang ini sudah mendapat tempat di sanubari pengunjung karena keelokan alamnya. Lukisan alam saat sore dan senja, selalu  membuat tercengang setiap mata yang memandang.

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Menanti sunset yang tak kunjung dateng, terhalang kabut senja

Nah buat Manteman, jika ke kota Bandung bareng  kekasih,  coba aja kunjungi Bukit Moko ini. Suasana romantis yang tercipta akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Apalagi jika malem tiba bakalan di suguhi kota bandung yang berbintang.

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko

Bandung kala malam, dilihatvdari bukit moko

Warung Daweung

Warung ini berada dibawah puncak bintang, dekat parkiran. Sangat ramai pengunjung, karena didalamnya bisa duduk santai berupa saung dan tempat duduk outdoor bebatuan yang bisa menikmati keindahan alam. Warung Daweung ini menyediakan berbagai menu makanan berat dan cemilan. Harga nya pun cukup standar hanya dengan membeli kupon sebesar 25k, lalu di tuker di kassa sesuai dengan pilihan menu paket makanan dan minuman.

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko| warung daweung

Penampakan warung dari bawah

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko| warung daweung

Melihat orang-orang selfie, menanti sunset

Menu pilihan cemilan dan ngopi sambil ngadaweung, alias ngelamun 😀

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko| warung daweung

Tips Wisata ke Bukit Moko

  • Lebih nyaman dan enak menggunakan kendaraan roda 2, mengingat jalanan yang makin atas makin mengecil.
  • Kalo membawa mobil gunakan mobil yang agak tinggi, karena rute yang dilalui terjal.
  • Apapun kendaraan yang digunakan, pastikan dalam keadaan baik.
  • Datanglah sebelum matahari terbenam, karena akan mendapatkan 2 momen di sini, sunset, dan malamnya  akan melihat banyak cahaya gemerlap dari kota Bandung.
  • Membawa perbekalan jaket, karena suhu di sore hari atau pas hujan berasa banget kaya di kutub .
  • Memakai baju dan sepatu sporty lebih nyaman.
  • Jangan banyak perbekalan makanan, sepanjang jalan menuju ke atas banyak warung-warung makanan.

puncak bintang | bukit bintang | bukit moko| warung daweung

Asli, seruunya pake bingiits menuju puncak bintang..

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

32 comments

  1. Teh Ncie….
    Mauuh dan pingiin ke Puncak Bintang.

    Kalau ajak anak-anak seneng kali yaa teh…?

    Kerreen bingiit teh….😍😍

  2. keren banget, tapi aku mah kapan bisa ke sana. kalau jalannya begitu mana mau suamiku itu

    • Haduuuh kasian banget Mak, sini aja olangan ehhh *ngajarin ga bener
      Ntar aku anter 😀
      Atau kitik2 dulu suamninya xixixi

  3. Kereeen banget view-nya. Teh, kalau buat wisatawan ada yang menyewakan motor ga buat ke puncak Bintang itu? Atau ada gojek / ojek karena ga tahu arah juga sih. Hehehe…

  4. Indaahhhh bgtttt teh, mauuuuu ih kesitu… anterrrrr

  5. Beuugh kalo bikers satu ini turun gunung, ngeriiiii

    • hahahaaa..Mak Neng..
      Biasa aja keleeus…

      Bikernya gi gawow, jadi pengennya menjajal jalanan naik turun eeaa

      Hayuu ke sini yaa kalo ke Bdg..

  6. aku dah ke sana teh..ra,e2 jd bw mobil dag dig dug jalananya kecil..tapi siang gt…masih penasaran pingin ke sana pas malem katanya lomantis pisan klo malam mah hahaha

  7. aku dah ke sana teh..rame2 jd bw mobil dag dig dug jalanannya kecil..tapi siang gt…masih penasaran pingin ke sana pas malem katanya lomantis pisan klo malam mah hahaha

    • hihiii..ngeriih pake mobil mah, berasa naik roll coaster, apalagi pas jalanan menurun tuuh…

      Ayo, kesini malem2 yuk ..

  8. wahh keren banget pemandangannya teh
    jadi ngidem mau kesana
    *tetehnya juga keren hehe

  9. Teh, sendirian aja nih. Mau kutemenin ga? ;p

  10. seriusan ke sini naek motor teh ? kece ih, kalau aku paling udh keder duluan teh, minta bonceng aja deh, hehe

  11. Ooh, bener-bener ada bintangnya ya,mau jugalah saya ikutan ngadaweung
    endingnya cocok banget jadi bintang iklan motor

  12. Mauuu … Saya mau ke siniiii

  13. ih romantis banget pemandangannya…

  14. Kagum saya melihat vewnya, kebetulan saya juga suka banget situasi natural seperti ini. Bener2 bintang nich,,,!!

  15. Kapan teh diajak ke situ, tempatnya asyik banget 🙂

  16. Tempat ini emang cocok banget buat niis teh, deket juga dari kota soalnya.

  17. Kemarin kita nggak warung daweung ya teh

  18. Wahhh, waktu itu baru nyampe Bukit Mokonya. belum ke Puncak Bintang hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *