Home / Blogging / Nostalgia Jawilin Blogger Menjadi Ajang Silaturahmi
nchiehanie | blogger bdg | emak blogger | blogger perempuan

Nostalgia Jawilin Blogger Menjadi Ajang Silaturahmi

Nostalgia Jawilin Blogger Menjadi Ajang Silaturahmi. Menjadi Blogger Pilihan mengemban tugas yang berantai, mengingatkanku pada jamannya pertama kali Ngeblog. Katakanlah semasa “kejayaan” blogger masih belom ternodai hal-hal yang menggiurkan mendapatkan sebongkah berlian. Rasanya luar biasa kepilih sama “Seleb Blog” pada jamannya, berarti aku merasa dekat di hatinya. Jika jaman mbiyen  Seleb Blogger menurutku adalah Blogger yang dekat di hati para Blogger, kedekatannya berasa karena rajin saling mengunjungi tanpa pamrih, mengikuti aktivitas sehari-harinya.  Namun sudah kode etiknya pasti bakalan dikunjungi balik.

Pesan berantai atau istilahnya jawil-jawilan ini, entah dari mana mulainya. Yang penting aku mendapatkan jawilan   dari seorang senior Blogger Cianjur yang wara wiri aktif pada jaman jahiliyah, aktif di Relawan TIK dan kini  menjadi pengusaha Kopi (bukan) Mukidi. Cuma sayang belom pernah merasakan sample kopinya, padahal kan aku pecinta kopi  😀

Yuk ah, mencoba m enjawab beberapa tugas pertanyaan, cuzz!!

1. Siapakah nama Guru Sekolah Dasar mu yang teringat pertama kali dan ceritakan kenangan asik dengan beliau?

Loadingnya agak lama niy, untuk membuka kembali memori pada awal tahun 1983-1989. Melalui pengalaman SD di Kebon Gedang XII daerah Kiara Condong Bandung hanya setahun saja. Lupa banget sama gurunya, yang teringat adalah menulis pagar-pagaran sambil menangis karena Bapak Tiriku ga kelihatan di Jendela. Kenangan masa SD bareng Bapak yang takkan pernah terlupakan. Dijulukin si cengeng dan manja. Sosok guru yang ada hanya menyuruh Bapak  unruk tetap nongol di jendela biar anak didiknya tidak sedih.

Tahun ajaran kenaikan kelas 2, merasakan pahitnya menjadi murid baru di sebuah SD Inpres SDN Sukaasih di Ujung Berung karena  harus mengikuti pindahan bersama Orang Tua. Pernah di bully, di kerjain , dijahilin membuat diri jadi tidak cengeng lagi. Malah sebaliknya membentuk pribadi yang kuat, mandiri melawan manteman yang jahil *juteknya mulai keluar semenjak pindah SD di sini.

Teringat  akan guru yang paling baik dan terkenang diantara Guru2 lainnya. Pak Dudung namanya, karena Beliau yang mengajar sekaligus membimbing ekskul Pramuka. Jaman sekolahku masih kekurangan guru, kaena aku adalah angkatan pertama di SD tsb. Jadi pas pindah kelas 2 ( tidak ada kelas 3 nya). Makanya Pak Dudung ini mengajar cukup lama menjadi wali kelas  4 tahunan .

Kegiatan Pramuka yang aku ikutin sangat  luar biasa aktifnya mulai dari kelas 3 samapi 6 SD. Menjadi Aktivis Pramuka di SD sering diajak kemping Persami diberbagai acara. Merasakan kebersamaan bersama manteman dan Pak Dudung ini. Ahh, anak kesayangan yang baik, pendiem,  nurut, lincah pinter pula xixi 😀

2.  Siapakah nama teman SMP mu yang teringat pertama kali, apa cerita asik dengannya.

Pikiran tertuju pada nama Yeni, meski bukan satu bangku tapi dengannya selalu menjadi teman kompak. Setiap pergi dan pulang sekolah
selalu berbarengan. Karena menjadi Siswi SMP Negeri 17 Bandung salah satu sekolah favorit. Lama perjalanan dari rumah ke seolah sekitar 1 jam. Berhubung rumahku di komplek yang jauh dari jalan raya naik angkutan umum menuju sekolah. Harus jalan kaki dengan menempuh 1 km, bolak balik 2 km. Kebayang kan, kalo jalan sendirian.

Nah Yeni ini adalah “teman jalan kaki” karena rumahnya kelewatan sama aku. Kalo pas kerja kelompok bareng dengannya, sering di bantu oleh kakak  lelakinya yang jaman itu sudah kuliah. Makin seneng kerkel di sana, padahal modus pengen lihat kakanya yang ganteng eeaa. Ahh Yeni, dimanakah kamu  berada sekarang. Terakhir ke rumahnya ga tinggal di situ lagi.

3. Apakah kuliner di luar kotamu yang teringat pertama kali, dimana lokasinya dan apa keistimewaannnya?

Tempe Mendoan, setiap tahun mudik ke Solo. Entahlah sepanjang perjalanan kota menuju kesana selalu berhenti di tempat yang sama  dan mendoan lagi, mendoan lagi. Apalagi pas pagi hari menjadi cemilan asyik . Sambil numpang mandi di warung makan mendoan ini (sebut saja rest area) . Benar-benar tempe mendoan besar yang setengah mateng, enak dimakan pas anget-anget plus sambal kecap irisan cabe rawit. Sampe sekarang tempe mendoan bagaikan pizza buatku 😀

4. Pernah baca koran edisi cetak dalam sebulan terakhir ini? Kalau pernah, apa nama korannya dan dimana soh mbacanya (pinggir jalan, angkot, perpustakaan, dll)

Kayanya ga pernah deh sebulan terakhir ini, kebanyakan lihatnya online aja , maklom Emak Digital di era digital eeaa.

5. Jika kamu sempatkan meletakkan gadgetmu, kemudian melihat sekeliling di tempat umum, apakah kamu melihat keberagaman (manusia) yang ada? Apapun jawabannya , maka apakah yanga da dibenak mu melihat hal ini.

Hal ini sering aku lakukan, misalnya pas lagi dijalan melihat pengendara lain bermain gadget, rasanya pengen ngasih tahu meski cuma dengan bunyi klakson bus. Hanya sekedar mengingatkan saja, yang ada malah kebanyakan mereka kaget dan meneriaki akuh. Atau misalkan di tempat makan ada yang asik bermain gadget padahal pasangannya sedang mengobrol.

Ya mulai berkaca dan intropeksi diri, semoga aku tidak begitu ya. Tapi memang beneran paling sering mengingatkan manteman ketika berkumpul untuk menaro gadgetnya tatkala ngobrol asyik, terkecuali urgent ada telpon baru permisi mengangkatnya.

6. Apakah angkutan umum terakhir yang kamu naiki, Asik ga sih perjalanan mu?

Ada, sebulan lalu menjemput anak, lalu mengambil motor yang menginap di tempat parkiran Braga City Walk. Waktu itu abis menjadi guide teman dari  dari negri tetangga sebelah. Apapun yang aku lalui dalam perjalanan meski memakai angkutan umum akan selalu dinikmati. Apalagi bareng anak, bisa  menjelaskan juga jalan-jalan sekitar, ngobrol asyik seolah kaya sahabat. Ahh pokonya selalu asik menurutku tuh, bukan memakai apa tapi “dengan siapa” ?Iya asalkan dengan putri kesayangan, jalan kaki pun sek aseek.

7. Apakah pagi ini kamu sempat melhat matahari terbit? Kenapa?

Hahahaa, pertanyaan yang menjebak ketahuan kebluknya niy. Kebetulan hari ini tidak sempat melihat matahari tersenyum di ufuk timur, coz lagi menikmati liburan. Selain semalam abis begadang (menemani) membuat ketupat persiapan lebaran. baru tidur sehabis adzan subuh, lupa mengintip sang pemberi sinar kehangatan.

Nah, tugas sudah selesai. Tak ada yang tak bisa, apapun akan bisa dilakukan asalkan dengan niat. Begitupun dengan menulis yang katanya remehan ini, buatku asik-asik aja meski.  Tak memandang siapapun fenomenalnya Blogger jaman sekarang yang sudah “oriented money” . Karena aku yakin, semua Blogger yang pernah hidup pada jaman awal ngeblog sekedar curhatan pasti merindukan hal yang sama. Menulis dari hati, tanpa pesanan, tanpa sponsor.

Yuk Jadi Blogger Produktif  tapi santai, eiylekhan sepanjang masa eeaa 😀

Coba masih mau ga ya Blogger2 sekarang menulis kaya beginian? Jawilin blogger2 Kece ahh, Pakde Abdul Cholik, Teh Dey, Efi Fitriyah , Mba Susi Susindra dan Blogger2 yang lagi ngehits sekarang niy Nyak Rotun DF, Emaknya Maxi Mak April, Shine Fikri.

*noted kalo mau jawil n nulis monggo, ora yo rapopo ojo Baper :v

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

83 comments

  1. tuwa banget sih mak kowe ki, melototin tahun jaman SD

  2. Jawilin…dikira jailan tadinya xixi iya gemes bgt sm yg lg berkendara sambil maen gejet apa ga inget sm keselamatan trs nyawa juga 🙁 eeaaa emak digital yess cantik pula :)))

  3. Seru juga ternyata, jawilin blogger hehehe dan yang paling oke banget bisa dijadikan sebagai ajang dan wadah untuk bersilaturahmi, asyek-asyek.

    • asek banget..
      iya kebanyakan sekarang dah pada personal sibuk dengan JR nya, ga papa sih.

      Cuma pengen hiburan sesaat ya bernostalgia Kaka

  4. Asyik dijawil…
    Aku mau ngerjain pr-nya ah, demi masa lalu, sekarang dan masa depan. #halahmaklebay.
    Tunggu yak…

  5. Mak nchie… Aku juga kangen nulis blog yang tanpa sponsor…. Pengen ah…. Tulisannya mak nchie bikin bernostalgia mengenang masa lalu… Tapi jaman sekarang gak tau ya entah hanya perasaanku ato bukan, bewe sekarang rasa seret… Emang ngeblog itu dibutuhkan rasa ikhlas bahwa menulis emang benar2 dari hati dan berniat untuk berbagi cerita… Tanpa minta imbalan ingin dikunjungi balik atau dikomentari… Hehehe

  6. Duhh… tambah kagum deh sama emak satu ini, produktif tapi santai dan eiylekhannnn 😀
    Suka deh, enggak money oriented ya, Mak 😉

  7. Haha, asyik juga ya, teh. Aku juga dijawil nih sama Kang Den. Semngat teh. Ayo jadi blogger produktif.

  8. Eh iya, belom bikin jawaban pertanyaan yang dikasih beberapa waktu lalu. Huehehehe..

  9. Saya juga rindu ngeblog jaman dulu teh. Saling BW saling comment, pesan berantai, award, dll.

    Sekarang ngerasa jadi blogger lama tapi kalah hits sama blogger2 baru 🙂

    • iya terkadang ada rasa kangen ngeblog jaman dulu.

      Hihiiii, bukan kalah ngehits. Tapi si blogger lamanya harus lebih meningkatkan kualitas blog dan dirinya Tarry.
      Kasarnya google aja apdet, moso kita ora, ngono tho!!

      Ayo smangat2 belajar monetize blog yuk!

  10. Blog saya masih ‘agak’ murni. Masih kebanyakan curhat dan cerita2 keseharian… wong yg nawarin job jarang…. 😭

    • waahh keren.itu, tetep konsisten niy Mba Rita mah..

      Join di komunitas 2 fb kan banyak tuh, suka banyak yang nawar2in Job.
      Ayo, smangat!!

  11. Selalu senang gaya nulisnya mba Nchie yang pas banget,

  12. Teteeeh..lah mudiknya ke Solo? Jawil-jawil aku kalo ke Solo yak.. 😀

    Betewe tahun ’83 aku belum lahir..hiahaha..

    • iyaaa..solo dan sekitarnya, yogya, magelang dsk juga..
      puseeng penuh dengan sodara deh Jawa Tengah menyebar.

      Siyaaap, Nanti jawil jawilllan yaa.

      Hmm, jadi..jadi..aku tuiiirr…

  13. Trus kapan mudik ke Solo?
    Mampir ke Banyumas dulu trus bawain mendoan buat akuuuu…
    😁
    Aku pengin ikutan santai ah…

  14. Eh aku jd ikut2an menjawab pertanyaannya hihi. Pertanyaan soal baca media cetak susye dijawab, jrg baca koran aku haha

  15. Huahahahahaha seruu jg neh jawil2an eike, btw cyiiin mah inget yaa guru sd dulu hahahaha

  16. Seru juga yaa jawab2 pertanyaan jd nostagila waktu sd lg

  17. 1983 eike belum lahir hihihi piiissss ^_^V

  18. Seruuu ih. Mau ikutan jawab ah^^
    Hahaha, saya malah cengo’ pas pertama ada yg nawarin nulis, Mba. Lha, wong blog saya isinya ala-ala saya aja. Nulis suka-suka. Ga ngerti ternyata bisa jadi duit. *curcol

    Dan sekarang pun masih jarang juga sih yang minta tulis2in ke saya. Wkwkkk…
    Masih perlu update dan upgrade banyak- banyak nih.

  19. Tahun 1983 saya sudah kelas 3 SD, Dik Nchie 😀 Tapi itu hanya umur ktp. Jiwa mah tetep remaja.

  20. Teteeehhh.. Akoh syenang dijawil Teh Nchie. Apalagi dibilang blogger ngehitz. Wahahaha *pegangan panci biar nggak terbang* xD.

    Aku tahun 85 beloman lahir itu, hihi.
    Jadi gini2an dulu ngehits ya Teh? Jawil2an terus bikin pesan berantau gini? Kalau sekarang macem colab blogging gitu kali ya.

    Oke Teteh, jawilan diterima. Siap eksekusiiii…hihiiww :*

  21. Iya ya .. ngeblog dulu asyik… etapi sekarang lebih asyik ah…xixixi

  22. Pertanyaan-pertanyaannya cihuy banget deh teh. Seruuuu.

  23. Katakanlah semasa “kejayaan” blogger masih belom ternodai hal-hal yang menggiurkan mendapatkan sebongkah berlian. Rasanya luar biasa kepilih sama “Seleb Blog” pada jamannya, berarti aku merasa dekat di hatinya

    –aih..iyakkk..kangeeeeennn..

    Tapi saya gak dicolek 🙁 Boleh ikutan nulis juga gak? wkwkwkwk..baper euy baper…

  24. kalo dijawil harus jawab pertanyaan di atas gitu ya mak?

  25. Aduuuhhh ini pas dulu memang hitz banget. Tapi aku jarang ikut soalnya suka takut gak sempat. Krn nulis biasa aja susah updatednya yaaa ahehehe…

  26. Hehehe, pertanyaan nostalgia ya Teh. Seru juga buat mengenang masa depan, eh masa lalu

  27. Salam kenal teh NCHIEHANIE 🙂

  28. Seruuu ya blogger jmn baheula teh. Dulu ada istilah dpt award tuh dr teman blogger. Kita saling kunjung dan terasa deket meski kdg blm prnh copy darat ya. Kalo di tny jaman SD kynya loadingnya jg aku lumayan nih teh :)))

  29. Seneng ya jadi blogger jaman dulu, bisa dekat tanpa nyinyir2an #eh. Btw, tulisannya bikin inget jaman dulu mbak, calling temen2 lama ah.

  30. wah seru nostalgiaaa… aku kalau ditanya siapa nama guru SD juga nggak ingat teh, yang ingat cuma 1 guru yang paling ditakuti hihihi

  31. seru ih, jd ikut mengenang masa sekolah…
    saya sempet jg dpt award2, brarti masuk blogger jaman dulu kah hihihi…

  32. Waduh hampir kealamin ini mah teh tapi tidak semuanya, kalau ngelakuinnya serasa balik lagi ke jaman dulu deh.

  33. Waduh, pertanyaannya kok susah2 sih, musti buka kamus dulu nih… hehe…
    😀
    maklum, buku2 jaman dulu udh dimuseumin

  34. Aku jadi penasaran malah sama cerita kehidupan para blogger zaman dulu. Pasti seru dan bebas saing-saingan ya.

    • bebas saingan karena memang cerita harian yang di tulis bukan job
      Tapi mungkin ada persaingan, cuma tidak serame,seheboh,sebaper sekarang

  35. ada lagi yang musim ya jaman dulu itu, kirim2an award..
    haduuh kangennya menular deh

  36. Mau jawab ah kapan2. Kalau teman SMP yang kompak. Kebanyakan teman iseng2an :)) wah harus ingat2 lagi deh :))

  37. Duh aku dijawil Mbake. hehehe. Baiklah aku jawab nanti di blogpostku, ya. Ga pake teaser ah, biar penasaran huehehe

  38. Seru ya baca hal-hal trivia macam ini ^-^ Trus jadi keingetan jaman dulu suka tuker2an badge gitu sama blogger lain.

  39. Hehehe, jawilin… antik juga istilahnya 🙂 Kalo saya makanan luar kota yang sering saya ingin adalah lontong balap. Di Jogja saya ga pernah nemu, meski yang KW sekalipun 🙂

  40. Ngerjain orang tua nih …
    Lupa aja kalau termasuk yg dijawil.
    Ntar ya ngerjainnya.

  41. Ora yo ora popo ojo baper, hahahaha.
    Seru emang dapat jawilian kek gini, trakir dapat jawilan gini…pertanyaannya seputar buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *