Home / Blogging / Pentingnya Anak Menonton Film Perjuangan
ODOPFEB18 | ISB | Indonesian Social Blogpreneur | Nchie Hanie | LifeStyle Blogger

Pentingnya Anak Menonton Film Perjuangan

Pentingnya Anak Menonton Film Perjuangan. Mempunyai anak remaja yang memasuki masa labil dan penemuan jati dirinya, terkadang disibukkan dengan dunianya sendiri. Beberapa tahun kebelakang ini lagi seneng-senengnya dengan nonton film, apalagi film di bioskop. Sampai pada suatu hari  ngobrol dan diskusi tentang sebuah film perjuangan yang lagi menjadi bahan pembicaraan di sekolah, pengen nonton tapi takut.

“Ma, tahu ga film G30S/PKI Olive jadi pengen nonton?” Sejenak merenung dan kemudian menceritakan tentang film tersebut, kalo Mamanya sedari dulu paling rajin dan menanti film perjuangan ini yang menceritakan sebuah kisah perjuangan. Film tentang  Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI atau seringnya  disebut Pengkhianatan G30S/PKI menjadi film yang wajib ditonton oleh setiap pelajar pada jamannya Mama.

Meskipun semenjak jaman reformasi film ini sudah ga boleh tayang lagi. Tapi tetep bikin penasaran si Anak Abege, yang jelas kepo dan nonton lewat hasil downloadnya, tentunya sembari didampingi. Rasa keinginan tahu yang begitu mendalam sejenak terdiam dan ngeri sendiri karena dalam film tersebut ada beberapa adegan kekerasan yang memang tak layak untuk ditonton anak jaman  sekarang, khawatir menjadi contoh dan menjadikannya tak bertanggung jawab.

Nah, buatku sendiri sebenernya perlu banget anak-anak menonton film perjuangan, namun harus tetep didampingi sambil sesekali menjelaskan apa yang terjadi di film itu. Cuma untuk saat ini memang film anak menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam masa perkembangannya. Tapi untuk sekarang ini rasanya belum ada film perjuangan yang memang khusus diperuntukan anak-anak. Karena bagaimana pun film anak dapat memberikan banyak peran dalam masa pertumbuhan dan tentunya setiap anak berhak diberikan kesempatan untuk menyaksikan film yang sesuai dengan usianya masing-masing.

Seperti film ini contohnya sebenernya adalah untuk menginformaskan fakta dan nilai sejarah masa lalu, yang menjadikan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pernah ada yang mengusulkan untuk diperbaharui film ini, tentunya untuk lebih mempermudah generasi milenial dalam memahami pesan yang disampaikan dalam film G30S/PKI dan untuk pembelajaran sejarah atau edukasi. Yang terpenting diharapkan generasi milenial lebih mengenal lebih banyak sejarah Indonesia, dan pastinya ga mudah terpengaruh dengan isu-isu hoax tentang hal yang belum tentu jelas.

So, buat aku sebagai orang tua, sangat penting sekali jika anak menonton film perjuangan, karena ini merupakan salah satu contoh untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

11 comments

  1. Aku aja rasanya cuma 1-2 kali teh nonton G30SPKI ini.

    dan kalau ditontonkan ke anak sekarang emang jadinya gak bagus ya teh. Maunya seh ada film yang baru dibuat dengan tema yang sama dan menyesuaikan dengan masa kini. agar anak anak bisa nonton film perjuangan juga.

  2. anak-anak perlu nonton film-film perjuangan ya teh, supaya mereka bisa merasakan, mengenal perjuangan para pahlawan kita, bagaimana susahnya merebut kemerdekaan

  3. Tetep perlu tapi kayaknya yang agak santai dan gak perang banget kyknya ya mbak. Seperti film yang ada project P dulu kalau gk salah, lupa judulnya hee

  4. Waduh. Aku dulu nontonnya perjuangan Harry Potter melawan Voldemort sama perjuangan Bella mengikuti jejak Edward Cullen jadi vampir :)) Kok nggak nasionalis sekali dan nggak faedah ya. Tapi kalau G30S-PKI dari dulu penasaran nonton sih. Bukan karena sok nasionalis, tapi lebih karena film itu seperti dilarang banget dipertontonkan ke khalayak umum. Biasa lah, yang dilarang malah bikin pengen #janganditiru

  5. Anakku kalau di sekolah juga diptar sih mba pilem2 perjuangan gitu. Bahkan juga mereka diminta untuk membawa poster berisi pahlawan 🙂

  6. Ada film perjuangan tentang Islam “Fatih” kalau gak salah. Bagus.
    Kalau saya dulu filmnya, power rangger dan doraemon.

  7. Kalo dari sekolahnya sebaiknya kali ya, jangan dibolehkan nonton film tersebut karena Neneknya aja waktu tahun baru kejadian, rasanya kepengen pipis gara-gara merinding nahan takut juga nontonnya.

  8. Setuju banget, teh…
    Aku ngerasa, anak-anak sekarang yang kerap melakukan sesuatu dengan sembrono ((tanpa pikir panjang)) adalah anak-anak yang tak kenal sejarah.
    Kalau mereka tau arti perjuangan para pahlawan terdahulu, pasti mereka akan lebih beradab.

  9. Setuju, nonton film perjuangan memang bisa membantu menumbuhkan rasa nasionalisme.

  10. Aku ga berani nonton film G30SPKI. Waktu main ke Lubang Buaya juga takuuut. Balik ke parkiran aja.

  11. dulu nonton film G30SPKI sambil ngintip takut. Tapi perlu nonton film perjuangan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.