Home / Traveling / Pesona Festival Pasar Terapung di Banjarmasin
pesona festival pasar terapung

Pesona Festival Pasar Terapung di Banjarmasin

Pesona Festival Pasar Terapung di Banjarmasin. Pernah ingat ga sih iklan salah satu teleivisi swasta yang ikonnya di Pasar Terapung, sangat  fenomenal. Nah kalau di Bandung punya Floating Market Lembang yang menyuguhkan aneka jajanan tradisional, makanan dan minuman diperahu yang berjejer, seru banget jajan di sini. Berbicara tentang Pasar Terapung, yang satu-satunya ciri khas yang unik hanya ada di Indonesia,  tepatnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Daerah ini memiliki kelebihan dari segi budayanya, seperti kebudayaan sungai dengan adanya pasar terapung. Di mana keunikan kebudayaan jual beli masyarakat sungai ini sangat potensial dijual untuk promosi pariwisata. Memang ga ada  habismya  dibahas nih soal Festival Budaya Pasar Terapung 2018 yang baru aja  selesai diadakan.

Meskipun acara berlangsung selama tiga hari, dari 24-26 Agustus 2018, festival ini langsung diisi berbagai kegiatan. Mulai dari pertunjukan akrobat api, hingga tari-tarian tradisional khas Kalsel. Yang membuat keren, acara yang masuk dalam 100 calendar event nasional Kementerian Pariwisata ini berhasil menarik minat warga dan wisatawan untuk menonton.

Banyak banget kegiatan yang ada di festival ini, selain aneka pertunjukan, ada juga  stand-stand yang menyajikan kuliner khas Kalsel. Yang bikin heboh, semua yang hadir dipersilakan mencicipinya secara gratis. Wah, kalo ada serba free pastinya menarik perhatian pengunjung untuk hadir.  Tujuannya agar gelaran ini benar-benar meriah dan layak menjadi tujuan wisata.

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung pada hari kedua menyuguhkan lebih banyak banget kegiatan diantaranya  pentas tari daerah, pawai budaya, parade acil atau ibu-ibu jukung pasar terapung, bahkan ada lomba masak di tengah Sungai Martapura.  Ga kalah menarik pada malam harinya dihibur penampilan artis papan atas Indonesia, yakni Rossa, pastinya menggoda pengunjung untuk hadir.

Siapa yang ga tahu dengan Diva Indonesia ini,  dengan lagunya  yang terkenal, album larisnya Nada-Nada Cinta (1996), Sebening Embun di Hatiku .yang makin mempopulerkan namanya. Seperti dalam pembukaan menyuguhkan lagi Tegar, yang  berhasil menyedot perhatian semua pengunjung yang hadir.Memang ga diragukan lagi kepiawaiannya dalam dunia musik. Yaelah perfomance  diva pop Indonesia Rossa berhasil menyedot perhatian masyarakat dan wisman yang hadir  di panggung Tugu Nol Kilometer, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin.

Tampilnya Rossa di Festival Budaya Pasar Terapung tahun ini sungguh luar biasa, semakin menaikan pamor Festival ini karena fans Rossa sangat banyak baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan penampilan Rossa di festival ini, kami harap Banjarmasin ramai. Banyak wisatawan Malaysia yang bisa masuk ke sini. Sebab, Rossa juga sangat terkenal di Malaysia

Dengan digelarnya acara ini, akan menambah daya tarik pariwisata Kalsel, sebab Kalsel salah satu tujuan wisata nasional. Festival Budaya Pasar Terapung 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Festival Budaya Pasar Terapung ini diikuti 11 kabupaten dan dua kota di Kalsel dengan pawai budaya, serta komunitas-komunitas budaya lainnya. Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ke-11 bertujuan memperkenalkan budaya sungai yang telah ada ratusan tahun yang lalu, pengunjung bisa secara langsung melihat keunikan dan kerajinan dari sebelas kabupaten dan dua kota di Kalimantan Selatan di Kampoeng Banjar.

Ada juga pawai budaya, pawai Volkswagen (VW) Borneo Indonesia-Malaysia-Brunei, parade sepeda antik, parade becak hias, Kalimantan Selatan fashion karnaval, parade acil jukung pasar terapung, lomba hias perahu jukung, festival sinoman hadrah, ragam permainan tradisional, dan  ada juga pentas seni yang mempersembahkan tari-tarian tradisional dan kesenian daerah Banjar Bakula.

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2018 sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata.

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

3 comments

  1. Semoga Banjarmasin semakin mendunia, ya. Menurutku pasar terapung kita lebih menarik dari yang di Thailand.

  2. wahh seru kyknya festival pasar terapungnya

  3. Seru banget ya… Tapi jauh huhu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.