Home / Remedial

Remedial

Remedial ,  berhubungan dengan perbaikan: pengajaran  , pengajaran ulang bagi murid yg hasil belajarnya jelek; perbaikan nilai.
Kalo jamannya aku Remedial  ngetrend pas Kuliah, sekarang anak SD aja udah pake remedial segala .  Di tempatku  biasanya familiar  dengan sebutan di “her*. Dulu  biasanya murid akan di her kalo nilainya 50 ke bawah, khusus bagi anak yang kurang banget.

Minggu lalu kan Olive abis UTS. Tapi ada salah satu pelajaran yang di remedial katanya, yaitu SBK ( Seni Budaya dan Keterampilan ). Padahal kelas 4  ini pelajaran SBK itu hanya menari, nah  pas  UTS di kasihnya teori plus praktek. Dan  teori SBK apa coba, ga ada buku panduan atau tulisan dari pak gurunya.Kebetulan  saat tes praktek Olive ga bawa saputangan  untuk  Tari Saputangan *karena sebelumnya ga ada pemberitahuan*.   

Ternyata di kelas unggulan ini nilai  yang  di remedial  di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). KKM ini nilai yang di tetapkan oleh guru. Nilai SBK Olive 75, karena KKM nya 75. Jadi harus di remed katanya.
Ya sutralah, seketika itu juga   mengikuti jadwal remed jam 7 pagi hari pada saat masih UTS. 
Baru sekarang ini Olive mengalami remedial,  aku hanya  menyemangati, lagian nilainya ga jelek-jelek amat, nyante saja Kaka, semangat..!! Yang penting nilai nilai pelajaran yang pokoknya pada bagus kan.

Hot topic di sekolah, katanya Remedial dan Kelas Unggulan..!!
Untungnya ga pernah nongkrong di sekolah, pusing deh nanggepin ke KEPO an Emak emak,  nyut nyutan  pula dengerin omongannya, mendingan  nongkrong di depan layar monitor, blogging , ngintipin yang unyu unyu.

Ma..berarti Olive  ga pandai ya, kok di remedial ?  di remedial itu adalah hal yang  biasa, asalkan  rajin belajar insyallah pasti bisa. Nah  pas uts SBK kan ga belajar, karena ga ada yang harus di pelajari, alhamdulillah dapet nilai segitu juga,  tetep bersyukur kan sudah berusaha kak, bener ga?

Yang mengganjal dihati, kenapa  di kelas Olive  nilai KKM nya  78 hampir semua pelajaran. Hampir semua murid  di remed pula. Jadi logikanya setiap murid harus minimal  nilainya  80. 
Apakah semuanya mampu ? 
Dan kenapa wali kelasnya mengumumkan remedial, tanpa memberikan hasil nilai UTS dulu, weleh..weleh..!!
Kenapa orang tua banyak yang protes karena anaknya di remed ?
Udah ahh, aku ga mau ambil pusing dengan urusan sekolah, dan ga mau terlibat dengan urusan 2 yang ada di dalamnya,  hanya sekedar tahu saja. Kalo memang si anak  di remed ya sudah, gitu aja kok repot Mak..!!

Yang penting buat aku memberikan  bekal ilmu  terbaik buat Olive dan  si anak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, itu saja aku rasa cukup.Masalah nilai atau ranking itu adalah bonus.
Ka, mau tau ga ..  Mama waktu sekolah ga pernah  di remed loh *pamer dikit, sambil kibas2 rambut*
Ayo , Pernahkah Anda  mengalami nilai yang di Remed ?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

45 comments

  1. kibas2 rambut…awas ketombenya berhamburan…

    Trus sy harus koprol sambil bilang Woow gitu krn Nchie ngga pernah remed..?

  2. KKM SBK 75, trus nilai SBKnya Olive 75.. Harusnya gak remed ya teh, kan gak di bawa KKM.. Mnrt sy sih gitu..

    Kl di sklhnya Keke & Nai utk UTS & UAS gak ada remed teh.. Jd sedapetnya nilai aja.. Cuma ulangan harian yg ada remed.. Makanya lumayan deg2an juga kl UTS & UAS.. ^^

  3. @Niken Kusumowardhani hahaa..harus donk Bun..

    eh..eh..maap aku ga da ketombe, kalo kutunya ada tuuh, tak tularin loh Bun xixiix..

  4. @ke2nai seharusnya begitu Chi..

    ohh gitu ya..
    di sekolah Olive Ulangan, UTS, UAS ada remed nya..

  5. Sebenernya kalau udah nyangkut urusan sekolah anak, suka bingung deh jaman sekarang ni. Tapi better cari tau aja, mak, supaya ilang pensaranannya 🙂

  6. tenang aja… nanti kalo mulai klas 4 – 6 belajarnya akan lebih terarah dengan sendirinya..
    tenang aja ya Olive sayang,,,

  7. @MiRa Sahid | @yankmira bener banget tuh Mak, udah pelajarannya pada susah, kasian ke anaknya. Eh guru ngasih KKM gede2 pula..

    Justru itu Mak, aku paling malas ke sekolah, :p

  8. @Insan Robbani Om Insan..Olive sekarang udah kelas 4 loh..xixii..
    Lupa ya..

  9. @Nchie Hanieoh iya ta…kan setaun lalu wktu saya ke bandung olive masih klas 2.
    dulu devon waktu naik klas 4 aja percobaan, begitu klas 4 progressnya luar biasa, lulus klas 6 NEMnya bagus dan alhamdulillah SMP dpt beasiswa, berarti devon dulu lebih parah dibanding Olive.

  10. wah tugas tambahan tuh ci…harus bs mengedukasi ema2 rempong buat nenangin mrka secara biasanya ank anknya mah cuek malah ema2 nya yg suibuk gt…hihihi…

  11. @Insan Robbani hahaa..kan ketemu Olive waktu masih orok Mas..
    Waah Devon emang keren, pinter,dh jago bikin robot, TV tante nchie rusak Devooon benerin donk,!!

    Devon pinternya kaya syapa siih,

  12. @Anonim hihii..bener bener..
    emang rempong deh..
    ntar belajar psikologi dulu ahh,,

  13. Waaah… ketat juga ya sekolahnya Olive Teh. Kasihan juga kalo misalkan gak kenapa-kenapa harus di remed. Semangat Oliveeeee.. 🙂

  14. Wah, nila 75 di-remedial ya…
    Jadi ingat jaman2 kuliah dulu, saya beberapa kali tuh ngulang ujian matkul. Hehe…

  15. bilang aja mata pelajaran yang lain kan olive bagus nilainya. jaman kita mah namanya her ya teh aku deg-degan nih nilai pascal udah dibagikan tapi nilai tulis tegak bersambung belum hihihi dia tulisan tegak bersambungnya belum bagus

  16. kalau kelas unggulan 78 itu standarnya teh, malah kalau di surabaya sekolah paporit kelas unggulan 80 min teh, huaah belajar nya giaman yaa dapet nilai bagus2 😀

    Semangka semangat kakak olive #kiss kiss

  17. Kalau jaman saya sekolah ada SBK trs ada praktek menari….dijamin saya bakal remedial juga tuh. Lha saya tuh pinternya nari makan..nari kue..[bahasa jawa ‘nari’ ~ nawarin]

  18. waduh saya lupa teh
    tapi kalau saya kayaknya belum
    karena seingat saya, saya itu siswa paling pinter 😀

  19. jaman saya SD sampai kuliah nggak ngenal yang namanya remidi. Kalo mata kuliah di bawah standart ya nggak lulus dan ngulang lagi pada kesempatan berikutnya.

    Anak sekarang malah enak ada solusi seperti itu untuk perbaikan dan patokan belajar lebih bersemangat

  20. oo jadi remedial itu semacem her. Dan nilainya dibawah 75 harus ikut her? ckckck standarnya tinggi juga ya Teh..

    tetep semangat ya Olive..kamu pasti bisa..:))

  21. waduhh kayaknya pusing yach lihat anak sekolah jaman sekarang…standar pelajarannya tinggi sekali…mudah2an aja nanti ina kuat dan bisa mengikuti pelajaran…rencana tahun depan ina mau langsung aku masukin ke SD aja….soale PAUD udah 2 tahun, TK 1 tahun….kalo ngulang TK lagi kasihan kelamaan hehehhe……..

    Olive tetap semangat yachhh…..mudah2an nilainya nanti bagus……(ehh aku juga dulu waktu sekolah ngga pernah di her…..ikutan pamer hihihihi….)

  22. Nilai 75 harus remedial? Wah jangan sampai suatu saat KKM di nilai 90. >.< Kok sepertinya sekolah memaksakan murid-muridnya jadi (terlalu) pintar ya?

  23. kalo saya waktu SD juga nggak pernah remidi mbak, gara2 sekolah di Madrasah Ibtidaiyah alias MI

    kalo nilainya kurang, dapet hukuman ngaji di musholla sekolahan setelah sekolah, hehe ^^

  24. alhamdulillah belom pernah di remed juga… *kibasin rambut nyebarin kutu…

  25. standar nilainya kelas unggulan memang tinggi ya mbak…mudah2an anak-anak jadi makin terpicu semangat belajarnya ya…

  26. kakak gak usah minder dong, nilai 75 itu kan tinggi.remedial jadinya cuma prosedur aja kan? Semangat kakak!

    Lah, kalimat terakhirnya ini mau nyemangatin kakak atau? ;P

  27. @danirachmat ketat sih ngga, cuma lagi percobaan aja nih Dani..

  28. @kakaakin emang ketinggian standar KKM nya KAk…
    hihiih..ayo berapa kali remednya..ga ampe ratusan kan..

  29. @Lidya – Mama Cal-Vin udah aku bilangin begitu Mba..
    Hihihi..ahh nanti juga bakalan bagus tuh, dan biasanya emang cowok jarang juga tuh tulisannya yang bagus2..
    Ayo pascal bisaa..

  30. @Niar Ci Luk Baa wadooh 80 min, puyeng donk, kasihan ya ke anak2 sekolah..

  31. @Ririe Khayan hahaaa…Ririe bisa aja dweeh…

  32. @achoey el haris percaya..percaya…
    kelihatan kok si akang paling pinter..hehe

  33. @Djangan Pakies iya juga tuh, cuma kasihan aja terlalu tinggi , pelajarannya pun susah2..

  34. @Desi ya begitu des..

    Semangat donk Tante Desi..
    Makasih ya..

  35. @Nia waahh umurnya udah mencukupi belom mam, kalo umurnya kemudaan ,soalnya kasihan juga nanti pas kelas 4 ato 5 nya, menerima pelajaran2 ..
    tapi moga aja Ina bisa mengikuti, semnangat Inaaa..!!

    hahaaa..pamer..

  36. @wihikan mawi wijna Nah itu..pintar terpaksa..bikin anak2 stress kasihan kan ?

  37. @Imam Boll waah enak ya, hukuman yang sangat mendidik,..
    jadi hafal donk ngajinya..

  38. @rina hahaaa…whuahaa…
    idiih ada kecoanya juga tuuh/

  39. @Mami Zidane emang tinggi Mam..
    Terpacu sih iya, tapi kebanyakan malasnya..

  40. @Mayya hihi Makasih Tante Mayya…

    Hahaa..mau pamer donk may..!!

  41. Remedial itu jaman saya disebut HER ya say.
    Remedial memang bikin deg-degan dan kerja dua kali ya, tapi gak apa2, anak2 harus tetap semangat.

    Salam sayang selalu

  42. aku juga bingung dengan anak kurikulum sd sekarang
    mungkin biar cepet pinter polanya ngikutin anak kuliahan
    tapi kadang terasa memaksakan juga
    takutnya malah ga sesuai dengan kemampuan anak

  43. Aku dulu SMA remed pertama kali pelajaran Sosiologi… ketika yang lain dapat 90, aku dapat lima, muahaha…
    Gak remed gak gaul kaliii, jadi remed? Selow ajaaa…

  44. Pernah 1 mata kuliah, Nchie…lupa nama mata kuliahnya, tapi yang pasti nilai saya yang tadinya D, setelah di-her berubah jadi B atau C…*lupa juga* 🙁

    Semangat ya Olive, remedial itu justru bikin Olive tambah paham sama pelajaran yang harus diulangi itu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *