Home / Blogging / Reuni Perak, Tepang Sono 25 Tahun SMPN 17 Bandung
Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Reuni Perak, Tepang Sono 25 Tahun SMPN 17 Bandung

Reuni Perak, Tepang Sono 25 Tahun SMPN 17 Bandung. Bandung, 24 Desember 2017 hari yang ditunggu-tunggu untuk bernostalgia jamannya putih biru. Bertempat di lapangan sekolah  Reunian Tepang Sono 25 Tahun SMN 17 Bandung  bertajuk “ Nu Jauh Urang Deukeutkeun, Nu Deukeut Urang Layeutkeun” yang artinya kurang lebih begini artinya, “yang jauh kita dekatkan , dan yang dekat kita makin dekat atau akrab.”

Persiapan Reuni yang udah diworo-woro 3 bulan sebelumnya, alhamdulillah berkat kerja sama Panitia yang digawangi oleh Hari Sulistyo, Hadi, Erik dan yang lainnya, mampu mengumpulkan teman-teman satu angkatan, yakni angkatan 92. Salut banget dengan mereka, karena bukan pekerjaan yang mudah untuk berkomunikasi lagi setelah 25 tahun yang lalu. Bravo Bro!

Alhamdulillah bisa hadir, meski badan kurang fit, karena sehari sebelumnya habis vaksin booster dipteri, meriang, panas  dan pegal-pegal melanda, namun tetep semangat 2017 buat menemui teman-teman setelah 25 tahun ga ketemu. Yeay!

Penampakan  Siswi SMPN 17 Bandung dengan dasi kupu-kupu  antara dulu dan sekarang

Tahun 1992 (kiri) Tahun 2017 (kanan)

 

Flash Back

Tahun 1989 rasanya suatu kebanggaan tersendiri bisa masuk ke sekolah favorit pada jamannya. Menduduki bangku sekolah di kelas 1.G, 2.I dan 3.B. Termasuk siswi yang pendiam banget, jutek abis, kalo ada yang nanya baru dijawab, seolah ga merasa tekenal siapa aku? Hanyalah siswi yang pendiam nurut dengan aturan yang ada. Ga banyak kenangan, karena mungkin masa ini jamannya labil dengan menemukan jati diri.

Memori ini rasanya sulit membuka cerita 25 tahun  berlalu. Usia yang semakin cantik, seiring dengan ingatan yang makin berkurang. Kenangan yang tak terlupakan adalah, nama panggilan Susi. Entahlah ini gara-gara guru matematika, sebut saja Pak Kurnia. Tiap pelajaran beliau selalu jadi sasaran empuk dan memanggilku dengan nama Sus, Susi. Halagh..yang pada akhirnya jadi bahan buly-an waktu itu.

Cerita tentang cinta monyet, rasanya tak ada  yang nyangkut di hati. Mungkinkah aku yang terlalu cuek dan menganggap mereka semua adalah teman. Cuma memang, ada beberapa teman yang suka jahil dan usil, rasanya ga afdol kalo ga usil sama aku. Sampai pada suatu ketika  ada masanya males  sekolah karena takut digangguin. Ya, begitulah masa-masa jamannya labil.

Satu hal yang teringat jelas pas kalo lagi pelajaran olah raga, lari di lintas pacuan kuda yang berpacu dengan kuda-kuda atau di lapangan bola depan sekolah yang kini jadi Lapas.

Kini, setelah 25 tahun berlalu..

Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik banyak yang berubah berasa padat banget, mulai dari awal datang aja kelewatan mau masuk ke SMPN 17. Untung saja ada beberapa personil yang memakai seragam Reuni ngedadahin di depan sekolah. Memasuki  lokasi acara aja bingung, masuk ke pintu mana, bangunan yang menjulang membuatku sejenak linglung.

Menyusuri kelas tempat belajar dan terakhir menduduki bangku di kelas 3.B. Menyadari, jangan tanya umurnya sekarang berapa, sampe mikir pernah duduk di bangku mana ya? Hanya bisa mengenang dengan senyum-senyum sendiri.

Ini lorong  kelas dan berhasil mejenk di depan kelas 3.B

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Ini tempat duduk terakhir, ya di bangku ini bareng dengan Siti Nurhasanah. Entah teman sebangku ga hadir dan lost kontak

Mari bernostalgia..

Kali ini datang sebagai peserta, pengen duduk manis menikmati setiap acara yang disuguhkan. Wajah-wajah asing bersilewaran depan mata, hanya menyapa dengan senyuman karena sama-sama memakai kaos yang sama. Mata tertuju pada rombongan kelas 3.B di pojok tempat acara. Ahh, menyapa mereka di WAG, sosmed asli pada pangling. Meski ada beberapa siswa yang satu sekolah di SMA, merasa kaget loh ternyata kita satu SMP.

Kopi Sedekah, ceritanya kami kelas 3.B  jualan kopi dimana hasilnya bakalan disumbangkan ke mesjid sekolahan. Soal harga, flexible dong. Dibayar seridhonya, bayar pake doa boleh banget, pake senyum aja juga oke, kalo ga bayar ya kebangetan deh. Mendadak jadi penjual kopi sedekah, wangi aroma kopi membuat mata melek menikmati acara reuni. Meski ga fokus karena disambil meracik pesanan kopi. Yes, i am  so happy, tempat mojok anak-anak 3.B di tempat kopi!

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Kopi Sedekah

Segelas kopi  ga pake harga bandrol, bebas saja mau bayar berapa juga cyiin

Tepang sono, yang dipandu duet MC membuka acara dengan beberapa sambutan, mulai dari sambutan ketua panitia dan jajarannya yang curcol hingga terselenggarakannya Tepang Sono ini. Intinya hanya menginginkan Alumni yang hadir sekitar 177 orang semoga semakin layeut (akrab). Perwakilan pihak sekolah Ibu Lies yang mewakili kepala sekolah karena berhalangan hadir menjelaskan tentang misi visi SMP 17 Bandung. HORE  SIAP adalah visi dan misi 17, dimana HORE adalah kepanjangan dari Harmonis, Optimis, Religius  dan Edukatif dan SIAP adalah Solid, Inovatif, Andal dan Prestasi.  Beliau berharap juga kepada Alumni yang hadir saat ini, untuk mengontak angkaan lainnya membentuk kepengurusan IKA SMPN 17 Bandung. Tidak lain untuk menjalin silaturahmi yang lebih menyeluruh sesama Alumni setiap angkatan.

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Ini dia Misi Visi SMPN 17 Bandung, dipampang di tengah lapangan, tempat dulu Kami Siswa upacara olah raga dan apel setiap hari

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Beberapa sambutan dari  panitia,  perwakilan dari pihak Alumni yang diwakili oleh Ade Kurdiman, perwakilan sekolah oleh Bu Lies dan penampilan Angklung

Setiap segmen acara yang diselingi dengan berbagi doorprize mulai dari merchandise, T shirt, sepatu sampai hadiah utama  henpon bakalan dibagiin buat Alumni yang hadir. Ada yang menarik perhatian dengan perfomance rombongan adek-adek (sebut saja anak-anak keleus  ya, abis seumuran anakku sih yang tampil) bermain angklung yang menyanyikan beberapa lagu  daerah. Penampilan  jaipongan, sumbangsih lagu dari Alumni, bahkan dangdutan ikut meramaikan acara ini. Makin semarak dengan beberapa Alumni yang nyawer, asli berbagi kebahagiaan dengan menghibur dan canda tawa.

Menikmati saat ini, kini  di hari Reuni Perak..

Canda tawa, mengenang masa lalu sewaktu masih unyu-unyu, kini hadir dengan bentuk yang berbeda. Duh, setiap ketemu Alumni aja rasanya sambil mikir nama, kalo laki-laki antara gemuk perutnya aja masih bisa dikenali wajahnya. Tapi melihat teman Alumni perempuan kebanyakan berbedanya, apalagi udah emak-emak kaya eykeh cyiin, berubah bentuknya drastis banget, meski ada beberapa Alumni yang kelihatannya ga berubah dari bentuk badannya. Ahh, apapun perbedaan itu, bentuk badan, profesi  yang penting tetep terjalin silaturahminya.

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Pileuleuyan, ahh paling malas deh suasana begini, apagi kalo dah dengerin  lagu kemesraan huh *Baper

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Peserta Alumni Tepang Sono  SMPN 17 Bandung

Oiyaa, partisipan Alumni yang hadir sekitar 177 orang dalam satu angkatan. Nah, satu kelas 3.B aja yang hadir hanya 9 orang dari 40 siswa. Hmm, memang sangat minim sih, memang banyak alasan dan halangan hadir, meski kebanyakan hanya karena ketidakpedean, malu, belom berhasil dan sukses lah, atau tidak diizinkan pasangan karena riskan CLBK. Itu semua alasan klise dan terlalu mainstream. You know, hidup hanya sekali, mari nikmati, buang jauh prasangka, berpositif thinking aja deh!.

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

 Alumni kelas 3B, meski sedikit tetep kompak dan seruu, yeeay!

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Sahabat Reuni SMP rasa SMA

‘Coz hampir sebagian besar peserta reunian adalah teman-teman satu SMA

Tentang Reuni

Buatku, yang berprinsip menghadiri setiap undangan Reuni bukan kewajiban sih, tapi keharusan. Karena setiap reuni intinya bertemu, melepas kangen, berbagi cerita di masa lalu, dan membuat rencana bertemu kembali.  Ini dia tips reuni ala nchie :

  • Datang ke tempat reuni sebagai teman yang sederajat, menanggalkan apapun  atribut kondisi sekarang baik itu jabatan, status sosial ataupun kekayaan.
  • Punya hati yang legowo, siap dicandain, dibully dengan nama panggilan semasa barengan di sekolah.
  • Janganlah bergunjing, cukup diam saja mendengarkan  kalo memang ada yang menceritakan ini itu.
  • Jangan membuat teman bad mood, minder, maka hindari bercerita tentang keberhasilan, jabatan, kehebatan anak, pasangan, status sosial dll
  • Jangan cemburuan, kalo ada cowok/cewek yang dulu menjadi gebetan lebih dekat dan akrab dengan teman yang lain
  • Cuek dan pede aja lagi, itu intinya.

Nah begitulah tips kalo emang punya niat menghadiri Reunian Insyaallah ga akan kapok lagi datang ketempat reuni, persahabatan pun akan terjalin lebih akrab, dan merasa bangga memiliki teman lama yang masih ramah bersahabat dan merasa dihargai sebagai teman.

Atau baca juga  Tips Mengadakan Reuni Sukses.

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Mereka adalah teman, sahabat sekelas waktu SMP dan se-SMA, yang satu pendiem, yang satu bandel, jahilnya ampon.

Tak ada Alumni hati semasa smp, karena memang masih polos dan cuek, ga ada yang nyangkut pula hahahaa. Hanya mempunyai Alumni Hati jamannya putih abu-abu Salut sama beberapa sahabat yang memang masih awet  menjalani cinta jamannya unyu-unyu sampai saat ini, seperti pasangan dua sahabat  semasa SMP dan satu kelas pula. Tambah lagi mereka teman satu SMA, dunia rasanya sempit ah loe lagi, loe lagi

Reuni SMPN 17 Bandung | Tepang Sono 25 thn SMP 17 BDG | Reuni Perak

Dua sahabat SMP-SMA- saat ini

Moga persahabatan yang berujung pada persaudaraan ini selalu diberikan keberkahan ya.

Alhamdulillah,  Tepang Sono 25 tahun SMPN 17 Bandung sukses diselenggarakan. Sekali lagi makasih  buat kerja kerasnya koordinator kelas 3.B, Hari Sulistyo n de genk, pengorbanan waktu, materi, sungguh luar biasa. Apalagi mengamati gerak-gerik Ketua Panitia yang speechless  ga bisa diungkapkan dengan kata-kata, merasa bangga sama kalian, Bro! Sukses Selalu! Sampe ketemu lagi di Reuni Emas, semoga kita semua dipanjangkan usia untuk selalu bersilaturahmi. Aamiin.

Lalu disela-sela reuni ada yang nyeletuk, kerjanya apa sih sekarang, ngelihat di fb jalan-jalan mulu, asyik bener?

Apa sih Dewa SEO teh ?  Apa Blogger teh? Waduh, kalo dijawab bakalan panjang ceritanya, bisa habis waktuku untuk bernostalgia bareng manteman Alumni.

Yang jelas, Aku Pekerja Online, kerjanya narsis di onlen , cmiiw!!

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

85 comments

  1. Saya udah lama banget gak reunian. Kangen juga ketemu teman-teman lama

    • Ayo..ayo Chi..

      Iya nih kemaren pas long wiken, diisi sama reuni semua.
      Memanfaatkan waktu liburan temen2 yang tinggal di luar kota buat lepas kangen.

      Trus, kapan kita reuni sambil ngopi cantik lagi, mudik atulah!

  2. Aahhh… tips reuninya oke banget, Teh.. bisa banget nih buat diingat-ingat. Btw sukaaa liat teh Nchie yang tampil cantik banget di antara teman-teman yang lain. Dan kalimat terakhir itu lho, keren banget. Aku pekerja online, kerjanya narsis di onlen. Hahaha… siippp deh!

    • Haduuh Mak, idungku kembang kempis, jangan memuji ahh :p

      Iya, Alhamdulillah banget donk Kita mah Pekerja Onlen, dibayar dari onlen kan, tul ga? Udah menjadi kebanggaan tersendiri xixixixi

  3. jadi kangen ama masa sekolah, walaupun gak ada yg istimewa sih hahaha. habis terlalu lempeng dan belajar, seru yah sekolah ku juga sering mengdakan reuni

  4. Good job babe…!!

  5. Wah, seru banget ya Chie, bisa ngadain reuni perak. Mengenang kembali masa2 awal cinta monyet. Haha.
    Kalo aku, teman2 SMP entah udah pada kemana euy, atau akunya malah udah jauh banget di luar pulau.

    Asyik banget ih reuniannya!

    Btw, pekerja online itu kek mana kak? Cerita dunk!
    Hihi… *kabooor

    • Iya niy Mba, seruu..
      Wah gawat kalo mau reuni mesti ke Aceh donk, mihil di ongkos eeaa

      Haduuh Kakak niy, minta di cipok pake beklink ya hhahaaa
      *ya ituu kaya rutinitas kitaah Kak

  6. Tips nya oke kak, kebetulan beberapa bulan lagi mau reuni SMA. Sebenarnya aku males sih tp karena dipaksa banget sama teman2 yg dekat dan ini reuni akbar beberapa angkatan jadi mau.

    Lintas pacuan kuda tempat buat olahraga dulu ya? Gak kebayang kalau lari di situ selelah apa

  7. Du Du Du SMP masih unyu unyu banget ya mba, hehe sukses ya acara reunian ya semoga silaturahmi kian terjaga

  8. Wahhhhhh seru banget reuni setelah 25 tahun, Teh!!!! Pasti banyak cerita seru. Duh aku mah bingung kalau reuni, soalnya sekolahnya pindah-pindah, suka bingung sendiri, takut ga diaku tea.

  9. Makin akrab walau tak bersua. Keren kerja panitia. Setuju buang segala artibut.

  10. Kopi enak di kantong, di hati dan membantu hati yang lain. Salut ada acara charity juga

  11. Bernostalgia ke tempat bersejarah diri sendiri memang menyenangkan, apalagi jika bertemu dengan teman-teman yang seagkatan

  12. Ada nyang CLBK gak teh susi, eh, mba nchie ?^^ seru banget 25th bisa ngumpul semua seseruan lagi.. btw tahun 89 mah aing baru 2th an teh hehehe

  13. Wah 25thn bukan angka yg sedikit dan masih bisa kumpul itu luar biasa. Jadi ngiri pengen ngadain reuni wkwkwkwk

  14. Kalau kita bilang kerjaan kita adalah blogger, pasti banyak yg penasaran apa sih itu? Trus endingnya tanya bayarannya

  15. 25 tahun… Lama banget ya. Dan aku terkesima dengan foto puluhan tahun yang lalu. Gadis cantik berambut panjang, dengan dagu menggemaskan. Eciee… Teh Hanie awet muda ya ^^

  16. Seru sekali ya teh bisa reunian, ketemu teman lama, mengenang cerita yang lalu. Pasti banyak cerita seru deh

  17. Wahahahaha itu teh nchie jaman muda apa si oliv sih? Miripnyoooo

  18. Amiin ya Allah, semoga keberkahandan perlindungan dari Allah senantiasa memanjangkan umur aamiin

  19. Hahay, kerjanya narsis di online. Aku juga ditanyain gitu sama teman-teman sekolah. Kalau ketemu udah di-cie cie-in, cieee bu blogger. Alhamdulillah 😀

  20. Weee ada poto ncie jaman muda niiih. Awet muda euuuyyyy. Seneng ya bs nostalgia jaman skolah. 25 taun wowwwo. Bisa mengenang jaman abg 🙂

  21. Teh nchie awet muda euy…foto jaman SMP nggak jauh beda dengan sekarang yaaa, btw aku juga udah lama nggak reuni kangen teman-teman sekolah jadinya 🙂

  22. Jadi….Pileuleuyan teh artinya apa teh?
    Wkkwk…anakku nyanyi, aku cuma bisa terkagum-kagum karena dia bisa menghapal lagu Sunda.

    Serruu…
    Aku tiap tahun reuni SMP-SMA dan kuliah, teh…
    Momennya pas bukber Ramadhan. Dan hanya teman sekelas.

    Alhamdulillah,
    memang membuka pintu rejeki dan memanjangkan usia, in syaa Allah…

    • Hahhaaa..Lendyy sesama orang jawa, yo mboh artine opo..
      Yang jelas kata2 perpisahan gitu deh hahaaa

      Iya Alhamdulillah moga diberikan umur yang panjang semoga bisa reuni emas xiixxx

  23. Aku naha jadi terharu yah, luar biasa soalnya udah usia perak dan masih bisa kumpul keliatan kompaknya. Seru pisan.

    Tips reuninya juga mantap banget, Teh. Hatur nuhun sudah berbagi ya, Teh.

  24. lah itu foto kaka Olive? wkwkwkwkw

  25. seneng ya teh bisa kumpul2.. silahturahmi makin erat. komo ibu2 sareng bapak2 mah, pasti rame bernostalgia hehehe

  26. teh itu foto sma nya meuni gak berubah jauh ya..masih terlihat 25 tahun lalu ih..hebaat…yg dulu cute yang sekarang malah makin cute ya..reuninya sampai reuni perak gitu bikin terharu deh, ketemu temen2 lama yang pasti bikin pangling

  27. Wahh Teteh berarti seangkatan tante aku di 17-nya 😀

  28. Waah asyek. Nularin virus onlen yah nanti di reuni emas 😅

  29. reuni teh emang selalu nyenengin yaaaa, seruu! dulu wajahmu so innocent yaaa teh hahaha *dijewer**

  30. Teteh, kok awet mukanya gitu nggak boros, forever ladies young. huhuhu kayak anak smp abadi, padahal sudah mamak senior blogger ya teh

  31. Oliv bangeeet mukanya 25 tahun lalu, Teh 😀 edun udah lewat reuni perak euy. Asa waas 🙂

  32. Wah tahun segitu aku masih TK Teh hehehe
    Aku selama ini jarang banget ikutan reuni, terakhir kalau gak salah tahun 2005 😂😂

  33. Jadi inget lidi baqi, salah satu tujuan sekolah biar bisa reunian.
    Kereeeen, terutama tips yang point 5. Soalnya sok ada weh, yang japri nanya apakah saya masih dengan si X.
    Gubraaaaaak

  34. Beneran udah kayak kakak adek deh ma Olive. Miriiiipp 🙂

  35. Ya ampuuun…. Itu Teh Nchi waktu SMP meuni imut pisaaan 😍😍😍

  36. Ya ampuuun. Dirimu tu bening dari laher ya.

  37. Halo Jeng nChie apa khabar? Wah ramenya reuni perak masa putih biru. Foto masa SMP Jeng nChie masih dekat banget dengan profil kini, sama imutnya.
    Bagus banget tips menghadiri reunian utamanya sambung kebersamaan ya.
    Salam hangat di awal 2018

  38. Teh Nchie lucu banget pas SMP 😍

  39. Wah meni rame… saya beberapa kali reuni bentrok mulu ah..jadi aja ga sempet ikutan

  40. Seru ya reunian… Smp mah saya jg ga terlalu inget, bukannya gaul, malah sibuk ngefans sm boyband hihi…

  41. kalau reuni itu pasti seru pisaaan yaaa teh..banyak ceritanya! Ada cinta monyetnya jugaaa hahahaha

  42. Itu idenya “kopi sedekah” bagus banget Mba, saya juga mau ngadain reuini perak SMA Mba, izin copy idenya ya Mba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *