Home / Kopdar / Sejenak Hening
Sejenak Hening | Sadar penuh Hadir Utuh | Adjie Silarus | Mindfulness Practitioner | nchie hanie

Sejenak Hening

Sejenak Hening..

Dalam ruang aku terdiam, di  kesunyian hanya terdengar hembusan nafas. Bersyukur dengan apa yang didapatkan, menikmati hidup saat ini dengan senyuman. Hidup tak hanya menjalani kehidupan sehari hari yang selalu berpacu dengan waktu, mengejar impian, berlomba meraih kesuksesan adalah hal yang terlalu mainstream dialami. Yang Anti Mainstream adalah menyadari jika hidup itu tak hanya di penuhi dengan perjalanan  ke luar diri saja, namun ke dalam diri kita sendiri.

Mengapa kita seringkali merasa sulit untuk melepaskan dan merelakan pergi ?
Mengapa kita sekarang mudah marah dan lemah untuk menunggu dengan sabar ?

Berbicara kehidupan,  terkadang  selintas terbebani rasa  ketakutan, penuh kekhawatiran diri  tentang masa depan, rezeki, jodoh, tentang pekerjaan dan  sebuah jabatan.  Ya, hidup bukan saja hanya mempertahankan  dan menggenggam erat. Tapi, setidaknya  sangat perlu juga  mempersiapkan diri untuk melepaskan dan merelakan datang-pergi.

Hidup tak hanya terus bergerak dalam riuh keramaian , tapi juga sesaat butuh terdiam dalam keheningan. Hidup pun  tak hanya tentang tergesa-gesa untuk bertindak melakukan sesuatu, ada kalanya yang bisa dilakukan hanya dengan sabar menunggu.

Rasanya akan melelahkan hati dan pikiran , jika  hanya diisi dengan rasa berharap dan berusaha meraihnya apa yang tak sanggup diraih. Bermimpi  akan masa depan yang lebih baik. Yuk , saatnya menerima apa yang ada , dengan penuh rasa syukur, dalam bahasa jawanya nerimo, legowo atine.  Saatnya menikmati apa yang ada saat ini, disini, dan kini.

Apa yang harus di lakukan?

Sisi kehidupan harus penuh dengan keseimbangan. Begitulah menurut filosofi Timur Sisi  Yin-Yan dan filosofi barat Being-Doing. Sementara yang kita jalani terbiasa dengan Yan-Doing.  Lebih ke luar perjalanan apa yang kita lakukan dalam kehidupan ini, menggapai mimpi, menggenggam erat apa yang sudah dimiliki, meraih kesuksesan yang serba tergesa-gesa yang  penuh dengan keriuhan.

Kini, saatnya lebih ke diri sendiri  melatih sisi Yin-Being. Memang sangatlah membutuh waktu dan proses untuk menuju kesana. Melatih diri dengan penuh niat dan komitmen itulah kuncinya.  Kemampuan diri untuk lebih menerima dengan ikhlas, merelakan dan melepaskan yang datang dan pergi. Lebih banyak berdiam dalam keheningan, mendengarkan , menyadari dan mensyukuri apa yang ada hari ini, melepaskan kekhawatiran akan masa lalu dan masa depan.

Begitu istilah “mindfullness” seperti apa yang dikatakan  seorang lelaki yang bawaannya kalem, dengan tutur kata dan nada suara rendah, wajah memancarkan cahaya, auranya yang mempesona.

“Sadar Penuh Hadir Utuh”,  itulah buku keduanya yang ditulis beliau  Adjie Silarus.

Untuk memberikan diri kita secara utuh pada seseorang, terlebih pada orang yang kita sayangi, seharusnya hadir utuh terlebih dahulu. Bukan saja saat ini disini, tapi sebagian di masa lalu dan di masa depan.

Mindfulness, Sadar Penuh, Hadir Utuh kini, saat ini! Nah, sekarang sudah saatnya mulai menyadari penuh kehadiran diri secara utuh untuk kehidupan yang dipenuhi rasa bahagia dan diselimuti sukacita.

Sejenak Hening | Sadar penuh Hadir Utuh | Adjie Silarus | Mindfulness Practitioner | nchie hanie

Yuk, Mari Kita Diam! Sejenak Hening..

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

33 comments

  1. Yukkk…. 😀
    Teteh Nchie kalem banget deh kalo begini hihihi….

  2. pengen ikut kelasnya mas Adjie Silarus . Mudah-mudahan bisa kesampean deh

  3. iya harus tepat juga waktunya nih
    ok salam sukses buat semua

  4. Sejenak aja ya Mak…. Kalau kelamaan aku ga betah hehehe.

  5. sesekali kita memang butuh keheningan 🙂

  6. Saya mengheningkan cipta mulu perasaaan alias bengong -.-!

  7. Buku yang pertama udah baca, ini lanjutannya ya.
    Yuk, hening ^^

  8. Sejenak hening memang diperlukan dalam hidup ini ya teuh. Merenung., introspeksi diri 🙂

  9. ditengah hiruk-pikuk kehidupan ini mari sejenak hening…damai..

  10. aku koq bisa hening babar blas yaaa… rusuuuhh melulu hobinya 🙁

  11. hening memang pentiiiing….biar balance yooo..

  12. Hening nek lagi setor tunai.haha

  13. Hening bisa lahirkan banyak karya

  14. haha gak kebayang ngeliat teh Nchie yang rame bisa jadi pendiem 😛

  15. cantik, kerenn.. kalem juga wahh mau donk diajarin…

    salam emak-emak blogger

  16. Mbak Nchiehanie,,saya mau nanya mungkin mbak tahu,,saya tadi dapat kiriman buku “sadar penuh hadir utuh” ,,alamat dan nomor telepon saya lengkap banget tapi tidak ada pengirimnya,,trimakasih ya mbak sebelumnya,, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *