Home / Traveling / Sensasi Kabut di Orchid Forest Cikole

Sensasi Kabut di Orchid Forest Cikole

Sensasi Kabut di Orchid Forest CikoleOrchid Forest merupakan tempat wisata baru yang berada di Jalan Tangkuban Perahu km 8 Cikole, Lembang. Lokasinya jauh banget dari perkotaan, tapi berada di sana berasa tenang ditambah lagi panorama keindahan alamnya yang cantik, adem dan tenang.

Seperti siang itu si Bening Item membawa Kami ke daerah Lembang, suasana di kota Bandung yang hot, mendadak adem menyusuri pegunungan dan pemandangan yang hijau-hijau. Meskipun jalanan yang berkelok, rasanya senang bisa menyepi menjauh dari keramaian. Begitulah kebiasaan Kami berdua ketika di Kota sudah penuh, saatnya mlipir ke daerah pinggiran.

Tepat berada di samping Grafika, Cikole ada sebuah papan petunjuk untuk menuju ke tempat Orchid Forest. Kurang lebih 1 kmmenuju ke atas dengan pemandangan kiri kanan pohon pinus, aah cucok banget untuk relaksasi menghilangkan kepenatan.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Memasuki  tempat wisata alam Orchid Forest cuaca mendung, padahal waktu masih menunjukan tengah hari. Suasana yang adem mulai terasa, mata dimanjakan   ketika melihat di sana sini ratusan varietas anggrek.Sesuai dengan namanya Orchid Forest, pastinya menyuguhkan taman bunga Anggrek yang menjadi spot utamanya. Dimana bunga ini banyak disukai  dan diburu karena keindahannya.

Ada sebuah pintu masuk menuju kawasan wisata Orchid Forest dengan desain gerbang masuknya seperti kelopak bunga Anggrek, Entrance Building, sesuai dengan namanya adalah lokasi yang digunakan pengunjung untuk membeli tiket masuk ke Orchid Forest dan pengambilan voucher, waktu itu voucher dapat ditukarkan dengan mendapatkan air mineral. 

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Building Entrance

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Ini baru masuk aja sudah di suguhi  bunga Anggrek

Kawasan ini sebagian besar hutan yang dikelilingi oleh  jajaran pohon pinus besar yang rindang dan asri. Nah ini  merupakan salah satu alasan udara  di Orchid Forest masih terasa amat sejuk dan segar. Jangan membayangkan jalan di hutan yang becek, di sini ada jalanan khusus  yang rapih dan nyaman, ga perlu khawatir. Menyusuri, menikmati suasana alam dan mendengarkan suara  alam seperti binatang  atau lagu-lagu slow menambah suasana makin betah. Buat yang Muslim jangan khawatir terdapat mushola dan toiletnya khusus buat perempuan dan laki-laki dibedakan. 

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Di tengah hutan ada bangunan ini tepat di sebelah kiri jalan utama, masih di bagian depan. Jangan tanya air di sini, bbbrrr nyees dinginnya sampai ke tulang.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Amphytheater atau panggung terbuka, bisa buat pertunjukan 

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Aah Adem banget inii

Tak hanya  varietas Anggrek saja yang ada di Orchid Forest, tapi ada beberapa fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati.

Sky Bridge

Ini tempat fenomenal,  yang membuat penasaran dan menjadi spot kece yang wajib dikunjungi. Sky Bridge berupa jembatan gantung yang menghubungkan antar pohon pinus. Untuk melewati jembatan ini secara bergantian, karena maksimal hanya untuk 5 orang saja.  Untuk naik atau sekedar foto foto di sky bridge dikenakan tarif  Rp 15 ribu/orang, sudah termasuk flying fox.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Awalnya ragu mau melewati  jembatan ini, tapi masa iya udah sampai sini melewatkan momen spot kece. Pokonya seru abis berada diatas jembatan goyang ini. Kadang dari ujung sana ada yang iseng ngegoyangin.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Sambil nunggu antri, nyempetin poto sama si Aa penjaganya hahaa, susaaah banget soale ngajak poto anak abege niy

Outbound

Setelah melewati  Sky Bridge akan menjumpai area outbound mula dari flying fox, panahan, highrope, airshoft gun,dll. Rata-rata biaya setiap permainan Rp 15.000.

 Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

 Pemandangan di atas jembatan sisi kanan terdapat area outbound

Menembus Kabut

Ketika berada di tengah Sky Bridge,  rasanya pengen buru-buru sampai, cuaca makin tak mendukung, mendung dan rintik hujan mulai berdatangan, alhasil Kami pun berlarian di atas jembatan sampai ke ujung. Untungnya di sana ada tempat berteduh meski kecil, ya ga bisa lagi melanjutkan petualangan flying fox dan outbound dan yang lainnya.

Udara semakin dingin , hujan semakin deras dan terjebak di tengah hutan pinus selama  hampir 2 jam donk. Mana perut ga bisa di ajak kompromi rasanya mie instan pake telor sudah melambai-lambai di depan mata. Setelah menanti lama, akhirnya bisa kabur dari tempat itu berlari menembus kabut melalui Sky Bridge kembali. Biasanya sih ga boleh harus melewati jalur flying fox, tapi karena urgent ya nekat aja dan yang lainnya pun mengikutiku melalui  jembatan goyang ditengah gerimis dan kabut.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Sensasi kabut ini luar biasa, Sky Bridge pun langsung tampak lampu-lampu menyala

Asiknya  ada tempat berteduh lagi plus sekalian bisa nyemil cantik

Kebayang donk di tengah hutan berkabut,  gerimis berasa di antah brantah. Berlari menembus kabut akhirnya menemukan sebuah  Resto di tengah hutan. Aww, sorak-sorak bergembira. Langsung deh memesan mie instan dan gorengan plus teh manis panas dan secangkir kopi untuk menghangatkan tubuh.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Menikmati hidangan  sederhana, harganya pun bersahabat di kantong dan yang paling asik disuguhi live musik lagu-lagu jadul. Ahh semakin menikmati alam  berkabut.

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

 

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Sambil menanti hujan yang tak kunjung berhenti, yayaya bisa poto-poto kece di tengah kabut

Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata Alam di Bandung | Nchie Hanie

Ahh, banyak spot kece yang sayang untuk dilewatkan

Kebetulan waktu berkunjung ke Orchid Forest, terjebak hujan dan kabut dan waktu berkunjung sudah habis dan gelap, jadi ga bisa explore lebih lanjut wahana yang ada di sana. Padahal masih banyak fasilitas yang belum dicobain , ada area  Camping Ground, papan turun tebing, penangkaran rusa, down hill track, tea house corner,  coffee corner, taman kelinci, taman bacaan anak, pusat jualan anggrek, high rope dan masih banyak lagi area yang sedang dalam tahap pembangunan. Mengingat area wisata ini kan termasuk tempat wisata baru di  Lembang, makanya jangan heran kalau pas berkunjung  masih ada pekerja-pekerja yang mengerjakan  wahana baru.

Untuk menikmati fasilitas  yang ada, tentunya harus membayar kembali biaya di luar harga tiket masuk Orchid Forest. Tapi buatku sebanding  dengan nilai dan suasana. Kayanya tempat ini bakalan menjadi tempat wisata  baru yang bakalan di serbu oleh wisatawan luar kota maupun dalam kota sendiri.

Pengalaman liburan asyik yang tak kan terlupakan ya  bisa merasakan  Sensasi Kabut di Orchid Forest. Buat Manteman yang ingin  liburan ke sini, jangan lupa membawa perlengkapan baju hangat dan disarankan enaknya dari pagi hari biar berasa banget segarnya menghirup udara di tengah hutan. Tapi kalo mau merasakan sensasi kabut bisa datang agak siangan menjelang sore.

Berhubung aku hanya penikmat bunga saja, jadi hanya sebatas menikmati keindahan warna warni saja. Tapi buat yang hobi dengan koleksi bunga Anggrek dan berniat untuk membudidayakannya bisa berkunjung ke Orchid Forest. Menyediakan bibit anggrek dan mengenal berbagai jenis anggrek yang ada di dunia, pokoknya all about anggrek ada di sini. Penasaran? Datang aja ke Orchid Forest untuk mengisi liburan bisa bareng keluarga, pasangan atau sahabat.

 

Orchid Forest

Jalan Tangkuban Perahu Km 8, Cikole, Lembang

Kabupaten Bandung, Jawa Barat

HTM Orchid Forest Lembang:

·         Rp 30.000/orang

·         Rp 50.000/orang (untuk pengunjung yang membawa kamera DSLR)

Waktu operasional

·         Weekdays : 09.00 s.d. 18.00 WIB

·         Weekend : 08.00 s.d. 19.00 WIB

Harga tiket parkir:

·         Rp 3.000 / motor

·         Rp 5.000 / mobil

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

68 comments

  1. keren banget2 nih Nchie…
    gadis2ku bisa ngiler nih…., bunga2 anggreknya banyak macamnya ya? pengen lihat juga jenis2 anggrek hutan

  2. Serunya…
    Berkabut berbagai dingin…
    Yang baca..yah liatin fotonya..ikutan berasa dingin…
    Dan sebenarnya…fokus sama mi rebus sama telor #eh πŸ˜‚

  3. Asli keren banget lokasinya teh..adem ngeliatnya

  4. Subhanallah . Aku baru tau ada tempat seindah ini, cikole. Btw itu penginapan model kemah gitu ya mba? Trus Itu mba nya ga keujanan atau gimana ya mba? Aku gagal paham soalnya kayaknya kabut nya full banget dan ga kalihatan lagi ujan ^^

  5. Wah, udaranya sejuk banget Teh, cocok buat liburan nih

  6. Hijau bersih banget tempatnya, mbak.

  7. Aku pernah ke Cikole. Tapi gak pernah tau kalo ada tempat sesejuk ini. Duh adem. Moga besok bisa liburan mampir ke sini niiih. Kalo di Surabaya, harus ke Batu untuk NGADEM hehehehe

  8. Subhanalloh indah bgt tempatnya, harus wajib kesini kalo ke Bandung. Kabutnya itu lhoh mevaaah banget, jarang tau dapet moment yg cantik kek gitu teh.

  9. Tempatnya kece banget. Tiket masuknya masih affordable dan parkirnya flat ya (ga kayak di mall) hehehe. Tempatnya enak banget kayaknya teh buat cari inspirasi dan menenangkan diri. Sejuk pastinya daerah Cikole mah

  10. Ya ampuuun, viewnya adem banget mbak. Kalo sempat kesini dijamin betah n ga pengen pulang nih. Beneraaaann.

  11. Cantiknya pemandangannya Teh… seperti di film India yang ada kabutnya. Trus itu jembatannya … duh bikin mupeng

  12. Halo mba Nchie
    Terytaa deket tangkuban perahu ya. Tau gitu pas aku ke Tangkuban Prahu bisa mampir juga sekalian nih
    Ya ampun pemandangan alamnya bena2 keren. Kabutnya tebal bangeet

  13. Hwaaaah bagusnyaaa. Aku banget nih, suka outdoor tapi nggak suka yg payah2. Ini mah enak banget ya, bersih tertata.

  14. waah bagus ya, berasa kayak di film apaa gitu. dulu kesana hujan πŸ™

  15. Cantik bener ih teh tempatnya. Mesti sediakan waktu yang banyak nih kalau mau liburan ke sana. Biar puas berkunjungnya.

  16. Kereeeeennnnnn … kapan-kapan aku mau ke siniiii

  17. Wah, ibu saya penggemar orchid pengen banget jalan-jalan ke sini. Mudah-mudahan liburan selanjutnya bisa ngajak beliau ke sini.. 😍

  18. kabutnya bikin romantis.. dan biaya permainannya masih terjangkau yaaa

  19. wah asyiiik niih maulah ke sana πŸ˜€

  20. Duh indahnya teh, pengen banget bisa ke Bandung. Belum pernah sama sekali ke sana heheheh … Bandung wisatanya banyak banget ya.

  21. Teh, tempatnya instagramable banget, sayangnya jauh… Bandung euyyyyyy…

  22. Der ah kita bikin acara di sana. Kopdar2 hepiii ^_^

  23. Wah ternyata keren banget

    Saya dapat sharing waktu mau launching

  24. Tempatnya kece pisan ya Teh . Jadi pengen ke sana. Itu mie nya kok terlihat menggoda banget ya apalagi pas dingin habis hujan.

  25. Wah baru tahu nih, HTM nya lebih mahal dari Dago Pakar ya Teh, mungkin nanti bisa ajak anak earthing disini, tfs ya

  26. Asik banget tempatnya teteh

  27. Bagus teh tempatnya, mau ah kesana kapan2 hehe…

  28. wuih ada dalam kabut itu rada-rada mistis tp seksih gitu ya teh.. sensasi rasanya, aromanya yg hambar dingin, gelap2nya….

  29. Wisata di Cikole ini ada macem-macem yaa, teh Nchie?
    Kemarin anakku outbound ke Cikole juga…tapi karena orangtuanya gak boleh stalkerin, walhasil kita gak tau yang namanya Wisata Alam Cikole.

    Apa ini yaa…?

    Adeemmnya ga kebayang…

  30. Baru tahu di Cikole ada yang begini, Teh 😍
    Kepengin ngajak Rasi main ke sana.

  31. Cucok gukguk venuenya. Pengen ih maen ke sini.

  32. mau…mauuuu… banget kesini ah nyari anggrek. sama mau nyobain sky bridge….

  33. Huaaa indah banget pemandangannya, Teh 😍

  34. Wah tempatnya asikkk..
    kalau ndak salah ada cottage atau penginapannya juga ya??
    mau nginep daerah Cikole ini, bawa kendaraan dari Lampung bareng keluarga asik kali ya
    πŸ˜€

  35. Minggu ini mau nyusul mba chie ,penasaran sama spot skybrigde nya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *