Home / Senyum Ramadhan : Tradisi Mudik

Senyum Ramadhan : Tradisi Mudik

Senyum Ramadhan, mana senyumnya, tinggal beberapa hari lagi bulan ramadhan bersama kita, mari  tingkatkan ibadahnya ,ayo semangat..!!
Sebentar lagi  menyambut hari kemenangan, ya Lebaran yang identik dengan Tradisi Mudik . Mudik identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. 
Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. 

Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara ke  kampung halaman ,berkumpul bersama keluarga dan kerabat saling bersilaturahmi sambil maaf memaafkan.

Begitu pun dengan aku, sewaktu Alm Bapak kedua  masih  ada kebiasaan mudik tiap tahun pasti  ke Wetan ( sebut Jawa ke Boyolali, Solo, Magelang, Yogyakarta  dsk). Pusiing kalo Mudik ke Jawa, tiap daerah pasti sodara semua banyak daftar list yang harus di kunjungi.
Seneng banget , berasa sensasi lebarannya, maceetnya di jalan, jajannya di jalan, justru lebih seneng di perjalannya timbang di Kampungnya. xixiixii.

Rasanya tak tahan pengen Mudik  menengok Mbah putri. Semenjak Alm. Bapakku  pergi, kami belom kesana lagi, 4 tahunan, merindukan suasana Mudik yang bener-bener mudik bersama keluarga besar. 
Cuma kendalanya ,sudah pada menikah berbeda rasanya, sudah punya keluarga masing-masing dan acara tersendiri, susah deh nge cocokin waktu yang tepat.
Semenjak menikah, suka bingung kalo Lebaran, mudik kemana nih  ke keluarga suami atau  di rumah Mama. Harus di pikirkan  dan di rapatkan , yang penting harus adil. Akhirnya mendingan ga mudik diam di rumah sendiri aja, hehe..

Alhamdulillah  Mertua tinggal di Bandung juga, paling kalo Mudik ke Sukabumi  rame-rame ke keluarga besarnya Po, masih ke jangkau *ga berat di Ongkos*. Keluarga  besar Alm.Bapak kandungku juga masih  di Bandung, masih bisa  silaturahmi.
Tadinya planning  Lebaran tahun ini pengen mudik ke Kampung nengokkin Mbah di Solo, ga jadi lagi, karena ade bungsuku  menunggu detik-detik lahiran, jadi harus siaga, ga bisa kemana-mana.

Jadi Lebaran kali ini aku Mudiknya ke Buah Batu dan ke Panghegar aja,  menemani Mama dan Mertua   yang di tinggal mudik anak-anaknya.
Olive dah mudik duluan di rumah Mama. Aku nyusul deh packing dulu bawa ransel, kaya yang mudik jauh aja *padahal isi ransel cucian bo*
Hei, buat sahabat ya ga Mudik jangan bersedih, tetep tersenyum ya,  smangat..!!
Dan buat yang Mudik, Selamat ber Mudik ria, hati-hati di jalan ..!!

Hai Sobat Blogger, pada ke Mudik kemana Nih??

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

59 comments

  1. Saya mudik tanggal 18 besok Mbak,soalnya tanggal 17 masih ngamen 🙁

  2. @RZ Hakim Mudik kemana Broo??
    Lah masih Ngamen ?
    Laris Maniss..!!

    buat bekel lebaran ya..

  3. Waah, sama-sama orang solo ya mbak.
    Kemarin dari Jogja ke Pemalang trus Insya Allah sabtu ke Solo.

    Salam hangat 🙂

  4. Mudik memang asyik, penuh sensasi dan penuh kenangan.
    Saya sudah di kampung jeng

    Salam hangat dari Surabaya

  5. Sy mudiknya ke Bdg terus.. Dpt suami jg yg mudiknya ke Bdg terus.. Jd gak pernah ganti rute 😀

  6. teh… aku juga ga mudik….. hiks…hiks…. ingin deh merasakan sensasinya itu….
    apa? isi ransel itu cucian? halah! huuuuu 😀

  7. aku sudah mudik sejak awal bulan nih 😀

  8. ga mudik
    lebaran kali ini aku di hutan…

  9. Heheheh ituh mudik di jawa, kan bandung masuk jawa tante cantik 😀

    Kalau gag mudik sama dong #toss
    Niar ke surabaya ajah muter2 keluarga banyak di surabaya 😀

    Ppinginnya ke madiun tapi orang2 madiun banyak yang ke surabaya juga buat jalan2 😀

  10. saya juga ga mudik. pengen sesekali berlebaran dengan keluarga istri di jkt.

  11. walaupun gak jauh, tapi berasa dah pasti asik dan seru banget ya bisa ngumpul2 ama sanak keluarga… 🙂

    selamat berlibur ya… kita disini mah gak asik dah. boro2 mudik chie.. libur aja kagak! 😛

  12. Aku gak mudik Nchie, gak punya kampung, alias orang Bandung asli semua. Suami orang Jakarta sih. Gak asik ah. Orang lain pulang ‘kampung’, ini malah pulang ‘kota’ hehe. Lagipula gak bisa libur panjang kayak PNS. Maklum, kita kerja di bidang jasa. Saat orang lain pada libur, kita justru harus masuk kerja ..hu..hu

  13. tahun ini tidak mudik, karena sejak tahun lalu hingga kini memilih utk tinggal di kampung halaman…

    salam dari ranah minang…

  14. Saya ndak mudik …
    Saya Ngota … hehehe
    Demikian juga adik saya …

    Kami berdua sama-sama tinggal di Jakarta Coret ..
    Sementara Ibu tinggal di tengah Jakarta

    so … Ngota kita …

    salam saya

  15. jalanan semarang rame banget, mba. padahal aku belum mudik. hehe. nanti tambah rame lagi pas hari rayanya, semua keluar dari rumah buat saling kunjung ya 😀

  16. Mudik gak mudik, judulnya kan tetap lebaran Cik..Jadi mari kita tetap bergembira menyambut hari kemenangan 🙂

  17. tahun ini saya juga nggak mudik ke jogja mbak, soalnya suami cuma libur sebentar, nanggung kalo mudik….hehe

  18. eMak mudiknya ke kamar mama ajah.. hehhee..

    met mudik ke buah batu ya nChie.. tolong jangan bikin malu emak dunk, bawa cucian cuman dikit gituh… sekalian cucian eMak atuh.

  19. mama olive, ayo mudik ke solo…
    tak tggu y, hehehe

  20. wah…. kalo aku selalu tersenyum dan bahagian Ma. toh dari kecil sampe sekarang aku gak pernah mudik… lah rumahku ini ya kelahiranku e… mau mudik gimana juga, lagian rumah Kakek sama Nenek juga di kampung sebelah, jadi tinggal jalan bentar juga udah nyampek. 😀

    hayo cuciannya udah di cuci belum tuch Ma? 😀 😛

  21. enak teh gak mudik jadi irit ongkos hehehe

  22. Mudik gak mudik, mama Olive tetap gembira. Selamat menemani mama di Bandung.

  23. sama seperti tahun lalu aja …
    ngumpul di keluarga si papa

  24. Mudik nya jauh amaattt???? hehe..
    Selamat Iedul Fitri, Mohon Maaf lahir batin ya mBak!!

  25. Libur lebaran ini kami juga gak mudik, teh, hehe…

    Selamat Idul Fitri ya teh 🙂

  26. wah, setuju mbak kalau sudah punya suami harus rapat dulu. hehehe,

  27. Haha… masak ranselnya isinya cuman cucian?
    Entar nyeterikanya di perjalanan dooong 😀

  28. di saya gak ada ngerasain mudik mbak.. ortu dekat tggl lomcat nyampe. mertua jg 15 menit naek speda :D, kadang pengen juga bs ngrasain serunya. tapi ya dibikin alhamdulillah saja, brrt takdir saya nggak harus direpotkan dgn macet dan aneka lelah.. iya kan.
    minal aidin ya mbak, maaf segala khilaf 🙂

  29. Hehe.. senasib karena gak mudik jg. Dan lumayan deket jg mudiknya ya, gak begitu jauh dari Panghegar 😀
    Salam!

  30. pengennya sih mudik, tapi tahun lalu dah pulkam. Jadi sekarang bagian duduk manis tersenyum kepada para tetangga di rumah

    salam
    ^_^

  31. @Kukuh Nova Putra yaah aku lagi ga ke Solo..
    coba kalo Mudik..bisa silaturahmi yaa..

  32. @ke2nai hehe rute tiap tahun sama ajaa ya Chii..

  33. @alaika abdullah ya orang kampung halamannya di Aceh kan, enak donk ga berat di ongkos,..

    Hehe..terlalu semangat mencuci..!!

  34. @imelda heheee..pas liburan sekalian mudik yaa..

  35. @Niar Ci Luk Baa hehee.. ga tau orang Sunda kalo bilang mudik pastike Jawa maksutnya jawa tengah..

  36. @kamal Gantian..gantian..insyallah pasti bisa mudik ke Jakarta..

  37. @Arman HAhaa..itu derita lu Man..
    Kenapa Lu jauh2 merantau..

  38. @Indri_Rusli hehee,,malesnya mudik ke Kota..Gersang..!!

    waah tetep smangat kann!

  39. @garammanis waah senengnya tinggal di Ranah Minang..

  40. @nh18 Jakrta Coreet hahaa..
    Orang Kota ni yee..

  41. @Mami Zidane Iya ya..
    kalo mudik harus di perhitungkan sama libur kerja juga yaa..

  42. @LJ hehee.. Makasih ya Makk..

    halagh, ogah ahh Mak..!!

  43. @irmarahadian hehe iya Mama ntar kalo aku mudik ke Solo..aku kabarin deh..

  44. @loewyi hihiih..seneng ya tetanggaan mudiknya ckckkc..

    Udah donk..!!

  45. @monda heee..yang penting tetep senneg berkumpul sama keluarga yaa..

  46. @Popi emang jauuhh..!!
    sama2 pop..

  47. @Allisa Yustica Krones huhuhu,,..kan nanti Lis mudiknya pas Natalan ya..

    Makasih yaa Lis..

  48. @Samaranji heheee..ia bener.. numpang nyuci sama nyetrika di rumah Mama..

  49. @Binta Almamba huhuu enak banget..deketan ya..

    Sama2 Mak..!

  50. Aku nggak mudik hihi…
    Mudik ke Jakarta…
    Selamat lebaran ya mbak 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *