Home / Tips / Tips Rahasia Sukses Reuni Tepang Sono Salapan Lima SMAN 24 Bandung
Reuni Salapan Lima | Reuni 95 SMAn 24 Bandunng | SMAN 1 Ujungberung | Nchie Hanie

Tips Rahasia Sukses Reuni Tepang Sono Salapan Lima SMAN 24 Bandung

Tips Rahasia Sukses Reuni Tepang Sono Salapan Lima SMAN 24 Bandung.  Acara Reunian sudah menjadi ajang yang biasa dilakukan oleh beberapa sekolah atau komunitas. Seperti apa yang kami rencanakan, biasanya hanya kumpul-kumpul  sekedar lepas kangen. Tapi dai obrolan ringan  mulai berpikiran untuk mengadakan reunian sekolah. Aku termasuk alumni salah satu sekolah negeri di bandung yang cukup bergengsi pada jamannya.

20 tahun? Whaat? Keliatan angkatan jadulnya bo. Ga berasa 20 tahun  sudah melepas masa indah putih abu-abu. Baru kemarin merasakan cinta monyet, duduk manis bagaikan ayam sayur  begitu julukan anak fisika. Memandang lapangan basket sekarang seolah-olah membuka kembali ingatan pada 20 tahun yang lalu. Hanya bisa tersenyum manis mengenang masa-masa indah sewaktu sekolah yang tak kan pernah lekang oleh waktu.

Alhamdulillah dengan niat tulus  yang insyaallah hasilnya pun baik, beberapa personil mendukung adanya reuni ini. Dengan bantuan jejaring social khususnya facebook, berbagai rasa nano-nano hinggap dalam diri. Kerinduan akan teman-teman, senang, terharu malu ketemu mantan terindah berbaur menjadi satu . Huusst..nchiiee!!  Tak mudah untuk mengumpulkan alumni yang sudah terpisah selama 20 tahun.

Sebelum acara reuni ini, ada beberapa hal yang mesti dipelajari. Obrolah santai yang akhirnya mulai serius pun menjadi topik pembicaraan yang hot disetiap pertemuan.  Sebagai panitia dan ditunjuk menjadi salah satu Wakil Ketua Panitia Reuni Salapan Lima.  Ada beberapa Tips  Rahasia Sukses yang mesti dilakukan, diantaranya :

  1. Pembentukan Panitia

Memutuskan untuk mengadakan reuni satu angkatan yang diawali dari pertemuan kecil dihadiri beberapa orang. Dan akhirnya sepakat, maka langsunglah dipilih ketuanya. Sekiranya ada  hal yang perlu diperhatikan dalam kepanitiaan reuni, yuk cekidot :

– Yang menjadi ketua biasanya yang mencetuskan ide untuk reuni, karena mungkin termasuk yang bersemangat
– Pemilihan ketua dilakukan secara internal, tidak melibatkan orang banyak, dikhawatirkan perbedaan pendapat justru akan menimbulkan perpecahan.
– Jumlah panitia inti cukup 3-5 orang saja, khawatir terlalu banyak susahnya berkumpul rapat dan memutuskan sesuatu.
– Sebagai ketua panitia dan jajarannya, pribadi kita menjadi sorotan dan dinilai oleh semua anggota dan alumni.Oleh karena itu jaga ucapan, status di facebook agar menghindari kata-kata yang kasar.

2 .  Pengumpulan Data

Persiapan pengumpulan data ini memang memakan waktu, tenaga, pikiran dan pulsa. Setiap kelas dari 4 jurusan diwaili oleh koordinator kelasnya masing2. Yan terpenting adalah data nama, alamat dan no hp/email..

Data ini bisa didapat dari :
– Buku Kenangan (Pawidya) angkatan yang dibagikan saat perpisahan.
– Social Media mis info dari facebook, twitter, IG dll
– teman dari teman, secara berantai.
– Google search, tinggal mengetik kata kunci “alumni SMA angakatan 95”
dari data tersebut, dapat memperkirakan target undangan yang akan hadir.Ya ga muluk-muluk sih, setengahnya saja sudah cukup.

3. Pemilihan Tempat
Demi terciptanya suasana nostalgia dan kebersamaan pilihan Sekolah mungkin lebih tepat dan pas. Tempatnya bisa dilapangan olah raga atau aula. Tapi masalahnya jika reuni diadakan di sekolah perizinan agak ribet ke pihak sekolah, mesti lapor ke keamanan sekitar polsek. Pengkondisian acara perlu dikerahkan agar tercipta suasana aman dan bersih.
Lain halnya jika reuni diadakan di cafe yang tau beres, namun tak ada nostalgia, selain iti biaya mahal, adanya kesenjangan sosial dan kurangnya kebersamaan.

4. Waktu
Ada beberapa hal untuk memilih waktu yang tepat :
– Persiapan 6 bulan sejak pertemuan pertama
– biasanya hari yang baik dan pas sabtu atau minggu
– Lebih baik acaranya pagi sekitar jam 9.00- 12.00
– waktu acara jangan terlalu panjang maks 3 jam dikhawatirkan yang hadir tak bersamaan hingga tak ada kebersamaan.

5. Pendanaan
Sumber Dana, untuk pembiayaan acara Reuni bisa didapat dari :
– Anggota, yang paling simple adalah mengumpulkan uang pendaftaran atau donasi/sumbangan seikhlasnya.
– Sponsor, diutamakan sponsor dari Alumni yang sudah berhasil dan sukses

Rincian Biaya
Anggaran biaya ini perlu diperhitungkan dari awal. Untuk membuat reuni yang meriah ga harus mahal dan mewah, namun kebersamaan dan nilai silaturahminya dapet. Rincian biaya buat alokasi konsumsi, perlengkapan,dll nya

6. Cara Mengundang
Meski ada jejaring social yang kekinian, tetep cara yang ampuh gunakan cara personal/pribadi. Caranya dengan sms, email, atau menggunakan surat yang resmi.

7. Acara
Puncak sebuah reuni adalah konsep acaranya. Seperti Reuni salapan lima yang mengusung tepang sono dan jalin silaturahmi. Acara reuni yang penting kebersamaan, ngobrol sana sini, ketawa ketiwi dan yang terpenting foto-foto. Nah untuk mencegah berkelompok, perlu MC yang bisa mengarahkan suasana. Rundown acara yang singkat, jelas bisa menjadi panduan buat undangan alumni.

8.perlengkapan
– Kursi, meja dan panggung.Membuat layout pengaturan kursi, meja dan panggung yang pas agar undangan bisa saling bertatap muka langsung dan fokus ke panggung
Souvenir atau hadiah buat sekolah yang bisa disumbangkan bisa berupa fasilitas dan peralatan, foto, piagam penghargaan atau uang.
– Dokumentasi bisa penayangan foto2 jadul via slide show, video pas acara, foto di upload ke socmed secara berkala.

9. Evaluasi
Seluruh panitia kembali berkumpul untuk mengevaluasi, intropeksi dan menilai proses sejak awal mulai dari pengumpulan data sampai akhir acara. Untuk mengukur  sebuah kesuksesan reuni bisa dilihat dari persentase undangan yang hadir.  Nilai 50-70%  sudah cukup berhasil dan Next event reuni akan mengadakan yang Akbar.

Alhamdulillah dengan panduan diatas, berikut time line yang telah dibuat sesuai dengan rencana. Selaku panitia hampir 90% telah dipersiapkan untuk hari H. Buat manteman panitia terimakasih atas kerjasamanya, waktu, tenaga dan pikiran. Semoga acara reuni berjalan lancar tanpa kendala apapun. Hayu tetep bergandengan tangan !!

Bismillah..

Tiada kesan tanpa kehadiranmu Manteman !

Reuni Salapan Lima | Reuni 95 SMAn 24 Bandunng | SMAN 1 Ujungberung | Nchie Hanie

Save the date
26 Desember 2015
pukul 9.00 – 14.00
@ SMAN 24 Bandung

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

10 comments

  1. Benar-benar terstruktur nih teh acaranya. Ntar lagi dong yaa… semoga berjalan lancar ya teh 🙂 Salut banget euy, udah 20 tahun gitu…

  2. Aku parno mak kalo reuni, semua pada nge gank ngobrolnya, mantan terindah juga ga datang pula *iiisshh

  3. Terstruktur banget, bisa dijadikan referensi nih. Semoga sukses ya teh acaranya 🙂 keep spirit !!!!

    Bombastis, 20 tahun lamanya…..

    #temualumni #temukangen

  4. nah sama saya juga Parno kalau kumpul reunian, apalagi kalau disambung arisan berkala wadaww, ada beberapa aumni soalnya yg jadiin reunian jadi ajang unjuk pamer keberhasilan…itu tuh

  5. Mending mengalah beruusan dg polsek ya, Teh. Biar ada sntuhan nostalgianya. . . 😀

  6. gimana acara reuninya lancar kan?

  7. wah jadi pengen bikin reunian ah…

  8. Wah nuhun tips na Teh, nanti kalo mau adain reuni lagi mau pakai tips ini. Soalna saya belum pernah reuni SD sama kuliah 😀

  9. Ternyata banyak juga ya pesiapan kalo mau reuni. Noted, bisa digunakan sewaktu-waktu saat mau ngadain acara reuni. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *