1 Dekade Relawan TIK Indonesia

PIN

1 Dekade Relawan TIK Indonesia.  Ga berasa banget 10 tahun sudah mengenal RTIK ini, keberadaan salah satu organisasi  Relawan TIK Indonesia. Berawal dari Blogvaganza menghadiri FesTIK pertama di Telkom dan bertemu dengan mentemen Relawan yang kebanyakan Blogger.  Bertemu langsung dengan pegiat online menyaksikan setiap workshop dan seminarnya,  menjadi ajang kopdar antar Blogger dan Relawan TIK se-Indonesia,  mendadak lupa mengenang 10 tahun yang lalu siapa saja awal mula kenal, yang jelas beberapa sahabat masih sering berinteraksi sampai 10 tahun ini.

Perjalanan yang luar biasa buat Relawan TIK dan bertahan sampai saat ini. Menjadi saksi juga perjuangannya Relawan, apalagi Kami Relawan TIK Bandung pertama kali hadir dengan up  n downnya terus menggaungkan karya bersama, mengelola even-event yang masuk di Bandung. Bangga bisa mempersembahkan acara Festival TIK di Bandung tahun 2015, rasanya luar biasa.  Menjadi Relawan, sejalan dengan pekerjaan masing-masing di luar organisasi ini. Namun, selalu bangga jika mengatasnamakan Relawan TIK dan bersatu  dalam kekompakan.

Apel Virtual 1 Dekade Relawan TIK Indonesia

Tepatnya  hari minggu 4 Juli 2021 , Relawan TIK Indonesia berulang tahun yang ke 10 Tahun,  yang diperingati secara virtual. Apel daring RTIK Indonesia dilaksanakan mulai dari pukul 09.00. Pada Apel virtual dalam peringatan Hari Ulang Tahun RTIK Indonesia ini dihadiri lebih dari 250 anggota Relawan  se-Indonesia secara daring.

Acara yang dibuka oleh salah satu relawan TIK juga sebagai MC, piawai banget membawakan acara Apel Virtual 1 Dekade RTIK.

Dr. M. Said Hasibuan sebagai Sekertaris Jendral Relawan TIK Indonesia

Pelaksanaan Upacara ini RTIK Indonesia mengangkat dan menganugrahkan gelar kepada  Alm M. Latif Faidah sebagai Tokoh Literasi Digital RTIK Indonesia yang dilakukan dan disampaikan oleh Sekertaris Jendral Relawan TIK Indonesia Dr. M. Said Hasibuan. Apel Virtual   dengan tema “Meneguhkan Karya  Untuk Bangsa” dibikin merinding.

Apalagi dinobatkannya Tokoh Literasi Digital  Latif Faidah  sosok  anak muda kebanggaan Kota Bandung  yang telah pergi menghadapNya beberapa minggu yang lalu  rasanya kembali sedih dan patah semangat.

Tokoh Literasi Digital

Tokoh Literasi Digital | 1 Dekade Relawan TIK Indonesia

Semoga saja kita semua bisa meneruskan semangatnya Latif dan memberikan literasi digital bagi yang membutuhkan. Bersinergi, kolaborasi dengan siapa pun untuk terus berkarya untuk bangsa ini.
Memperkuat skill, menambah wawasan dan mau belajar terus kapan pun ada yang membutuhkan selalu siap sedia, itulah Relawan TIK. Dan bangga dengan Berseragam putih biru dimana pun tanpa embel-embel kamu siapa, yang penting bangga menjadi relawan TIK

Pada kesempatan kali ini RTIK Indonesia melalui Wakil Ketua Bapak  Eko Prasetya menyampaikan beberapa keberhasilan yang telah diraih oleh RTIK Indonesia dan kiprahnya Relawan TIK Indonesia dalam proses Literasi Digital di Indonesia selama 10 tahun ini. Sungguh luar biasa!!

Fajar Eri Dianto-Ketua Umum Relawan TIK Indonesia

Ketua Umum Relawan TIK Indonesia dalam kesempatan ini pula menyampaikan bahwa prestasi yang telah di raih oleh Relawan TIK Indonesia adalah pekerjaan bersama seluruh kekuatan yang dimiliki Relawan TIK Indonesia dan tentu saja dengan Motto “Bangga Menjadi Relawan TIK” , secara gamblang Ketua RTIK Indonesia Bapak Fajar Eri Dianto menyampaikan apa makna dari kata “BANGGA” kepada seluruh peserta upacara daring HUT Relawan TIK Indonesia.

Selalu mengingatkan kalau menjadi Relawan TIK harus punya value

Logo 1 Dekade Relawan TIK, pada warna ungu tua yang menyatu dengan ungu muda, cukup untuk mewakili karakter berawasan luas yang menyatu dengan keberanian. Garis dengan ujung bulatnya yang seolah terputus dan membentuk angka 10, menyimpan makna tersirat bahwa perjalanan selama 1 Dekade dilalui dengan proses yang tidak selamanya berjalan mulus, gradasi warna biru yang menyatu dengan ungu merefleksikan Relawan TIK selalu menyatu dalam keadaan apapun.

Minggu, tanggal 4 Juli  2021 adalah titik dimana seluruh Relawan TIK kembali melihat masa lalunya, mengenang setiap event-event yang diadakan dan  mengevaluasi seluruh langkahnya dan secara serentak merayakannya dengan memasang logo dan menggelar kegiatan edukasi secara Luring dan Daring untuk masyarakat agar adaptif dan bangkit dari pandemi, bangun dan pulihkan ekonomi rakyat melalui percepatan transformasi digital.

Selamat Ulang Tahun Relawan TIK Indonesia yang ke 10.

“Bangga Menjadi Relawan TIK Indonesia”

Selalu Bangga Berseragam  Putih Biru ini #BanggaMenjadiRelawanRTIK

Melalui tagline “Meneguhkan Karya untuk Bangsa” Relawan TIK mengajak seluruh anggotanya untuk terus menciptakan karya-karya monumental, lebih dari sekedar seremonial dan menjadi fundamental bagi bangsa.  Makasih Ketum RTIK yang selalu bersemangat memberikann contoh kepada Kami para Relawan TIK untuk terus berkarya. Lope babeh kami Bapak  Fajar eri Dianto .
Sehat buat kita semua, semoga bisa berkumpul dari di dunia nyata.

Stay safe and healthy mentemen RTIK! Salam Relawan!

Comments (34)

  1. nurulrahma

    July 6, 2021 at 7:21 AM

    Relawan TIK Indonesia memang keren bangett, Teh
    Bersinergi, kolaborasi dengan siapa pun untuk terus berkarya untuk bangsa ini.

    Saya kenal beberapa relawan TIK di Surabaya.
    Semangat mereka luar biasa.
    mengajari pegiat UMKM juga, supaya bs berkiprah di ranah digital.
    Keren sangattt!

  2. Arrasea

    July 6, 2021 at 8:53 AM

    Semoga semakin sukses ya ini keren banget

  3. Dewi Natalia

    July 6, 2021 at 3:22 PM

    Aku jadi ikut bangga liat mbak mewakili blogger yang menjadi relawan TIK. Semoga literasi digital Indonesia semakin maju juga ya.

  4. Nabilla - Bundabiya.com

    July 7, 2021 at 2:20 AM

    baru tau nih mba ada relawan TIK. dari namanya aja udah ketauan yaa tugasnya apa. keren nih.. jadi bisa membantu usaha2 kecil biar lebih berdaya juga yaa.. selain itu memperluas jejaring juga

  5. Rach Alida

    July 7, 2021 at 7:25 AM

    Salut banget dengan kinerja teman teman relawan TIK. Mereka bekerja tanpa pamrih dan memberikan yang terbaik. Salut sudah 10 tahun, kinerjanya tak perlu diragukan lagi

  6. Sulung Siti Hanum

    July 7, 2021 at 8:49 AM

    Keren teh. Aku baru tau ada relawan TIK begini. Nice insight.

  7. Monica Anggen

    July 7, 2021 at 11:37 AM

    Mantap euy Teh Nchie. Tetap keren as always dan sehat-sehat ya. Aku baru tahu lho ternyata kiprah Relawan TIK Indonesia dalam proses Literasi Digital di Indonesia udah 10 tahun. Perjuangan yang luar biasa ini untuk mensosialisasikan literasi digital, secara masyarakat di Indonesia memang masih sangat membutuhkannya. Sukses selalu untuk RTIK

  8. Sri Widiyastuti

    July 7, 2021 at 12:04 PM

    MasyaAllah, sudah 1 dekade yaa relawan TIK Indonesia, selamat ulang tahun teh. semoga semakin BANGGA menjadi relawan TIK dan senantiasa amanah dalam menjalankan perannya. Barakallah teh Nchie yang juga salah satu bagian dari relawan TIK Indonesia, semoga senantiasa memberikan inspirasi bagi kita semua

  9. Yoanna Fayza

    July 7, 2021 at 12:53 PM

    pernah dengar tentang relawan TIK, tapi baru sekarang baca secara detail. Keren sekali yaa, semoga bisa selalu menebar manfaat bagi banyak orang.

  10. lendyagassi

    July 7, 2021 at 9:54 PM

    Menjadi relawan TIK tentu tidak selamanya indah dan mulus yaa, teh…
    Teteh keren sekali bisa menghadapi tantangan dengan terus maju bersama dan bersinergi memberikan yang terbaik untuk masyarakat mengenai Literasi Digital di Indonesia.

    • lendyagassi

      July 10, 2021 at 5:51 PM

      Mulia sekali teteh..
      Menjadi relawan yang senang berbagi ilmu dan pengalaman di bidang digital literasi.
      Semoga teteh selalu sehat dan semakin jauh melangkah kebaikannya.

      • Latifika Sumanti

        July 14, 2021 at 6:31 AM

        Aamiin. Ikut mendoakan buat Teh Nchie

        Mungkin ini ya salah satu yg bikin Teteh look younger…banyak punya kegiatan yg positif dan bermanfaat buat orang banyak 🙂

        Katanya bikin orang bahagia itu bikin kitanya juga bahagia. The natural anti aging 😀

  11. Hani S.

    July 8, 2021 at 12:03 PM

    Masya Allah sudah 10 tahun, so proud of you Teh yang sudah menjadi bagian RTIK selama ini. Ilmu yang ditebarkan selama ini tentu akan sangat bermanfaat terutama di era digital seperti sekarang. Semangaaaat.

  12. Wiwied Widya

    July 8, 2021 at 12:37 PM

    Pernah denger ini, tapi aku masih bingung, teh. Tugas konkrit dari relawan TIK ini ngapain aja? Ada syaratnya nggak kalau mau ikut jadi relawan TIK juga?

  13. Katerina

    July 8, 2021 at 3:20 PM

    Membaca tulisan ini, aku merasa jadi ikut bangga dengan para relawan TIK. Selamat ulang tahun yang ke-10. Semoga terus semangat berkiprah dalam proses Literasi Digital di Indonesia.

    Turut berduka atas berpulangnya Mas Latif sebagai salah satu tokoh relawan TIK.

  14. Momtraveler

    July 9, 2021 at 8:05 AM

    Masyaallah udah 10tahun aja ya mbak. Semoga ga lelah mengedukasi dan mengisnpirasi masyarakat Indonesia ya mbak. Turut berduka juga atas meninggalnya mas Latif semoga husnul khatimah

  15. Arinta Adiningtyas

    July 9, 2021 at 12:45 PM

    Sudah 10 tahun, berarti Relawan TIK sudah ada sejak 2011 ya, Teh… Wah, di tahun itu saya masih bergumul dengan bau ompolnya si sulung dan belum terpikir untuk serius menulis apalagi punya blog.
    Anyway, semoga Relawan TIK dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan untuk almarhum Mas Latif, semoga amal baiknya selama ini, juga perjuangannya dalam literasi digital menjadi pahala jariyah untuknya. Aamiin YRA.

  16. herva yulyanti

    July 9, 2021 at 3:51 PM

    ga kerasa ya Teh udah 10 tahun, semoga terus untuk berkarya…Al-fatihah untuk mendiang Kang Latif semoga semangatnya terus menular kepada yang lain aamiin

  17. Ucig

    July 9, 2021 at 4:15 PM

    Smoga beliau husnul khotimah insya Allah amin..
    Semoga semakin berjaya ya teh utk relawan TIK bisa semakin bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Masya Allah relawan berlimpah pahala

  18. Yeni Sovia

    July 9, 2021 at 5:59 PM

    Aku mau ngucapin Selamat Ulang Tahun Relawan TIK Indonesia yang ke 10. Semoga makin sukses dan terus berkarya. Semoga kak Latif Faidah juga diampuni dosanya dan diterima amal kebaikannya. Turut berduka cita Teh. Semoga kita semua sehat sehat ya

  19. Mia Yunita

    July 9, 2021 at 9:46 PM

    Aku baru tau loh ternyata ada Relawan TIK ya. Di kotaku juga ga kedengeran nih. Tapi kalo pun nanti ada moga aku bisa ikut gabung nih. Sukses selalu untuk RTIK ya.

  20. Keke Naima

    July 9, 2021 at 10:32 PM

    Ternyata udah 1 dekade, ya. Saya kirain baru sekitar 5 tahunan, lho. Keren sih TIK ini. Semoga aja semakin banyak masyarakat Indonesia yang peduli dengan literasi digital

  21. Tanti Amelia

    July 10, 2021 at 9:13 AM

    Dirgahayu Relawan TIK 1 dekade!

    Dan di saat bersamaan, turut berduka cita atas berpulangnya mas Latif. Semoga ke depannya, relawan TIK akan berkembang sesuai dengan cita citanya aaamiiiiin

  22. Nurul Sufitri

    July 10, 2021 at 12:16 PM

    Wow, selamat ulang tahun ke-10 Relawan TIK terkeren! AKu baru ngeh kirain namanya relawan itu bagian membantu musibah kejadian alam dll. Ternyata ada juga relawan yang sangat concer dalam literasi digital. Al Fatihah dan segala doa terbaik bagi Kang Latief, semoga jasa2nya dan kebaikannya diterima Allah SWT aamiin. Teh Nchie juga hebat banget euy bergabung dalam tim yang solid ini kan ga mudah, perlu effort tinggi. Semoga selalu dilancarkan kagiatan2 Relawan TIK sekarang, nanti dan seterusnya bisa berkesinambungan ya.

  23. Rach Alida

    July 10, 2021 at 1:38 PM

    Sepuluh tahun bukan waktu yang sebentar memulai kiprah Relawan TIK. Sudah terbukti Relawan TIK membuktikan konsistennya dan konsisten berjuang sesuai visi dan misinya. Semoga selalu menginspirasi selalu

  24. Ophi Ziadah

    July 10, 2021 at 4:00 PM

    meskipun apelnya virtual tapi tetep rasa haru tuh bakal nyelusup di hati ya teh…
    apalagi menyanyikan lagu indonesia raya.
    selamat ulang tahun yg ke 10 utk TIK semoga terus berkontribusi bg Indonesia. Turut berduka utk kepergian Kang latief.

  25. Aswinda Utari

    July 10, 2021 at 6:13 PM

    Wah, aku baru tau tengang TIK ini n mba jd relawannya. Dah 10 tahun aja berdirinya.. Keren banget yg begini ah. Menginspirasi banyak org.. Suksesn selalu mbaa

  26. cindyvania

    July 10, 2021 at 6:14 PM

    Luar biasa, saya baru tahu kalau TIK usianya sudah mencapai dua digit ya. sudah semakin banyak pengalaman dan hal2 yang bisa dibagikan.
    Salut sama teh nchie yang juga dari bagian ini

    • Dian

      July 10, 2021 at 6:49 PM

      Wah keren teh, bisa menjadi relawan TIK
      nggak nyangka sudah sepuluh tahun ya teh
      pasti banyak pengalaman yang sudah didapatkan
      Btw aku mau ngucapin selamat ulang tahun untuk relawan TIK
      semoga semakin banyak menebar manfaat

  27. Sri Widiyastuti

    July 10, 2021 at 8:58 PM

    Alhamdulillah teh, barakallah untuk relawan TIK, 1 dekade itu bukan waktu yang sebenntar. Semoga selalu menginspirasi dan senantiasa menulis tentang kebenaran dan kebaikan.

  28. Lia Yuliani

    July 11, 2021 at 1:10 AM

    Wah, ternyata udah cukup lama juga, 10 tahun. Selamat hari jadi buat RTIK. 2011 berarti, ya, Teh awal terbentuknya RTIK. Semoga bisa terus berkiprah, memajukan literasi Indonesia dan menebar manfaat lebih luas.

  29. Hanifa

    July 12, 2021 at 5:32 AM

    Nggak kerasa ya Mak terasa udah 10 tahun aja RTIK ada untuk memajukan literasi digital Indonesia. Walau PRnya mungkin masih banyak banget, karena masih ada banyak wilayah dan lapisan masyarakat yang belum melek literasi digital, semoga program dan pengaderan RTIK berjalan dengan lancar dan sukses ya Mak 🙂

  30. Alia

    July 12, 2021 at 6:51 AM

    Hebat euy udah 1 dekade. Konsisten nyaaaa. Btw mak TIK apa deh. Aku cari gak ada artinya. Apa aku yang gak mudeng

  31. Adriana Dian

    July 14, 2021 at 10:30 PM

    wah sudah sedekade ya mak? keren sekaliiiii.. Jaya terus relawan TIK Indonesia. Semoga bisa terus memberikan informasi dan inspirasi di ranah dunia digital yaaaa

Leave a Reply to Katerina

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.