7 Cara Agar Orang Lain Menyukaimu

PIN

7 Cara Agar Orang Lain Menyukaimu.  Mempunyai anak remaja yang terkadang masih labil dengan keberadaaan dirinya sendiri, rasa  tidak percaya diri pun mulai hadir menyelimuti. Tenang, nanti ada masanya mengenal dirimu sendiri, Nak! Mulai deh bercerita, kalau dulu pun mama pernah merasakan hal yang sama, kebanyakan asyik dengan dunia sendiri, malas dan takut kalau ketemu orang lain. Menjadi orang rumahan rasanya menyenangkan, sedangkan berada di luar rasanya membuat pusing.

Pernah berada di titik orang lain memberikan label  dengan kata sombong, jutek. Bukan suatu pembenaran diri, mungkin karena banyaknya diam saat berinteraksi dengan orang lain dan merasa kurang nyaman.  Merasa sulit  beradaptasi apalagi untuk disukai orang lain saat berada di lingkungan pertemanan.

Sangat menyadari  bahwa sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri,  membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup, tanpa ada orang lain kita tidak akan mungkin bisa hidup sendirian. Jadi sudah selayaknya mempunyai sikap yang  baik terhadap sesama agar orang lain menyukaimu.

Membuat orang  pun percaya dan mau mendekati pun memang bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi,  bukan suatu hal yang sulit pula kalau mengetahui cara-cara yang tepat untuk membuat mereka menyukaimu. Seperti yang didapatkan di sekolah kepribadian yang sengaja didatangkan khusus untuk pengembangan  diri ketika pertama kalinya mendapatkan pekerjaan semasa pernah muda.

Dan masih teringat kala itu, diri yang kaku lambat laun berusaha untuk memilih bertumbuh dan berkembang bersama rekan kerja dalam satu teamwork. Suatu effort yang luar biasa, pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang, akhirnya bisa aku taklukan. Namun, hal yang paling penting sebenarnya adalah menaklukan  ego sendiri pada waktu itu.

Dan, pada akhirnya pun cukup mengakui jakau diri pernah menjadi orang yang kaku, sombong, juteklah. Selanjutnya sadari dan memilih untuk berubah menjai lebih baik dari hari-ke hari.

Bagaimana cara agar orang lain menyukaimu?

Namanya juga hidup, terkadang ada yang suka dan ada yang benci. Tapi abaikan yang membenci kita, yang perlu dilakukan hanyalah berprilaku sebaik mungkin agar orang lain menyukaimu. Tapi, untuk membuat orang lain suka sama, bukanlah perkara mudah, diperlukan trik khusus yang pernah kupelajari  dan dipraktikan, begini caranya :

  • Menjadi pendengar yang baik

Kunci untuk membuat orang menyukaimu dalam suatu percakapan  adalah menjadi pendengar yang baik. Menyimak adalah kekuatan untuk memberikan apa yang sangat diinginkan oleh orang lain yaitu dengan didengar dan dimengerti. Untuk menjadi pendengar  dan penyimak yang baik kuncinya adalah  peduli pada lawan bicara. Dengan mendengar dan menyimak akan membuat seseorang mendapatkan rasa hormat yang besar.

  • Tersenyumlah

Tersenyum menandakan bahwa orang yang ramah. Tersenyumlah ketika  menyapa dan berbicara dengan orang lain. Tahu ga kalau senyuman pun mempengaruhi perasaan  diri sendiri dan orang lain. Secara alami akan terlihat  gembira karena sikap tubuh akan mempengaruhi perasaan. Dan ingat juga ya, semyuman itu sebagian dari ibadah

  • Membahas apa yang mereka senangi

Tunjukkan minat terhadap apa yang orang lain senangi secara tulus.Membicaran apa yang menarik, misalnya  hobi atau hal lainnya yang membuat merasa nyaman ketika berada dekat denganmu.

  • Jangan mengkritik , mencela orang lain di depan umum

Suatu kritikan atau celaan yang diberikan  di depan umum, akan menempatkan seseorang pada mode defensif. Karena ketika seseorang diserang, akan mempertahankan egonya dan mencari pembenaran dalam dirinya bahwa dia tidak salah. Dan tahukah efek selanjutnya, orang itu akan membenci   dan berusaha untuk menjauhi.

  • Memberikan apresiasi

Pada dasarnya semua orang butuh dipuji. Berikan apresiasi terhadap orang lain atas usaha, atau pekerjaan yang telah mereka lakukan dengan baik. Bahwa apresiasi  memenuhi salah satu kebutuhan hidup manusia, yaitu kebutuhan untuk merassa penting.

  • Menghormati pendapat orang lain

Hal yang harus diperhatikan ketika lawan bicara kita sedang menyampaikan pendapat, jangan pernah menyela. Biarkan dahulu orang lain menyampaikan pendapatnya, setelah itu baru  menanggapinya. Mempunyai sikap respect terhadap pendapat orang lain akan membuat orang lain merasa nyaman dan lebih menghargai.

  • Menyukai seseorang dengan tulus

Sikap tulus akan memberikan  cinta dan kasih sayang kepada orang lain akan sampai pada orang tersebut. Dan getaran rasa tulus dan ikhlas juga akan dirasakan oleh orang lain di sekitar kita. Melakukan  poin-poin   di atas  dengan penuh kesadaran dan tulus. Jangan sampai  pura-pura, karena kepura-puraan lambat laun akan bisa dirasakan  dan menjadi pura-pura adalah hal yang melelahkan dan tidak akan bertahan lama.

Hal-hal di atas, perlu banget dipraktikan secara konsisten. Ga ada sebuah pencapaian yang instan semuanya butuh proses. Karena hidup adalah perubahan, kapan pun memilih suatu perubahan akan membuka kemungkinan yang akan terjadi . Tapi perlu disadari juga, ketika mulai disukai oleh orang lain, harus bersedia juga untuk dibenci oleh orang lain.

Sadar ga kalau manusia selalu ingin selalu disukai semua orang. Ingin apa yang kita tampilkan atau tunjukkan bisa membuat orang-orang suka. Tapi, kenyataannya ada saja orang yang tak menyukai, ada saja orang yang memandang kita dengan buruk.

Kenyataannya, Tidak Semua Orang Bisa Menyukai Kita

Ini adalah realita yang harus  diterima, ingat ya tidak semua orang bisa menyukai kita. Sebaliknya kita pun tak bisa memuaskan hati dan menyenangkan hati semua orang. Sekeras apa pun usaha untuk  menyenangkan semua orang, pada akhirnya ada saja hal-hal yang membuat kita merasa tersudut. Walau  pahit, itulah kenyataan yang harus dihadapi dan terima. Siapkanlah hati untuk hal ini!

Sebelum menuntut orang lain untuk menyukai kita, yuk renungkan dan ambil jeda sejenak. Coba pikirkan dan ingat-ingat kembali . Apakah kita juga bisa menyukai tiap-tiap orang yang ada di dekat kita? Perlu menyadari bahwa tiap orang selalu punya kelebihan dan kekurangan. Tak semua hal yang ada dan dimiliki seseorang bisa kita sukai.

Maka, tak perlu menyiksa diri dengan menuntut orang lain untuk selalu menyukai setiap aspek kehidupan yang kita punya

Begitulah kira-kira obrolan di kala senggang bersama anak remaja. Yes, mini me! Let’s terapkan tipsnya dan rasakan perubahannya!

Comments (42)

  1. Katerina

    July 15, 2021 at 9:05 AM

    Pantesan yaaaaa sama teh Nchie tuh aku bisa auto sukak, karena emang udah punya rahasianya! Aku padamu teh!! :))

    Semisal udah pakai berbagai cara baik agar orang menyukai kita, tapi ada orang tertentu yang tetap tidak suka sama kita, ya udah lepaskan, ikhlaskan, ga usah maksa, ga usah dipikirin hihi. Bisa jadi emang orang tertentu itu tipikal ga mau disukai dan ga mau menyukai wkwkw

    • Dedew

      July 17, 2021 at 5:01 PM

      Iya memang agak sulit nih ketemu orang baru terus mengobrol dengan mereka, aku mah pemalu Teh hihi introvert juga tapi berusaha lebih banyak bersosialisasi biar nggak sendiri melulu, perbanyak saudara insya Allah berkah ya

  2. Ade UFi

    July 15, 2021 at 11:27 AM

    poin terakhir itu masih banyak yang menyukai seseorang karena modus ya, Mba. Saya sering dapat yang seperti itu. Saya mah orangnya pothink wae.. semua saya anggap baik. Cuma jadi sakit ketika tau ada udang dibalik bakwan… lah kok malah jadi curhat.. hahaha

  3. Ucig

    July 15, 2021 at 3:22 PM

    obrolan dengan ABG seru ya teh, tantangannya beda lagi. Banyak ambil pelajaran dari tulisan teh nchie.
    Ya aku setuju sama yg teh nchie tulis, meski udah berusaha melakukan yg baik menurut kita belum tentu menurut orang lain. Dikecewakan oleh orang lain, bukan berarti dia pasti jahat, tapi Allah lah yg maha sempurna selalu maha baik…
    #ntms
    Selalu tulus aja, karena kebaikan yg kita tebar untuk diri sendiri. Teh nchie makasih banyak tulisannya teh nchie yg ramah dan geulis, aku tunggu kupi dan pisgornya selalu :p

  4. cindyvania

    July 15, 2021 at 3:28 PM

    bener sih kalau gak semua akan senang sama kita. kalau menurutku bukan hanya kita harus tau apa yg mereka sukai tapi lebih ke kita harus tahu topik2 apa saja yang sekiranya akan open diskusi. dari situ jadi bisa tahu apa yg mereka suka dan gak suka. trus tetep be ourself.
    semacam ya jangan blg suka topik a karena si lawan bicara suka a, tapi kayak oh oke, diskusi open itu tadi. bisa tanya kenapa dia suka ini, dan apa aja yg jadi interestnya. seru sih diskusi gitu

  5. Andiyani Achmad

    July 15, 2021 at 5:17 PM

    kadang ya teh udah seusaha itu buat membuat orang lain menyukai kita tetep aja kalo emang orang tersebut gak suka mah ya gak suka aja hehehe.. cuma kitanya harus tetap berpikiran positif dan tetap baik aja

  6. Rosanna Simanjuntak

    July 15, 2021 at 10:06 PM

    Masih ingat kesan pertama berjumpa saat Blogger Day 2018.
    Benar kan ya Nchie?
    Tapi sebelumnya sudah sering interaksi didunia maya.

    Aku senang banget di dekat Nchie, merasa secure dan nyaman.
    Perhatiannya juga alami, apa adanya.
    Berasa dekaaaat gitu.

    Iyes!
    Setuju banget!
    Kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita.
    Patokan ku sih junjungan kita Rasullah SAW.
    Beliau yang tanpa dosa saja ada yang tidak suka.
    Apalagi diriku yang penuh dosa.

    Yang pasti berusahalah agar kita menjadi sosok yang bermanfaat bagi diri dan sekeliling kita.
    Bisa jadi buat tumbuhan, hewan atau orang-orang di sekitar kita.

    Insya Allah.

  7. Nanik Nara

    July 16, 2021 at 9:03 AM

    Nah, saya juga sebel kalau ada orang yang mengkritik di depan umum. Sering banget tuh di group wa nemuin yang kayak gini. Kenapa nggak japri aja gitu lho, kenapa nggak harus dilontarkan di group.

    Emang ya, kita ini nggak bisa menyenangkan semua orang, dan nggak perlu merasa bersalah kalau memang kenyatannya demikian

  8. Yati Rachmat

    July 16, 2021 at 11:24 AM

    Yang paling penting agar orang lain mendekat ke kita atau kita mau mendekat ke dia yaitu, tersenyumlah. Setelah itu jadilah pendengar yang baik dan “tidak” memonopoli percakapan. Kl ketiganya dimulai, insya Allah perkenalan bisa berlanjut. Aamiin.

  9. diane

    July 16, 2021 at 7:27 PM

    Yess teh..tidak semua orang bakal menyukai kita dan kita juga gak perlu maksa2 orang buat menyukai kita juga kan.. just the way we are.. yang penting kita tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain ya…

    • Eka Mustika Sari

      July 18, 2021 at 1:10 AM

      Senyum itu emang ajaib teh. Saya belajar banyak senyum setelah menikah hehehe itu juga karena suami selalu ingatkan. Kalau saya terlalu cuek saat bertemu orang jadi dikira sombong. Sekarang otot senyumnya udah lemes hahaha semua yang lewat depan rumah disenyumin pokoknya.

  10. herva yulyanti

    July 16, 2021 at 8:58 PM

    Sebaik apapun kita ada weh nu ga suka padahal kenal lebih dalam juga ga hahaha tapi meni riweuh tea teh ..yang penting terus menjadi orang baik meski ada aja orang yang ga suka ya teh itu sih aku prinsipna..rugilah mun ujug2 benci ke orang, ujug2 ga suka padahal belum tentu prasangkanya seperti yang diduga komo ngajakan batur biar ga suka hahaha..aya weh teh nemu yang begini di dunia manusia

  11. Farida Asadi

    July 16, 2021 at 9:14 PM

    Betul banget nih kalau memang nggak semua orang bisa suka sama kita. Intinya ya tetap berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan tetap tersenyum dan ramah dengan orang lain agar kita pun juga bisa ikut bahagia.

  12. Dawiah

    July 16, 2021 at 10:34 PM

    Yap, tidak semua orang menyukai kita sebagaimana kitapun tak bisa menyukai semua orang. Yang paling penting kita berusaha menjadi diri sendiri dan memperbaiki akhlak dari hari ke hari. Itu sih nasihat saya ke anak abg ku mba. Tidak jauh berbedalah dengan nasihat mba Nchie ke anak remajanya.

  13. Eri Udiyawati

    July 17, 2021 at 9:34 AM

    Paling mudah ialah tersenyum ke semua orang dan menjadi pendengar yang baik. Dan berusaha melakukan semuanya dengan tulus. Tapi kalau setelah kita melakukan semua itu tetep ada yang gak suka. Ya itulah manusia, setulus apapun kita, tetep ada yang gak suka.

  14. Sovi Nur Wakhidah

    July 17, 2021 at 2:18 PM

    Menjadi pendengar yang baik kadang terlihat sepele, tapi sebenarnya sulit dilakukan. Beberapa orang saat menjadi teman curhat bukannya mendengarkan dengan baik, malah menimpali dengan curhat balik masalahnya. Hadeuuhh. Padahal, kadang kita cuma pengin didengar aja. 🙂

  15. Tian Lustiana

    July 17, 2021 at 2:29 PM

    setuju, kenyataan tidak semua orang menyukai kita teh. Makasih tips ini teh, menjadi reminder untuk diri saya.

  16. Lia Yuliani

    July 17, 2021 at 3:27 PM

    Pertama Kali ketemu Teh Nchie langsung suka dong saya. Hehe … Memang untuk disukai orang lain perlu jadi pendengar yang baik, engga menghakimi, tersenyum. Semuanya ada Sama Teteh. Sehat-sehat, ya, buat Teh Nchie dan keluarga

  17. ira duniabiza

    July 17, 2021 at 5:39 PM

    wohooo thanks banget teh tipsnya… pasti menyenangkan bisa disukai banyak orang.

    But aniwei suka sama sama endingnya, kita ga bisa lepas dari fakta bahwa kadang tak semua orang bisa menyukai kita meski kita merasa tak melakukan apa-apa. Kalau situasinya begini ya sudah yang penting kita sudah berusaha berbuat baik ya teh…

    Tersenyum dan berbahaia.. hup hupp.. well noted tehe..

  18. Nurul Fitri Fatkhani

    July 17, 2021 at 5:44 PM

    Nah iya, Teh, mau jadi pendengar itu salah satu karakter yang bisa membuat orang lain suka. Jangan maunya didengerin aja, ya, tapi mau juga mendengar orang lain.
    Setuju juga dengan ungkapan kalau tidak perlu menyiksa diri dengan menuntut orang lain untuk selalu menyukai setiap aspek kehidupan yang kita punya. Bakalan capek sendiri, ya, Teh…

  19. @hm_zwan

    July 17, 2021 at 8:05 PM

    Iya ya, kadang kita minya yang sempurna, semua orang “harus” duka sama kita, padahal ya nggak mungkin juga. Caranya ya harus menerima diri ya teh, sopan, ramah, jangan sampai bikin orang lain sakit hati.. Duh, jangan sampai…

    Makasih ya teh, udah jadi contoh, panutanku selama ini.. Terutama bagaimana caranya bersikap, menjalin silaturahmi ke teman2 lewat dunia maya… Kiss kisss…. Sodorin ayam panggang dan donut ^^

  20. Tanti Amelia

    July 17, 2021 at 8:33 PM

    Intinya sih kalo aku satu : TULUS DAN JUJUR
    hihi… dengan begitu orang akan mengenalmu gak “fake person” – bebas euy boleh milih jadi temen apa engga

  21. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    July 17, 2021 at 9:16 PM

    Noteeeeddd.
    Ahahaha bener banget gak smua org akan suka kita. Terus terang aku tipe yang gak akan ngoyo bikin org suka ke kita. Biarlah org mengenalku apa adanya, bukan ada apanya #cieeehh
    Yg penting berbuat baik dan usahakan tdk menyakiti org ya mbak insyaAllah 😀

  22. Utie adnu

    July 17, 2021 at 9:18 PM

    Setuju teh nichie.. kuncinya mnjadi pndengar terbaik klo akuh itu yg utama… Tapi pun semisal org udah gk suka Kita y udah, gk bisa maksa … Sebaik apapun Kita tetep Aja klo dah gk suka 😊

  23. Ainhy edelweiss

    July 17, 2021 at 9:56 PM

    Sebisa mungkin menghargai dan penjadi pendengar yang baik ya, siapapun psti akn memberikan feedback positif, meski begitu ad aja org yg tdk menyukai kita

  24. lendyagassi

    July 17, 2021 at 10:43 PM

    Aku pikir yaa, teh..
    Kalau ingin disukai orang tuh…kudu cantik, wangi dan yang pasti bersih. Point plusnya, asik diajakin becandaan.
    Tapi ternyata ada seni lainnya yang kalau diulas, jadi 7 point teteh di atas yaa..

    Jadi orang tulus ini sih…yang paling terasa di hati.
    Hati yang tulus hanya bisa dirasakan oleh seseorang yang tulus juga.

    **auto nyanyi lagunya Tulus gak?
    hehhee…

    • lendyagassi

      July 18, 2021 at 10:40 AM

      Menjadi pribadi yang disukai ini penting banget. Karena setidaknya ketika berkenalan dan bertemu dengan orang inginnya dikenang dengan kebaikan-kebaikan, bukan keburukan seseorang.
      Biasanya berani mengkritik kalau sudah kenal deket yaa, teh..
      Dan ini bagus ketika mendapat kritikan yang solutif dan membangun. Bukan kritikan yang menjatuhkan.

  25. Lina W. Sasmita

    July 17, 2021 at 11:00 PM

    Setuju banget Teh dengan poin-poin di atas. Aku sekarang sedang belajar menjadi pendengar yang baik. Sedang membiarkan lawan bicara bercerita apapun.

  26. Nabilla - Bundabiya.com

    July 18, 2021 at 12:30 AM

    suka sama endingnya.. betul banget kalau nggak semua orang bisa suka sama kita dan itu nggak masalah. nggak perlu menjadi seseorang yang disukai semua orang. kita kan manusia, bukan eskrim 😀

  27. Ida Tahmidah

    July 18, 2021 at 6:18 AM

    Iya setuju Teh ga perlu menuntut orang untuk menyukai kita… karena orang akan ngeklik dengan orang yang sefrekuensi aja…. TIdak penting disukai orang lain itu yang penting mah Allah suka sama kita, tapi kalau Allah suka sama kita insya Allah orang pun suka sama kita terutama orang-orang yang baik tentu saja. hehe….

  28. Siska Dwyta

    July 18, 2021 at 8:50 AM

    Ternyata ada banyak hal sederhana ya Teh yang bisa bikin orang lain suka dengan kita. Sederhana tapi sering diabaikan. Padahal cukup dengan menjadi pendengar yang unik, tersenyum, memuji dan 4 poin lainnya sudah cukup membuat orang lain nyaman dengan kita. So, noted banget nih 🙂

  29. Yati Rachmat

    July 18, 2021 at 9:41 AM

    Harus kita ingat juga bukan hak kita utk memaksa orang lain utk menyukai atau tidak menyukai kita. Mulailzh bersikap ramah dan berikan senyum yg tulus. Jaga juga body language kita ketika bertemu orang yg batu mits kenal. Ah, pokok na mah selain yg bunda sebutkan di atas, poin-poin dari Nchie ini cukup mencakup kelihaian kita dlm pergaulan dan mantap utk dipraktikkin. Jangan lupa biarkan bibir kita yang mengawalinya,8 SENYUM, SENYUM, SENYUM jngn dibanxrol tinggi2. Tp inget kata Teh Nchie jngn senyum2 sendiri.

  30. Shinta

    July 18, 2021 at 10:07 AM

    Kadang lelah menyamakan frekuensi kita sama org lain tuh, itu hal yang super duper melelahkan. Kdg org baru kenal sebentar sudah langsung justifikasi. Lah kok byk org sok tau ya jaman now 😂 aplg klo g kenal2 amat mls akutu teh hrs jelasin aku ina inu, ngobrol weh atuh sering2 biar paham karakter masing2

  31. indah savitri

    July 18, 2021 at 12:50 PM

    sebenrnya sedrhana ajaa ya teh untuk menjalani hari – hari dengan baik dan banyak teman karena mereka memang suka dan nyaman dengan kita yaaa

    • indah savitri

      July 19, 2021 at 11:00 AM

      btw aku setuju bangeet kalau kita murah senyum dan ramah pasti banyak yang suka… walaupun kadang kalau sebel judesnya keluar huhahahaha

  32. Mugniar

    July 18, 2021 at 8:48 PM

    Ketujuh hal di atas benar banget Mak.

    Masalah senyum saja, ada memang orang yang susah senyum ya sama orang yang baru ditemui meskipun orang sudah ngajak dia senyum jadilah dicap sombong hehe. Ya gimana, begitulah dunia ini kan ya.

  33. Rahmah

    July 19, 2021 at 6:12 AM

    Semoga aku belajar tidak mengkritik orang lain sebelum ada interaksi dengannya
    Sebab, jika semuanya seketika langsung dikritik pasti tidak akan nyaman rasanya
    Terkadang saya bergumam atau bicara jika ada yang mengeluhkan hal yang sama dilakukan orang dan jelas yang dilakukannya buruk

  34. ariefpokto

    July 19, 2021 at 6:38 AM

    Saya pribadi kadang suka dibilang Judes terutama kalau lagi diem. Soalnya punya wajah yg resting b*tch face. Ya gimana emang dari sononya. Tapi semua berubah kalau senyum

  35. Sulung Siti Hanum

    July 19, 2021 at 9:46 AM

    Kalau versiku, jadi diri sendiri apa adanya dan peduli sama orang lain. Bener gak teh?

  36. Ratna Dewi

    July 19, 2021 at 11:03 AM

    Intinya, kita jadi baik aja sama orang lain entah itu hasil akhirnya orang lain akan menyukai kita atau nggak itu kembali lagi pada mereka. Karena kan kadang kita sudah sangat baik, belum tentu orang jadi suka.

  37. siti hairul

    July 22, 2021 at 4:45 AM

    Pantesan akutuh suka teh Hanie. Kena pelet cintanya nih aku hahaha. Makasih ya teh udah dikasih saran yang bagus kayak gini. Tinggal prakteknya nih yang berat.

    • nchiehanie

      July 23, 2021 at 11:26 PM

      Wkakakakka, beraat kek rinduuu Maak

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.