Arisan Ilmu KEB, Tips Microblogging Dr Canva di Crowne Plaza Hotel Bandung

PIN Arisan Ilmu, Tips Microblogging di Instagram | Syammas P Syarbini | nchie hanie | Crowne Plaza Hotel Bandung | KEB | Emak2 Blogger

Arisan Ilmu KEB, Tips Microblogging Dr Canva di Crowne Plaza Hotel Bandung. Minggu, 4 April 2021 di  salah satu hotel  bintang 5 di Bandung yang berada di pusat kota, diselenggarakan  Arisan ilmu, dengan tema pengenalan Microblogging oleh Dr Canva, Syammas P Syarbini yang sengaja hadir ke Bandung dari bekasi untuk memberikan  pengalamannya dan menambah wawasan kami para Emak-Emak Blogger yang ada di Bandung, siap mengosongkan gelas.

Belakangan ini, microblog menjadi tren yang meluas di Instagram. Banyak banget  pebisnis dan marketer bahkan blogger yang mulai menggunakan format microblogging sebagai salah satu strategi social media marketing. Pada awalnya mengenal Microblogging ini dalam sebuah kelas online  dan berlanjut di kelas offline yang sangat jelas pemaparannya. Jadi buat kamu yang belom paham apa itu Microblogging, yuk simak penjelasan ini.


Belajar di kelas Arisan Ilmu Microblogging, belajar di masa pandemi tetep ya jaga jarak

 

Apa itu Microblogging ?

Microblogging  merupakan strategi menulis blog dalam versi yang sangat singkat dan mempublikasikannya di jejaring media sosial.  Dengan microblogging dapat membuat konten  yang informatif mudah dimengerti dan dipahami   dengan kalimat-kalimat yang lebih padat dan efesien.

Jelas banget  perbedaannya  antara microblog dengan blog. Jika blog cenderung memuat teks yang panjang seddangkan  microblog hanya memuat informasi yang pendek dan singkat. Microblog dapat dikreasikan ke dalam berbagai format konten, termasuk teks, gambar, video, dan audio. Biasanya jumlah kata dalam sebuah microblog cenderung sedikit tidak lebih dari 200 kata.

Apa itu Microblog Instagram?

Ketika membuka feed Instagram, mulai berseliweran  microblog, yang dimaksud dengan microblog instagram adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut feed instagram yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga mampu memberi efek persuasif pada pembaca, baik itu dalam hal promosi produk maupun postingan informatif biasa.

Biasanya penerapan microblogging pada instagram digunakan sebagai sarana promosi produk, jasa, dan segala bentuk konten yang cenderung dikomersialisasikan.  Tapi, tidak seluruh microblog yang terdapat pada instagram bersifat komersil, ada juga beberapa mentemen yang memang khusus  microblog di instagram yang bertujuan  untuk edukasi yang memberikan  informasi bermanfaat.

Teliti banget Dr Canva nih memfasilitasi Emak2 Blogger

 

 

Arisan Ilmu, Tips Microblogging di Instagram | Syammas P Syarbini | nchie hanie | Crowne Plaza Hotel Bandung | KEB | Emak2 Blogger

Syammas P Syarbini

Bagaimana Cara Menulis Microblog untuk Pemula ?

Buat kamu yang akan membuat Microblog di Instagram, setidaknya mengetahui dulu apa saja hal yang harus diperhatikan  ketika akan menulis microblog, diantaranya

  • Konten 

Langkah pertama  adalah memikirkan tentang kontennya sedan konsepnya akan seperti apa. Pada umumnya konten microblog di Instagram biasa  berisi tentang tips, motivasi atau konten lainnya yang  menarik.

Buatlah konten dari artikel yang kamu punya, lalu ringkaslah konten itu menjadi tulisan-tulisan singkat yang nantinya dapat digunakan dalam konten visual microblog di Instagram.

  •  Gambar 

Memperhatikan ukuran gambar ideal di konten microblog tersebut, biasanya gambar persegi di Instagram itu memiliki ukuran lebar 1080 px dan tinggi 1080 px juga. memilih gambar atau latar belakang yang estetik dan senada dengan visual konten microblog sesuai dengan konsep di atas.

  • Menggunakan font 

Microblog Instagram berupa tulisan dan gambar,  disarankan memilih font yang sesuai. Nah, biasanya font yang cocok digunakan adalah font berjenis San atau Monserrat

  • Caption

Hal yang sangat penting adalah memeperhatikan  caption konten microblog yang  akan dibuat. Caption yang ringkas dan mudah dipahami serta efesien.

  • Hashtag

Jangan lupa  berikan juga hashtag yang dapat membantu meningkatkan interaksi audiens, sedangkan Kapasitas penulisan hashtag di Instagram sendiri bisa mencapai 30 hashtag, tapi  cukup 10-15 saja untuk meningkatkan engagement audiens yang penting relevan dengan konten tsb,

  •  Konsisten

Jangan heran jika awalnya membuat membuat konten microblog memang agak ribet dan tidak mudah. Tapi setelah membuat satu kesananya pasti gampang karena sudah ada templatenya.  Konsisten adalah kuncinya, update setiap hari atau membuat konten microblog setidaknya seminggu dua kali atau tiga kali yang terpenting adalah konsisten, yang  perlahan-lahan followers akan mengenali seberapa sering kamu memposting konten.

  • Call to Action 

Langkah terakhir yang perlu diperhatikan dan sangat penting adalah membuat konten microblog adalah Call To Action (CTA),  biasanya berupa ajakan untuk mengunjungi website, memberikan like, share,  atau komen hingga menyimpan konten. CTA bisa kamu letakkan di bagian caption atau pada slide terakhir dari konten visual microblog yang telah dibuat.

Manfaat Microblogging di Instagram

  • Feed instagram lebih cantik
  • Konten lebih simple dan mudah dibuat serta  mudah dipahami karena kontennya singkat tidak bertele-tele
  • Lebih komunikatif karena microblog  terddapat  banyak elemen desain, sehingga suasana di dalam konten akan terasa lebih hidup

Kesimpulannya  microblog adalah  bentuk konten yang sengaja dibuat dengan sesimpel mungkin, seefesien agar apa yang menjadi tujuannya dapat disampaikan  dengan mudah dipahami oleh para pembaca. Beberapa tahun terakhir, microblog semakin ngehits sebagai sarana promosi di media sosial, karena lebih komunikatif dan memiliki nilai estetika lebih dibanding blog pada umumnya.

Seru banget acara Arisan ilmu yang merupakan program dari Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB), komunitas blogger perempuan pertama yang ada di Indonesia yang kini memasuki usia 9 tahun. Arisan Ilmu yang diselenggarakan di Crowne Plaza Hotel  Lantai 3 di ruangan Aquamarine. Ruangan meeting yang didesain dengan sangat nyaman  sekali, begitu pun dalam mengikuti kelas ini, tetep  melakukan prokes yang ketat. Mulai dari penggunaan masker, mencuci tangan  dan menjaga jarak harus terus ditingkatkan. Jadi ga perlu merasa khawatir, menuntut ilmu di masa pandemi ini, balik lagi ke  prilaku diri sendiri dalam menjaga kesehatannya masing-masing.

Selain ruangannya yang nyaman, tentu saja menikmati hidangan lunch di Mozaik Restauran yang lengkap banget menunya, mulai dari nasi dan lauk pauknya yang menggoda, dimsum aneka minuman, dessert dan buah-buahan, pas banget rasanya di lidah, tempatnya nyaman dan tampak mewah membuat tambah mager dan leyeh-leyeh sambil ngopi syantik.

Begitu pun pematerinya yang disampaikan oleh Syammas yang menyebut dirinya sebagai DrCanva yang  memberikan rahasia rahasia dalam membuat sebuah design di Canva.com, dalam waktu singkat ia berhasil menunjukkan bagaimana mudahnya membuat design yang tak kalah dengan aplikasi edit seperti adobe dan corel. Coba deh yang masih penasaran dengan desainnya Microblog di Instagram ala Syammas bisa kepoin di akun Ignya @syammasfitria

Membuat Microblog di canva  begitu mudah dipahami dan dengan sangat telaten memberikan pelayanan yang terbaik buat para emak-emak. Ada yang menggunakan leptop ada juga smartphone . Tapi akan lebih baik dan mudah jika menggunakan Laptop.

Ah, sungguh minggu yang berfaedah, tatkala Bandung Long Weekend di isi sama pengunjung dari luar kota yang membuat macet, sementara kami  Emak2 Blogger padat merayap menerima ilmu dari Dr Canva. Makasih banyak buat Syammas P. Syarbini dan KEB serta Crowne Plaza Hotel, yang merupakan hotel bintang lima di pusat kota Bandung

Bagaimana dengan dirimu teman, sudahkah mencoba menggunakan Microblogging di feed Ignya?

 

Comments (37)

  1. Rani R Tyas

    April 19, 2021 at 8:49 AM

    Aku itu pernah coba bikin Teh, tapi kayaknya ukurannya jadi kurang pas 😂 kan panjangnya 1080×4 ya, tapi pas dipotong jadi 4, jadi nggak bisa persegi gitu 😭

  2. Cindy Vania

    April 19, 2021 at 9:10 AM

    Seru banget laaah ini belajar langsung sama suhunya. Aku ya kalau belajar sukanya langsung praktek biar ga bingung euy.
    Kadang kalau utak atik sendiri ya hasilnya gitu2 aja gak maksimal.

    Pengen bgt belajar canva secara langsung

  3. andiyani achmad

    April 19, 2021 at 1:08 PM

    emang paling afdol bisa belajar sesuatu sama pakarnya dan bisa langsung praktik juga jadi kan tau ya gimana yang salah dan benernya.

    aku masih semangat ngulik canva sendiri nih teh,belum ada kelas offline sih ya di jakarta heheh

    • Dessy Achieriny

      April 27, 2021 at 10:26 PM

      Walaupun gak ikutan jadi bagian yg gali ilmu ke crown plaza hotel, baca blog teteh daku jadi belajar banyak mengenai tips belajar canva ❤️

  4. Ucig

    April 19, 2021 at 2:14 PM

    asyik di Bandung belajar bareng ya, seru banget mak. Teh nchie, aku belum pernah ikut arisan ilmu euy.
    Smoga bisa lain waktu. Canva bisa bikin lupa bebikinan ya, anak aku pun juga suka. ngutak ngutiknya. Paling enak di laptop ya teh..

  5. Desri Desri

    April 19, 2021 at 4:44 PM

    ih asli deh teh, pengen ikutan ini temanya bagus banget, tapi Alhamdulilah tetap bisa baca insight nya lewat tulisan teh Nchie. makasi teh.

  6. Ida Raihan

    April 19, 2021 at 5:41 PM

    Masya Allah pembahasannya keren banget ini Teh. Pengetahuan baru buat saya mengenai microblog ini. Makasih banyak sharing Teh

  7. Nurul Sufitri

    April 19, 2021 at 9:17 PM

    Baru ngeh kalau ukuran foto buat instagram itu 1080×1080 hihihihi 🙂 Ternyata nulis feed IG itu microblog? Senangnya teh Nchie dapat ilmu ini, besok2 makin hitz dong ya IG nya hehehe. Kalau situasi udah normal, aku juga kepengen join arisan ilmu KEB lagi di Jakarta..semoga ada nanti aamiin 🙂

  8. Rach Alida

    April 20, 2021 at 8:14 AM

    Alhamdulillah senangnya bisa langsung belajar ama ahlinya ya mba. MNurutku satu sisi emang kita harus rajin praktek alias mencoba sesering mungkin. Satu sisi ini jadi mengasah kemampuan kita untuk mencari ide apa saja yang pas 🙂

  9. Keke Naima

    April 20, 2021 at 7:18 PM

    Kangen ih lihat event offline begini. Semoga di Jakarta juga ada, ya. Kalau ketemu langsung emmang suka beda dibandingkan online

  10. Dedew

    April 21, 2021 at 12:14 PM

    Alhamdulillah, sudah mulai lagi ya Arisan Ilmu offline Teh, semoga Semarang juga kebagian acara sekeren ini, sering lihat mikroblog teman-teman di IG hanya belum mengikuti karena lebih banyak mengarahkan untuk berkunjung ke blog.. Bisa nih ditiru biar kunjungan blog makin nambah ya..

  11. Alfa Kurnia

    April 21, 2021 at 12:39 PM

    Pernah nyoba bikin microblogging di IG, Teh. Pakai Canva juga. Andalan banget emang Canva ini buat desain ilustrasi untuk konten. Tapi belum jago-jago banget.

    • Lidya

      April 29, 2021 at 12:08 PM

      kalau kreatif makin bagus ya bikin mikroblogging di Instagram pakai calva, aku harus melatih terus nih

  12. Lidya

    April 21, 2021 at 3:25 PM

    Wah seru ya arisan ilmu KEB ada lagi offline, di Bandung kali ini. Semoga di kota lain juga ada lagi ya teh. Dapet ilmu micro blogging yanglagi trend juga ya sekarang

  13. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    April 21, 2021 at 4:45 PM

    Kangen banget sama acara offline eui.
    Btw aku blm pernah nyobain mikroblogging tapi belakangan banyak teman yang bikin di feed IG mereka. Mungkin kapan2 mau bikin jg, mau nyari dulu enaknya posting apaan heheeh

  14. Naqiyyah Syam

    April 21, 2021 at 5:39 PM

    Seru banget ya senang kalau emang udah rapi feed IG jadi makin banyak job yang datang. Happy jadinya IG makin rapi

  15. lendyagasshi

    April 21, 2021 at 6:11 PM

    Senang sekali mendapat ilmu yang bermafaat mengenai micro blogging.
    Kalau uda bebikinan design begini memang jadi anteng dan happy yaa, teh..

    • lendyagasshi

      April 29, 2021 at 1:14 PM

      Aku pengen loo, teh…bisa bikin carrousel.
      Pas kapan baca blognya siapa yaa…diajarin step by stepnya, tapi gak ada visualnya euui…tetep bingung.
      Pengen bebikinan yang unyu-unyu di canva.

  16. Hidayah Sulistyowati

    April 21, 2021 at 6:43 PM

    Seru ya Arisan Ilmu KEB Emak Blogger Bandung, mupeng euy. Apalagi belajar pada mentor nya langsung, praktek juga ya. Aku masih belum konsisten bikin microblog di Instagram, Teh. Masih bingung mau nulis apa, hahahaa

  17. Lina W. Sasmita

    April 21, 2021 at 8:14 PM

    Microblog instagram itu berarti menulis caption panjang di feed instagram ya Teh? Aku agak kurang fokus.

  18. diane

    April 21, 2021 at 10:13 PM

    Ih aku juga kesengsem pengen cobain miroblogging nih teh..tapi kayaknya butuh ketelatenan yang lumayan ya..karena bikin gambar ama tulisan satu2 gituh hehe

  19. Tanti Amelia

    April 21, 2021 at 10:14 PM

    Ngiriii pisan euy, begitu tau pelatihan sama Dr Canva diadakan OFFLINE di Bandung!
    Kuingin terbang ke sana rasanyaaaaa

    coba deh aku kepoin lagi ig dr Canva makasih teh Nchie share ilmunya

  20. Dian

    April 21, 2021 at 10:19 PM

    wahh seru banget pelatihan canva secara langsung gini ya teh, enak bisa langsung praktik
    duh kapan ya ada arisan ilmu offline di surabaya
    #ngarep

  21. echaimutenan

    April 21, 2021 at 10:27 PM

    pengen juga tapi online secara jauuuuuuh
    huhuhuu aku pengen belajar canva beneran mumpung dah pro nihhhh xixixi harus diberdayakan

  22. Rahmah

    April 21, 2021 at 11:34 PM

    Nanti buat di Surabaya juga ya, teteh
    Arisan Ilmu gitu chapter Surabaya
    Habis itu bisa hunting foto di sekitaran Surabaya

  23. Nia Haryanto

    April 21, 2021 at 11:39 PM

    Acara yang keren banget. Pastinya bikin makin suka dengan Canva. Secara, sekarang aja udah doyan. Tadinya kepengen ikut, tapi anak-anak gak ada siapa-siapa nih di rumah. Huhuhu semoga nanti ada lagi acara begini.

  24. Ade UFi

    April 24, 2021 at 10:17 AM

    Eh, keren ini arisan ilmunya. Kapan ya ada di Jakarta? Apa udah kelewat kali ya? Saya termasuk yang agak susah untuk microblogging, Mba. Baca ini jadi tertarik mau ikut kalau ada pelatihannya lagi. Apalagi dihubungkan ke Canva

  25. Tuty Queen

    April 27, 2021 at 8:08 PM

    Serunya… Suka banget deh acara kayak gini lumayan nambah ilmu dan wawasan ya teh

  26. thya

    April 28, 2021 at 9:23 AM

    awww.. seruu banget pasti acaranya. sekarang mikroblog di IG memang lagi booming yaa. aku sendiri belum pernah bikin konten begini, tapi sering menikmati konten-konten yang dibuat orang. kadang tema yang diangkat menarik banget dan related sama kehidupan.. hehe

  27. indah savitri

    April 28, 2021 at 9:42 PM

    kalau ada waktu aku pengeen deh perbanyak microblogging di IG dengan pakai Canva juga teh. Tapi yang penting belajar dulu yaaa

  28. Mugniar

    April 28, 2021 at 11:25 PM

    Saya mengikuti materi Mas Syammas via Zoom tempo hari, Mak tapi baru satu kali mencoba praktik. Belum coba lagii huhu .. mau coba lagi, kok ya bingung sendiri 😀

  29. Jeanette Agatha

    April 29, 2021 at 8:50 AM

    Harus berani memulai dan mencoba microblog ini ya teh. Yang biasa nulis sampe seribu ngalor ngidul. Tapi dgn microblog ini hrs bisa nulis yg singkat, padat, dan jelas.

    Next time mau ikutan lg ahhh, sedih kmrn ga bs ikutan, huhuhu

  30. Kurnia amelia

    April 29, 2021 at 10:01 AM

    Iya microblog lagi hype ya kak dan aku suka banget sama kang Danni Rahmat sama kak Annisa stevani dia kalau buat microblog di instagram ngena dan to the point gitu.

  31. Andy Hardiyanti

    April 29, 2021 at 10:32 AM

    Seru pasti belajar Canva secara offline gini. Ku juga mau… Kalau saya, microblogging nih jadi semacam alternatif kalau lagi jenuh ngeblog. Besok besok postingan microbloggingnya bisa dikonversi lebih panjang jadi postingan blog.

  32. Diyanika

    April 29, 2021 at 1:06 PM

    Aku suka takjub kalau lihat postingan teman-teman yang sudah makai microblogging untuk IG-nya, Mbak. Ciamik-ciamik Mbak hasilnya. Aku mulai merambah itu juga tapi masih yang sederhana banget nget nget.

  33. Ade anita

    April 30, 2021 at 9:50 AM

    Iya sekarang trend microbloging makin beredar dimana-mana dan itu artinya kita harus makin kreatif memeras kalimat agar bisa lebih efektif dan efisien dg bantuan gambar dan infografik ya

  34. Prita HW

    May 11, 2021 at 6:53 PM

    bayangin ikitan di sana euy, lagi kangen staycatio bgt teh, eh jadi curhat, haha. Btw emang untuk konsisten bikin konten microblog itu effort bgt, makanya aku sendiri kujarakin sama bbrp foto, hehe. TFS teh..

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.