Home / Kesehatan / Ayo Pakai Masker!
ayo pakai masker | nchiehanie | blogger bdg

Ayo Pakai Masker!

Seberapa penting pakai masker di Pandemic Corona ini?  Kalo ditanya penting ga penting balik lagi ke pribadi masing-masing saja. Berada di lingkungan Klinik meski part time dan bermitra, tapi membuatku selalu sadar akan pentingnya sebuah kesehatan. Karena tabungan untuk masa depan adalah sehat, tak lelah saling mengingatkan untuk selalu hidup sehat, apalagi sekarang di jaman wabah global pandemik corona yang mencekam.

Maka dari itu penggunaan masker memang  penting, apalagi tatkala bertugas menjadi Practioners Access dan memegang pasien, wajib memakai masker. Ataupun ketika di jalan menggunakan kendaraan roda dua masker menjadi alat tempur yang penting untuk melindungi diri darii polusi dan sinar matahari biar ga gosong. Dari awal pemerintah mengumumkan untuk social distancing dan stay at home, obrolan santai bareng dokter-dokter iya harus pake masker. Kalo sebelumnya masker hanya digunakan untuk orang sakit, namun karena sudah termasuk pandemik, jadinya WAJIB PAKAI MASKER.

Jangan tanya lagi penyebaran virus Covid 19 bagaimana, mentemen udah pada paham kali ya. Yang jelas untuk saat ini diminggu ke 4 sosial distancing Pemerintah mengumumkan bagi siapapun untuk memakai masker. So, sebagai WNI yang ingin wabah ini cepat berlalu, mari kita menyebarkan berita kebaikan dengan mengajak dan mengingatkan agar selalu pakai masker apalagi kalo keluar  rumah untuk yang sedang bekerha atau  pun yang social distancing, work from home mari saling reminder.

Kata Mereka…

Kalo kita kompak dan serentak  untuk diam di rumah aja, apalagi untuk menunda mudik, kita bisa melawan corona bersama dan bisa cepat berlalu. Namun sebaliknya jikamasih berkeliaran diluar dengan jalan-jalan ga pake masker, kongkow, hanghout ga tau sampe kapan wabah ini kan berlalu.

So, mari kita lindungi dirimu, lindungi sesam untuk sementara STAY at HOME aja. Coba deh  kenali penyebarannya , dimana saat ini belum ada vaksin untuk  Covid 19. Dan salah satu  cara terbaik uuntuk pencegahan adalah menghindari terpapar virus ini dengan stay at home. Bayangkan deh, virus ini menular melalui orang ke orang dalam jarak 3m, melalui partikel air pernafasan dan mulut, virus ini beterbangan di udara pada saat penderita covid 19 batuk bersin atau bicara.

ayo pakai masker | nchiehsnie | blogger bdg

Yuk, melindungi diri sendiri dengan  cara :

  1.  Mencuci tangan  dengan sabun min 20 detik baru bilas, terutama setelah berada di publik area atau setelah batuk bersin atau membersihkan hidung.
  2. Kalo ga ada sabun, gunakan alkohol 70% atau disinfecttan yang mengandung alcokhol 70% atau senyawa disinfectant yang terjamin sesuai penelitian
  3. Menghindari menyentuhmata hidung mulut sebelum cuci tangan.
  4. Isolasi  mandiri bila anda batuk kering, demam atau hilang indra penciuman bila sesak segera ke RS rujuakan corona terdekat.
  5. Membersihkan area  terpapar luar spt handle pintu pegangn tangga dan tombol
  6. Selalu menggunakan masker yang menutupi hidung dan  mulut, jangan sampe terlepas saat berada diluar

ayo pakai masker | nchiehanie | blogger bdg

PAKAI MASKER YUK!

Pentingnya mengetahui ketahanan masker yang  dipakai. Sudah sesuai dengan fungsi yang diharapkan kah? Jangan asal beli ya. Cukup menyesuaikan saja dengan kebutuhan. Yang jelas sangat penting untuk dipahami , bahwa wabah ini menular melalui droplet atau percikan cairan tubuh manusia, yang rawan kena adalah mulut, hidung  dan mata.

Coba perhatikan tata krama selama wabah global, ini untuk safety kita semua :

  1. Tidak bicara dengan lawam bicara tidak bermasker, kalau terpaksa bicara jaga jarak 2-3 m
  2. Mematuhi himbauan untuk stay at home
  3. Mohon kenakan masker, menutupi hidung dan mulut dan mengenakan kaca mata untuk menutupi mata, bila terpaksa keluar rumah.
  4. Bila sangat penting perlu keluar rumah. Mohon ketika sampai tidak memegang apapun, langsung ke kamar mandi utk mandi dan baju di rendam sabun.
  5. Karena masker sulit di dapat, upayakan membuat sendiri dr kain 2 lapis dan di beri 2lapis tissue dilipat di antara nya, tiap hari kain di ganti dan tissue di ganti.
  6. Cuci kain harus rendam sabun 30mnt dan jemur matahari.
  7. Bila belanja setelah beres, mohon cuci tangan.
  8. Bila pekerjaanmu berhubungan dengan uang mohon tidak memegang muka, cuci tangan setelah beres bekerja atau setiap mau makan.
  9. Mohon tidak bergerombol saat makan, jaga jarak ya, karena pasti makan dengan masker terbuka.

Ya, begitulah lingkungan di Klinik Lineation yang sama-sama saling menjaga dan mengingatkan akan pentingnya untuk sehat. Semua pesen-pesan di atas adalah wejangan,  apalgi soal himbauan Pakai Masker selalu digaungkan. Nah,  aku pun sama, ga mau sehat sendiri, pengen membagikan hal kecil tapi manfaatnya buat semua masyarakat.

ayo pakai masker | nchiehanie | blogger bdg

Terima kasih dr David yang always reminder kami semua

Jangan lupa, untuk selalu menjaga kesehatan ya, agar tetep bugar dan produktif menjalani masa social distancing ini, sebaiknya :

  1. Tidur mencukupi 8 jam
  2. Stress release yang baik, stop baca hoax corona dan ikuti web pemerintah saja
  3. Makan banyak sayuran berwarna warni dan hindari makanan yang mengandung pengawet.
  4. Minum vit C, D, dan  Zinc 1 tab setiap hari nya
  5. Olah raga di rumah misalnya  push up squat sit up back up dan variasi pilates lain yang bisa di kerjakan di rumah tanpa alat.

ayo pakai masker | nchiehanie | blogger bdg

“Dengan Pakai Masker ku menjaga kamu dan kamu menjaga aku”

Jadi kemaren mengajak beberapa sahabat Blogger untuk aware dan saling mengingatkan semoga semua masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya, diberikan kesadaran akan pentingnya pakai masker.

Lucuk, ditodong minta p0to bermasker, ada yang mau mandi dulu, mau dandan dulu bahkan mau lipenan dulu, padahal kan ga kliataaan. Tapi makasih loh mentemen! Laff banget!

 

Jangan lupa #PakaiMasker! Dan ganti setelah 4 jam kalo mentemen pakai yang kain, lalu cuci. Sebaiknya punya stok lebih dari dua yaa, buat gantian. Ga ada alasan lagi buat susah cari  masker, sekarang udah banyak yang jualan, ato DIY kreasi sendiri, bisa pake buff atao saputangan, yang penting menutupi hidung dan mulut.

Yuk, ahh saat ini , cukup dengan mematuhi himbauan pemerintah untuk di rumah aja, lakukan sosial distancing, physical distancing, work from home, learning from home, rajin cuci tangan, istirahat yang cukup, rutin berolahraga di rumah, serta menjaga kesehatan dan imun tubuh. Semoga segera berlalu. Aamiin.

ayo pakai masker | nchiehanie | blogger bdg | Indah Savitri

Ayo Maskermu mana?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

98 comments

  1. sebelum pandemi ini aku emang selalu pakai masker teh, kemana2 pake masker karena aku termasuk sensitif kulitnya kena matahari merah2 🙁

  2. Semoga banyak yang sadar ya pentingnya pake masker dan stay at home

  3. tipsnya lengkap banget teh, aku masih keluar rumah untuk beli sayur dan ikan segar tapi sebisa mungkin jaga jarak dan ngga lama-lama teh.

  4. Yg paling susah adalah menjaga anak2 biar ga keluar rumah. Krn anak2 bosenan. Dan kmrn krn kehabisan masker akhirnya bikin dr kain juga. Semoga pandemi ini segera berakhir.

  5. Iya nih Teh sekarang pakai masker sudah masuk kategori wajib. Tetep perlu membiasakan diri untuk melakukan hal sederhana ini, harus ada pemaksaan juga, mungkin beberapa hari ke depan sudah terbiasa.

    Memang baiknya di rumah saja dalam suasana begini, kecuali memang perlu keluar rumah…tapi ya itu harus pakai masker.

    Sehat selalu ya Teh Nchie bersama keluarga.

    Salam,

  6. Kalau anak motor Jogja dah dari dulu pakai masker sampai masuk ke mall nggak pada ditutup. Kalau aku pas batpil pasti pakai. Sekarang semua orang wajib. Tapi kalaiu disuruh gini malah ngerasa engap ya? Padahal waktu nggak disuruh dulu biasa aja makenya. Hahahaaa aneh.

  7. Dari dulu sampai sekarang kalau bepergian selalu pakai masker mbak, apalagi sekarang di masa wabah begini wajib sekali pakai masker dan agak malas berbicara dengan orang yang enggak pakai masker juga suka parno.

  8. Betul banget mbak, sebisa mungkin melindungi diri dari resiko terpapar virus. Cuma krn stok masker mulai susah didapat, aku lagi mau coba bikin sendiri masker kain. Moga2 bisa hehe

  9. Semoga makin banyak yang sadar untuk saling menjaga dengan mematuhi anjuran pemerintah ya teh. Suka gemes ama yang masih ngeyel dan egois keliaran di jalan gak pake masker, kumpul-kumpul gak jelas dsb. Semoga pandemi ini segera berakhir…

  10. aku juga jadi pakai masker terus kemana-mana, sampe2 koleksi masker ku banyak sekarang. hihi.. buat ganti2 terus setiap hari. soalnya aku brgkt ngantor naik kendaraan umum.. huhu.. takut sebenernya..

  11. Keren postingannya. Masih banyak yang ngeyel lho ini. Gak mau pake masker.

    Says kemarin balas WA Teh Nchie tapi blm kunjung foto. Maaf ya huhu. Keren semua yang langsung foto dan terlibat dalam postingan ini. 😊

  12. ayo pakai masker! Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kita dan menjaga kesehatan orang lain dengan mencegah penularan virus lebih banyak lagi. Aku kok ngga diajakin kampanyenya hehehe. stay safe yaaa

  13. aku awalnya ga familiar pake masker. kaena musim pandemi ini jadi mulai dibiasain dan ternyata nyaman juga lama2 pake masker 🙂
    yuk kita semua pake masker

  14. bener bgt loh kalau masker ini penting. aku dr dulu udah biasa pakai masker krn emang alergian kan, jd masker penolong bgt.

    trus aku seneng akhirnya pemerintah meminta kita semua untuk pakai masker saat keluar maupun berinteraksi dengan org.
    karena menurut temenku di Korea, org sana semua pakai masker saat keluar rumah. jd ga yg sakit doang, bener2 semua saat skrg ini. cukup efektif sebenernya

  15. Wah iya nih kadang aku masih suka liat orang yg masih cuek ga pake masker.kasian aja sih jadi rentan…mungkin ga paham atau ga punya ya hehe…

  16. Ya Allah… aku lupa lho Teh pernah diminta foto pake masker. Astagaaa… maapkeun eike yak.
    Sekarang memang semua wajib menggunakan masker ya agar segera terputus nih mata rantai penularan. Baik sakit ataupun tidak mendingan menjaga diri.

  17. Ayo beli maskerku #eh hahaha iya teh siap grak pake masker
    Aku juga make sekalian promo lho teh wakakak
    semangat make masker, aku jaga dirimu kamu jaga diriku
    duh dokter semoga next time bisa jumpa lagi

  18. Di Surabaya, semua wajib pakai masker.
    kata sodaraku nih, kalo (terpaksa harus) naik motor, juga wajib pakai masker
    kalo ngga pakai, bakal ditilang pak pulisi

  19. kalau pakai masker, karna dulu udah pernah kena bencana asap, maka pakai masker sudah lebih terbiasa. tapi lebih menyenangkan kalau pakai masker kecantikkan sih hehehe.
    jaga kesehatan semuanya ya gaesss

  20. Aku selama di luar rumah ya pakai masker dan kacamata. Maksimal 3 jam aja udah engap banget. Tapi tetap kudu waspada. Di tempat yang kukunjungi juga sedia tempat cuci tangan dan lainnya

  21. Sebelum corona ini, pakai masker cuma kalau lagi antar jemput bocah pakai motor dan bebersih debu2 rumah. Oh iya, sesekali -kalau lagi mood- pakai masker buat kulit wajah #hahahaapaan sih. Sekarang jadi mau gak mau pakai masker, bahkan meski hanya ke warung dekat rumah

  22. Di tempat kerja kami (Arenga Indonesia) pemakaian masker sudah ketat sejak awal. Bukan masker medis tapi kain. Begitu juga masuk ke lingkungan perumahan, manajemen cluster mewajibkan orang yang keluar masuk menggunakan masker. Dengan cara ini insya Allah covid jauh-jauh dari tempat kami. Amin

  23. Maskerku, masih masker yang depannya ada motif kartun-kartun itu, yang biasa di pakai kalau naik sepeda motor

  24. Di komplekku udah wajib ain banget pake masker. Ngga pake, kyknya bisa diplototin pak satpam….hahaha.

  25. Yuk ah pakai masker. Yg kain aja biar bisa dicuci dan gak jadi sampah membumbung.
    Nuhun Teh Nchie inisiatif bikin kontennya?:)

  26. Aku selama kondisi kayak gini, diusahain banget gak begadang. Kemarin 2 hari tidur di atas jam 12 karena nyelesein kerjaan, jadinya pusing seharian. huhuhuNggak lagi-lagi deh begadang selama Covid masih eksis.

    Makasih teeh udah ngingetin. Semoga kita sehat selalu. Makasih juga dokter David, aku sering baca jurnalnya di grup, wa, atau fb.

  27. sejak rame berita covid udah parno duluan. langsung beli masker kain beberapa biji. ternyata emang berguna, padahal kemarin2 disuruh masker dokter yang warna ijo atau n95 yg harganya lumayan mahal n cuma sekali pake,

  28. Bener tuh yang disela-sela masker kain harus dikasih tissue, kalo engga ya harus ganti tiap 3 jam sekali kalo kita diluar ruangan dan harus oake masker terus,,, aku dulu sempet rajin pake masker karena naik transportasi umum terus pas udah naik pribadi jadi males,,, sekarang harus dirajinin lagi kalo keluar rumah meski cuma jemur,, hitung-hitung juga biar kuit ga gelap karena wajah 80% tercover masker hehehe

  29. Aku udah pake masker sejak dulu kalau pas naik motor. Kini pun mengikuti anjuran pemerintah Teh, ikutan pake masker kalau keluar rumah meskipun rasanya engap banget. :)) Demi kesehatan bersama ya, kita harus tertib menjalankan semua prosedur yang ditetapkan pemerintah.

  30. Sebelum ini, biasa pakai masker kalau on duty, selain karena alasan kesehatan krn bersinggungan dengan paparaan polutan, juga demi menghindari jepretan kamera dari netijen (sudah kejadian jadi “artis” yg di upload ke youtube).

    Nah terlebih sekarang, kondisi yang spt ini, pakai masker jadi lebih ajeg lagi.

  31. Sekarang pakai masker sih bukan pilihan lagi, tapi udah kewajiban setiap keluar rumah ya. Udah banyak juga yang jual masker yg lucu2 ya.
    Aku gak punya mesin jahit sendiri sih, kalo ada aku pengen bikin sendiri 🙂

  32. Penting donk pakai masker. Saya biasanya memang di rumah aja. Kalau keluar rumah tetap pakai masker. Ajak suami dan anak-anak juga pakai masker. Apalagi sekarang ada masker anak

  33. Ribet ya prosedur bertemu orang diluar. Kalau saya sih drpd begitu mending di rumah aja jadi kaum rebahan. Ga perlu ribet banget kudu ngobrol jaga jarak. Cuci tangan dan mandi dll.

  34. Aku keluar cuma untuk belanja ke supermarket deket rumah, Teh dan pakai masker pastinya dong
    Ngakak deh baca yang pada lipenan atau mandi dulu waktu diminta foto pakai masker. Dulu sih waktu masih jadi macan jemput anak, aku selalu pakai masker dan selalu lipenan, hahahaa

  35. Kemarin nyari masker sulit banget. Untung sekarang banyak masker kain yang bisa diselipin tissue jadi lebih aman untuk pribadi dan lingkungan. Semoga kondisi segera membaik. Aamiin…

  36. Ayo pake Masker, kemanapun juga demi kenyamanan dan kesehatan kita bersama. Supaya kita saling menjaga ya teh.

  37. Senang banget bisa ikut kampanye Ayo pakai masker, emang perlu kita edukasi terus menerus ya, manfaatt pakai masker. Semoga wabah ini lekas hilang. Ayo, pakai masker buat terpaksa ke luar rumah!

  38. Kalau bepergian naik kendaraan umum biasanya pakai masker, jd udah gak terlalu kaget lagi pakai masker 😀
    Ya memang saat ini kita nurut aja lha saran pemerintah supaya ikut mengurangi penyebaran virus ya mbak.
    Berharap semua ini lekas berakhir dan dunia beraktivitas seperti sedia kala Ya Allah aamiin

  39. aaah makasiiih masuk juga itu si masker abu – abuuu. Memang masker itu penting bangeet ya Teeh, soalnya bisa bantu lindungi kita dan juga orang lain. Nuhun pisaaan diingatkan

  40. aku kok fokusnya ke wajah nchie yang glowing walau pakai masker, btw makasih sharing tipsnya lengakap banget neh, ayo bersawa lawan corona dengan pakai masker salah satunya

  41. sejak lama saya memang suka pakai masker apalagi kalo bepergian dan terkena sinar matahari langsung. dulu sih sukanya yang kain, belakangan sejak marak yang disposible, aku malah suka pakai yang itu karena lebih nyaman

  42. Aamiin ya Allah, sehat selalu semuanya ya Teh sekeluarga dan teman-teman
    Semoga wabah ini dan ujian ini lekas berlalu. Pakai masker ayo semangat!

  43. Buat aku paksi masker itu penting. Karenanya dari awal aku dah pakai masker meski ada yang nyinyirin. Namun aku tetep pakai meski sehat. Tujuannya lebih untuk menjaga sih. I protect you, you protect me

  44. Hahaha aku absen lagi ya Cik. Gak usah komen panjang-panjang. Yang penting mampir lepas rasa kangen

  45. Semoga badai ini cepat berlalu dan kembali beraktivitas secara normal. Naik momotoran, bersepeda dan berlari, kopdar, dan lain-lain. Bisa beribadah di bulan Ramadhan di masjid dan berjamaah lagi. Amiiin….

  46. Ini nih yang aku sayangkan sama orang-orang di luar sana. Pake masker tapi ga sempurna nutup idung sama mulut. Sayang banget, apa karena cuma eungap aja? Padahal semuanya juga ama eungap pake masker itu teh, ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.