Cara Hidup Tenang dan Bahagia

PIN sibening | nchiehanie | emak2 blogger | blogger bdg

Cara Hidup Tenang dan Bahagia . Setiap orang mendambakan kehidupan ini tenang,  damai dan bahagia. Aku percaya pada roda kehidupan ini seperti layaknya bumi berputar pada porosnya. Ada kalanya berada di atas-bawah, menghadapi suka-duka,  ada yang pergi-datang, itulah kehidupan. Dimana kehidupan seseorang ini ditentukan oleh kemampuan  menerima keadaan yang dilihat dari sudut pandang yang positif.

Pernah merasakan titik kehidupan berada di atas dan di bawah dalam hal segalanya, baik itu dari segi materi, pekerjaan, kemampuan diri dll. Sikap tatkala berada dalam kedua zona itu ya  biasanya saja, dibutuhkan ketenangan dalam mengelola emosi diri  agar semua masalah yang muncul bisa diatasi dengan tenang pula.  Dan yang terpenting tatkala berada di atas jangan sampai lupa diri.

Pengennya hidup dijalanin dengan tenang dan bahagia, buatku cukup yang bahagia saja  disebarkan. Biarkan rasa yang tak nyaman hanya menjadi rahasia diri bersamaNya.  Ada beberapa tips   tentang cara hidup tenang dan bahagia ala Emaknya Olive, nih :

  • Jangan terlalu takut dan khawatir

Rasa ini yang terkadang membuat pikiran berkelana terlalu jauh.  Mempunyai feeling yang peka terkadang apa yang dirasakan kedepan sebagian besar selalu benar. Makanya selalu ingin membuang jauh  pemikiran yang akan merusak diri sendiri. Berusaha untuk memikirkan saat ini saja, tidak di masa lalu ataupun masa yang akan datang.

  • Fokus aja bekerja

Aku tipe orang yang fokus pada pekerjaan dan bakalan totalitas. Ga berharap menjadi orang kaya, asalkan mencukupi saja. Apa yang  di raih ya sesuai dengan kemampuan diri sedikitnya disisihkan untuk keperluan yang urgent suatu saat nanti.

  • Menghibur diri sendiri

Menikmati hasil apa yang kita dapatkan dengan keringat sendiri, wajib dirasakan oleh diri sendir caranya dengan mengibur diri sendiri. Biasanya aku lakukan me time  selfie2an, ngopi-ngopi cantik  sendiri ataupun bareng sahabat sembari ngobrol cantik. Menyapa diri sendiri dengan senyuman pada cermin .

  • Menghindari Stress

Masalah pasti akan selalu ada dalam setiap kehidupan seseorang  baik dengan pasangan, teman atau saudara. Haduh belon gajian,  gimana besok makan ga punya  uang, beras habis, gimana nanti ada yang komplen klien atau deadline yang tak kunjung selesai. Belon lagi kerjaan rumah yang didepan mata.

Rasanya bikin puyeng dan menimbulkan stress sendiri. Hal yang dilakukan  ya diam, sejenak hening, biarkan  organ tubuh dengan sendirinya refleks akan melakukan yang mana terlebih daulu. Atau sekedar menyapa  “hai stress yang sedang melanda jiwaku, selamat datang tapi jangan lama-lama ya!”Bers

  • Kena Musibah?

Sering hilang henpon, uang,  teman/sahabat, sakit, dapat cobaan hidup, ya sudah syukuri saja. Alhamdulillah masih diingatkan, berarti makin lebih hati-hati. Dan yakin dibalik kehilangan tersebut Sang Pencipta pasti akan memberikan yang terbaru yang lebih baik. Setiap diberikan musibah ga akan melampaui batas kemampuan diri sendiri, tinggal bagaimana berusaha untuk menyelesaikannya.

  • Cuek

Cuek di sini, dalam artian ga mencampuri urusan orang lain yang menurutku ga penting.  Hidupku  lurus sendiri aja terkadang tanpa melihat sekitar  jelek banget sifat ini.  Apa yang menurutku benar sesuai kata hati pasti aku ikuti. Selama orang itu bermasalah sama orang lain tapi tidak denganku,  aku baik aja.

  • Jangan banyak  maunya

Pengen ini itu berdasarkan keinginan sangat bahaya, ngabisin dompet laki. Karena aku tau bagaimana caranya mencari nafkah butuh perjuangan, maka lebih menghargai pundi2 yang aku pakai sesuai dengan kebutuhan yang penting saja.

  • Bersyukur

Apapun  akan berujung pada rasa bersyukur, jika sudah tertanam dalam hati insyaallah hidup bakalan tenang dan bahagia lahir dan batin. Tak  perlu diucapkan tapi cukup disebut dalam hati saja.

  • Jadilah diri sendiri

Dalam bersikap,  gaya hidup, style pakaian begitupun dalam hal ngeblog tetep jadi diri sendiri itu lebih baik . Karena akan menemukan ciri khas yang terkadang orang lain yang menilainya dan akan kehilangan jika bukan menjadi dirinya.

sibening | nchiehanie | emak2 blogger | blogger bdg

Jangan suka lirik kanan kiri , perbaiki kualitas diri dengan penuh kreativitas , bakalan di lirik  deh!!

Hidup ini hanya sekali, yuk kita isi dengan hal-hal yang membuat diri tenang dan bahagia.Ucapkan syukur dan rasa terimakasih atas semua yang didapatkan, bukan saja hal yang postif  namun negati pun perlu disiapkan ruang khusus dalam hati harus menerimanya dengan senyuman, yakin banget dengan hal negatif akan banyak yang kita pelajari dan diambil hikmahnya.

Keep smile n keep pirit, enjoy my life!!

Comments (44)

  1. Tian lustiana

    June 17, 2016 at 4:11 AM

    Yess menjadi diri sendiri no matter what they say bisa membuat bahagia lahir batin. Keep bahagia yaa teteh

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 11:17 AM

      iyeess…
      setuju pake bangeuud sistaa

  2. Vindy Putri

    June 17, 2016 at 4:24 AM

    Aku dulu pemikir banget. Jadi hidupku isinya mikiiiiiir aja pake perasaan. Terus akhirnya aku belajar cuek dg keadaan yg sebenernya gak penting untuk dipikir hahahaa… Salah satu motivasiku adalah supaya berat badan ideal. Soalnya kalau banyak mikir aku kurus banget. Sekarang lebih masa bodoh dan manjain diri sendiri deh… dengan cara menikmati hasil kerja keras, makan enak-enak.. jalan-jalan… berkarya, dan pokoknya aku heppy. 🙂

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 11:19 AM

      Hahahhaaa…iya kebanyakan orang kaya gitu, kalo mikir badan bakalan kurus xixixi..

      Nah ituuu kata2 yg terakhir yang maknyos, nikmati hidup!
      hayu atuh jelong2

  3. Indah Juli

    June 17, 2016 at 6:21 AM

    Setuju dengan tips-tips di atas, sepaham 🙂
    Pokoknya urusi diri sendiri sajalah ya.

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 11:21 AM

      Toss ahh Makpuh!
      *joged2

      Iyeess

  4. vety fakhrudin

    June 17, 2016 at 10:09 AM

    Bener itu…jadi diri sendiri aja, nggak usah lirak lirik. Terkadang orang hidupnya kita kira menyenangkan belum tentu lebih bahagia dari kita. Mungkin dia hanya perlu menikmati hidupnya tanpa mengeluhkan hal lainnya. Sehingga dia bisa benar2 menikmati kehidupannya 🙂

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 11:24 AM

      xixiixix..iya bener Mba..

      yuk nikmati hidup sendiri ajah

  5. Edy Supra Eko

    June 17, 2016 at 11:04 AM

    wah..tips nya sangat inspiratif sekali, hidup tak selamanya indah, so selalu bersyukur, hidup kan selalu lebih indah

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 11:26 AM

      hahhaa setuju hidup tak selamanya indah eeaa..

  6. GAGAN

    June 17, 2016 at 11:27 AM

    Semua informasi yang di sajikan sangat menarik, saran dari kami postingannya lebih diperbanyak lagi, terima kasih..

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 9:11 PM

      whuaaa tengkyuuu kaka

  7. Dee - @HEYDEERAHMA

    June 17, 2016 at 2:34 PM

    Aku paling suka kalimat ini teh..

    “Jangan suka lirik kanan kiri, perbaiki kualitas diri dengan penuh kreativitas , bakalan di lirik deh!!”

    Sip deh, siap asah diri untuk jadi pribadi yang lebih ketje dan.. Jangan lupa bahagia! Hehehehe.

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 9:10 PM

      yuk,…mengasah kualitas diri sendiri aja biar tambah ketje Dee 😀

      siyap aku bahagiaa 😀

  8. Irawati Hamid

    June 17, 2016 at 3:42 PM

    setuju banget Mba, apalagi point ke delapan (bersyukur). Bersyukur bisa membuat kita lebih tenang dan nggak sirik sama keberhasilan orang lain 🙂

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 9:09 PM

      iya mak, keberhasilan orang kadang membuat aku bahagia 😀 apalagi sahabat terdekat 😀

  9. Ida Tahmidah

    June 17, 2016 at 5:26 PM

    Tipsnya keren..
    Yang paling penting deketin sang pemberi ketenangan..insya Allah hidup kita tenang… 🙂

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 9:08 PM

      setujuuu…
      itu mah ga usah di sebut lagi, udah konek dengan sendirinya 😀

  10. Blogger Purwakarta

    June 17, 2016 at 7:49 PM

    Mantep Mak…. Kalau saya banyak bercinta aja sama istri…. Hahahaha… #Agul_Melepas_Status_Jomblo

    • nchiehanie

      June 17, 2016 at 9:07 PM

      hahhaaa..wkwkkwkwk eeaaa pengumuman uy 😀

      haseek, mantabs itu bagi lelaki, bagi cewe capeee :v

  11. Sina

    June 17, 2016 at 10:02 PM

    cuek juga bisa bikin kita enggak mikirin masalah sepele dan tetep lurus menjalani hidup walau apa kata orang

    keren tulissannya

  12. rita dewi

    June 17, 2016 at 10:28 PM

    Jangan banyak maunya. Ini nih yg susah. Hihihi….

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 3:17 AM

      haduuhh…uukk belajaaar

  13. Arina Mabruroh

    June 17, 2016 at 10:56 PM

    Supeer sekali Mba!

    Btw aku juga sekarang belajar cuek, bukan dari ngurusin orang lain, tapi dari dengerin omongan orang. Hehe

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 3:17 AM

      iya bener juga tuh..
      sepaket dengan cuek
      abaikan omongan orang,

  14. Witri Prasetyo Aji

    June 18, 2016 at 4:23 AM

    Salah satu kunci kebahagiaan, Bersyukur…

    dan paling setuju, enggak usah nyampurin urusan orang lain, fokus ajalah bekerja… hehehe
    Kalau capek ya menghibur diri sendiri gt 🙂

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 2:52 PM

      hahahaha..bener banget..
      cape ya tinggal di pijet..

  15. Alaika

    June 18, 2016 at 4:40 AM

    Sepakat dg tulisan ini, cyin!

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 2:51 PM

      aiih mbayuku, cuuz yuk ah!!

  16. Bba

    June 18, 2016 at 8:50 AM

    setuju banget yang jadi diri sendiri dan menyapa stress…mak lirik kiri kanan tapi tetap aja cantik sihh..

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 2:50 PM

      huhaahhaa ngegombal uy

  17. Irmasenja

    June 18, 2016 at 9:42 AM

    Setuju tehh, tp gak boleh banyak maunyanyak… xixixiix atuhlah hahahha :p

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 2:46 PM

      haahha…bolehlah khusus buat neng nong maah

  18. Ira guslina

    June 18, 2016 at 12:54 PM

    Yess mba. Kadang kita perlu sendiri dan cuek dalam artian positif.. yg penting selalu jadi pribadi positif ya…

    • nchiehanie

      June 18, 2016 at 2:33 PM

      setujuu banget mbaa
      iyes pribadi yg positif

  19. Ratna Dewi

    June 18, 2016 at 9:43 PM

    Bersyukur kayaknya jadi kunci utama banget ya teh. Kalo orang Jawa bilang, legowo. Jangan terus menengok ke atas tapi lihatlah ke bawah biar kita terus bersyukur.

    • nchiehanie

      June 19, 2016 at 4:14 AM

      naah itu legowooo, rasanya lepaas gituh deh…

  20. cumilebay

    June 19, 2016 at 11:35 AM

    Ikhlas dan terus bersyukur menjadikan hidup kita makin nikmat

    • nchiehanie

      June 19, 2016 at 1:02 PM

      setujuu pake bangeet om

  21. cputriarty

    June 25, 2016 at 10:51 AM

    Dibikin santai aja yaa dalam menjalani hidup ini apalagi hanya sekali seumur hidup😊☺

    • nchiehanie

      September 6, 2016 at 9:25 PM

      iyaaa bangeet mbaa..
      santai, mantaiii..

  22. Gilang Maulani

    July 30, 2016 at 9:20 AM

    berarti yang membuat aku kurang bahagia adalah … terlalu takut dan khawatir. Oke sekarang harus memulai untuk jangan takut dan khawatir hehe. Makasih tipsnya teh nchie 🙂

    • nchiehanie

      September 6, 2016 at 9:26 PM

      hihiiii..ayooo gilaang, semangaat…

      iya masama, moga bermanfaat..

  23. Yurry

    February 16, 2017 at 10:20 AM

    Pagi bu ….

Leave a Reply to Indah Juli

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.