Home / Kesehatan / Cara Menenangkan Diri dengan Tools Access
Nchie Hanie | DewaSeo | Lineation Centre |Emak2 Blogger

Cara Menenangkan Diri dengan Tools Access

Cara Menenangkan Diri dengan Tools Access. Banyak jalan menuju ke Roma, begitu pun banyak cara untuk menenangkan diri di situasi yang penuh dengan kepanikan, kecemasan dan kekhawatiran seperti  yang terjadi saat  ini. Setiap orang berbeda cara ga papa yang penting tujuannya sama membuat diri tenang. Tapi kebanyakan yang terjadi adalah, merasa bingung harus bagaimana?

Pertama-tama, tahukah bahwa tubuh kita memiliki kecerdasan yang luar biasa, tubuh kita memiliki kemampuan menangkap atau menerima sinyal dan mengirim sinyal dengan berbagai cara salah satunya adalah melalui informasi?

Di situasi kondisi saat ini, ga hanya di Indonesia saja tapi  hampir seluruh dunia menghadapi wabah global  covid 19. Sadarkah,  bahwa banyak sekali informasi yang beredar baik melalui internet televisi media sosial WhatsApp dan bahkan dari cerita-cerita orang di sekitar yang menciptakan pemikiran dan perasaan seperti cemas takut dan khawatir marah dan bahkan panik berlebihhan.

Tanpa sadar, semuanya itu  dapat memicu terjadinya stres depresi dan bahkan trauma serta merupakan penyebab menurunnya imunitas  tubuh. Jangan sampai didiamkan,  kalau mengalami dan  terjadi terus-menerus dan engga  segera ditanggulangi maka akan berdampak kurang baik pada tubuh.

Lalu bagaimana dong solusinya?

Begini tips dari aku tentang bagaimana cara menghadapi keadaan begini  dengan lebih ringan .

  • Meningkatkan kesadaran diri.

Agar tahu apa yang sebenarnya terjadi sekarang ini salah  salah satunya adalah tenangkan diri terlebih dahulu. Setelah itu tanyakan kepada diri sendiri  dan hati. Apa ini? Perasaan apa ini? Pemikiran apa ini? Aku kah yang cemas  atau apa?

Dan tanyakan apakah ini milik saya? Karena 98% apa yang kita pikirkan dan rasakan ga sepenuhnya milik kita.  Tuh, diatas udah ku jelaskan bahwa  tubuh kita memiliki kemampuan untuk menangkap sinyal jadi kemungkinan besar yang dirasakan dan  dipikirkan salah satu informasi yang mentemen tangkap dari orang lain.

  • Menyaring informasi

Kebanyakan  yang terjadi informasi diterima dan tanpa sadar masuk ke dalam diri.Yuk, di sini  kita bisa melatih diri kita untuk lebih sadar dalam menyaring informasi.  Tanyakan ke dalam diri dan hati  ketika  menemui sebuah informasi.

Apa yang akan terjadi dan tercipta kalau saya mengambil informasi ini?Informasi ini dan bandingkan dengan pertanyaan apa yang akan terjadi dan tercipta kalau saya ga mengambil informasi ini .

Coba rasakan di hati, dan pilih mana yang lebih ringan.

  • Berhenti menyebarkan informasi

Apalagi berita hoax, yang dapat menciptakan ketakutan, kecemasan dan kepanikan. Lebih baik tekadkan dalam diri untuk menyaringnya sendiri. Cukup membaca dari berita  yang terpercaya saja.

  • Menciptakan rasa bahagia

Ini  yang sangat diperlukan untuk saat sekarang, kuy mulai  melakukan aktivitas yang bermanfaat dan yang menciptakan lebih banyak  kebahagiaan.  Karena rasa bahagia  mampu meningkatkan immune sistem tubuh

Nah tips di atas cocok buat pemula yang mau belajar, buat diri kita peka sama diri sendiri, lebih mencintai diri sendiri. Pertama kali belajar Access ini, awal tahun lalu. Sampe sekarang pun setiap saat yang terjadi dalam diri, ku selalu bertanya ke dalam diri. Banyak banget manfaat belajar Access Bars  untuk diaplikasikan di kehidupan sehar-hari.

Sekarang, ku memilih untuk menenangkan diri dan menciptakan bahagia di rumah aja, WNI yang patuh  nih.

Mengenal tools accees yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari sangat simple. Apalagi aku termasuk orang yang peka, seringnya menyerap dan menerima informasi orang lain yang akhirnya ku sendiri yang merasa sakit, padahal nyatanya itu bukan milik aku sepenuhnya.

Pernah ga  mengalami sebuah momen dimana tubuh   disini namun pikiran dan hati dimana gitu. Kejadian begini seringkali tanpa sadar melakukannya. Ga peduli dampaknya yang terjadi dikemudian hari . Akhirnya banyak terjadi ga sesuai harapan, bisanya hanya menyalahkan  saja.

Seberapa banyak dari Anda yang benar-benar  hadir secara utuh dalam setiap momen kehidupan  ketika pikiran tubuh dan hati engga selaras dan harmonis ? Yang muncul  perasaan ga nyaman, bahkan resiko penyakit mental akan semakin besar.

Bagaimana cara mensinkronkan antara tubuh, hati dan pikiran agar selaras?  Sebaiknya dimulai dari  kesadaran dalam diri  yang akan terbuka ketika kita bersedia melepaskan “perisai diri” atau ego dalam bahasa sehari-hari, kalau di Access dikenal dengan “barriers”

Barriers down please.. Barriers down please ini yang sering aku lakukan ketika akan memegang pasien yang bermasalah dengan kecemasan, kepanikan, anxiety berlebih atau bermasalah dengan dirinya sendiri, yang menimbulkan stress. Berbagi sedikit tentang pengalaman menenangkan pasien di Klinik Utama Lineation

Lagi Swap Bars, gantian saling memberi dan menerima Bars sesama Praktisi

Menjadi  seorang Praktisi dari  Access Consciousness rasanya seneng banget. Buat mentemen yang belom tahu apa itu Access Consciousness,  ku jelasin sedikit nih. Jadi  Access  adalah sebuah modalitas  yang memiliki banyak tools  dimana  dapat memfasilitasi kita dalam membuka atau meng-unlocking segala macam bentuk hambatan dibeberapa aspek kehidupan.

Salah satu metodenya mengunakan Access Bars. Bars seperti tombol delete stress yang mampu melepaskan dan menetralkan segala bentuk pemikiran emosi perasaan, kebiasaan dan bahkan memori yang menghambat kita untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi hanya dengan sentuhan lembut di area kepala.

Emang bisa ya, sentuhan lembut di kepala menena gkan kita? Bisa asalkan dirimu sendiri yang meminta untuk berubah dan bersedia membuka perisai diri tadi. Baru lah dimulai sesi Bars dengan menyentuh 32 titik di kepala. Bars engga menjanjikan hasil, semuanya tergantung si pasiennya itu sendiri. Praktisi hanya media perantara yang membantu melancarkan energi yang tersembunyi atau menyumbat dalam diri si pasien.

Tahukah bahwa pemikiran, emosi, dan perasaaan kebiasaan dan memori yang masuk tercipta dan tertanam dalam  diri baik disadari atau engga, sangat besar berpengaruh dalam diri yang akan menyabotase kesukseksan, keberanian semangat dan bahkan kebahagiaan?

Dengan menggunakan tools Access ini, makin menyadari  dan dapat menemukan lebih banyak posibilities dan  peluang kesempatan dan bahkan pilihan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi.

Lebih banyak bercengkrama dengan diri sendiri, connect dengan diri, Sang Pencipta, Universe berusaha  dan berdoa, akan banyak kemungkinan yang kita terima. Belajar membiasakan diri untuk meminta pada universe, bertanya tanpa meminta jawaban.

Ketika sahabat Blogger jauh-jauh dateng ke Bandung, sengaja ke Klinik hanya untuk mendapatkan sentuhan Bars dan menenangkannya.

Bersediakah dirimu menciptakan yang lebih baik? Apa yang dirimu ciptakan hari ini?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

121 comments

  1. Menyaring informasi ini bener banget teh, kalau gak menyaring main masuk semua bisa stress juga ya. Aku hampir gak pernah nyebar2in berita dari wa 🙂
    Untuk hidup bahagia sebenernya simple ya asal kitanya mau atau ga

  2. wah ada kak zata, aku belum kesampean teh pengen ikut juga kelasnya atau paling ngga ngerasain treatmentnya disana, supaya bisa mengelola emosi dan stress.

  3. setuju baget nih teh sama point menyaring informasi, yang baik diambil, yang kurang baik tentunya cukup tau ajalah ya teh hihihi,

  4. Aku pelan-pelan bacanya…udah nebak-nebak kalau tools access ini sejenis aplikasi untuk PC atau handphone 😂 ternyata salah. Jadi kepengen atulah mendapatkan sentuhan bars yang menenangkan di tengah pandemi ini… tapi saya di bogor huhu

  5. Yes, sentuhan lembut di kepala menenagkan kita …. Bisa asalkan dirimu sendiri yang meminta untuk berubah dan bersedia membuka perisai diri tadi.

    Sudah kurasakan sendiri.
    Memang berasa ke-delete.

    Alhamdulillah sekarang saling bars dengan Athifah. Klau berasa mulai overloaded, saya minta Athifah buat nge-bars. Saat suami sakit, kebetulan beliau gak boleh minum obat kimiawi, saya bars dia. Alhamdulillah menolong banyak 🙂

    • Hahhaaa..aseeek kaaan?

      Asik banget itu, bisa sama Atifah swap.
      Pokonya seru ya Mak, Alhamdulillah membantu banget buat diri sendiri dan semoga bisa bermanfaat buat sekitar

  6. Di saat kayak gini memqng butuh ketenangan jiwa.
    Aku pun udah gak mengakses terlalu banyak info dan berita mengenai covid19. Fokus ke kerja dan cari resep makanan aja, haha.

  7. Hihiii samaan, aku suka kepikiran banget kalau ada info2 yg nggak ngenakin ati. Salahku apa, kenapa dia begitu, kurangku apa dll. Kudu banyak2 relaksasi ya. Makin tua rasanya semua hal jadi makin serius padahal ya sama aja dari dulu sampai sekarang tu masalah mah ada aja. Semoga kita sama2 sehat & bahagia ya Nchie.

  8. Nah itu banyak di wag yang share berita2 yang belum pasti kebenarannya, duh bikin tambah panik aja kan di situasi seperti sekarang ini. Bener, baca berita di media yang terpercaya aja daripada bingung ya.
    Sekarang ini harus banyak berpikiran positif aja biar hati, pikiran tenang.

  9. Karena itu saya hanya menyikapi pemberitaan di wag secara netral, tanpa share ulang. Saya tidak ingin termakan, pun tidak ingin ada orang lain yang termakan pula. Logis ya Teh…

    Keburu lockdown lokal, ga bisa kemana-mana. Padahal udah lama punya keinginan kalau bisa ke Bandung bisa diacces bar ku Teteh. Atau ku Mbak Alaika, pengen coba dan pengen bisa “meringankan” diri…

    Semoga terlaksana ya suatu saat

  10. aku tu udah lama pengen coba 🙁 soalnya aku kurang bisa mengelola emosi huhuhuu tapi waktunya ga pernah cocok, belum jodoh huks

  11. Aku sharing berita baik di WAG maupun sosmed lainnya, agar nggak meracuni pikiran. Enggak nolak baca berita tentang covid, tapi memilih berita yang bener-bener valid aja.

    Sayang kemarin waktu Teh Nchie ke Semarang malah enggak bisa ketemu ya, moga bisa berkunjung ke Bandung buat menikmati di-Bars sama Teteh

  12. Penasaran banget dengan bars ini, pernah hadir di Makassar, sayang saya ketinggalan informasi jadinya tidak sempat menikmati nyamannya ngebars.

  13. Menyaring informasi yang masuk itu emang oenting banget sih ya buat kesehatan dan ketenangan jiwa dan raga eaaa hehe. Sekarang untuk bahagia dan ketenangan batin menyikapi pemberitaan dan takdir aku lebih banyak berdoa yang banyak.

  14. Belum pernah di BARS tuuh…rasanya penasaran.
    Secara aku orangnya denial banget, teh.
    Jadi mungkin gak…aku di BARS?

  15. Belum pernaj cobain nih Tools Access Barsnya, di tengah wabah Corona samgat rentan kena stress huhu banyak pikiran, butuh menenangkan diri, btw ini ad d mksr ya kak cabangnya?

  16. Aku baru tau BARS ini spt ny enak yaa kalo bisa diaplikasiin.apalg emg skrg corona bikin stres…g cuman penyakit tp dampak sosial ekonomi kemana2

  17. Setuju banget supaya kita bisa menyaring info2 yang masuk via WAG dll dan ga serta-merta membagikannya kembali kepada orang lain 🙂 Btw BARS seperti itu bisa buat kepala sensitif ga ya? Soalnya aku tuh orang yang ga bisa tersentuh misal ga suka dikrimbat malah jadi sakit kepala hihihii. Tapi jadi peasaran juga sih biar tau rasanya kan kalau menenangkan berarti oke dan cocok.

    • Soalnya ada 2 teknik menyentuh dan engga, tapi lebih efektif menyentuh. Ga diteken ko, cuma disentuh lembut.
      Jauh banget sama di krimbat, kebalikannya…

      Ayo sini ..

  18. Wah saya baru tau metode Access Consciousness ini, Mba. Kalau saya mau cobain tuh kemana ya? Mau juga jadi pasien Mba Nchie. Tapi Mba Nchienya di Bandung. Atuh kalau saya ke Bandung aja kali ya. Siapa tau bisa ngelepas stress.

  19. Penasaran pengen di BARS sama Teh Nchie biar releaae semua setress ini

  20. enak banget dipijet2, pengen juga tapi ada gak ya di kota Palembang?

  21. Selama di rumah aja ini ya, aku dari seminggu pertama tuh unfollow beberapa medsos berita, lumayan menenangkan. Mencari berita aja kalau diperlukan. Tapi disaat ini tuh memang yang dibutuhkan selalu berfikir postif dan aku memilih menenangkan diri dengan melakukan aktifitas lain di rumah. Pengen banget ini dari kapan itu pengen di BARS juga, semoga ini cepat berakhir dan aku main ke Bandung ah.

  22. Aku baru tahu teh klo ternyata 98% penyebab kita cemas itu berawal dari luar ya. Apalagi dari media sosial ya teh hahaha 😂. Setuju teh aku juga berhenti sekarang sebar berita yang aku belum yakin. Karena membendakan berita yang bener ama hoax susah ikh. Jadi daripada takut salah share aku, mendingan aku ga share. Klo salah bisa repot nanti pertanggungjawabannya di akherat juga

  23. setuju sekali teh, kita sendiri yang harus ngerem dan pilih-pilih informasi mana aja yang perlu kita baca dan yang tidak. menjaga diri sendiri dari serangan hoax ataupun panik hingga overthinking

  24. Kalo aku di-Bars gitu, ntar jadi tidur lelap kayaknya.
    Di Semarang udah ada praktisi BARS kan Teh? Meski selama ini aku pilih-pilih baca berita tentang covid ini. Tapi waktu tahu ada kasus orang meninggal karena dibegal, jadi kepikiran gimana keluarganya

    • Gapapa.. Semakin kita tidur lelap berarti bagus, dirinya menerima dengan baik.

      Ada Mita dkk

      Nah loh, kepikiran itu bisa bumerang buat kita, boleh empati tapi sewajarnya.

  25. Setuju banget sama tulisan ini, Teh. Termasuk untuk tetap berusaha bahagia. Insya Allah, kita semua bisa lepas dari cobaan ini. Aamiin

  26. Udah lama penasaran sama bars… Itu harus ke klinik ya? Atau bisa di rumah? Hihihi…

  27. Awalnya penasaran, seperti apa ya … Apakah bisa?

    Ternyata benar ini:
    Bisa asalkan dirimu sendiri yang meminta untuk berubah dan bersedia membuka perisai diri tadi.

    Kalau kitanya gak rela ya gak bisa.
    Tapi kalau rela dilepas segala sampah ya, bisa.

  28. Aku mau juga nih ikutan sesi Bars. Mau buang racun-racun pikiran yang ngendap tanpa sadar. Harus banget nih bikin hidup yang bahagia

  29. Kapan atuh nge-bars di Balikpapan?
    Buka cabang lah di Balikpapan, tetangga ibukota.

    Ada juga kota terdekat seperti Banjarmasin, Samarinda, Bontang, Tanah Grogot, dll.
    Siap jadi dayang-dayang nih kalau mau survei lokasi.

  30. Mupeng di-BARS lagiiiii
    Karena emang semacam defragmentasi gitu, dalam diri kita ya Teh.
    jadinya lebih sehaaaaaattt

  31. Saya juga berusaha untuk bertahan dan membuat dirimu bahagia sehingga bisa dengan senang hati juga mengurus suami dan anak-anak saat ini kecemasan luar biasa memang bakal menimpa siapa saja tetapi cemas yang berlebihan apalagi sampai membuat ketakutan tentu saja akan membuat rugi orang lain

  32. Dari dulu penaasaran denga terapi2 semacam ini mbaaak, Kapan yaaa ada kesempaan ketemuan huhuhu.
    BTW Mbak Nchie ada video2nya gtu kah langkah2 yang sekiranya bis aku praktikin sendiri gtu? Kayaknya mulai merasa setres juga krn pandemi ini hehe.

  33. Kayaknya aku butuh banget nih Teh terapi BARS ini soalnya ada sedikit gejala anxiety gitu. Mau ngapain aja cemas dan takut. Pengen rasanya rileks baring begitu sambil dipijitin.

  34. iya yaa…saya jg kadang pikiran di mana, badan di mana… eh kalau di bars gini terasa hangat atau gimana. apa bedanya dengan totok aura yg katanya jg bs bantu diri ini?

  35. Beda2 tergantung badan pasien sendiri, ada yang merasakan aliran hangat, dingin, panas..
    Kalo Bars tombol delete stress dengan sentuhan aja.
    Kalo totok Aura aku belom paham.

  36. Udah lama pengen ngerasain di Bars sama Teteh. Tapi belum ada waktu yang tepat aja untuk datang ke Lineation Teh. Padahal ingin juga ngerasain pikiran tenang dan rileks

  37. Jadi penasaran teh hehe, apalagi kadang2 suka mikir yang berlebihan ke hal2 yang belum terjadi 🙂

  38. Baru tahu kalau ada BARS ACCESS dengan berbagai tekniknya. Selama ini, mikirnya kalau butuh tenang yah tinggal menyendiri. Ternyata BARS ini bisa dipakai ya. Kapan2, ingin coba.

  39. Perlu banget ini ikutan ke sini bair makin nyaman dan fresh. Rasanya bikin badan rileks abis nge-bars gini ya. Jadi penasaran deh.

  40. Mbak…beneran…saya baru tahu tehnik ini. Ini bisa mengurangi stress ya? Kalau di Malang apa ada kliniknya Mbak?

  41. wahhh sangat cocok untuk relaksasi diri

  42. Setuju teh disaat2 kayak gini memang sangat penting untuk menjaring informasi dan tidak menyerbarkan jika belum dipastikan beritanya benar atau tidak. Dan aku baru tau juga teh tentang Bars Access ini termasuk terapikah?

  43. Alhamdulillah hari ini menciptakan konten blog Kak hehe.penasaran dengan access bars ini. Kayaknya enak dipijat2 gitu hehe ternyata ngefek ke pikiran juga.

  44. Alhamdulillah senang bisa membantu mengatasi stress teman-teman..barokalloh. Memang banyak cara menuju Roma. Kalau aku tipe sanguinis ga betah lama2 mikirin karudet alhamdulillah ini membantu banget aku terhindar dari stress selain tentu saja banyak mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa itu sih sepertinya yg penting karena bergantung pada yg Maha Kuat jadi kebawa ikut kuat.

  45. Iyaaa teh… tubuh kita memang selalu kirimkan sinyal yang jelas jika ada perubahan. Kita harus aware yaaa dengan swmua bentuk komunikasi ini. Dan yang pasti selalu tanya diri sendiri yg terbaik. Stay happy and healthy ya teeh

  46. Bahagia itu memang pada akhirnya ditentukan oleh diri kita sendiri ya. Orang lain bisa jadi hanya sebagai perantara saja. Teruslah berbagi kebaikan ya….

  47. Menarik banget nih Teh, saya jadi pengen nyoba access bars sepertinya banyak hal yang perlu dibuang dibuang tubuh saya.

  48. Bagus tipsna terutama bagian tidak menyebarkan hoax dan membahagiakan diri. Orang suka lupa. Pakai teknik BARS bisa bikin lebih tenang dan senang yah

  49. Saring informasi bener banget sih mba setuju. Ini acess barnya seru kayanya, bisa bikin badan plong rasanya :”

  50. Pokoknya mun aku ke Bandung, wajib diajak kesini ya teh…
    Biar luluh lantah semua stress dan plong hati…

  51. Teh, aku juga suka sensitif banget dan overthinking sama sesuatu. Kadang berekspektasi ketinggian dan malah kecewa sendiri. Makanya aku kayaknya kudu menyeimbangkan segala sesuatunya deh.

  52. sambil kepala dipijat2, sambil cerita2 jg gitukah Teh biar makin plong? iya yaa dipijat biasa ajah kepala jd enteng. apalagi kalau ada ilmunya begini, dipijat di titik yg tepat. pengen cobaas

  53. Dengan Access bener2 terhapus beberapa memori gak penting Teh. Semoga sukses dengan kegiatan access nya ya Teh Nchie.
    Pengin main juga ke studionya jika selesai Covid 🙂
    Sehat2 selalu ya salam buat Oliph 🙂

  54. Pokoknya kita mah tetap berusaha senyum aja apapun keadaannya ya, Teh. Biar kulit wajah juga gak berkerut hehhee

  55. Setuju banget, Teh. Menyaring informasi dan berhenti menyebar informasi yang belum tentu kebenarannya. Sekarang mah bikin hati tenang dan bahagia di rumah sebisa mungkin ya 🙂

  56. setuju banget nih teh, kita wajib baget emang menyaring informasi yaa, nggak semua informasi itu bisa ditelen mentah2, wajib dicari tau dulu kebenaranya

  57. Meskipun dalam keseharian aku belum pernah berada dalam kondisi sampai di level ‘tidak berdamai dengan diri sendiri’ penasaran juga nih mba dengan Access Bars. Aku termasuk orang yang gampang nrimo dan hayuk aja sama siapapun hehehee…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.