Jalan-Jalan Cantik Menyusuri Curug di Ciletuh Geopark

PIN curug tengah | geopark ciletuh | sukabumi | jalan2 cantik

Jalan-Jalan Cantik Menyusuri Curug di Ciletuh Geopark. Bagi sebagian orang mungkin lebih memilih jalan-jalan cantik ke mall dibandingkan dengan jalan ke alam terbuka. Rasanya menjemukan dan tak ada tantangan hanya mlaku-mlaku dalam gedung. Entahlah rasanya beda kalo NgeDora (istilah berpetualang) ketempat yang ekstrim. Meski sudah tak muda lagi, namun tetep berjiwa muda donk untuk explore tempat yang lagi kekinian.

Seperti halnya beberapa waktu yang lalu beberapa Blogger Bandung mengikuti Explore Geopark Ciletuh bareng  PT Biofarma. Dan perlu diketahui ini bukan karya wisata cantik. Namun berpetualang menelusuri tempat yang ekstrim.  Ada  9 Curug  di kawasan Ciletuh , tapi  hanya 3 yang  sempat dikunjungi.

Yuk ahh, jalan-jalan cantik dulu!!

1. Curug Cimarinjung

Salah satu curug yang  mempesona, berada di Desa Ciemas, beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang. Saat masuk ke kawasan Desa Ciemas, curug itu sudah bisa terlihat. Suasana pedesaan yang alami terasa tatkala di sisi kiri dan kanan hamparan sawah membentang luas.  Untuk menuju ke Curug ini medannya ga sulit, cukup berjalan kaki menyusuri jalan setapak kurang lebih 400 m.

Sebongkah batu raksasa menjadi gerbang masuk menuju curug ini . Dan banyak bongkahan batu besar diantara curug cimarinjung, lukisan alam yang wow, patut disyukuri. Sempat melewati senja dibalik bongkahan batu ini. Sangatlah cantik  senja yang memancarkan jingganya di balik bongkahan batu besar.

curug cimarinjung | geopark ciletuh | jalan-jalan cantik

2. Curug Tengah

Butuh perjuangan untuk menemukan curug ini. Perjalanan yg ditempuh melewati pematang sawah, medan jalan yang licin dikarenakan bekas hujan bikin hati deg2 plus. Jalan yang berliku, sampai manjat dan turun pohon. Ternyata  jalan yang ekstrim, ga jauh sih cuma susah aja,  tak menyurutkan hati untuk tetap melangkah. Yihaa tak sia sia, dibayar dengan keindahan curug Tengah ini. Berjalan diantara bongkahan batu untuk mendapatkan view yang pas, dan tentu saja dibantu oleh bapak yang ahli dan biasa jadi guide.

curug tengah| geopark ciletuh | jalan-jalan cantik

3. Curug Awang

Curug Awang akan tampak lebih indah bila dilihat dari kejauhan, konon katanya pada musim penghujan  mirip dengan air terjun Niagara mini, lebar dan penuh dari ujung ke ujung. Bila dilihat dari dekat keindahan air terjun ini kurang begitu nampak. Curug Awang terlihat biasa saja dengan batu-batu besar berserakan dibawah air terjun. Untuk menuju  curug ini sangatlah gampang hanya turunan searah saja yang curam, tapi tetep butuh tenaga ekstra di kaki dan tangan 😀

curug awang | geopark ciletuh | jalan-jalan cantik

Ada beberapa tips jika kita hendak melakukan perjalanan yang ekstrim seperti tempat2 di atas.

  1. Menggunakan sepatu sporty  khusus trecking biar gampang dan ga licin, bisa juga pake sendal gunung.
  2. Memakai SunBlock bisa menghindari langsung dr sinar matahari agar kulit wajah ga gosong.
  3. Bekal air minum, untuk menstabilkan tenaga yang terkuras.
  4. Jangan lupa bawa smartphone atau kamera untuk mengabadikan momen sekitar.
  5. Memakai topi

Nah, apakah Anda termasuk jiwa yang berpetualang? hayu atuh Ke Ciletuh Geopark Jalan-Jalan Cantiknya!!

Comments (23)

  1. Raja

    December 31, 2015 at 7:48 AM

    pingin banget kesini

    • nchiehanie

      January 2, 2016 at 12:01 AM

      hayuuu atuuhh…

  2. adi pradana

    December 31, 2015 at 2:17 PM

    Yang pasti selain sporty juga cantik, jalan-jalannya lho mbak… hehehe…

    • nchiehanie

      January 1, 2016 at 11:59 PM

      wkwkwkkkw….kirain orangnya..
      *benerin hijab

  3. rumahbata.com

    January 1, 2016 at 7:02 AM

    Subhanallah Indah sekali, cuman masih meraba-raba, di daerah mana nih, kalo curug berarti jawa barat, kalo ada alamat detil lebih jos

    • nchiehanie

      January 1, 2016 at 11:59 PM

      oiyaaa..lupaaa ga ngasih alamatnya yaa

      makasih koreksinya

  4. johana

    January 1, 2016 at 12:29 PM

    Ini tempat memang pas banget buat menghilangkan kejenuhan kerja :d hehe

    • nchiehanie

      January 1, 2016 at 11:57 PM

      bangeet..bisa fresh sejenak

  5. Desy Yusnita

    January 2, 2016 at 1:08 AM

    Suka sama jalan-jalan cantik tapi menguras kalori begini nih. Bonus bisa olahraga & mata seger liat pemandangan.

  6. wylvera

    January 2, 2016 at 5:49 AM

    Kapan-kapan temani aku ke sini ya, Mak. 🙂

  7. Widya Herma

    January 2, 2016 at 6:15 PM

    Wiiiih keren sekali pemandangan dan juga modelnya hihihi 😀

  8. Penjaja Kata

    January 3, 2016 at 12:46 AM

    Gak ada foto akunya ih. Hikss… :'(

  9. Beautyasti1

    January 3, 2016 at 10:43 AM

    Jangan lupa bawa cemilan dan minuman juga makkk.. Asyiknya jalan jalan tuh sambil makan hehehe.. (Doyan ngemil).. Makknya nge-rock bingits deh,, jalan jalannya ke air terjun..

  10. Jiah

    January 4, 2016 at 9:18 PM

    Ajak aku ke sanaaaa

    btw, airnya coklat gitu ya?

  11. yayu arundina

    January 5, 2016 at 3:42 PM

    woowww… sae pisan. ngos2an teunya ?

  12. Vicky Laurentina

    January 6, 2016 at 9:01 PM

    Curug Cimarinjung sebelah namanya kota Sukabumi, Ceu? Kalau ke sana orang-orang tahu arahnya, nggak?

  13. Irawati Hamid

    January 8, 2016 at 12:53 PM

    banyak banget curugnya Mbak 🙂
    disini kami hanya punya satu 🙂

    • nchiehanie

      January 15, 2016 at 10:21 AM

      iya banyak banget, seruu!!

      hihiii …

  14. ardy

    January 23, 2016 at 4:33 PM

    hmmm., itu dimana ya ? 😮
    tempatnya kereenn !!

    • nchiehanie

      January 23, 2016 at 7:09 PM

      hahahaaaaa..pura pura ga apal yaaa

  15. Vixalexa

    February 24, 2016 at 4:52 PM

    Air nya emang butek gitu ya kak ?

  16. Manda

    March 15, 2016 at 9:09 PM

    Keren euy, semoga tetap terjaga kelestariannya.

    • nchiehanie

      March 16, 2016 at 2:52 PM

      amiiinnn

Leave a Reply to Penjaja Kata

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.