Home / Blogging / Jalani Hidup Tanpa Kepura-Puraan Pada Diri Sendiri, Bikin Happy.
Im3 ooredoo | freedom internet | tanpa kepura-puran | nchiehanie | lifestyle blogger bandung

Jalani Hidup Tanpa Kepura-Puraan Pada Diri Sendiri, Bikin Happy.

Jalani Hidup Tanpa Kepura-Puraan Pada Diri Sendiri, Bikin Happy. Hidupku  selalu  akan menjadi perjalanan yang indah, walaupun mungkin  ga hidup dalam bergelimangan  harta dan kemewahan. Selama  mampu menjadi diri sendiri dan tampil apa adanya. “Inilah diri aku” yang sebenar-benarnya menjalani hidup apa adanya dan tanpa syarat ketentuan.

Menjalin pertemanan dengan siapapun tanpa kepura-puraan, hanya tulus persahabatan yang ada. Membiarkan orang lain, teman, sahabat dan keluarga menengok diriku apa adanya, dengan segala kelebihan yang mungkin dimiliki dan sekaligus kekurangan yang pastinya akan selalu  ada dalam diri setiap orang.

Berbicara tentang kekuranganku, pernah mengalami hidup untuk pura-pura bahagia demi menyenangkan orang lain, rela mengorbankan apapun demi orang lain senang. Sampai pada satu titik, ketika ku butuh kemana orang lain yang pernah kukorbankan. Dari sanalah titik awal ku menyadari, empati boleh tapi sewajarnya saja. Karena kita ga bisa menyenangkan orang lain terus, yang lebih utama adalah menyenangkan diri sendiri.

Teringat sapaan sahabat yang rajin nanya kabar,  ditanya,

“Chie, are you ok? Ko, perasaanku ga enak gini “

Ku jawab,

“Aku baik-baik saja (sambil nyanyiin lagu duo Ratu)” padahal ku lagi nangis tersedu-sedu sambil meluk guling.

Ayo, siapa yang pernah mengalami hal di atas?

Berpura-pura bahagia saat bersedih hanyalah bukti seberapa kuat aku  sebagai pribadi yang sesungguhnya.  Harus belajar memahami bahwa terkadang ku memutuskan untuk berpura-pura pasti mempunyai alasan-alasan tertentu . Kecenderungan  sebagai  manusia untuk ga mengatakan yang sebenarnya.

Padahal  sebenernya memahami  bahwa pura-pura adalah sebuah tindakan yang berbohong, ku memilih untuk tetap tersenyum disaat cobaan dan musibah datang silih berganti,  ga  mau membebani orang lain karena masalah pribadi. Akhirnya memilih untuk menyimpan masalah itu dengan cara tetap diam sembari mengumbar senyum kepada orang lain seolah-olah ga terjadi apapun pada diri.

Terlepas dari apapun niat berpura-pura,  walau berpura-pura adalah sesuatu yang unik dan sulit untuk dipahami. Tapi ku yakin dan percaya, bahwa seseorang yang hobi berpura-pura dalam hidup ini pasti mempunyai niat yang mulia, walaupun sedikit sakit di hati karena harus rela mengorbankan perasaan diri kita sendiri.

Yes, terkadang kepura-puraan pun aku menjalaninya tergantung  kebutuhannya apa. Kurang berkenan rasanya, kalo kesedihan yang dialami menjadi konsumsi publik. Cukup berbagi kebahagiaan aja. Namun, yang terpenting  adalah “jujur pada diri sendiri”.

Menjalani kehidupan dengan kepuraan-puraan pada diri sendiri, sama halnya dengan ga mensyukuri apapun yang didapatkan di kehidupan ini. Pura- pura kuat padahal sebenarnya hati ingin menangis, pura pura bahagia saat sebenarnya dalam kesakitan, berpura pura mengatakan semuanya baik baik aja, padahal ga baik baik saja. Dan efeknya nanti  semua kepura puraan itu hanya akan menindas batin sendiri dan membuat hidup semakin terasa ga adil akhirnya melukai batin sendiri.

Mulai belajar berdamai dengan diri sendiri hampir 7 tahunan ini dengan perlahan mulai jujur pada diri sendiri ga pake pura-pura lagi . Menghentikan  bersikap berpura pura, menangislah saat ingin menangis dan tersenyumlah saat  memang bahagia. Memilih hidupku  adalah untuk berbahagia, berbagi energy kebahagiaan buat sesama, menyebarkan kebaikan dan menjaga setiap hubungan baik dan tentunya untuk mendekatkan diri kepadaNya.

Dan, tahu ga sih kalo hidup penuh kepura-puraan pada diri sendiri, bakalan  ada dampaknya begini :

  1. Bikin capek
  2. Menimbulkan luka batin
  3. Membuat stress sendiri
  4. Cemas, anxiety berlebihan

Semenjak itulah, ku mulai jujur bersahabat  dengan diri sendiri, dengan menerima rasa pernah kecewa, amarah, sedih, stress dan rasa ga nyaman lainnya. Jadi sekarang, kalo ada rasa yang kurang berkenan hadir  aku kan bermesraan denganya sembari mengatakan, “ga usah lama-lama datengnya”. Ataupun ketika rasa bahagia datang, cukup bahagia sewajarnya saja.

Tapi, ada kecewa banget ketika lagi bekerja langsung uring-uringan ga kuku.  Pekerja onlen yang basicnya mengandalkan  koneksi stabil bahkan ngacir untuk pendamping mobile dimanapun ga boleh pura-pura . Misalnya, dimintain report dengan dalih koneksinya kurang bersahabat, padahal emang lagi males. Plis, hempaskan !

Ada yang nanya lagi,

“Chie, kamu stress ya, ko mukanya nekuk gitu?

Jawabku,

“Iya banget, coz koneksiku lemot  ini, jadinya ga bisa kerja euy, mana tanggung bulan ini”

Ini salah satu kejujuran menerima rasa stress pada diri sendiri. Lalu bagaimana solusi untuk memulihkan stressku karena koneksi yang lemot aja. Nah, untungnya ada temen yang selalu rekomendasikan provider si kuning dengan kelebihannya untuk Freedom Internet yang  ga pura-pura lagi untuk memberikan kenyaman untuk surfing onlen dan menemaniku bekerja setiap saat dimanapun bisa diakses. IM3 Ooredoo ini menghadirkan lini produk telekomunikasi yang simple, bebas syarat ketentuan seperti Freedom Internet

Ataupun ketika menjalani side jobku sebagai Blogger yang terkadang mengisi kegiatan harian atau meliput event dan di share ke sosial media. Sudah menjadi kebiasaanku ngeshare memang yang sedang kualami dan kujalani tanpa  tedeng aling-aling, dan aku orangnya tanpa basa basi kalau  memang kurang nyaman dengan seseorang dilinimasa, otomatis auto unfren.

Begitupun dengan penampilan yang pastinya membagikan diriku dengan apa adanya. Soalnya pernah ada Blogger ngajak kopdar  pas main ke Bandung. Lantas bilang begini, “Ih, Teh Nchie cantik dan putihnya asli deh”

Makjleb kan? Menusuk relung hatiku yang paling dalam, jadi selama ini maksutnya aku cantik pake aplikasi gitu. Ku jawab dengan senyum-senyum, ” Oh pastinya Mba, aku ga akan ngemodus, tanpa tipu-tipu kalo menyangkut soal diriku termasuk wajahku asli loh”

Terkadang hidup di sosial media itu banyak dikomentarin nitijen, karena  maraknya “pencitraan palsu” . Maka dari itu ku ga pernah bosan  mengingatkan mentemen untuk berani menjalani hidup apa adanya, fokus berkarya dan tunjukin diri tanpa tipu-tipu  ekspresikan diri tanpa kepura-puraan  dan Tanpa syarat ketentuan, seperti  dukungan IM3Ooredoo.

Coba deh, mentemen bisa menonton video ini :

Nah inilah, hidupku yang kujalani, tanpa pura-pura terutama pada diri sendiri. Karena sesungguhnya kebahagiaan yang hakiki ada pada diri sendiri. Mari terus bebas  berkarya dibidangnya masing-masing dan menyebarkan kebaikan dan cinta pada orang sekelilingmu.

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

122 comments

  1. Bener banget. Hidup pura-pura dan pencitraan malah bikin kita jadi stres sendiri. Ogah bangetlah ya. Enak jadi diri sendiri aja

  2. Eh bener bengeeeet. Pura pura itu bikin capek.
    Tapi aku beneran suka temenan sama.Teh Nchie. Sukanya ngga pura pura kok…:)

  3. Setuju teh, aku pun menginginkan pertemanan yang tulus dgn melihat apa adanya aku bukan melihat ada apanya. Simple itu bikin kita happy pokoknya. Btw kangen juga aku teh haha.

  4. hidup tanpa kepura-puraan tentu makin kita jadi happy ya teh. Karena ya gaperlu ada yang ditutupi atau mejadi palsu untuk dapatkan sesuatu. Kece nih

  5. Nchiiiie,
    Udah paling bener hidup mah mending bebaskeun aja yaaah,
    Biar lebih tenang dan tentram, yang penting bahagiaaaa hehe

  6. Aku ni teh, lagi pura-pura kuat dan happy setiap orang tua video call nanya kabar. Padahal hati sedih banget karena gabisa mudik. Tujuannya biar orang tua ga kepikiran juga kan… ya ga sepenuhnya pura-pura juga sih, tetep happy karena di masa sulit ini masih bisa dapet paket freedom Im3 tanpa syarat apapun dan no tipu-tipu.

  7. Aih … sahabatku yang apa adanya, apa kabarmu? Semoga selalu sehat dan bahagia ya ^_^

  8. Nggak kebayang wajah teh nchi ketekuk-tekuk, padahal kan flawless gitu ya 😄 capek juga kalau pura-pura buat memenuhi setiap ekspektasi orang lain🤭

  9. Katanya orang scorpio itu ekspresif lho mbak…orang cepet tahu kapan dia bete, hepi, marah dll. Jadi wajahnya aja udah jujur banget wkwkwk

  10. aku tu kalau liat teteh selalu bawaannya happy karena emang teteh tu aura positifnya sangat terpancar 🙂

  11. Teh Nchie pernah marah gak sih? hihihi senyum terus gitu auranya semoga kecipratan lah aku ya. BEner banget jangan hidup penuh ikepura-puraan ya biar gak cape

  12. Yang namanya sonib akan membuat me rasa kliksimpan jikalau kita terjadi sesuatu. Berhenti pura-pura bahagia biar tidak tahu keadaan kita. Kita jujur merupakan bagian melepaskan pencitraan dan apa adanya aja

  13. teteh keren banget sih, emang udah paling bener hidup tanpa kepura-puraan. susah klo banyak pencitraan tapi dustaa uwoooo

  14. Betul..apa ngaak capeeek sekali ya mereka yg harus selalu pencitraan dan tak mau menjadi diri sendiri? Haduuh..kalo aku sih gak akan kuat. Mending apa adanya aku saja lah gini.. BTW, percayaan kalo cantiknya Nchie tuh asli. Lha sudah pernah lihat langsung kok..hehe..

  15. Kecuali artis ya teh boleh pura pura wwkwkwk karena kan tuntutan karier. Tapi kala dalam kesehariian kita enak apa adanya. lebih nyaman dan santuy

  16. Dulu aku sampe gak jadi diri sendiri biar punya teman. Tapi ya ternyata gak nyaman banget. Gak bisa bebas. Jadi kalau gak mau berteman dengan versiku sebenarnya ya sudah. Enak jadi apa adanya

  17. Tidak menceritakan kesedihan itu bukan berpura-pura loh, Teh. Itu wujud kesadaran diri dalam tingkatan tertinggi untuk tidak membagi hal-hal yang sekiranya tidak mengenakkan orang lain. Dirimu adalah orang yang kuat jika melakukan hal tersebut.

    Nah, kalau postingan dimana diri kita beda jauh dengan aslinya itu mah ada dua sisi. Mungkin pura-pura, mungkin juga untuk penyemangat diri sendiri. Yang penting freedom to post berkat IM3 Ooredoo lah yaa.. Cuuuzz yuk posting lagi. 😀

  18. Menjalani hidup dengan kepura2an itu pada akhirnya akan lelah juga ya mba, sama saja dengan membohongi diri dan orang lain, lebih baik tampil apa adanya tapi tetap memperhatikan kelebihan dari dalam diri 🙂

  19. Salam kenal teh. Sharing yang menenagkan jiwa. Hidup apa adanya bukan berarti kita pasrah aja dengan yang kita punya. Aku setuju banget sih tampil tanpa kepura-puraan itu bikin bahagia, tanpa beban.

  20. Ya, jujur pada diro sendiri dan menikmati apa yang kita miliki bisa jadi kunci utama untuk hidup bahagia tanpa kepura-puraan ya teh

  21. setuju bangeeet, jujur sama diri sendiri itu penting banget ya teh, kalo sama diri sendiri aja bohong, gimana sama orang lain, malah jadinya nggak happy

  22. Iya teh aku setuju dengan tulisan teteh di atas, kesedihan bukan konsumsi publik, karena mencurahkan kesedihan malah bukan memberi semangat kepada orang lain bukankah kita ingin selalu menebar kebaikan? Dengan berkeluh kesah di medsos justru itu sedang menebar kesedihan, ketidaknyamanan dan itu bisa menular….

  23. Di medsos dan blog udah terlihat kok si Teteh mah apa adanya tanpa pura-pura. Ini yang biasanya menarik banyak pengikut karena kalau bahasa Sundanya itu pengkuh.

  24. Setuju teh tampil apa adanya aja di sosmed tanpa pencitraan 😀 gak asik jalanin hidup penuh kepura-puraan mah

  25. Setiap liat status sama sosmed teh Ncie aku tau kok kalau teteh always happy hehe. Btw memang ya kalau kepura2an itu bikin capek dan tertekan, so apa adanya aja.

  26. Berpura-pura di hadapan orang lai aja, udah capek. Apalagi berpura-pura pada diri sendiri ya, Teh. Kayaknya selain capek juga kesel.
    Tapi tetep aja, saya juga memilih gak mengungkap kesedihan untuk jadi konsumsi publik. Lebih baik masalah probadi diselesaikan sendiri.

  27. Iyaaa pura2 itu biasanya bereasi dengan kebohongan. Satu kali bohong nanti berpotensi ditutupin ma kebohongan lainnya. Gtu terus sampai berlanjut deh gak tau kapan.
    Makanya penting utk jd diri sendiri dan gak berpura2 jd org lain ya mbak 😀

  28. Aku gak pernah ngebayangin teteh bisa hidup dengan kepura-puraan.
    karena teh Nchie itu karakternya kuat banget.
    Terlihat dari cara berbusananya.
    Khas teh Nchie bangeetttt…

    Laaff teteehh~

  29. Hihihi, aku setuju mbaaaakkk!!!
    Aku juga tipe orang yang susah cerita kalau ada masalah ke orang, bukan berniat pura-pura ya. Tapi kadang cerita ke orang juga nggak guna juga hihihi…. Yang penting clearin pikiran diri sendiri dulu, jadi bisa jalani hidup tetap happy ya Mbak!

  30. iya teh betul banget teh, jangan terus2an berpura 2, termasuk berpura3 bahagia, malah bikin capek. mending jujur

  31. Pose yogany keren tuh. Gak dimarahin satpol pp yah nginjak bunga hehe.

    Semua disyukuri saja mau lagi lapang ataupun sempit ya. Mau pura2 bahagia butuh energi yang banyak

  32. Waaaah, teh Nchie Yoga berasa lagi meditasi ya. Betul jangan hidup kepura-puraan ya Teh, bikin nggak enak jalaninnya. Sehat dan bahagia selalu Teh dalam menjalani hidup apa adanya 🙂

  33. aku tuh paling ngga suka dengan pura – pura teh..capek dan pegel hati gue hehehhe. Memang ngga bakat bohong dan kalau ngg oke aku akan bilang ngga 🙂

  34. ya ampunnnn, teh baca postingan ini tuh aku langsung bilang, ih kok aku banget.
    ih iya banget sih ini. dan akhirnya sadar kalo pura-pura baik baik aja itu nggak baik ya.
    yup, mulai skarang berusaha jujur sama diri sendiri. makasih ya teh.

  35. Ya ampun teh, aku manggut2 bacanya, persis sama yang musti kulakukan..padahal jujur sama diri sendiri dan orang lain juga gpp ya. InsyaAllah bikin hepi, daripada seakan bahagia padahal sedih huhu..

  36. happy banget deh sama paket freedom internetnta IM3, bener beber bebas pake internet tanpa syarat ketentuan dan tanpa khawatir pulsa jebol ya maaaak.. setuju ah lebih baik jalani hidup apa adanya aja yaaaa

  37. Enjoooyy banget kalo hidup apa adanya, either online maupun offline
    Ndak usah berpura2 jadi orang lain yak. Kalo fake life gitu sangaaattt menyiksa 🙂

  38. Bener, Mba. Kepura-puraan hanya bikin diri sendiri capek dan lelah. Akan terasa ringan kalau kita bisa menjalani hidup ini apa adanya.

  39. Fake it till you make it udah ngga berlaku lagi ya Mba.
    Memang lebih baik jujur dan menerima apapun itu tentang diri kita sambil ngga lupa terus berusaha memperbaiki diri.

    Aku suka positive vibesnya, Mba! Jadi makin semangat.

  40. Aku ga suka pura2, sih. Kalau lagi bermasalah dan bilang baik2 aja itu artinya aku merasa bisa menyelesaikan sendiri.

  41. Bener nih Nchie, berbagi kebahagiaan (aja) bukan karena kita sandiwara. Biarin yang tau kesedihan kita ga usah banyak-bayak 🙂

  42. Nchie,
    Hidup pura-pura itu, tjapek tahu…!
    Tenggelamkan! Muahahaha.

    Just be yourself, because everyone else is already taken!

  43. Eh iya bener, jaman sekarang banyak yang gak asli demi pencitraan. Mencitrakan diri sendiri emang gak salah sih, sah-sah saja. Tapi lebih nyaman jika apa adanya, tanpa syarat. Jatuhnya hidup lebih tenang, santai dan gak khawatir ketahuan aslinya, hehe.

  44. Kalo foto yang pertama, lagi pura-pura nelpon kan Mak???

    Hehehe just kidding. Kalo itu sih pura-pura nggak apa-apa ya…pura-puranya juga nampak. Jadi bukan kebohongan hehehe

  45. Yes, menjalani hidup apa adanya, tanpa kepura-puraan, embuat kita lebih sehat secara psikis ya, Mak.

    BTW, itu yang di bagian awal:
    Sampai pada satu titik, ketika ku butuh kemana orang lain yang pernah kukorbankan

    Maksudnya mungkin, “ke mana orang lain yang pernah aku berkorban buat dia”, ya?

  46. Memang sekarang mah susah banget ngebedain yang mana yang pencitraan sama yang beneran teh. Hahaha. Btw aku pakai IM3 Ooredo juga, awet pisan pakai dari jaman sekolah.

  47. Sepakat mb, hidup apa adanya lebih nikmat. Kalau harus berpura-pura apalagi pakai tolok ukur orang lain, bikin capek dab stress. Btw pak su juga pakai im3 ooredoo, lancar dan irit…

  48. Setuju banget deh, terutama yang kerjaannya mainan sosmed ya? Fokus ke banyakin karya dan konten bermanfaat aja. Kdng bukan krn pamer tapi krn menjaga citra brand juga gtu sih. Yg pasti di luar itu ya mestinya tetep down to earth donk ya 😀

  49. Setuju banget deh, terutama yang kerjaannya mainan sosmed ya? Fokus ke banyakin karya dan konten bermanfaat aja. Kdng bukan krn pamer tapi krn menjaga citra brand juga gtu sih. Yg pasti di luar itu ya mestinya tetep down to earth donk ya 😀 .

  50. Kelihatan loh mana cantik asli atau polesan, meski belum pernah bertemu Teh Nchie tapi aku yakin deh cantiknya aseliii

    Bebaskan aja sih menurutku kalo pengen hidup tanpa beban. Meski tetap kalo urusan privasi kudu disembunyikan ya Teh, kayak apa aja, hehee. Soal curhat di sosmed untuk urusan pribadi gitu juga enggak bisa semua diumbar. Kerjaan jadi blogger tuh paling asik kalo didukung dengan provider yang tanpa syarat berlaku, bisa lancar wus wus wusss

  51. Berdamai dengan diri sendiri kunci buat bisa menerima apapun di dunia ini teh, meski sulit, beneran sulit deh buat dilakukan 🤣 butuh kekuatan dan keikhlasan hati

  52. Aku kadang ga ngerti aku sebenerw gimana mba. Karena sebenarnya mengenal diri sendiri itu penting ya jadi diri sendiri

  53. apa adanya aja ya makk… kalo pura2 mulu mah bikin pegelll 😀
    aku juga terus terang bete kalo jaringan lemot hihihi

  54. Beneran ya.. jaringan lemot pas ada kerjaan yang gak bisa ditunda tuh potensial bikin stress meski sekejap ya.. semoga dijauhkan dr segala stress ya teh.. biar tetap awet muda tanpa aplikasi hehe

  55. Hidup emang ga boleh pura-pura sih, aku menyesal waktu itu pura-pura sehat padahal sebenernya sakit banget akhirnya lemes malah jadinya malu sama temen, untungnya masih ada orang di kosan, huhu harus jujur apa adanya

  56. aku pernah loh kejadian lagi fast blogging pas bagian ngelomba blognya, terpaksa ke luar ruang [ertemuan, nyari sinyal, dan itu menjadi pengalaman yang seru bersama selular, dan untungnya menang, kalo ngak aku jelek2 in hahaha. ngak ding, kali lagi sinyal low aja

  57. Capeeek lho mbak kalau berusaha menyenangkan orang lain eh diri sendiri malah jadi ga happy. Menjalani hidup apa adanya ini yang menjadikan melangkah terasa ringan.

  58. Hidup paling enak emang hidup apa adanya.. gak neko2.. dan bikin hati nyaman..

  59. Teh Nchie ini kalau kulihat orangnya seperti bahagia terus deh, soalnya senyuuum terus. Entah pura-pura atau beneran, tapi lebih enak memandang orang yang positive vibes terus, jadinya kita juga ikut tersenyum.

  60. Menjadi diri sendiri tanpa kepura-puraan memang menyenangkan, tanpa beban. Begini nih salah satu yang bikin happy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.