Home / Blogging / Baksos Lineation Memperingati World Suicide Awarness Day
Baksos Lineation Centre | World Suicide Awarness day | Access Bars| nchie hanie

Baksos Lineation Memperingati World Suicide Awarness Day

Baksos Lineation memperingati World Suicide Awarness Day, 10 September 2019. Kegiatan ini serentak dilakukan diseluruh dunia loh, termasuk di Indonesia. Salah satunya kota Bandung yang turut berpartisipasi dalam rangkaian Bakti Sosial di Lineation Centre dengan Facilitator Bars David Budi Wartono. Selain itu ada juga di Jakarta, Tangerang, Sumedang, Bekasi, Medan, Yogyakarta, Makassar dan Surabaya.

Apa sih World Suicide Awarness Day?

Begini ya, dalam hidup ini terkadang mengalami stress atau depresi, yang secara langsung ga disadari. Ga pandang bulu, orang tua, remaja, anak-anak pun merasakannya. Apalagi dengan maraknya kasus awal bulan ini salah satu mahasiswa yang melakukan bunuh diri, sempat viral di medsos. Sedih rasanya membaca blognya soal depresi. Lebih sedih, orang-orang yang berkomentar dengan seenaknya dan menjudge tanpa mengetahui akar permasalahannya. Its oke, your ipov.

Depresi kadang merenggut segalanya, mulai dari kebahagiaan, finansial, bahkan nyawa dipertaruhkan. Berapa banyak yang menyadari bahwa di sekitar kita sedang mengalami depresi? Jangan jauh-jauh diri sendiri pun pasti mengalaminya, termasuk aku. Untungnya ku sempat menyadari dan berada di lingkungan yang tanggap menyadarkan aku. Special thanks buat dr David yang selalu mengingatkan aku dan mengenalkan pada Access Bars sampai jadi Bars Practioners.

Nah, karena banyaknya kejadian dan bahkan sampai berniat ingin mencelakai diri sendiri dengan permasalahan yang ada, sangat wajar mungkin mereka belom memahami gejala depresi dan bagaimana mengelolanya serta membuangnya. Maka dari itu untuk memperingati hari kesadaran bunuh diri sedunia yang jatuh pada tanggal 10 September, Lineation Centre menggelar Baksos dengan menghadirkan Praktisi Bars di Bandung yang siap berkontribusi. Asik banget kan, bisa kontribusi kebahagiaan dengan BARS.

Yuk, mulai memahami dan mengetahui gejala depresi pada diri atau orang -orang disekitarmu. Bagaimana untuk mengatasi kemungkinan depresi? Lineation Centre mengajak siapa pun yang membutuhkan untuk turut berpartisipasi dalam event Access Consciousness & World Suicide Awareness Day melalui sesi BARS GRATIS!

Apa itu BARS? Tak kasih gambaran sedikit, adalah sentuhan di 32 titik pada tubuh yang difasilitasi oleh Bars Practicioners tersertifikasi internasional, dr. David Budi Wartono, founder Lineation Aesthetic & Health Care.
Sentuhan ini dapat melepas data elektromagnetic yang negatif pada tubuh yang berpusat pada pikiran dan perasaan manusia yang dapat memblokir akses kebahagiaan dan potensi diri. Misalnya kurang percaya pada kemampuan diri, memiliki prasangka sulit mendapatkan penghasilan, sulit untuk menerima keadaan, dan masih banyak lagi yang tentunya dapat membuka blokir pada diri akibat trauma atau lainnya.

Baksos Lineation Day 1

Peserta yang terdaftar hadir di tanggal 10. Terdapat 4 sesi, dimana satu sesi ada 15 peserta. Pelaksanaannya sesi Bars mulai dari jam 11 siang sampe jam 5 sore. Setiap Peserta mendapatkan sesi Bars selama kurang lebih 1,5 jam. Kehadiran Praktisi Bars yang tersebar di Bandung semacam kopdar yang jarang sekali dilakukan, lalu brefing yang dipimpin oleh dr David sebagai Facilitator Bars. Sesuai dengan arahannya, bars ini non verbal , cukup tangan-tangan manis menyentuh para peserta. Lets Go!

Total 66 peserta, dengan 20 Praktisi Bars,wuih senengnya. Apakah aku sebagai Praktisi Bars merasakan cape? Sama sekali engga tuh, yang ada malahan happy dan banyak cemal cemil coz makanan yang berlimpah ada di depan mata. Duh, siapa yang doyan makan ini ya?

Day 2

Berhubung peserta Baksos ada yang harus ditindak lanjuti, Lineation menambah 3 hari ke depan khusus untuk peserta yang memang bener-bener membutuhkan. Mereka yang datang memang bermasalah dengan dirinya sendiri bahkan ada yang mempunyai niat mencelakai diri sendiri. Mereka yang disarankan untuk lanjut dan happy memilih dari dalam dirinya.

Di hari kedua ini melakukan sesi Clearing barengan yang difasilitasi oleh dr David, ya begitulah cara Beliau menyapa peserta yang memang kurang menyadari dengan kemampuannya yang ada. Ada beberapa yang spesial dan harus ditangani, tapi mereka pun happy, tampak dari wajahnya dan sesi sharing yang membuat Kami pun senang.

Day 3

Kembali hadir mereka yang memilih untuk merubah dirinya menjadi lebih baik, meski ada beberapa yang berhalangan , namun tak menyurutkan Kami Praktisi Bars untuk tetep berkontribusi. Karena dr David sedang berhalangan hadir. Kami pun berjalan dengan sendirinya sesuai dengan panduannya.

Kembali sesi sharing dari mereka tentang pengalaman selama 2 kali di Bars ini kebanyakan ko enak tidur ya. Menurut pengalaman pribadi emang iya sih.

Day 4

Mereka yang tersisa ada 5 orang dan bener-bener dateng sesuai dengan perjanjian, cuma satu orang telat jadi ga ke foto deh. Keyakinan dan semangat mereka membuatku salut, tampak jauh beda banget dari wajah dan body language mereka mulai berubah.

Kontribusi di hari terakhir jatuh pada seorang mahasiswa, masih ada yang mengganjal dalam dirinya. Setelah sesi bars anak manis ini pun sharing dengan sendirinya sambil berkaca-kaca, dan menangis kalau dirinya pernah mengalami pelecehan oleh someone spesial dan merasa tak dianggap oleh kedua orang tua dan keluarganya. I feel that.

Apa yang ku lakukan? Send love dan setia mendengarkan, memberikan pelukan kekuatan sambil membisikan.

“Kamu masih muda, bebs! Jalan masih panjang, sayangilah dirimu, kita ga bisa merubah orang lain tapi disaat kamu berubah, insyaallah orang disekitarmu akan berubah, tunjukkan dengan berkarya dan tetep tersenyum” What else is possible? How does it get any better than that?

Senengnya, habis Bars terbitlah SENYUM CERIA.

Begitulah ceritaku tentang kegiatan Baksos di Lineation World Suicide Awarness Day 10-13 September 2019. Secara pribadi pastinya merasakan empathy karena kebanyakan anak-anak muda yang mengalami depresi tingkat tinggi. Semoga mereka cepat menyadari kalo dirinya memang spesial, siapa lagi kalo bukan diri kita untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik. Yuk, tingkatkan kebahagiaan diri, coz kebahagiaan itu ada dalam diri kita dengan cara menyayangi diri sendiri.

Jadilah Super Hero untuk diri sendiri dan orang di sekitarmu. Karena dirimu sangat berharga.

Kapan kamu mendapatkan Sesi Bars?

About nchiehanie

Namaku Nchie Hanie, Aku adalah Simple Mom, Anggota Komunitas Blogger Bandung, Relawan TIK dan masih aktif sebagai Public Relationship di CV. DEWA SEO

125 comments

  1. Ya Allah.. semoga barakah deh kegiatan macam ini. Akhir2 ini memang banyak banget ya yag tingkat stress nya tinggi. Semoga dgn adanya kegiatan baksos seperti ini bs meringankan beban teman2 yg sedang dirudung masalah.

  2. Teh Nchie kapan ke Surabaya bareng team BARS lainnya?
    Kayaknya bakal banyaaaakkk yg mau ikutan, termasuk akuuuuu

  3. Aku jadi ingat waktu acara bloggerday di Bandung beberapa bulan lalu deh teh, pertanyaan dari dr David “Kapan terakhir kamu bahagia?” hahahaha… Tapi memang stress ini jika tidak dikendalikan bisa bahaya banget deh, sama halnya belum lama yang kejadian di Bandung juga deh. Stress yang gak dirasakan berujung dia depresi berat. Padahal anggota keluarga kalau lihat dia kayak orang normal aja gak ada masalah apa-apa.

    • Yihaa..hahahahhaha..masih inget ajaa,
      dan itu pertanyaaan yang bikin kita melongo, makjleb bangetbya Chiee

      Langsung pada mewek berjamaah ya, atulaah ku jadi inget momen ituuh

    • Huhuhu, ngomongin saat itu bikin sedih. Aku inget pertanyaan Dr Dave yang nyuruh kita untuk memaafkan diri sendiri. Aku sering banget gak maafin diri sendiri. Dan terus aja denial dan menghindar. Padahal dengan nerima diri sendiri, bahagia akan gampang sekali ya :(((

  4. Serem banget emang ya kalau sampai orang depresi terabaikan. Kita perlu waspada dan kaai support ya biar ga sampai terpuruk

  5. pernah ada teman nanya :’kamu bahagia aja kan?’ terus saya kebingungan jawabnya, biasanya orang-orang nanya ‘kamu baik-baik aja kan’ enak gitu ngejawabnya, ini malah gak bisa jawab apa-apa sampe kudu mikir 😀
    Bener ya Teh, ada orang yang depresi tapi gak paham apa yg terjadi dengan dirinya ya.
    Btw, saya masih penasaran dengan BARS ini

  6. Lagi rada galau banyak kerjaan tapi bingung mulai dari mana.. eh baca tulisan ini.. jadi adem banget teh.. duh ini beneran bikin hati tenang, dengan hati tenang, kita bisa menjalani satu persatu kerjaan dengan baik dan InshaAllah bisa selesai.. kadang melipir sejenak dari hiruk pikuk duniawi itu penting ya.. jadi refresh lagi dan bisa memulai kembali dengan jiwa tenang.. apalagi kalimat tulisan terakhir.. jadi superhero untuk diri sendiri, karena diri kita begitu berharga..

  7. Banyak pahala dan berkah untuk dirimu dan seluruh tim BARS 🙂
    Semogaaaaa depresi masyarakat kian berkurang yaaa

  8. Depresi adalah suatu keadaan tingkat tinggi dari tekanan yang tdak bisa diatasi sendiri, butuh dukungan dari orang terdekat. Yang sulit adalah jika orang terdekat tak peduli dan mengabaikan. bisa membuat yang depresi kian tertekan serta merasa sendirian.
    Salut dengan BARS karena programnya bisa membantu masyarakat untuk bisa atasi masalah dengan jalan mengenal serta mencintai diri sendiri dalam porsi wajar agar bisa bangkit..

  9. Kapan atuh giliran saya? Huhu harus ke Bandung kah? Udah sering baca kegiatan bars ini jadi kabita. Kalau saya juga bisa wah Cianjur bisa banyak bermunculan yang minat juga kayanya

    Salma kembali Teh. Kmai alhamdulillah baik. Amii rada hareeng udah tiga hari ini…

  10. Masya Allah, keren banget sih baksosnya Teh, semoga selalu diberkahi Allah ya, depresi ini memang fenomena gunung es banyak yang mengalami tapi kadang abai ya

  11. Kayaknya saya bacanya pas di jam-jam lapar, mengapa jadi terbaca bakso ya?
    an pengen bakso tengah malam jadinya hahaha.

    Btw, emang akhir-akhir ini makin banyak orang yang terang-terangan mengaku depresi, lebih baik sih biar bisa dibantu.
    Keren banget sampai diadakan baksos kayak gini, semoga berkah ya mba 🙂

  12. Duh ngeri banget ya kalo sampai terkena depresi sampai-sampai berniat mencelakai diri sendiri, sereem. Yup, diri kita ini berharga, sayangi diri sendiri dan berpikir hal2 positif, bersyukur, tentu akan membuat kita bahagia. Senangnya kegiatan berjalan lancar ya Nchie.

  13. aku pernah despret banget ampe ga tau mau ngapain lagi. alhamdulillah badai sudah berlalu. dan pas badai itu dateng lagi, aku dah siap mental n ga ambil pusing 😀

    aku mau juga atuh makk ikutan dibars…

  14. Sayangi diri sendiri sebelum menyayangi orang lain, eh hehee
    Gak kebayang kalau ngalamin depresi gitu teh. Bisa jadi menyendiri nih, kek aku dulu.. Tapi ga berlangsung lama, Syukurlah. Boleh dong diterapiin sama Teh Nchie hehehee

  15. Semangat Teh Nchie.. Pengen ngerasain juga bars-nya ^_^

  16. Teh Nchie cantikkk, di Semarang ada juga kah fasilitator BARS seperti ini? Mau dong belajar, tapi kalo untuk ngilangin stres diri sendiri musti minta bantuan juga ya pada yang lain?

  17. Wah banyak ya pesertanya sampai nambah Hari. Dengan menyadari kondisi diri sendiri butuh bantuan melawan depresi, itu Aja udah bagus lho. Lewat baksos ini alhamdulillah banyak yang terbantu

  18. wah salfok sama kata-katanya jadilah hero untuk dirimu sendiri dan orang di sekitarmu karena dirimu sangat berharga siap Teh 🙂 jadi pengen cobain ini deh kabita

  19. Sudah lama banget kepo sama sesi bars ini.

    Melihatnya saja, sudah terbayang manfaatnya.

    Semoga suatu hari bisa menjadi bagian bars ini, ya Teh

  20. Aih senangnyaaa… Ikut bahagia atas apa yang menjadi perubahan positif di sana teh… Lope lope sama kegiatan berbagi yang unik begini <3

  21. Waaaaah keingetan terus nih teh kapan bisa ngebars lagi, hihi kapan yaaaa…

  22. Ngomongin suicide ini jadi keingetan yang anak lulusan ITB Bandung itu Teh. Karunya pisan. Seandainya ada yang menolong dia membantu depresinya kayak teman-teman di sini.

  23. Wah aku baru tahu 10 Sept merup hari kesaaran bunuh diri.. Oh ya..jadi penasaran dengan Bars ini..pengen di-bars sama Nchie boleh?

  24. Aku penasaran dengan the bars ini ya. Barangkali streaku bisa hilang. Tapi harus ke Bandung nih kalo mau nyoba layanannya.

  25. Setuju sekali teh.. acara2 kayak ini jadi penting sekali buat menumbuhkan kesadaran akam kesehatan mental terutama untuk diri sendiri

  26. Acara ini gak boleh disepelekan, harusnya sering diadakan yah, mengingat kesibukan yg menambah stress sebagian org, keren deh

  27. Bagus ya kegiatan sesi bars ini. Untuk mengembalikan lagi kepercayaan diri mereka yang merasa sendiri. Karena dengan dukungan dan kepercayaan dari lingkunganny,a mereka bisa keluar dari stres atau depresi ya teh

    Good job teh.

  28. “Jadilah Super Hero untuk diri sendiri dan orang di sekitarmu. Karena dirimu sangat berharga.”
    Kalimat ini yang aku suka mba, karena suka miris kalau dengar dan baca berita anak muda yang bunuh diri karena cita-citanya tidak kesampaian….kasihan banget. TFS mbak

  29. diperingati di seluruh dunia ya Mba, artinya ini keren dan bermanfaat. luar biasa efeknya, meski terlihat sepeele. btw itu ada Mba Alaika ya, apa mirip sahaja

  30. Seru banget acaranya. Yas sayang sekali akupun tinggal di Bandung mbak bolehlah kalau ada acara seperti colek aku di grup hihi. kegiatan positif ini patut diacungi jempol

  31. Duh mau juga donk mbak dibars, aku penasaran nih gimana rasanya, gimana releasi setresnya, maklum sebagai emak2 aku juga sering tantrum. Semoga gak mengarah ke depresi aamiin. Tapi lebih kadang suka mengeluh aja, kecapaian dan setres karena aktivitas, Kalau ketemu aku dibars doonk 😀

  32. Makasih teh Nchie, jadi tau deh kalau tanggal 10 september itu world suicide awarness day.
    Menyoal yang mahasiswa bunuh diri dan postingannya soal depresi itu aku juga ikut sedih, dan sedih banget sekaligus kesel sama orang-orang yang komentarnya ngegudge hiks.
    Dan ini Lineation keren banget deh ngadain baksos BARS. Ikut bahagia melihat senyuman-senyuman sehabis ikut Bars, jadi pengen nyoba Bars juga deh 🙂

  33. Makasih teh Nchie, jadi tau deh kalau tanggal 10 september itu world suicide awarness day.
    Menyoal yang mahasiswa bunuh diri dan postingannya soal depresi itu aku juga ikut sedih, dan sedih banget sekaligus kesel sama orang-orang yang komentarnya ngegudge hiks.
    Dan ini Lineation keren banget deh ngadain baksos BARS. Ikut bahagia melihat senyuman-senyuman sehabis ikut Bars, jadi pengen nyoba Bars juga deh 🙂

  34. Keren banget sih ini..misinya mulia bener. Baksos di Lineation World Suicide Awarness Day manfaat banget pasti buat peserta yang sudah dibantu tadi. Dan pasti di luar sana banyak yang mengalami hal yang bikin ada kecenderungan untuk suicide ini.
    Duh semoga anak yang terakhir itu makin membaik ya

  35. Sumpah kegiatan ini keren banget menurutku, bisa di bilang relaksasi hidup hehe. Aku liat pak David ini kok ya bawaanya adem banget ya , pernah ketemu sekali waktu di Bandung tapi sayang belum sempat di bars huhu.

  36. teh aku mau dong nyobain ini, di Jakarta ada gak sih??? penasaran aku tuuh, eh ini sam agak sih teh sama yang pernah Uwan share di facebook?

  37. Dari duluuu…mupeng banget, pengin di BARS sama teteh.
    Hehhe…enak banget yaa, teh?
    Tapi satu hal dulu yang mesti diyakini yaa, teh..kalau mengakui kalau diri ini punya masalah yang harus diselesaikan.
    Aku ini, defensenya kuat bangeet…padahal mah…kalau uda di sentuh, langsung mewek…

  38. Teh, rasanya aku butuh diBars niy, udah semingguan ini kurang tidur. Entah napa kalo malam malah mata makin melek padahal siang enggak tidur

  39. waaah dapat bars selama 1.5 jam yaa peserta baksos yg terdaftar. jadi penasaran bagaimana sih rasanya dapat bars kok sampai bs bikin rileks dan jadi kurangi negative thinking?

  40. Pengen juga ya di Bars. Hehe … rasanya bakal nyaman banget, deh. Bicara soal stress dan depresi, perempuan rentan alami kedua hal ini. Keseharian sebagai irt tanpa asisten plus momong anak balita memang menguras tenaga. Saya yakin enggak sendiri, toh, di luaran sana banyak juga yang kayak saya. Hehe … Memang metide Bars ini bagus, sih.

  41. Baik stress atau depresi rentan dialami perempuan. Keseharian perempuan butuh multifokus memang. Jadi ibu plus istri juga banyak yang perlu dilakukan Dan cukup menguras energy. Memang bagus, ya, metode Bars, jadi pengen cobain.

  42. aku tuh pengenbanget deh teh ikut program atau acara mereka, tapi belum kesampean juga, setiap di Jakarta ada pasti udah full dan jaraknya jauh banget dari rumah. Semoga berjodoh bisa ketemu…

  43. Aduh mau coba dong mba tapi di tangerang ada nggak yaa, saya kadang sering merasa cemas hingga berkampak kurangnya jam tidur nih

  44. Wah, ada ya World Suicide Awarness Day. Keren ya tujuannya. Sebab stres dan depresi ini memang parah. Bisa sampe bunuh diri. Dan bener, dengan adanya yang peduli, stres dan depresi ini bisa sedikit berkurang. Dan dengan Acces Bars, stres dan depresi bisa jauuuh berkurang kayaknya ya.

  45. Bund ini kok keren bangeeeet sih acara Barsnya 😭 beneran loh pengen banget ikutan. Di Jakarta ada gak bund? Ngeliatinnya bikin mupeeeng!!

  46. Liat orang dipijetin gitu jadi pingin juga, kayaknya enak banget. Btw, depresi yang diabaikan pasti akan jadi bahaya yaa, semoga makina banyak acara-acara keren seperti ini diselenggarakn untuk membantu temna-teman yang sedang struggle mengatasi depresinya.

  47. Jadi inget sama mahasiswa S2 yang melakukan bunuh diri teh, nyesek banget baca blognya dia, merasa tidak diterima, merasa tidak disayangi, ya Allah, kadang kita ga ngerti apa yang disimpan seseorang dalam hatinya ya, sehingga kadang mudah menjudge.

    moga kita dihindarkan dari beban mental yang memicu depresi.

  48. Alhamdulillah..senang ya bs berpartisipasi membantu orang yg sdg bermasalah hingga depresi..huhu…

  49. orang-orang depresi memang harus dibantu yaa, Mba. Kalo tempatnya dekat, pengen ikutan juga deh, sayangnya jauh banget dan di kotaku kayaknya belum ada yang seperti ini 🙁

  50. Bravoooo dear.. membantu mereka yang memang benar – benear membutuhkan ya. Baksosnya juaraa

  51. Acara ini seru dan membantu banget mbak, apalagi posisi stress dan banyaknya tekanan yg membuat manusia hidup dalam kekuatiran. Apalagi pakai pijak begini pasti lebih tenang dan nyaman.

  52. Lineation ini keren ya. Kapan lagi ada ya, kak, pengen ikutan next time. Manfaat bars-nya Lineation bagus juga dan aku udah pernah rasain

  53. Semoga baksos kayak gini semakin sering menjangkau daerah2 juga.
    Manfaat dari bars ini baik ya, seneng banget baca cerita mahasiswi yg akhirnya bisa mengungkapkan unek2nya. Semoga dengan begitu, jadi bisa menyayangi dirinya sendiri. Walau sedih ya kalau keluarga sendiri gak berpihak

  54. Hebat ya Lineation,

    Karena mereka yang terdorong melakukan suicide pastilah merasa sangat putus asa

    Perlu bantuan

  55. Keren bgt sih teh acaranya, ini tuh pasti bisa menyelamatkan banyak orang yg lg “butuh pertolongan” bagus bgt sih aku bacanya terharu:”)

  56. Sukses selalu buat Lineation, semoga dengan kegiatan Baksos ini dapat menyebarkan senyum kebahagiaan bagi orang lain. Yup Teteh, depresi ini tidak disadari dan tak nampak, namun sangat mempengaruhi sikap kita. Menjadi lebih muram dan sedih berkepanjangan. Semoga kita semua selalu diberikan kebahagiaan. Aamiin.

  57. Terus menebar kebaikan ya, Teteh cantik. Belum-belum aja nih aku mau nyobain Access Bars huhu

  58. Tahu bars ini semenjak suka baca blog dan follow ig teh Nchie. Daridulu pengen banget tapi jauh banget yah di Bandung huhu apakah ada di Jogja…

  59. Barakallah… Keren banget kegiatan baksosnya. Masalah depresi memang sakitnya di dalam, jadi seringkali orang-orang sekitar juga nggak tanggap. Sepakat banget sama kalimat ini, “Kita ga bisa merubah orang lain tapi disaat kamu berubah, insyaallah orang disekitarmu akan berubah.”

  60. Kadang saya berpikir depresi seperti lemak di badan, nggak disadari tiba-tiba sudah menggunung. Beberapa teman saya juga mengalami depresi bahkan sudah ada yang suicide suivivor. Untungnya mereka sekarang lebih terbuka karena awareness tentang kesehatan mental bikin nggak banyak lagi yang ngecap mereka gila/kesurupan/kurang ibadah/dll.

  61. Wah keren banget acaranya ya teh. Kapan bisa jumpa kalau ada acara di Jogja ya? Terus menebar kebaikan dan kebahagiaan untuk sesama ya teh…

  62. aku jadi bayangin kegiatan serupa ada di Malang ya Teh, sayang banget jauh padahal pengen banget bisa ikutan. Pasti bermanfaat banget jika diikuti oleh ibu rumah tangga

  63. Kegiatannya sangat positif sih, bisa membantu untuk mengurangi depresi :’)

    Guwd lah, Mba 😀

    Makasih banyak yaaaak

  64. Luar biasa access bar ini. Semoga semakin banyak membantu menyembuhkan trauma banyak orang dengan metode ini.

  65. Kesehatan mental ini gak bisa dianggap remeh, ya. Seringkali yang terganggu mentalnya tidak kelihatan sedang sakit. Atau lingkungannya juga gak peka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please enter an Access Token on the Instagram Feed plugin Settings page.