Malam Puncak Festival Film Bandung 2021

PIN

Malam Puncak Festival Film Bandung (FFB) 2021 kembali digelar pada hari, Sabtu, 23 Oktober 2021 bertempat di  Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.  Festival Film Bandung 2021 adalah Festival Film Bandung yang ke-34 yang diselenggarakan oleh Forum Film Bandung. Artis papan atas pun hadir dalam acara tahunan yang selalu semarak.

Adanya pandemi tentu sangat mempengaruhi para regu pengamat FFB 2021 untuk mengamati yang akan masuk nominasi. Tapi salut banget buat Forum Film Bandung yang menyelanggarakan acara FFB, dimana tahun ini terdapat kategori baru untuk karya serial web. Sedangkan, kategori Film Bioskop Terpuji ditiadakan, karena jumlah film yang sedikit.

Tidak berhenti untuk berkarya,  pengamatan tahun ini pun mengembangkannya ke pengamatan film yang  banyak ditayangkan di layanan aplikasi streaming atau layanan over the top (OTT). Menurut catatan forum film Bandung, bahwa sepanjang tahun 2020-2021 terdapat 90 judul film yang dinilai dan diamati, di antaranya adalah di bioskop 25 judul film, dan tayangan OTT 65 judul film.

Pokoknya salut banget dengan Forum Film Bandung dan menikmati acara Malam Puncak Penganugerahan FFB 2021.  Dipandu oleh MC Kece langganan di Blogger Bandung Raja Lubis beserta pasangangannya dari Mojang Jajaka. Tampak meriah iringin perkusi dan beberapa hiburan membuat suasana akan kerinduan event  terobati.

Hadir juga Pak Parwez, Bapak Eddy D Iskandar dua nama yang sangat familiar di  Forum Film Bandung  dan dunia perfilman Indonesia. Jajaran tempatku duduk pun dihadiri oleh Cineas Muda, mereka dengan keuwuannya  turut meramaikan dan menyabet bebrapa kategori predikat Terpuji.

Pemeran  Terpuji Serial Televisi

Terdapat 17 pemenang yang mendapatkan piala penghargaan FFB 2021, beberapa diantaranya adalah Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi jatuh kepada Christ Laurent dalam film “Terpaksa Menikahi Tuan Muda”

Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi jatuh kepada Amanda Manopo dalam sinetron “Ikatan Cinta”.

Pemeran  Terpuji Serial Web

Pemeran Pria Terpuji Serial Web jatuh kepada Angga Yunanda dalam film “Kisah Untuk Geri” dan Pemeran Wanita Terpuji Serial Web jatuh kepada Cut Syifa dalam film “Omen”.

Pemeran Pembantu Pria Terpuji jatuh kepada Yayan Ruhiah dalam film Tarung Sarung, Pemeran Pembantu Wanita Terpuji jatuh kepada Asmara Abigail dalam film “Mudik”.

Pemeran Utama Terpuji Serial  Film

Masih banyak lagi pemenang Terpuji lainnya, bisa kepoin di Instagram @festivalfilmbandung

Hadir juga Wakil Bupati (Wabup) Bandung Sahrul Gunawan merasa bangga, karena Kabupaten Bandung kembali dipilih menjadi tempat diselenggarakannya Festival Film Bandung (FFB) tahun ini. Tampak menggunakan batik dan selalu  menebarkan senyum ramah.  Dalam sambutannya di atas panggung FFB 2021, Sahrul Gunawan merasa bangga.

Apalagi ketika mengungkapkan bahwa beliau, “ingin kembali pada  tahun 2004 di mana saat itu mendapatkan piala FFB, namun kebetulantidak bisa hadir. Alhamdulillah saat itu berkesempatan dapat penghargaan dan mudah-mudahan FFB bisa terus menciptakan karya yang lebih baik lagi.”

Dengan adanya gelaran Festival Film Bandung juga dapat memotivasi para sineas muda untuk berkarya mengangkat kearifan lokal, serta dapat membangkitkan Ekonomi Kreatif (ekraf) di Kabupaten Bandung. Selain itu kehadiran Festival Film Bandung mengingatkan kembali industri perfilman terhadap sejarah perfilman nasional.

Keberadaan film pada era globalisasi saat ini dapat menjadi alat penetrasi kebudayaan, dunia perfilman perlu dijaga dari pengaruh negatif yang akan merusak identitas film tersebut dan semoga gelaran  FFB kali ini menjadi momentum kebangkitan industri film nasional, yang tak hanya diakui masyarakat lokal semata, tapi diakui hinggal kancah internasional,

Selain itu ada juga Rano Karno yang mendapatkan penghargaan lifetime achievement. Sangat layak banget  beliau mendapatkan penghargaan ini, secara kiprahnya sedari kecil sudah pandai berakting. Llebih 50 tahun menggeluti dunia perfilman. Salah satu Film Galih dan Ratna yang hits pada jamannya dan Si Doel Anak Sekolah yang selalu melekat dihati para penggemarnya.

Lupa deh, ini tahun keberapa menghadiri event FFB, selalu seru dan penuh dengan cerita. Dan pandemi ini pun mengajarkan kita semua untuk tak henti  berkarya, seperti halnya para sineas.

Makasih Forum Film Bandung dan Festival Film Bandung 2021 semoga sukses dan Jayalah selalu,  Untukmu Film Indonesiku!

Kangen nonton di bioskop juga dan film-film yang akan tayang. Eh ko aku jadi kepo sama Film Losmen  Bu Broto!! Dan senangnya kini Bioskop pun sudah mulai dibuka kembali. Mari, kita me time, nonton bisoskop!!

Comments (63)

  1. Raja Lubis

    October 24, 2021 at 8:11 PM

    Aihh, terima kasih teh sudah hadir dan meramaikan gelaran Festival Film Bandung ke-34 tahun 2021.

  2. Katerina

    October 25, 2021 at 12:25 PM

    Sukses ya teh acara FFB 2021 nya. Para penerima penghargaan juga keren-keren, memang layak dapat apresiasi tinggi. Mengenai Amanda Manopo, minggu lalu aku nonton acara live streaming Seoul International Drama Award, dia dapat penghargaan, aku lupa kategori apa. Tapi hebat, dia dapat award dari ajang dunia internasional.

  3. Dian Restu Agustina

    October 25, 2021 at 8:29 PM

    Seru acara malam puncak Festival Film Bandung 2021…List pemenang beberapa tahu kualitas karyanya. Memang pantas jadi juaraaa. Dan sama kukangen nonton baca ini jadinya. Udah buka tuh bioskop..Yeayy

    • Mira Febriana

      October 30, 2021 at 3:32 PM

      Makasih teh infonya. Beberapa film belum pernah saya tonton, jadi tergugah untuk masuk daftar tontonan tahun ini

  4. Yeni Sovia

    October 25, 2021 at 9:33 PM

    Aduh kangen nonton bioskop aku jadinya teh. Rencananya pengen ngajak anak nonton bioskop juga. Ngomong ngomong Reza kayak udah langganan gitu pemenang ajang ajang film bergengsi begitu ya. Keren

  5. Rach Alida

    October 26, 2021 at 8:55 AM

    Reza Rahardian di Layla Majnun mainnya emang bagus. Duh kapan sih dia main nggak bagus. Hahaha. Tapi di Layla Majnun tuh dia bisa berperan sebagai warga asing dengan lafaz asli yang pas. Mukanya juga sesuai sih

  6. nurulrahma

    October 26, 2021 at 10:11 AM

    Mantuull banget ini Festival Film Bandung.
    Aku baru nyadar, kalo memang jumlah film di Indonesia makin dikit, pandemi effect ini ya Teh
    Semoga thn depan kondisinya udah membaik ya

    • Yuniari Nukti

      October 26, 2021 at 9:33 PM

      Festival Film Bandung pemenangnya artis Nasional ya?

      Kayaknya even ini konsisten diadakan di Bandung kerem dong ya ada karpet merah. Apakah suasana venuenya mirip dengan gelaran Panas*nic Award yang di tivi-tivi itu, Teh?

  7. Nathalia DP

    October 26, 2021 at 10:17 AM

    Seru ya acaranya…
    Wah ada reza rahardian, dia mah enggak perlu dipertanyakan lagi ya kualitasnya… Meski belum nonton nih filmnya yang layla majnun…

  8. diane

    October 26, 2021 at 11:29 AM

    Seru ya kak festival film Bandung ini… Ternyata film-film kita keren-keren dan layak dikasih reward.. Ke Bandung pas ada FFB kayaknya asik nih teh…

  9. Eni Martini

    October 26, 2021 at 8:15 PM

    Aku lihat laporan acaranya di instagram temen-temen kece banget ya, teh. Jadi pengen ikutan kalau di Bandung hehehe. Seru juga ketemu artis kesayangan

    • Dessy Achieriny

      October 27, 2021 at 10:33 AM

      Setiap ada penghargaan film selalu sering baca nama Reza Rahardian yang menang. Hehe. Aktingnya memang bagus bgt. Kalau inget Bandung, inget anakku, lagi sekolah di sana jadi bolak balik Bandung. Seru bgt ya ikutan acara begini ❤️

  10. Nurul Sufitri

    October 26, 2021 at 8:26 PM

    Kerennya Festival Film Bandung ini 🙂 Artis2 yang luar biasa kualitas aktingnya dan pantas meraih penghargaan 🙂 Makin ke sini film2 Indonesia makin bagus dan aku pun sebelum pandemi sering menontonnya di bioskop. Kangen nobar, euy! Ternyata Rano Karno udah menggeluti perfilman lebih dari 50 tahun ck..ck..ck 🙂

  11. Keke Naima

    October 26, 2021 at 10:52 PM

    Semoga setelah pandemi menghilang, kategori Film Terpuji akan kembali ada. Tetapi, kategori Web jangan sampai dihapus. Karena sekarang film di Web juga banyak yang bagus. Malah jadi semakin menambah media bagi para sineas untuk berkarya

  12. Reyne Raea

    October 27, 2021 at 12:40 AM

    Wah Amanda Manopo ya, nggak heran sih ya, aktingnya makin bagus.
    Kalau Acha Septriasa mah nggak usah ditanya, ini favorit saya banget sejak dulu, aktingnya tuh mengaduk perasaan banget, nggak heran deh kalau selalu menang penghargaan 🙂

    • Momtraveler

      October 27, 2021 at 1:33 PM

      Ngikutin keseuan festivalnya lewat postingan beberapa temen blogger. Meriah banget ya teh. Semua pemenang award nya artis jempolan ya

  13. Tuty Queen

    October 27, 2021 at 6:56 AM

    Haha Film Losmen Bu Broto aku pengen nonton juga nih teh, inget banget ini pernah jadi tontonan favorit. Di Medan bioskop juga udah dibuka teh tapi belum berani nonton di bioskop 🙂

  14. nurulrahma

    October 27, 2021 at 8:21 AM

    Jadi pengin nonton pilem2 Indonesiaaa
    soale selama pandemi, aku dicekoki drakor mulu nih 😀

  15. Andiyani Achmad

    October 27, 2021 at 8:51 AM

    jaman SMA aku sering ikutan festival film begini teh, suka aja nontonin beraneka film dari negara yang berbeda, seru gitu. Malam puncak festival film Bandung 2021 menarik banget ya buat diikuti

  16. Okti

    October 27, 2021 at 9:33 AM

    Mantap nih festival…meski pandemi tidak menyurutkan masyarakat untuk tetap mengapresiasi perfilman kita ya. Cocok diadakan di Soreang, apalagi itu Wabup nya seleb juga, Kang Alul pasti meriah dong acaranya…
    Eh Raja mau saya sebut juga. Dari blognya Raja saya suka dapat informasi tentang perfilman soalnya…

  17. Sulung Siti Hanum

    October 27, 2021 at 9:46 AM

    Sekarang FFB diisi jajaran aktor dan aktris baru ya yang gak kalah keren. Maju terus sinema dan film Indonesia.

  18. Santi Dewi

    October 27, 2021 at 10:02 AM

    Mudah2an film2 Indonesia mulai menggeliat lagi ya, setelah pandemi yang menghantam. Saya kira Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi itu Arya Saloka teman mainnya di sinetron yang sama 🙂

  19. herva yulyanti

    October 27, 2021 at 12:08 PM

    Senangnya ada kategori untuk web akhirnya jagoanku menang Angga wkwk…padahal kalau kategori cewe yang web pengennya sih Syifa Hadju tp yang menang Cut Syifa rapopo masih suka :p baru tahu juga tempat diselenggarakannya di Soreang..

  20. Eri Udiyawati

    October 27, 2021 at 12:27 PM

    Karena pandemi ya, jadi film bioskop dikit banget. Semoga tahun depan ada kategori untuk film bioskopnya nih.

    Wah, wah, Amanda Manopo ini ya, lagi naik daun banget. Di mana-mana dapat penghargaan. Semoga sukses selalu.

  21. Lina W. Sasmita

    October 27, 2021 at 12:54 PM

    Saya ingat banget Teh, dulu pernah nonton di televisi film-film yang menang jebolan FFB ini. Ada film judulnya Kafir. Itu bagus banget. Duh sekarang kalau kata ini dipakai bakal sensitif banget.

  22. thya

    October 27, 2021 at 2:06 PM

    seru banget.
    penerima penghargaannya juga keren-keren ya. ada amanda manopo juga tentunyaa yang lagi ngehits sekarang yaa.. 😀

    • Okti

      October 27, 2021 at 9:03 PM

      Nah jujur yg saya tahu cuma Amanda Manopo ini gara gara tetangga suka bikin status tentang Andin di Ikatan Cinta ini. Hehehe …
      Ga pernah nonton tapi sering denger

  23. Mutia Karamoy

    October 27, 2021 at 4:21 PM

    Meskipun masih pandemi, tapi aku lihat film-film Indonesia tetap eksis meskipun jumlahnya berkurang, wajar bila diselenggarakan Festival Film Bandung sebagai apresiasi terhadap insan-insan perfilman yang terus berjuang menjadikan film Indonesia tuan rumah di negeri sendiri. Pemenangnya juga sudah terbukti kualitas aktingnya, apalagi ada Reza Rahadian yang kualitas aktingnya ngak perlu diragukan lagi.

  24. Nurul Fitri Fatkhani

    October 27, 2021 at 5:46 PM

    Akibat pandemi jumlah film bioskop jadi sedikit ya, Teh. Akhirnya gak ada nominasinya.
    Selamat atas kesuksesan acara Festival Film Bandung, selamat juga para pemenang pemeran terpuji.

  25. Sri Widiyastuti

    October 27, 2021 at 6:41 PM

    Keren ya Bandung bisa menyelenggarakan Festival Film Bandung, biasanya kan FFI yaa. Selamat untuk penyelenggaraan FFB yang lancar. Kalau mas Reza Rahardian dan Echa mah memang tidak diragukan lagi ya kepiawaiannya dalam dunia akting. Saya termasuk yang suka sama akting mereka. begitu juga sama rano karno.

  26. Lidya

    October 27, 2021 at 8:07 PM

    Wah pemenangnya ada Chist Laurent ya teh, cakep hahaha. Rutin ya festival film bandung digelar, belum pernah nonton nih. Kangen juga ke bioskop

    • Lidya

      October 28, 2021 at 6:35 AM

      seru ya udah ada pagelaran festival offline gini. Ternyata MC nya blogger hits ya. Pemenangnya memang pantas jadi juaranya

  27. Dian

    October 27, 2021 at 8:21 PM

    wah seru banget ya acara Festival Film Bandung ini ya mbak
    yang menang memang yang berkualitas
    film filmya pun bagus ceritanya

  28. Hidayah Sulistyowati

    October 27, 2021 at 8:41 PM

    Wahh keren udah ada lagi Malam Penghargaan FFB ya Teh, tahun kemarin kayaknya online kan?
    Aku udah kangen nonton film di bioskop meski di rumah juga bisa tapi auranya beda, hahahaa
    Mau deh nonton film Losmen Bu Broto, kangen dengan ceritanya yang seru

  29. Nurul Fitri Fatkhani

    October 27, 2021 at 9:38 PM

    Saya kira Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi jatuh kepada Arya Saloka, lawan mainnya Amanda Manopo di Ikatan Cinta hehehe

  30. Andy Hardiyanti

    October 27, 2021 at 10:16 PM

    Aih iya ya, udah lama banget gak nonton di bioskop. Saya penasaran pengen nonton film Nussa dan Paranoia nih. Tunggu situasi bener-bener aman deh, terus cuss nonton. BTW, selamat ya buat Kak Reza Rahadian atas prestasi yang diraih. ((((kak))))) berasa akrab banget

  31. cicifera

    October 28, 2021 at 12:55 AM

    huaa, keren2 ya! Pemenang pemeran utama terpuji serial film itu favorit aku :)) Memang acting mereka bagus sih, bisa mendalami karakter tokoh yang diperankan dengan baik ^^ Aku belum pernah deh liat festival film bandung ini teh, padahal dulu lama di bandung xD hihi

    • Rahmah

      October 28, 2021 at 1:37 PM

      Wah film-nya pasti keren keren ini
      Sayang ya belum bisa ke Bandung
      Semoga saja pas ke Bandung pas juga event ini ada jadi sekalian

  32. YSalma

    October 28, 2021 at 7:02 AM

    Keren FFB 2021, tetap memberikan apresiasi pada karya-karya sineas Indonesia yang tetap produktif di masa pandemi. Selamat untuk peraih penghargaan Terpuji.

    Anakku udah nonton di bioskop pada minggu lalu Nchie bersama temannya, karena emaknya diajak masih sok ntar. Membaca ini semangat untuk me time ke bioskop juga.

  33. Ida Tahmidah

    October 28, 2021 at 8:47 AM

    FFB tuh paling konsisten ya tiap tahun terus berjalan salut deh. Jadi inget sama Pa Edi D Iskandarnya penulis novel yg saya baca waktu zaman SMA dulu. Beliau eksis terus ya di FFB

  34. Rach Alida

    October 28, 2021 at 10:35 AM

    Aku pun kangen mba nonton di bioskop, mba. Rano Karno emang pas deh dapat penghargaaan Lifetime Achiefment ya mba. Dia juga peduli ama artis yang mungkin bagi sebagian orang udah usia lanjut atau ada keterbatasan

  35. Siska Dwyta

    October 28, 2021 at 12:20 PM

    Wah seru banget ya Mbak bisa menyaksikan langsung acara FFB ini dan lihat para artis meraih penghargaan. Duh idolaku banget nih Reza Rahardia, hehe aktingnya di film emang selalu keren jadi wajah aja ya kalau sering raih penghargaan gitu

  36. Anggraini Arda Sitepu

    October 28, 2021 at 2:01 PM

    Film Festival Bandung ajang yg bergengsi bagi insan perfilman. Btw aku senang banget Rano Karno dapat Lifetime Achiement.

  37. lendyagassi

    October 28, 2021 at 9:54 PM

    Keren banget acara FFB 2021.
    Bangga karena masih banyak apresiasi yang diberikan untuk dunia perfilman meski sedang pandemi. Semoga banyak karya yang dihasilkan dengan manfaat baik untuk masyarakat.

  38. Mpo Ratne

    October 29, 2021 at 3:01 AM

    Wah hebat bang karno menang life achievement, selamat bang doel. Terus berkarya sineas Indonesia biarpun pandemi. Nanti festival film bandung yang menilai bagus atau tidak tanpa melihat rating

  39. Ina Tanaya

    October 29, 2021 at 5:56 PM

    Ikut mendukung FFB agar tetap berjaya dan tetap jadi Tuan Rumah di negaranya sendiri. Jangan film impor yang dominasi. Semoga selalu berjaya sampai tahun-tahun berikutnya.

  40. Vicky Laurentina

    October 30, 2021 at 3:41 PM

    Ada beberapa hal yang membuat saya terkejut membaca artikel ini.

    1) Serial web. Saya belum pernah nonton apa itu serial web. Tapi kalau sampai ada penghargaannya segala, mungkin saya harus belajar nonton serial web.

    2) Sahrul Gunawan jadi (wakil) bupati? Hah?! Alul? Mantannya Intan Nuraini?

  41. Maria G

    October 31, 2021 at 1:14 AM

    MC Kece langganan di Blogger Bandung Raja Lubis ? Kok kayanya saya kenal ya?

    hahaha…..

    selalu bangga deh dengan FFB yang mengapresiasi seniman layar kaca maupun layar perak, walau perfilman kita pernah sepi, kering kerontang

  42. Bayu Fitri

    October 31, 2021 at 2:09 PM

    Wah Reza Rahardian artis fave aku.. pengenbanget jumpa langsung dan foto dng beliau ..soalnya kalau main film dapat banget soulnya. Untuk FFB ini konsisten ya mengadakan acara setiap thnya..keren deh

  43. Rani Retnosari Mantriana

    October 31, 2021 at 7:29 PM

    Senengnya bisa hadir ke event FFB Teh.. Kalo denger kata ‘film’ tuh auto inget masa-masa nonton di bioskop sebelum pandemi, kalo selama pandemi pindah dulu deh jadi nonton webseries di youtube dll..

  44. Ivayana

    November 1, 2021 at 6:25 AM

    Senangnya ya teh bsa nonton live offline, liat daftar pemenang jdi ingat umur aku tuh..para pemain muda semua yaa, bner2 dah ganti generasi

  45. Fenni Bungsu

    November 1, 2021 at 6:58 AM

    Cut Syifa yang unyu² dapat penghargaan mantap di sini, memang oke sih dia. Dari kecil udah akting keren.
    Walau daku gak ngikutin malam penghargaan ini, tapi dari artikelnya Teh Nchie bisa update info soal para aktor/is seneng.

  46. Eka FL

    November 1, 2021 at 10:18 AM

    Teteh, pertanyaan ku cuman satu : kok bisa ikut acara kece ini sih??? Sebagai penggemar film dan blogger Bandung juga aku kok ga tau info ini ya? Hihihi. Kalo pengen ikut tahun depan bisa ga teh? Gimana caranya?

  47. Dian

    November 1, 2021 at 11:22 AM

    Festival Film Bandung ini jadi ajang pembuktian prestasi bagi para sineas Indonesia ya teh
    nama nama pemenangnya sudah nggak dirugikan lagi kualitasnya
    Reza Rahardian dan Acha Spetriasa
    uda malang melintang di dunia perfilman

    • Ulfah Aulia

      November 1, 2021 at 11:40 AM

      Kalau nonton festival film Bandung ini kita ikut tahu gimana kualitas perfilman Indonesia, sekarang nonton jga udah bisa di bioskop duh makin asik aja nih, semoga film Indonesia makin jaya dan sukses selalu ya teh…

  48. Visya

    November 1, 2021 at 11:58 AM

    Anugerah FFB ini apakah khusus artis Bandung, film dengan based di Bandung atau umum teh?

    Reza Rahardian dan Acha Septriasa as always yah hehe

  49. Etika Aisya Avicenna

    November 1, 2021 at 12:50 PM

    Wah baru tahu kalau Amanda Manopo menang juga di ajang film ini. Dan dari tulisan bunda malah aku baru nyadar kalau belum nonton film Layla Majnun deh

  50. atiqoh

    November 1, 2021 at 9:05 PM

    waaa artis-artis favorit semua nih hehehe.. emang ajang begini yang paling ditunggu ya buat seru-seruan tapi juga bikin mereka termotivasi, keren euy 🙂

  51. Nanik Kristiyaningsih

    November 2, 2021 at 12:49 PM

    Seru banget acaranya,nih teh.
    Ikatan Cinta dan Amanda Manopo seperti dua mata uang yang saling menyatu. Lihat akting Amanda di Ikatan Cinta yang natural banget, memang layak jika aktris keren satu ini yang jadi pemenang.

  52. Renayku

    November 2, 2021 at 6:58 PM

    Wah MCnya kak Raja lubis, member ISB jg nih. Kalo Reza Rahardian sih pantes bgt dpt penghargaan. Aktingnya keren bgt soalnya.

  53. Liswanti

    November 4, 2021 at 1:20 PM

    Yang menang ada Yayan Ruhiyan da Reza Rahadian ya. Mantep banget ini mah Festival Film Bandung. Dan selalu seru ya teh.

  54. Efi Fitriyyah

    November 9, 2021 at 9:30 PM

    Dan Tuan Muda berhasil mengalihkan fokus emak-emak yang hadir di acara itu, ya. Cakep sih dia, cool pula huehehe

  55. hamimeha

    November 15, 2021 at 8:47 PM

    wah aku selalu suka dengan ulasan ttg film apalgi festival2 gini penasaran dg nominasi dan siapa yang terpilih., wah aku belu pernah nonton serialnya cutsyifa nih yang mana ya ? tadinay akupikir prilly yg bakal dapat

Leave a Reply to Ina Tanaya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.