Apa itu Mindfulness, Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

PIN

Apa itu Mindfulness, Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?  Sekarang ini mindfulness berasa familiar banget yaa, seiring dengan permasalahan hidup manusia yang semakin meningkat, sehingga menimbulkan stress, depresi, psikomatis dan lainnya yang lambat laun  akan merusak kesehatan mental kita. Apa pernah mendengar mindfulness? Atau baru kali ini aja? Berbagi pengalaman tentang mindfulness  yang pernah kupelajari dan kualami. Mengenalnya 5 tahun kebelakang, saat mengikuti challenge menulis di blog dan terpilih menjadi salah satu peserta untuk mengikuti dan bertemmu dengan praktisi mindfulness Mas Adjie Silarus, sekarang berganti nama dengan nama aslinya Adjie Santosoputro.

Pertama kali bertemu langsung, dengan pembawaan yang tenang, kalem dan obrolan yang patah-patah  mencuri perhatian. Benar adanya, jatuh cinta pada pandangan pertama itu dengan teknik  “Sejenak Hening” berlanjut sampai saat ini. Mengikuti beberapa kelas offline dan online membuat diri makin asik dan mempraktekkan latihan yang sebenarnya simple. Salut dengan Beliau yang konsisten dengan mindfulness ini, apalagi sekarang makin ngehits, namun pembawaannya masih tetep kalem aja. Yuk, ngobrolin tentang mindfulness!!

Apa itu mindfulness?

Mindfulness adalah keadaan dimana pikiran kita sepenuhnya sadar akan apa yang terjadi di masa kini, apa yang kita sedang lakukan, dan tempat dimana kita berada.  Tidak berlarut memikirkan  memori masa lalu dan tidak mengkhawatirkan tentang  masa depan.  Secara simplenya  mindfulness familiar dengan istilah “fokus”, “sadar”, hingga “eling”.

Pada dasarnya, pikiran dan perasaan kita mudah terpengaruh oleh situasi oleh hal-hal yang telah dan akan kita alami. Oleh karena itu, tidak jarang situasi begini  membuat kita sulit merasa tenang, sulit “berada di masa kini” terombang-ambing antara masa lalu dan masa depan.

Secara ga sadar terkadang terlalu sibuk dengan pikiran sendiri memikirkan masa lalu, mencemaskan masa yang akan datang yang belum jelas adanya, sering panik menghadapi  sesuatu, memikirkan hal yang negatif saja dan melupakan hal positif. Ketika kita menjadi mindfulness, maka akan mampu  mengatur emosi dengan baik, terutama pada emosi yang bisa mengganggu secara personal, pada pekerjaan dan lingkungan .

Mindfulness | nchiehanie | adjie santosoputro

Ketika mengikuti Kelasnya Mas Adjie di Bandung

Bagaimana cara melakukan midfulness?

Karena setiap manusia memiliki kemampuan untuk menjadi mindful, untuk bisa bisa mindful dalam berbagai situasi hanya  perlu belajar dan mempraktekan  bagaimana cara mencapai mindfulness itu. Ada berbagai cara yang terbukti dapat membantu kita mencapai mindfulness, seperti  yang dipelajari  dari Mas Adjie dengan teknik “sejenak hening” yaitu meditasi duduk diam.

Yuk, latihan!

  1. Latihan  mindful breathing

Latihan dengan duduk diam, posisi yang nyaman, bisa dikursi ataupun dibawah bersila, senyamannya. Latihan pernafasan dilakukan dengan mengambil nafas lalu menghembuskannya. Ketika  mengambil nafas, sadari bahwa kamu sedang mengambil nafas. Begitu pula ketika menghembuskan nafas, sadari bahwa kamu sedang menghembuskan nafas.

Menjadi mindful berarti mindful, sadar penuh hadir utuh akan sesuatu. Ketika kamu sadar penuh akan pernafasanmu, itu disebut mindful breathing. Fokuskan perhatianmu pada proses mengambil nafas dan menghembuskan nafas, sehingga tidak memikirkan hal lain selain pernafasanmu.

  1. Latihan mindfulness dengan konsentrasi

Setelah mencoba latihan breathing, lalu konsentrasi pada proses bernafas, ketika udara masuk-keluar-masuk-keluar. Yang terpenting adalah menyimak proses bernafas itu dari awal hingga akhir. Jika datang pikiran masa lalu, masa datang, atau mengingat pekerjaan yang belum terselesaikan , itu hanya pikiran saja, kembali ke sadari nafas.

Karena  tidak memikirkan hal lain yang mengganggu ketenanganmu, lama kelamaan akan menikmati mindful breathing-mu dan merasa  bersyukur bahwa masih bernafas, artinya masih hidup . Dan jika  dapat menjaga konsentrasi, maka lama kelamaan nafasmu semakin pelan, semakin dalam, akan merasakan harmoni dan kedamaian

  1. Latihan merasakan body awareness

Nah, setelah berhasil fokus pada pernafasan dan konsentrasi, selanjutnya akan sadar akan tubuh diri sendiri. Pernah kan dalam kehidupan sehari-hari terkadang tubuhtubuh kita berada di satu tempat, tapi pikiran kita di tempat lain. Dalam latihan mindfulness, yuk kita sadari bahwa pikiran dan tubuh itu menyatu di tempat yang sama, dan kamu dapat merasakannya.

  1. Latihan melepaskan ketegangan dan  emosi

Setelah fokus pada tubuh dan pikiran hadir ditempat yang sama, selanjutnya adalah melepaskan segala ketegangan dan  merasakan kaku yang dirasakan pada tubuh. ketika  benar-benar sadar akan tubuhmu, akan lebih peka terhadap rasa tegang dan kaku di tubuhmu akibat stress.

Rasa kaku dan tegang itu mungkin telah terakumulasi di tubuh dalam waktu lama, namun pikiran kita tidak menyadari itu, sehingga ketegangan itu tidak dapat dilepaskan. Bisa saja momen ini, terjadi rasa sakit pada tubuh tubuh, atau emosional meningkat, menangis, tertawa sesuai dengan tubuh yang dirasakan masing-masing.

  1. Latihan mengucapkan terima kasih

Setelah melakukan semua langkah diatas, terakhir mengucapkan terimakasih pada diri sendiri, dengan memeluk diri sendiri. Terima kasih sudah bisa diajak berdamai untuk sejenak hening, terima kasih dengan segala pencapaian, dll sesuai dengan yang dirasakan masing-masing. Membuka mata dengan perlahan-lahan dan rasakan sensasinya.

Nah, itu dia cara meditasi duduk diam, hanya sadari  nafas,. Ketika kita merasa mindful, stress  pun akan berkurang dan performa kita meningkat. Dengan mindfulness, kita benar-benar sadar akan apa yang kita rasakan dan pikirkan, fokus kita juga meningkat.  Selain meditasi duduk diam, meditasi berjalan pun bisa dilakukan.

Manfaat mindfulness untuk tubuh

Ingin berbagi  pengalaman tentang manfaat apa saja yang telah kurasakan setelah secara rutin dengan waktu yang cukup lama berlatih mindfulness meditation, kurang lebih hampir 5 tahunan ini.  Ini loh manfaatnya bagi tubuh, diantaranya:

  • Mendamaikan hati dan menenangkan pikiran.
  • Pandangan terhadap suatu kondisi atau  masalah yang dihadapi lebih luas.
  • Meningkatkan energi positif dalam diri.
  • Lebih peka dengan sekitar.
  • Meningkatkan kesehatn pada tubuh .
  • Meningkatkan daya fokus terhadap sesuatu.
  • Lebih aware dengan diri sendiri dengan menemukan jawaban dari dalam diri  tentang apa yang terjadi dalam hidupnya dan pelajaran berharga apa yang ingin disampaikan semesta.

Perlu diingatkan bahwa mindfulness bukanlah pengobatan atau  ramuan jitu yang jika diminum langsung menghasilkan suatu keajaiban. Butuh latihan terus setiap saat, dan akupun masih selalu belajar dan belajar terus  sampai saat ini. Belajar untuk tidak multitasking, fokus melakukan suatu  pekerjaan,  me time, tidur, diet digital dan meluangkan waktu hanya untuk sekedar “sejenak hening”  untuk mengamati diri sendiri baik itu pikiran dan perasaan. Jangan lupa kasih jeda buat tubuhmu merasakan istirahat.

Itulah beberpa aktivitas latihan yang biasa dilakukan, ya apalagi di jaman now  mindfulness bukan hanya sekedar meditasi saja, tapi sudah menjadi gaya hidup yang didalamnya terdapat makna serta rasa yang indah. Ketika pengalaman mindfulness ini aku rasakan manfaatnya buat diriku.

Lalu beberapa teman bertanya juga ” Apakah dengan belajar mindfulness hidup saya akan menjadi lebih baik?”

“Saya ga bisa konsentrasi dan suka bosanan” terlebih  jawaban begini “Saya ga ada waktu buat melakukan midfulness”

Berdasarkan pengalaman, manfaat dari belajar  midfulness akan dirasakan berbeda setiap orangnya. Bagi yang mengingkan hasil instan lebih baik tidak disarankan untuk mengikuti mindfulness, karena akan merasa bosan. Belajar mindfulness akan menjadi berbeda dengan orang lain pada umumnya. Dengan berlatih mindfulness akan membuat kita ga berambisi, menjauhi kompetisi dengan kehidupan dunia.

Aku akan merasa cukup dengan kehidupan yang ada, berlatih secara rutin mindfulness berarti akan mengembangkan  kesabaran, rasa bersyukur dan keikhlasan. Buat mentemen yang sering mengalami panik, kecemasan berlebih,  pertolongan pertama yang simple banget bisa melakukan teknik mindfulness ini. Meditasi mindfulness ga hanya dilakukan duduk diam saja,  meditasi berjalan pun bisa dilakukan.

Sama-sama  terus belajar, untuk selalu menenangkan pikiran dan jiwa .Ada yang sudah pernah melakukannya? Sharing yuk manfaatnya buat kehidupan sehari-hari!

 

Comments (69)

  1. winda - dajourneys.com

    August 28, 2020 at 5:15 PM

    bahasannya seru banget teh, sayang aku ga ikutan, aku kan sumbu pendek hahaha bisa belajar banyak ini harusnya 🙂

    • nchiehanie

      August 28, 2020 at 5:55 PM

      Gpp, mungkin belom butuh ..
      Nanti siapa tahu next membutuhkan

  2. Mugniar

    August 29, 2020 at 5:16 PM

    perlu berterima kasih dengan diri sendiri ya supaya bisa lebih menghargainya … rupanya menjadi bagian mindfulness juga.

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:43 PM

      Iyees

  3. Nurul Fitri Fatkhani

    August 29, 2020 at 9:54 PM

    Harus terus belajar untuk fokus dan sadar supaya bisa banyak bersyukur dan ikhlas ya, Teh
    Jadi catatan juga buat saya untuk bisa mengucapkan terima kasih untuk diri sendiri, karena selama ini belum pernah melakukannya hihihi

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:43 PM

      waduuhh..
      Yuk mulai bilang makasih pada diri sendiri..

  4. Ameliasepta

    August 29, 2020 at 11:36 PM

    Kayanya aku tuh perlu banget praktekin mindfulness ini. Soalnya akutu anaknya meledak ledak banget wkwk jadi harus banyak banyak ngaca plus mawas diri. Thanks banget kak sharing dan infonya.

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:42 PM

      Hihiii, hayuuu..
      Praktek bersamaa..

  5. Ida Tahmidah

    August 29, 2020 at 11:54 PM

    Hidup di dunia ini memang tentang dua hal sabar dan bersyukur… Sabar dalam menghadapi apa pun yang menimpa kita. Bersyukur terhadap semua nikmat yang Allah SWT berikan…. “Sesungguhnya orang2 beriman itu akan selalu bahagia hidupnya … karena segala hal yang menimpanya itu selalu baik untuk dirinya… Hadist Rasulullah SAW yang selalu kupegang erat Teh dan memang Allah SWT dan RasulNya tak akan pernah berbohong 😀

    • Eka Rahmawati

      September 6, 2020 at 8:19 PM

      Beberapa waktu lalu saya sempet dengerin podcast yg Bintang tamunya Mas Adjie Santosoputro. Terus saya coba Ikuti beberapa tips beliau terkait mindfulness. Emang gak langsung ada pengaruhnya tapi kalo dilakukan rutin meditasi, kayak bisa lebih kalem kalo lagi ada masalah.

      • nchiehanie

        September 8, 2020 at 9:25 PM

        Betul bangeet..
        Lebih bijak menyingkapi masalah

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:42 PM

      Baik bu Ustad ..
      Percaya kalo itu

  6. andyhardiyanti

    August 30, 2020 at 12:37 AM

    Saya baru kenal eh tahu Mas Adjie pas acara Fun Talk tanggal 19 Agustus kemarin. Ealahh…Teteh udah dari 5 tahun yang lalu dong~ udah ikutan kelasnya langsung pula. Huhuhu ku mau juga~

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:41 PM

      HAyuu ikutaan..
      Seneng kaan kenal di Fun Talk

  7. Nia Haryanto

    August 30, 2020 at 7:04 AM

    Sering baca apdetan Mas Adjie tentang mindfulness ini. Dan mulai ngerti juga arti dan manfaatnya. Tapi buat praktekin dalam keseharian, susah banget. Seringnya keburu nafsu untuk begini begitu. Kudu latihan pelan-pelan ya.

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:41 PM

      Hihiii.. Ga ada yang susah, selama ada niat dan kemauan.
      Semangat Teteh, berproses, pelan2 ajaa.

  8. Kurnia amelia

    August 30, 2020 at 7:28 AM

    Nuhun teh atas remindernya, kita bener-bener harus latihan mindfullness ya teh biar hidup lebih tenang dan santai dikit. Jadi pengen cobain ikut kelas mas Adjie ini.

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:40 PM

      Masamaa Ameel
      Hayu ikutan dan pantengin ig nya ajaa..

  9. Noorma

    August 30, 2020 at 7:58 AM

    aku sambil latihan ini teh, praktek juga.. tapi karena sambil baca akhirneya konsentrasinya buyar hehe,, kudu diulang lagi sendiri

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:40 PM

      Gpp, namanya belajar..
      Nanti pasti bisaa

  10. Siti Hairul

    August 30, 2020 at 9:56 AM

    Ini nih yang harus mulai diterapkan banyak perempuan. Apalagi kalo dia merasa mudah merasa depresi. Daripada cuma koar2 di sosmed mending mendatangi terapis

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:40 PM

      Hihii..
      Koar2 di sosmed yaaa..

  11. Gioveny

    August 30, 2020 at 11:41 AM

    Aku nih kadang ada satu hari dimana aku flashback mulu ke masa lalu, terus berandai-andai dan akhirnya muncul kecemasan berlebihan. Rasanya pengen deh ikut kelas mindfulness

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:39 PM

      Ayoo ikutaan..
      Seru banget, ada onlinenya jugaa.

  12. Lidya

    August 30, 2020 at 11:52 AM

    Mau ah aku pratikin latihan mindulnessnya bagus buat bantu diri sendiri juga ini ya teh supaya lebih fokus lagi. Gak ada yang instan semua harus dilakukan bertahap & sabar ya

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:39 PM

      Betuul banget
      Kuy atuh, barengan belajarnyaa..

  13. Desri Desri

    August 30, 2020 at 12:23 PM

    aku baru benar2 melakukannya beberapa bulan terakhir teh, sebelumnyaya hanya merenung gitu aja dalam keheningan tanpa mengolah nafas. sejauh ini, kaya lebih lega sih teh rasanya. cuma entah kenapa dampaknya, aku jadi lebih senang menyingkir dari orang atau kumpulan orang yang ngga bikin aku nyaman. kaya gitu salah ngga ya dari tujuan mindfulness ini teh?

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:38 PM

      Ga ada yang salah Cii..
      Karena tubuhnya yang meminta untuk menjauh, berarti tubuh tahu mana yang nyaman dan engganya.

  14. Uniek Kaswarganti

    August 30, 2020 at 12:37 PM

    Aku termasuk orang yang ga bisa disuruh meditasi mba. Ambyaaar pasti mikirin yang lain-lain. Kayaknya dari dalam diriku memproteksi pikiran untuk ga mau dikosongin. Justru dengan terus memikirkan banyak hal, aku menemukan kondisi mindfulnessku. Diri yang tak pernah sendiri dan ada pengaruh orang lain yang dengan segala kesadaran diri kita terima. Alhamdulillah, it fits me so much. Udah bisa nerimo dan ga gampang hancur lebur kayak jaman muda dulu. 😉

  15. Prita HW

    August 30, 2020 at 10:31 PM

    Aku belajar ini pas hamil, ikut kelas2 hypnobirthing. Dan, memang saat dibawa ke kehidupan sehari2 ngefek. Sedang berusaha utk ydk multitasking. PR banget ya teh…

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:31 PM

      Hihiii…
      Gpp, alon2 ajaa belajarnyaa

  16. lendyagasshi

    August 30, 2020 at 11:27 PM

    Kalau tanpa bantuan mas Adjie, mindfulness ini tetap bisa dilakukan secara sendiri yaa, teh…
    Asalkan lingkungan tenang dan mendukung.
    Sejenak diam dan merasakan kembali makna hidup.

    • nchiehanie

      August 30, 2020 at 11:47 PM

      Bisa banget donk..
      Asalkan udah tahu tekniknya.
      Kalo lingkungan ramai, justru malah semakin tantangan,

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:31 PM

      Bisa banget, memang buat sendiri dilakukan di rumah.
      Ga harus tenang, belajar dikeramaian untuk tenang lebih asik dengan midflness ini

  17. Rizka Edmanda

    August 31, 2020 at 9:38 PM

    Aku udah lama ngikutin mas adji di medsos suka banget sama sharing dia yg bener bener self improvement banget

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:30 PM

      ASik kan yaa..
      Cuss ahh pantengin teroos

  18. Shafira- ceritamamah.com

    September 4, 2020 at 5:34 AM

    Wah aku baru tahu ada kelas mas adjie ini. Sekilas aku jadi inget kelas hypnobirthing yang ada kalimat sadari napas dll ya mbak han…

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:29 PM

      Iya bener banget

  19. Ina Tanaya

    September 4, 2020 at 8:49 AM

    Belajar untuk mindfulness memang perlu tantangan . Kesadaran diri harus dilatih karena tdk mudah.

  20. Okti Li

    September 4, 2020 at 9:29 AM

    Mengucapkan terimakasih kepada diri sendiri belum pernah saya lakukan. Selama ini hanya sebatas menghargai jeri payah atas segala pencapaian.
    Mulai sekarang, saya akan melakukan itu juga Teh

    “Nuhun, Okti…”

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:29 PM

      Misami teteh
      Hayu belajar bersamaa, aku pu masih tahap belajar teroos

  21. Ariefpokto

    September 4, 2020 at 2:34 PM

    Menjadi eling, sadar perlu banget ya. Kadang suka lupa karena kesibukan duniawi. Dan harus dilatih ya, supaya lebih mudah

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:28 PM

      Betul Kaang..

  22. Keke Naima

    September 4, 2020 at 4:32 PM

    Di saat begini, rasanya mudah bagi siapapun untuk sumbu pendek, ya. Tetapi, tentunya akan berakibat gak baik. Perlu banget nih belajar tentang ini. Nuhun tipsnya, Teh

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:28 PM

      MIsami Chi..
      Iyaa, serba panas kalo tersulut langsung meledak

  23. Sandra Hamidah

    September 5, 2020 at 12:17 PM

    Tetehkuuu makasih sharingnya yah aku butuh ini banget, bakal aku save dan praktikan semoga berhasil hehe

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:27 PM

      MAsamaaaa
      Hayu praktekan

  24. Ani Berta

    September 5, 2020 at 1:21 PM

    Terharu Teh Nchie baca tulisan ini. Suka lupa memeluk diri sendiri atau berterima kasih pada diri sendiri. Jadi kangen sama acara Mas Adjie waktu kita di Kemang itu ya 😀
    Sekarang saya suka mantengin IG Live nya.
    Perlu konsisten praktekinnya

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:27 PM

      HIhi, iya teteeh..
      Yuk ahh, belajar konsisten, biar sama2 berproses menjadi lebih baik

  25. Grandys Sofia

    September 5, 2020 at 2:25 PM

    Mindfullness ini juga bisa dengan mengucapkan rasa terima kasih ya teh Nchie..aku kalo inget memeluk diri sendiri itu kyak pernah dipraktekkin sama pemeran cewe di It’s okay not to be okay teh..

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:26 PM

      Betool banget,salah satu contoh yang ada di drakor itu

  26. Julia

    September 5, 2020 at 5:55 PM

    Saya sering dengar istilah Ini, tapi.baru Kali ini dapat pemahaman tentang mindfulness. Semoga perlahan Saya bisa menerapkan pada dari saya.

  27. Diah Woro Susanti

    September 6, 2020 at 7:41 AM

    Waaa kapan ada lagi ya teh sesi mindfullness bareng mas Adjie? Selama ini aku suka banget nyimak kata-kata sejuknya mas Adjie di twitternya 😍

    • Samleinad

      September 8, 2020 at 7:41 AM

      Wah menarik sekali pembahasan tentang mindfullness ini. Jadi kita perlu banget berfikus dan menghargai diri sendiri ya. Perlu diterapin

  28. Syaiful BS

    September 6, 2020 at 11:33 AM

    Asli ini pembahasannya seru banget yaa mbak sayang banget aku nggak ikutan ih kemaren hehe. Tapi aku mau coba praktekin nih dari tulisan mbak hihi

  29. Maria

    September 7, 2020 at 1:22 AM

    Teh Nchiee…blogna kerennnn….

    Orangnya keren, blognya juga harus keren ya?

    Mau latihan mindfullness ah biar bisa ketularan keren ^^

    Ngikutin petunjuk teh Nchie, haturnuhun ya

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:25 PM

      MAacih Ambuu

      Hayu belajar praktekan

  30. Akarui Cha

    September 7, 2020 at 6:33 PM

    Ternyata proses berterima kasih pada diri sendiri juga merupakan bagian dari mindfiulness juga ya.

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:24 PM

      Banget, untuk menghargai diri sendiri

  31. Visya

    September 8, 2020 at 1:02 PM

    Betul Mbak. Sejak pandemi aku seeing banger denger istilah mindfulness. Mulai dari mindful parenting, mindful eating, dll. Btw ternyata mas Adjie ini di balik sejenak hening toh. Aku pernah dengar nih

  32. Hani S.

    September 8, 2020 at 7:34 PM

    Teh Nchieee, aku butuh banget mindfulness ini. Ada kondisi dimana aku gak nyaman di segala situasi, mungkin masalahnya memang ada di diri akunya ya. Coba praktekkan satu² ah Teh. Nuhuuun :*

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:24 PM

      Hayuu, belajar barengan ..

  33. Edelyne

    September 8, 2020 at 8:59 PM

    Mulai besok praktekin ah, perlu banget nih aku , kalau meditasinya sama dengan meditasi dalam yoga ya , yang belum pernah dilakukan itu berterima kasih pada diri sendiri, berasa pengen nangis ya, ternyata selama ini tubuh kita sendiri terlupakan .

    • nchiehanie

      September 8, 2020 at 9:23 PM

      Huhuuu, nah kaan..
      bener banget

  34. Liswanti

    September 8, 2020 at 10:08 PM

    Manfaatnya banyak juga teh. Aku harus praktekin juga ini. Mengingat lagi merasa ga nyaman akhir-akhir ini, apalagi pas ingat rasa sakit di masa lalu.

  35. Zizy

    September 9, 2020 at 9:10 AM

    Dulu sekali aku suka meditasi, sendirian saja di rumah. Tapi memang kalau ikut seperti ini, tentu rasanya beda, karena kita bertemu teman-teman lain yang sama2 belajar untuk lebih mencintai hidup.
    Apa kabar Mbak Can….. 🙂

  36. Evi Sri Rezeki

    September 10, 2020 at 12:13 AM

    Banyak banget manfaat mindfullness ya, Teh. Aku masih jarang meditasi dengan duduk diam. Biasanya saat berkebun meditasinya 😀

  37. Faradillah

    September 12, 2020 at 9:16 PM

    Ternyata banyak manfaat dari mindfiulness dirumah aja dengan terapi dan diam sejenak yah mba

  38. Annisa Ayu

    September 13, 2020 at 2:35 PM

    terima kasih teh untuk sharingnya… saya pernah belajar tentang mindfulness ini, tapi gak rutin di praktekkan, jadi masih sering suka panikan dan kadang ada khawatiran berlebihan untuk masa depan. sharing ini bisa jadi motivasi buatku untuk praktekkan lagi.

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.