Bagaimana Cara Mengatasi Kebosanan di Rumah?

PIN Bandung Hijab Blogger | Kolaborasi BHB | nchie hanie | tips produktif di rumah

Bagaimana Cara Mengatasi Kebosanan di Rumah? Salah satunya dengan Ngeblog, yang bisa menghasilkan pula. Itu adalah bonus, nikmat apalagi yang kau dustakan. Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Pertanyaan yang biasa saja tapi membuat kepo maksimal bagi orang yang belom tahu. Flashback  13 tahun yang lalu mengenal dunia blogging yang hanya curhat semata. Blogging membawaku ke dunia kerja internet marketing dan bisnis online dibidang SEO sampai berkecimpung di dunia praktisi kesehatan mental di salah satu klinik di Bandung.

Ketika dunia kerja menghasilkan sesuatu sesuai dengan passsionnya, rasanya senang banget. Namun ketika satu wabah yang kemudian melumpuhkan di segala sektor tanpa kita ketahui sebelumnya, semua merasakan dampaknya. Tak bisa menyalahkan keadaan, yang jelas ketika masa pandemik terlockdown arah menuju keluar, mau gam au berdamai dengan keadaan dan diri sendiri. Karantina di rumah aja bener-bener  membuat diri berfikir untuk kreatif.

Bagaimana bisa kreatiif terus berkarya dan mengisi hari dengan kegiatan yang produktif, itulah yang aku ciptakan selama di rumah. Masa pandemic ini membuatku lebih leluasa untuk mengungkapkan  buah pikiran ke dalam tulisan baik dalam blog maupun status atau caption di Ig. Inilah salah satu me timeku yang menyenangkan. Me time, sebuah hobby ngeblog yang bisa menghasilkan pundi-pundi, bisa buat jajan kopi.

Selama masa WFH, banyak teman yang menghubungi, menanyakan kabar bahkan sampai  kepo sama me timenya yang bisa menghasikan. Dan secara ga sadar mereka pun mulai tertarik untuk menggeluti  dunia blogging seperti yang kulakukan, baik yang sudah mengenal dunia online atau pun  pengen apgred  bahkan yang baru mengenal apa itu internet pun aku dengan senang hati berbagi.

Sambil menyelam minum susu, bekerja, melakukan me time sambil sharing dan ngajarin yang berminat menulis dalam hal ini menulis di  blog. Beneran, makin kepo maksimal deh mereka apa yang kulakukan selama bloggig. Selama mengenal dunia internet apapun bisa menghasilkan asalkan ada kemauan. Salah satunya menghasilkan uang dari blog. Jaman now  blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel saja, melainkan  tempat  menghasilkan uang.

Bagaimana mendapatkan uang dari blog bisa dengan berbagai cara, dari endorsement hingga Google AdSense. Pertama mengenal dunia kerja, dijajarin karyawan main adsense, beternak blog. Huhuy, asik banget ini. Tapi ga segampang itulah, butuh proses untuk memulainya.

Begini loh, Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asalkan tahu langkah-langkahnya dengan jelas. Tapi sebelumnya hal yang pertama aku tanya adalah, “Tujuan ngeblogmu apa?”

Dari 10 orang kusioner, yang menjawab 7 orang menghasikan uang,3 orang hanya ingin berbagi info menarik dan menuliskan jejak kehidupannya. Apapun tujuannya itu yang penting dilakukan dengan happy dan maksimal.

Dan salut banget, jaman now  Blogger dan calon Blogger sudah menyiapkan diri alias mau ngemodal dengan maksimal, misalkan sudah menyiapkan kamera min mirrorless, atao  henpon dengan kualitas gambar yang oke. Karena meskipun ngeblog adalah menulis, tapi butuh estetik dan keindahan jika disuguhi dengan poto-poto yang menarik. Tul ga?

Berikut langkah-langkah menghasilkan uang dari blog yang harus diperhatikan:

  1. Membuat blog dengan menentukan flatform terbaik.

Ada beberapa platform yang familiar digunakan, blogspot, joomla, wordpress dll. Setiap platform mempunya kelbihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau disarankan dan kebetulan aku pengguna wordpress, maka akan memberikan suggest WordPress . Mengapa? Karena  bisa menggunakan WordPress secara gratis cocok digunakan oleh siapa saja, baik pemula ataupun yang sudah mahir.

Bagi pemula yang mau lebih profesional ataupun yang mahir makin meningkatkan kualitas blognya, akan lebih baik memakai domain yang berbayar dan menggunakan hosting agar aman dan lebih leluasa, biasanya aku menyarankan untuk mencari tempat jual hosting murah . Karena  blog yang berkualitas dihasilkan dari  platform  yang berkualitas pula.

  1. Membuat konten blog yang menarik dan bermanfaat

Setelah berhasil membuat blog, maka menulis konten yang bermanfaat lalu mempublish. Bisa menjadi konten bermanfaat artinya ketika pembaca membutuhkan lalu mencari keyword di Google merasa puas dan menjadi solusi yang mereka butuhkan. Nah, ga hanya konten bermanfaat aja, tapi menarik lebih baik. Karena saking banyaknya persaingan dengan blog lain. Membuat konten menarik bisa dari beberapa sudut pandang yang menarik, bisa juga diselipakan foto, ilustrasi, video ato infografis. Tulisan evergreen sangat dianjurkan, artinya tulisan yang ga lekang oleh waktu.

  1. Menerapkan SEO  pada blog

Ini penting banget, karena pembaca blog bisa berasal dari sumber pencarian di google yang tak terbatas jarak dan tempatnya. Yang penting ketika membutuhkan, langsung klik informasi yang ada di halaman pertama. Bagaimana blog kita bisa muncul dihalaman pertama, bisa belajar menerapkan SEO pada blog kita, dengan teknik onpage dan offpage. Belajar perlahan sambil mempraktekannya, banyak sekarang tuh tutorial tinggal searching sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mempromosikan Blog di Media Sosial

Setelah menerapkan SEO pengunjung dihadirkan dari mesin pencari, kini giliran yang mpunya blog mempromosikan di akun media sosialnya, untuk berinteraksi  dan menjangkau banyak lagi pembacanya.  Diantaranya media social yang ada, bisa FB, Twitter, Instagram, Youtube dll Sesuai dengan aktifnya dimana.

  1. Konsisten

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, tinggal konsisten apa yang akan dilakukan. Karena terkadang untuk memulai membuat blog dan menulis konsisten bukan hal yang gampang. Begitupun dengan mempertahankan sebuah blog itu sendiri, butuh perjuangan yang mesti dilatih.

nchie hanie | bandung hijab blogger | time management | lifestyle blogger bandung

Bagamaimana bisa menghasilkan uangnya?

5 Langkah diatas  adalah modal untuk siapapun yang  akan menggeluti dunia blogging. Pertanyaannya setelah melakukan hal di atas lalu bagaimana bisa menghasilkan uangnya. Banyak jalan menuju roma, sesuaikan dengan passion blog yang ditekuni. Caranya menentukan monetasi blog.Dengan modal blog yang berkualitas, tinggal kita memilih jalan mana yang akan dipilih. Ini pengalaman pribadiku, cara memonetasi blog dan menghasilkan pundi2:

  • Review produk
  • Endorsment
  • Afiliasi
  • Jasa atau skill
  • Content placement
  • Google adsense
  • Jual backlink

Masih banyak lagi hal yang bisa menghasilkan dengan cara monetasi blognya.  Dan buatku  ngeblog ini selalin sebagai me time yang menghasikan bisa sebagai healing juga, yang terkadang   menuliskan tentang berbagi semangat, berbagi energi positif meski lewat tulisan secara personal. Kebayang kan  masa pandemik yang masih berlanjut sampai hari ini, belum bisa beraktivitas normal banget diluar sana, sebisa mungkin untuk hal-hal yang urgent saja.

Jujur nih, masa pandemik mengingatkanku akan masa-masa menulis di blog pertama kalinya, meluangkan waktu sejenak untuk bisa merefresh diri.  Salah satu kegiatan  yang menyenangkan untuk mengatasi kebosanan selama pandemic ya dengan menulis di blog. Bagaimana aku lebih berkarya dan kreatif di masa pandemic? Adakah yang lebih baik dari ini? Semoga saja makin bisa menuangkan isi pikiran  dan mengisi blog dengan tulisan yang lebih baik dan bermanfaat lagi bagi sesama.

Karena konsisten itu kek Rindu, berat. Ya kan, Dilan?

Comments (58)

  1. Dewi S

    July 20, 2020 at 5:15 PM

    Dududu Teeh, makasih sarannya yaa. Btw kalo lagi jenuh dengan semua itu, gimana cara ngobatinnga yaaa wkwkwwk

    • nchiehanie

      July 20, 2020 at 6:44 PM

      Hahaaa..nanti tunggu postingan selanjutnya yaaa

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:45 PM

      Bobokeun dulu Wiii..
      Besok seger lagi

  2. duniamasak

    July 21, 2020 at 8:47 AM

    bener kak, kunci utamanya adalah konsisten 😀 semangat untuk para blogger!

  3. gina

    July 21, 2020 at 3:23 PM

    ngusir bosen biasanya sy main game atau nton film,,.,cmn soal konsistensi yg ptg ad stimulusnya mbak…mislkn endorse kunceng,.,,seeneng kan dpt doku wkwkw

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:44 PM

      Iyess , tinggal bagaimana strategi dijalanin tiap blogger aja.
      Doku ga usah dikejar, ntar nyamperin sendiri kalo blog kita ada value dan si mpunya blognya kuat brandingnya.
      Tugas kita hanya apgred skill dan konsisten

  4. Keke Naima

    July 21, 2020 at 4:52 PM

    Konsisten membuat konten memang berat. Dilan juga belum tentu sanggup wkwkkw. Tapi, buat saya ngeblog memang bisa jadi salah satu cara melepas kejenuhan

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:42 PM

      Hahhahahahaa… Dilan oh Dilaan
      Iya sama banget Chi, ahh blogger2 jadoel yang lahir pada jamannya pasti ngblog buat me time salah satunya mengusir rasa bosan dan jenuh.

      • Keke Naima

        August 1, 2020 at 11:40 PM

        Tetapi, blogger zaman sekarang memang lebih mantap persiapan alat tempurnya. Sebetulnya itu bisa jadi start yang bagus. Apalagi kalau udah jadi passion

  5. Mechta

    July 21, 2020 at 7:00 PM

    Konsisten, itu adalah koentji!
    Dan aku masih terus berusaha utk tetap konsisten menjalani apa yg telah kuniatkan sejak awal ngeblog..hehe..

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:41 PM

      Asiik, perlu dicontoh iniii.

      • Mechta

        August 2, 2020 at 4:36 PM

        Lhaah ..blom bisa dicontoh hawong aku juga masih hrs usaha keras agar konsisten kok..hehe..

  6. Demia

    July 22, 2020 at 1:05 AM

    Waaa bulan ini lagi berusaha banget buat nggak males nulis huhu, susah banget buat konsisten akhir akhir ini huhu

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:41 PM

      hhahaa,ideeem..
      Smangat buat kitaaa..

  7. Mporatne

    July 22, 2020 at 3:31 AM

    Blog bisa mengusir kebosanan karena kita bisa cerita apa yang kita suka baik pengalaman pribadi atau pendapat kita. Semangat dan konsisten menulis

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:40 PM

      Semangaat Mpookk

  8. thya

    July 22, 2020 at 7:17 AM

    aku pun dulu ngeblog cuma buat curhat2 doang.. eh, siapa sangka sekarang bisa memghasilkan. senang yaa bisa melakukan hobby yang dibayar..

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:40 PM

      Tuh kaan..
      Asik banget.

  9. Ig: @ibukafabillah

    July 22, 2020 at 8:05 AM

    Poin seo aku masih harus banyak belajar nih dan entah kenapa kko daftar google ads ditolak mulu 🤣

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:40 PM

      Hihii, iya sekarang banyak disalah gunakan..
      Yuk sama2 belajar.

  10. Allaely Hardhiani

    July 22, 2020 at 8:13 AM

    Awalnya ngeblog cuma buat curhat doang, ternyata bisa dapat cuan juga .Cuma ya itu, sayangnya diriku masih blm bisa konsisten nulis. Masih mencoba mengatur strategi yg pas biar bs konsisten nulis. Tipsnya dong mba…

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:39 PM

      Smangat, semua ada masanya dan fase2nya.
      Nikmati ajaa, aku pun sama kadang ga konsisten, ya udaah ..

  11. Shyntako

    July 22, 2020 at 8:17 AM

    Kalo aku hiburan kalo lagi bosen dan mager tuh yah nonton drakor, or nonton tv kabel liat series favorit, or main aja sama anak, or ngerem aja sendirian di kamar.

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:38 PM

      Hhahaaa..hidup drakor
      asik tuh kalo ngerem di kamar, aku pun seriing gitu.

  12. Siti Hairul

    July 22, 2020 at 8:21 AM

    Blog memang bisa menghasilkan cuan ya teh. Tapi kalau pemilik blognya ga konsisten nulis juga ga bertahan lama ya Teh

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:37 PM

      Iyess, semua harus ada usahaa..

  13. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    July 22, 2020 at 8:30 AM

    Memang sangat membosankan di rumah hehe. Yg introvert gak suka keluar rumah jg ada stressnya, krn biasanya bisa melipir ngemol atau ke toko buku eh udah gk bisa ke mana2 lg. Ya wes sabarin dulu tahan2in. Untung kita melek blog ya mbak jd masih bisa lha mainan blog atau medsos atau apa gtu 😀
    Lumayan ngusir bosan

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:37 PM

      Hahhahaaa iyaa, pinter2 kita aja menjaga keseimbahan mental kita ya Mak

      • April Hamsa

        August 3, 2020 at 11:12 AM

        Iya mbak. Kalau gak gtu bisa oleng juga nih gak bisa ngapa2in saat pandemi ini ya 🙁

      • April Hamsa

        August 3, 2020 at 11:12 AM

        Iya mbak. Kalau gak gtu bisa oleng juga nih gak bisa ngapa2in saat pandemi ini ya 🙁
        Eh tapi selain mencari uang lewat blog tetep aja nih ya manfaatkan blognya buat curhat biar waras hehehe

  14. indah nuria

    July 22, 2020 at 11:31 AM

    sebenernya banyak bangeet memang y aaa Teh yang bisa kita lakukan hehehe. Aku juga pengen nih menekuni banyak hal tappi WFH malah tambah sebooook euuy

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:36 PM

      hhahaaa..iyaa berasa tambah sebook wfh ini ya Maak
      Smangaaaat

  15. Arda Sitepu

    July 22, 2020 at 12:30 PM

    Salah satu yang harus dilakukan adalah selalu konsisten dan melakukan yang terbaik agar tetap eksis dan bisa menghasilkan cuan ya ci.

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:36 PM

      Beneer bangeet, plus happy

  16. lendyagasshi

    July 22, 2020 at 12:35 PM

    Jadi ingat obrolan dengan teteh terakhir kali di IG.
    Aku jadi banyak merenung…
    Haturnuhun yaa, teh…atas semua waktunya.

    Nge-blog memang ajang buat bersenang-senang… eh, alhamdulillah..dibayar.
    Gitu kata Pak Ridwan Kamil yaa, teh?
    **Hobi yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

    • Sri Al Hidayati

      July 24, 2020 at 3:37 AM

      Wah pengen nih menerapkan SEO pada blog, teh. Bener nih seneng nulis bisa menghasilkan dan bermanfaat utk org banyak

      • nchiehanie

        July 28, 2020 at 8:34 PM

        Iyess, yuk sama2 belajaar

        • lendyagasshi

          August 3, 2020 at 11:16 AM

          Terpanggil hati ini kalau denger “Yuk….sama-sama belajar.”
          Seneng banget teteh merangkul para blogger untuk bertumbuh bersama.
          Barakallahu fiik, teteh…

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:35 PM

      Betool banget,
      Tinggal apgred diri aja, money insyaallah bakalan follow kalo kita blognya punya value

  17. Diah Alsa

    July 22, 2020 at 3:54 PM

    Yang SEO ini Mbak, saya masih jungkir balik. Udah belajar tapi terapkannya masih belum benar kayaknya 😁
    Konsisten juga ini yg sekarang keteteran

    • nchiehanie

      July 28, 2020 at 8:34 PM

      Gpp, yang penting dipraktekan itu loh, nanti lama kelamaan juga biasa dan belajar

  18. Damarojat

    August 1, 2020 at 3:09 PM

    Konsisten memang beratttt…terlebih saat kita punya segudang excuse semacam krn anak-anak BDR dan yg semisal dg itu. 🤣🤣🤣

  19. Reyne Raea

    August 1, 2020 at 5:47 PM

    Konsisten itu penting banget ya Mba, dan jujur gara-gara pandemi saya bsia konsisten menulis setiap hari di blog sejak awal tahun dan Alhamdulillah masih berlangsung sampai sekarang.

    Dan karena itu juga saya jadi nggak bosan di rumah aja, serta dapat duit pastinya 🙂

  20. Izzah Rondiyahi

    August 1, 2020 at 8:34 PM

    konsisten sih yang bakal kasih pengaruh banget. apapun itu dan bagi aku sendiri yang moody banget masih jadi kendala biar bisa komit sama apa yang dilakukan huhuhu sedih deh jadinya

  21. demia

    August 2, 2020 at 12:09 AM

    Nggak bisa dipungkiri emang ya teh selama di rumah aja , rasa bosan pasti selalu menghampiri niiih, btw aku masih belum bisa konsisten iiih sedih, kayanya harus dibuat jadwal di notes nih biar bisa tetep konsisten, kadang mentok di ide juga bingung mau nulis apa hehehhe

  22. riawani elyta

    August 2, 2020 at 6:23 AM

    iya, sekarang ngeblog bisa jadi pengisi waktu yang menghasilkan. yang penting konsisten dan sabar

  23. Kiky | riskysupriati

    August 2, 2020 at 5:08 PM

    Trims mbaaa. Tipsnya sangat bermanfaat. Alhamdulillah saya serius ngeblog belakangan ini dan sukses melakukan:
    Review produk v
    Endorsment belum
    Afiliasi belum
    Jasa atau skill belum
    Content placement v
    Google adsense belum
    Jual backlink v

    Moga-moga bisa berpenghasilan 2 digit dari ngeblog wkwkwk.

  24. Nurul Fitri Fatkhani

    August 2, 2020 at 5:22 PM

    Konsisten itu memang kunci utama ya, Teh. Usaha apapun yang kita lakukan kalau akhirnya gak konsisten, bakalan sulit untuk maju. Makasiiih udah diingatkan ya, Teh :))

  25. NurulRahma

    August 2, 2020 at 5:31 PM

    Teteh geulisss, aku padamuuu
    Kece deh, bisa bikin artikel se-padat ini
    Berfaedah banget bangettt!
    Daku siap share artikelnya nih

  26. Inda Chakim

    August 3, 2020 at 5:56 AM

    Yang bisa nanggung yg berat berat nggak cuma dilan ajaya, Teh. Tapi blogger juga. Hehehe.
    Semangat menuangkan kreativitas selama pandemi ya, teh. Semoga pandemi coronce ini segera berlalu aamiin

  27. Mugniar

    August 3, 2020 at 9:59 AM

    Ah setuju semua, Mak. Beruntung banget seusia saya ini menemukan cara asyik berbagi dan sekaligus mendapatkan penghasilan melalui blog. Juga jadi bisa kenalan dengan Mak Nchie.

  28. Lidya

    August 3, 2020 at 10:26 AM

    Nah itu promosikan blog di mesia sosial kadang aku lupa & malu kalau di FB teh :-D.
    Selama pandemi di rumah aja Alhamdulillah ya gak bosen2 amat soalnya masih bisa ngeblog ya masih ada kegiatan

  29. Lina W. Sasmita

    August 3, 2020 at 12:02 PM

    Alhamdulillah ya Teh meskipun awalnya hanya hobby ternyata ngeblog bisa memberikan penghidupan juga buat teman-teman blogger. Sedikit banyaknya kami di sini juga pernah merasakan kecipratan rejeki dari ngeblog.

  30. Cindy vania

    August 3, 2020 at 12:02 PM

    Beruntung aku ga bosenan di rumah karena udah biasa. Hahaha..
    Malah skrg dimanfaatin buat super males2an sekalian ngajarin anak2 aja.

    Jd cuma baca buku, nulis, ajarin anak, main game, baca novel lagi. Udah gitu doang 🤣 .
    Kerja masih, tp ya gitu. Dikasih waktu aja biar anaknya ga bosen. Justru pengen cari cara biar anak2 ga bosen di rumah

  31. Uniek Kaswarganti

    August 3, 2020 at 12:06 PM

    Berencana untuk posting artikel organik selama pandemi ini mba. Sekalian membangkitkan kembali semangat untuk menulis yang happy happy gitu. 🙂

  32. nyi Penengah Dewanti

    August 3, 2020 at 12:49 PM

    Walhamdulillah dapet ilmu dari pakarnya ehehe. Makasih banget Teteh insyaAllah perlahan-laahan diterapkan
    Wahh tampilan blogmu berubah ini teh, lebih fresh dan keren.

  33. indah nuria

    August 3, 2020 at 12:52 PM

    semangaaaat…harus selalu kita syukuri waktu yang ada dan banyak bangeet yang bisa kita lakukan supaya ngga boseen ya teh. Aku malah bahagia bisa nongkrong bareng anak – anak

  34. Mara

    August 3, 2020 at 12:55 PM

    Kalau caraku mengusir kebosanan drumah sih nonton film kak, jarang bgt buat ngeblog. Haha mungkin semangat ngeblogku kurang

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.