Merawat Gigi dengan Scaling dan Polishing

PIN Tami dental Care Klinik Gigi di Bandung | nchie hanie | lifestyle blogger |

Merawat Gigi dengan Scaling dan Polishing.  Kapan terakhir ke dokter gigi? Begitulah tanya dokter ketika mulai berkonsultasi di ruangannya. Dengan tersenyum manis sambil malu-malu, satu tahun setengah yang lalu, dok. Pokonya selama pandemi ini memang belom pernah ke dokter gigi lagi.  Biasanya tinggal ngesot ke dokter gigi depan rumah, semenjak pandemi belom praktek lagi. Rasanya memang kalau udah sreg dengan satu dokter, suka malas untuk ke dokter lainnya. Maksud hati  mencari dokter gigi yang lain, eh gayung bersambut ketika  seorang teman memberikan rekomendasi  klinik gigi yang kebetulan lokasinya  dekat rumah lagi.

Hal yang pertama di lakukan adalah scaling gigi, karena kebayang donk, karang gigi selama satu setengah tahun lebih menempel di gigi yang limited edition (baca banyak gigi ompong) karena faktor kecelakaan. Yuk, ikutin aku ke dokter gigi yang akan melakukan treatmen scaling gigi dan polishing.

Scaling Gigi

Scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang  pada gigi. Prosedur ini merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang paling umum dilakukan.  Rasanya memang kurang nyaman ketika plak menempel di gigi. Jelas banget kalau plak adalah lapisan tipis berwarna kuning atau putih yang menempel pada gigi. Plak terbentuk ketika bakteri bercampur dengan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, terutama makanan yang mengandung gula dan tepung.

Plak yang lama  dibiarkan hingga mengeras dan bercampur dengan air liur akan memicu terbentuknya karang gigi . Sedangkan  Plak dan karang gigi mengandung jutaan bakteri kalau tidak  dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan kerusakan gigi, atau bahkan hilangnya gigi. Untuk menghilangkannya tidak bisa dengan penyikatan biasa, sehingga membutuhkan tindakan dan alat khusus melalui prosedur scaling gigi.

Manfaat scaling gigi, yaitu :

  1. Membersihkan plak dan karang gigi.
  2. Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi.
  3. Mengurangi asam dan enzim berlebih yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan.
  4. Mengurangi risiko perdarahan atau pembengkakan jaringan akibat dari respons imun tubuh terhadap bakteri pada plak.
  5. Mencegah penyakit periodontitis.
  6. Scaling gigi dapat selesai dalam satu kunjungan yang berlangsung 30-120 menit, tergantung kondisi dan jumlah plak serta karang gigi.

Ngaca dulu, ternyata banyak banget karang giginyaa

Prosedur Scaling

Setelah melakukan konsultasi dan keluhan serta riwayat gigi, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi istimewa, dan dokter cantik pun mulai beraksi :

  • Melakukan proses pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat pengikis dengan gelombang ultrasonik yang dapat mengeluarkan getaran dan menghilangkan plak dan karang gigi. Alat ini juga dapat mengeluarkan asap dingin dari air untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi.
  • Setelah plak dan karang di sekitar email gigi dibersihkan, dokter akan menggunakan alat pengikis manual atau scaler dengan ujung runcing untuk membersihkan plak dan karang di daerah yang tidak terjangkau oleh alat pengikis ultrasonik.
  • Selama proses pembersihan plak dan karang gigi, dokter akan meminta pasien berkumur dan membuangnya agar sisa plak di dalam mulut dapat hilang.
  • Langkah terakhir, dokter akan memoles gigi yang telah dibersihkan dengan alat pemoles yang dilengkapi karet lembut di bagian ujungnya.

 

Setelah selesai  pastinya memberi tahukan untuk merawat gigi dan mengurangi risiko pembentukan plak, dengan melakukan beberapa hal, diantaranya :

  • Menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung fluoride, karena e dapat membantu memperbaiki email gigi yang rusak, sedangkan triclosan dapat melawan bakteri pada plak.
  • Mengganti sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak.
  • Menggunakan benang gigi untuk menghilangkan plak yang terletak di antara gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi di area yang sulit dijangkau.
  • Konsultasikan dengan dokter gigi mengenai berkumur secara rutin yang mengandung antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan kurangi mengonsumsi makanan manis dan bertepung.
  • Melakukan  pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya 6 bulan sekali untuk membersihkan plak dan mencegah risiko penyakit gigi atau gusi.
  • Berhenti merokok.

Polishing Gigi

Setelah tindakan scaling gigi dilakukan lalu melakukan  polishing gigi.

etelah tindakan scaling dilakukan kemudian dilakukan tindakan polishing. Polishing adalah tindakan menghaluskan permukaan gigi yang kasar sehingga sisa makanan tidak dapat menempel kembali dengan mudah pada permukaan gigi.

Polishing dapat dilakukan dengan cara brushing gigi menggunakan pasta profilaksis serta bubuk pumis. Setelah scaling dan polishing dilakukan, gigi yang sebelumnya masih kotor maka akan terasa bersih dan kesat, serta anda pun dapat terhindar dari masalah bau mulut.

Polishing dulu, duh bibir dower gituh yaa, pasrah aja dah

Manfaat pemolesan Polishing Gigi

  • Mengurangi korosi, Restorasi logam yang dipoles dengan baik akan terhindar dari tarnisa dan korosi sehingga lebih tahan lama.
  • Meningkatkan estetis, Permukaan gigi yang halus dan mengkilap akan lebih terlihat lebih estetis.
  • Membuat permukaan akan terasa lebih halus
  • Mengurangi perlekatan, Permukaan yang halus pada restorasi akan menyebabkan restorasi akan meyebabkan stain, plak, dan kalkulus sulit lengket.

Tami  Dental Care (TDC)

Melakukan perawatan gigi di salah satu klinik gigi di Bandung kebetulan dekat dengan rumah.  Tami Dental Care merupakan praktek dokter bersama khusus gigi dan mulut. Kami menyediakan layanan kesehatan gigi terintegrasi berbasis digital untuk masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

Ruang tunggu TDC

Kenapa harus ke TDC?

  • Layanannya lengkap, pemeriksaan gigi dan mulut lengkap yang didukung dengan peralatan modern dan terbaru
  • Pelayanan online, dukungan pelayanan dengan sistem informasi/aplikasidan konsultasisecara online
  • Ramah dan menyenangkan, suasana menyenangkan didukung tim dokter, perawat, dan admin yang ramah
  • Biaya terjangkau, perawatan gigi dan mulut akan mendapat hasil maksimal dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan
  • Dokter Gigi Profesional, perawatan hanya dilakukan oleh dokter gigi profesional yang berpengalaman
  • Benefit member akan mendapat diskon perawatan, scaling gratis, dan diskon di merchant rekanan

Jadi ga ragu lagi untuk datang dan merawat  gigi di Tami Dental Care ini, karena sudah lengkap.  Dan ga usah khawatir dengan prokesnya tetep dilaksanakan dengan ketat 5Mnya. Jadi kapan kamu terakhir ke dokter gigi?

Info & Reservation:
Telp: 022-87301396
📱 WA :089-6569-63624(Bojongsoang)
0819-4341-7430(Turangga)

📍Tami Dental Care Bojongsoang
Jalan Bojongsoang Raya No 222, Bojongsoang, Bandung
Open Hours: 10.00 – 19.00 WIB

📍Tami Dental Care Turangga
Jalan Guntur Sari Wetan No. 1 Turangga, Bandung
Open Hours: 10.00 – 19.00 WIB

Comments (48)

  1. diane

    April 15, 2021 at 4:04 PM

    Duh jadi pengen perawatan gigi scaling sama polishing .. Bikin gigi makin cakep dan sehat pastinya ya teh..

    • lendyagasshi

      April 17, 2021 at 5:10 PM

      Wah…
      Semakin semangat merawat gigi karena tempatnya bagus. Dokternya juga hazardnya lucu.
      Hiihii..so pinky.

      Senang kalau gigi sudah bersih.

  2. indah savitri

    April 15, 2021 at 4:09 PM

    bicara soal gigi, aku jadi ingeet udah lama bangeet ngga scaling dan polishing niih teh. Padahal perawatan ini penting untuk menjaga kesehatan gigi kita yaaa

  3. julia

    April 15, 2021 at 7:25 PM

    yap, bener banget kalo sudah cocok sama satu dokter gigi rasanya gak rela ganti dokter. Dokter gigi terbaik saya ada di klinik kecil di daerah cinere. namun sejak saya pindah terpaksa cari yang lain

  4. Raja Lubis

    April 16, 2021 at 8:31 AM

    Duh aku termasuk yang jarang periksa gigi secara rutin. Tapi pengin juga periksa cuma sudah takut duluan dijudge oleh dokternya, karena ada gigi berlubang heheh. Btw untuk scaling di Tami Dental kisaran harga berapa teh? Mau beranikan coba ah soalnya yang GunturSariWetan itu dekat kost.

  5. Eryvia Maronie

    April 16, 2021 at 12:11 PM

    Saya belum pernah lho scaling dan polishing gigi.
    Pantes aja gigi teh Nchie keliatan bagus banget, rapi karena selalu dirawat.
    Apalagi sekarang kliniknya udah ada gak jauh dari rumah ya. Kliniknya juga terlihat ketat menerapkan prokes, jadi aman dan nyaman.

    • Nanik Nara

      April 17, 2021 at 8:08 PM

      Saya juga belum pernah. malah baru tahu ada istilah scalling dan polishing gigi ini. Hihi… kudet banget ya, ketahuan nggak pernah periksa gigi.

      Ternyata manfaat scalling nggak cuma membersihkan karang gigi aja ya, banyak manfaat lainnya

  6. Ina Tanaya

    April 16, 2021 at 4:39 PM

    Penting banget untuk merawat gigi dengan scaling maupun dgn polishing . Setiap 6 bulan sekali harus dilakukan supaya gigi terawat gigi.

  7. Mugniar

    April 16, 2021 at 6:32 PM

    Mak … kumembayangkan dirimu ngesot ke dokter gigi wkwkwk.
    Memang perlu nih membersihkan karang gigi. Apa kabar diriku yang tak pernah mengurusnya khusus 🙈

  8. Dedew

    April 17, 2021 at 5:48 AM

    Pantas giginya bagus Teh Nchie, rajin dirawat yaa.. Belum pernah coba scalling, ngilu nggak ya.. Pengen tapi takut.

  9. Farida Pane

    April 17, 2021 at 8:58 AM

    Ternyata scaling itu membersihkan gigi, ya. Kirain ngukur apa gitu. Hahaha..
    Kalau polishing gitu ada efek sampingnya ga, ya?

  10. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    April 17, 2021 at 1:07 PM

    Pandemi ini aku jg bbrp kali ke dokgi tapi antar anakku haha
    Pengen jg deh ke dokgi mau cek gigi dan melakukan pembersihan.
    Asyik ya mbak kyknya kliniknya, apalagi kalau biayanya terangkau gtu, gak bikin dompet ketularan gigi, ikutan sakit deh heheh

  11. Febrianty

    April 17, 2021 at 4:19 PM

    Namanya unik dan mudah diingat ya Mbak. Apalagi hanya dikerjakan oleh dokter berpengalaman sehingga kita sebagai pasien merasakan ketenangan.

    Nah kan jadi pengen scalling juga, secara udh lupa kapan terakhir kali ke dokter gigi..

  12. Tanti Amelia

    April 17, 2021 at 5:53 PM

    Aku rajin tiap bulan ke dokter gigi tapi demi anak anak! SOalnya si abang dan Ica kan pasang behel tuh, mau ga mau mereka harus ke dokter tiap bulan.

    Akunya sendiri hanya scaling setahun sekali, dan kalo ngiluuu banget tetep ngandelin balsem gosok dan kerok tipis di area yang sakit!

    *buset jadoel amat yak*

  13. Utie adnu

    April 17, 2021 at 8:03 PM

    Selama pandemi ini belum pernah k Dokter Gigi,, kpingin juga deh kayaknya scaling gini biar lbih bersih.. seneng klo nyaman kliniknya apalg harganya lumayan murah

  14. Adriana Dian

    April 17, 2021 at 10:48 PM

    aku dah lama nih ngga scaling, padahal menjaga kesehatan gigi tuh penting ya, termasuk ke dokter gigi 6 bulan sekali. huhu. Tami dental care ini oke banget kliniknya ya maaaak.. belom ada di jakarta ya tapi kayanya.. huhu

  15. ade ufi

    April 17, 2021 at 11:22 PM

    Mba, saya baca portingan dirimu jadi mau scalling lagi deh. Secara terakhir kali saya scalling itu 2 tahun lalu.. hiks. harusnya udah scalling min setahun sekali deeeh.. ga 6 bulan sesuai anjuran dokter.. hahaha.. dan saya pencinta kopi banget, ga tau deh karang giginya menumpuk apa ga.

  16. Wian

    April 17, 2021 at 11:34 PM

    Ya amoun teeehhhh aku udah lama banget loh gak ke dokter gigi. Pantes sekarang sering ngilu giginya. Jadi pengen scalling deh. Belum pernah scalling karena takut

  17. Maria G Soemitro

    April 17, 2021 at 11:43 PM

    Duh, jadi ingat udah berabad abad nggak ke dokter gigi
    Salah satu nya karena di tempat baru ini belum nemu dokter gigi yang cocok
    Eh keburu datang pandemi

  18. Echaimutenan

    April 17, 2021 at 11:48 PM

    Yang kutakutkan itu ke dokter gig dari dulu emang mba hahaha makanya mikir berkali-kali tapi gigi emaang butuhh perawatan ya, kalau tidak dirawat gimana nantinya

  19. Rahmi Aziza

    April 18, 2021 at 2:31 AM

    Aku juga udah lama banget ga ke dokgi. Kalo ga salah scalling ditanggung bpjs juga ya setahun sekali.

  20. Maria Tanjung Sari

    April 18, 2021 at 6:53 PM

    Sekarang sudah mulai berani saya mbak ke dokter gigi apalagi pas gigi sakit dan ternyata harus dicabut. Bismillah saja saya dalam hati. Alhamdulillah lancar dan tidaka da gejala apapun pasca cabut gigi

  21. Leyla Imtichanah

    April 18, 2021 at 7:33 PM

    Entah udah berapa lama aku ga scalling nih. Yang ada malah cabut gigi dan sekarang bolongnya udah banyak wkwkwk

  22. ima satrianto

    April 18, 2021 at 9:52 PM

    Waah diingetin kalau blm merawat gigi selama pandemi ini, tapi malah kmnr cabut gigi bungsu di tengah pandemi. hahahaha. Memang paling baik mencegah sakit gigi sebelum sakit.

  23. Helena

    April 18, 2021 at 10:28 PM

    baca tentang scaling jadi ingat udah lama ga scaling. Aku tuh alhamdulillah ga bermasalah dengan gigi bolong tapi plak gigi demen banget muncul. Jadi perlu dibersihkan secara berkala lewat scaling ini. Memang ga cukup hanya dengan menyikat gigi seperti biasa. Setelah scaling rasanya semriwing gitu. hehe

  24. Ririn Wandes Melalak Cantik

    April 18, 2021 at 11:00 PM

    Saya termasuk orang yang jarang ke dokter gigi kecuali memang sedang sakit gigi atau ada masalah lain yang harus ditangani. Padahal bagus banget jika rutin ke dokter gigi untuk merawatnya ya. Saya mau cobain juga deh scaling dan polishing agar gigi makin cantik dan terawat. Masih cari dokter gigi yang terdekat juga nih dari rumah agar lebih nyaman jika sering mau perawaran.

  25. Widia

    April 19, 2021 at 12:07 AM

    aku masih maju mundur mau ke dokter gigi, sebelum pandemi udah mau cabut gigi to kata dokter nanti aja nunggu bayi agak besar ,eh sekarang malah makin berlubang merembet ke gigi sebelah. lihat Tami nyaman banget ya pelayanan nya. semoga buka cabang lagi di deker rumah Jakarta

  26. Ida Tahmidah

    April 19, 2021 at 4:45 AM

    Tempatnya nyaman ya, asyik banget nih… pengen juga di scaling terakhir dulu waktu zaman anak masih kecil hahaha udah lama banget….

  27. Fenni Bungsu

    April 19, 2021 at 5:39 AM

    Pandemi membuat jarak antara kita dan dokter gigi. Namun untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut memang perlu perawatan rutin ya, apalagi dengan prokes jadi bisa menyamakan diri untuk periksa

  28. Vicky Laurentina

    April 19, 2021 at 5:44 AM

    Aduh, Teh Nchie, biarpun aku sendiri dokter, tapi aku ngilu kalau scaling gitu.
    Terakhir kali aku scaling itu sekitar 15 tahun yang lalu, tapi rasa ngilunya masih kuingat sampai sekarang 🙁

  29. Uniek Kaswarganti

    April 19, 2021 at 7:39 AM

    Astaga, baca artikel ini aku jadi inget ternyata udah bertahun-tahun aku enggak scaling loh Teh. Pantesan plaknya udah banyak banget dan kelihatan loh huhuhuuu… Kalau mau perawatan kudu pilih klinik gigi yang terpercaya ya pokoknya di masa pandemi gini.

  30. Marantina

    April 19, 2021 at 9:43 AM

    Aku suka banget klinik gigi yang nyaman dan homy. Tami Dental Care ini dari foto Nchie Hanie kelihatan sangat nyaman ya. Jadi kalau periksa gigi, gak sehoror yang dibayangkan :)))

  31. Dian

    April 19, 2021 at 9:48 AM

    klinik giginya sangat nyaman ya mbak
    paket perawatannya pun lengkap
    aku selama ini klo perawatan ke dokter gigi ya hanya cek rutin 6 bln sekali dan membersihkan karang gigi saja

  32. hallowulandari

    April 19, 2021 at 11:20 AM

    aku pun gara-gara punya masalah gigi, akhirnya sekarang rutin kontrol tiap bulan, karena perawatan behel

  33. Akarui Cha

    April 19, 2021 at 4:20 PM

    Jadi pengen scalling biar gigi masih bersih. Apalagi mulut jadi salah satu cara kuman masuk ke dalam tubuh. Kalau bersih kan bisa sehat selalu.

  34. Alya

    April 20, 2021 at 11:51 AM

    Sudah lama sekali saya nggak ke dokter gigi untuk mengecek kondisi gigi saya, saya belum pernah giginya di scalling, mbak. Biasanya saya ke dokter gigi cuman bersihin plak atau nambal gigi aja.

  35. Evi Sri Rezeki

    April 20, 2021 at 12:27 PM

    Entah kapan terakhir aku bersihin karang gigi, Teh. Baca ini jadi pengin deh. Kasian gigiku hehe

  36. Angrumaoshi

    April 20, 2021 at 7:34 PM

    Sama mba selama pandemi takut mau ke dokter gigi. Harus disegerakan nih ke dokter gigi karena pandemi sudah lebih dari 1 tahun padahal normalnya konsultasi rutin ke drg 6 bulan sekali ya.

  37. Ning!

    April 21, 2021 at 2:01 PM

    Sudah sejak pandemi dokter gigi di daerahku pada nggak menerima pasien teh, padahal ada gigi yang perlu dilakukan tindakan. Semoga semua kembali normal jadi bisa ke dokter gigi tanpa takut juga.

  38. Alia

    April 21, 2021 at 9:17 PM

    Kok berani ke dokter gigi si lagi pandemi. Aku aja tahan2 ini mau scaling udh gak betah. Agak worry gitu

  39. Bayu Fitri

    April 21, 2021 at 10:35 PM

    Pengen banget polishing gigi biar kinclong tapi masih corona euy..kira2 aman kah bu?

  40. indah juli

    April 23, 2021 at 6:56 AM

    Sudah setahun lebih nggak ke dokter gigi, padahal ada gigi yang goyang sampai kalau mau makan tuh mesti ngunyah pelan-pelan. Pengen scaling juga, biar gigi kinclong dan sehat.
    Hadeeh, betapa rindu ke dokter gigi 🙂

  41. Rani R Tyas

    May 11, 2021 at 7:33 AM

    Kayaknya aku terakhir melakukan perawatan gigi itu karena mau menambal gigi berlubang! Hahaha. Harusnya sih dicabut ya itu gigi bungsu, tapi kayaknya bakalan tambah panjang prosesnya. Tapi kalau buat scaling dan polishing nih aku belum pernah, Teh. Padahal karang giginya udah kayak ngontrak seumur hidup tuh di dalam mulut.

  42. Rach Alida

    May 11, 2021 at 9:57 AM

    Selama pandemi ini aku sudah dua kali ke dokter gogo untuk scaling. Senang deh lebih percaya diri karena gigi bersih. Tempatnya nyaman sekali ini mba

  43. nurulrahma

    May 11, 2021 at 9:58 AM

    Teh,
    aku pengin ke dokgi tapi masih atuuutt
    ntar deh aku coba cari dentist di surabaya yg service-nya paripurna juga
    sehat2 selaluuu ya

  44. thya

    May 11, 2021 at 10:16 AM

    aku pernah scalling. sakit yaaa.. tapi enak sih setelahnya. jadi terasa lebih bersih.
    kalo polishing, aku belum pernah cobain mbaa..

  45. Mugniar

    May 11, 2021 at 4:37 PM

    Dokternya memakai APD lengkap ya Mak dan memang ketat dengan 5M jadi perasaan tenang ke TDC ini ….
    Btw … Kukira ada foto senyum lebar di akhir … kok gak ada ….

  46. Bundabiya.com

    May 11, 2021 at 6:27 PM

    hmm aku jadi inget nih selama pandemi belum ke dokter gigi sama sekali.. padahal aku butuh banget tp aku masih parno karena aku belum vaksin. aku mau nunggu vaksin tapi kok ga datang2 buat giliranku huhu

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.