Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR RI

PIN Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR | Blogger BDG | Nchie hanie | Aston Tropicana Cihampelas

Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR RI  Aston Tropicana Cihampelas Bandung, Senin sore 11 Desember 2017 acara  Gathering Netizen MPR dan BloggerBDG  yang dikemas dalam sebuah obrolan santai. Pada awalnya mendengar kata MPR aja rasanya sudah berat banget, membayangkan pembahasan yang kaku, membosankan  dan diskusi yang garing. Apalgi event ini dihadiri langsung oleh ketua MRI RI yaitu Bapak Zulkfli Hasan beserta Sekjen MPR-RI Bapak Maruf Cahyono.

Sambil menanti kehadiran Pak Zul, melumerkan suasana dengan acara ngopi dan ngemil cantik. Mba  Cantik MC-nya pun tetep menyapa Netizen yang datang, diantara nya  Blogger BDG, influencer dan Media onlne, bahkan ada dari luar kota pula dan obrolan santai pun mengalir begitu saja. Tak lama kemudian datanglah rombongan  Pak Zul langsung menyapa manis.

Sebelum acara dimulai, netizen menyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh dirigen perwkilan dari Blogger. Tetep donk hafal dengan lirik-liriknya padahal kan jarang sekali dinyanyikan, ya namanya cinta dengan Indonesia atuh.

Pak Zul, membuka acara dan yang menarik di sini adalah  beliau membuka diri untuk memberikan kesempatan kepada para Netizen untuk langsung bertanya ataupun mengeluarkan uken-unek seputar apapun yang mengganjal kepada pemerintah  Obrolan santai jadi bertajuk “Curhat donk Pak Zul”

Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR | Blogger BDG | Nchie hanie | Aston Tropicana Cihampelas

Sejenak nyeruput dulu

Kesempatan ini ga disia-siakan oleh  Netizen Bandung dengan penuh antusias mengajukan beberapa pertanyaan  dan permasalahan yang beredar dan berkembang di masyarakat. Mulai dari  permasalahan  langkanya gas 3kg. Ini tuh masalah yang kompleks bagi BuiBu, karena memang pernah mengalami sendiri kesulitan untuk mendapatkannya.  Pak Zul menjawab pertanyaan seputar kelangkaan gas elpiji untuk ukuran 3 kg, dan  menyatakan jika  pihaknya sudah berkomunikasi langsung dengan pertamina soal kelangkaan yang sering terjadi dan naiknya harga gas elpiji bahkan melakukan pengawasan untuk ketersediaan gas, bagaimana pun masyarakat berhak mendapatkannya.

Permasalahan lainnya adalah soal sampah, Pak Zul berpendapat bahwa  bukan hanya tugas negara atau pemerintahan. Namun keberadaan  kita juga turut andil besar terhadap persoalan sampah yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir. Dan Beliau pun memberikan  contoh di  beberapa negara di luar negeri yang bisa menyelesaikan segala persoalan  dengan sendiri.

Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR | Blogger BDG | Nchie hanie | Aston Tropicana Cihampelas

Perwakilan Netizen Bandung  memberikan beberapa pertanyaan

Misalnya seperti negara  Scandanavia yang sudah maju dan memiliki nilai-nilai terhormat meski disana tidak perlu ada KPK,  karena memang tidak ada kasus korupsi. Dan  salah satu contoh lainnya adalah ketika ada yang menemukan hand phone yang hilang, maka si penemu  akan  mencari yang punyanya  sampai menemukannya. Nilai-nilai luhur yang begini yang patut dicontoh oleh masyarakat yang memiliki nilai budaya yang luhur dan sebagai umat beragama.

Kali ini yang tak kalah marak adalah isu pembajakan  buku dan isu plagiat.  Hal tersebut dipertanyakan oleh beberapa penulis yang hadir, tentu saja sangat merugikan dan mematikan kreatifitas mereka. Pemerintah pun akan berjanji membereskan permasalahan ini dan memberikan penghargaan  bagi  SDM kreatif  serta memperjuangkan royalty untuk para penulis.

Pak Zul berbicara tentang persatuan dan  kesatuan bangsa yang mengibaratkan sebuah bendera yang terkoyak. . Ternyata obrolan hangat dan santai dalam menghadapi permasalahan sosial dikupas tuntas sore itu, dimana masalah persatuan dan kesatuan negara menjadi persoalan besar yang bisa merugikan bangsa dan negara. Apalagi yang lagi semarak adalah menyebarkan berita hoax  oleh individu yang berkembang pesat melalui media sosial. Pada intinya memang harus bijak dalam menyaring  sebuah berita agar jangan sampai memecah belah persatuan negara kita.

Nah sudah waktunya sebagai pegiat online  memberikan berita yang baik dan jelas, mengajak khalayak untuk tetap besatu padu membangun negeri ini meski hanya dalam sebuah kicauan di medsos. Karena bagaimana pun hanya kita sebagai rakyat yang harus memajukan negeri ini.

Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR | Blogger BDG | Nchie hanie | Aston Tropicana Cihampelas

Suasana Netizen Bandung  ketika berhadapan langsung dengan Pak Zul

Kemudian Pak Zul pun menyinggung soal jamannya reformasi, dan aku pernah menjadi saksi pada jamannya ketika perpindahan dari orde lama ke orde baru dan pernah rame-rame demo antar universitas, kalau mengingatnya berasa bagian dari sejarah. Hampir 20 tahun reformasi dan berkembang di Indonesia tentu saja banyak banget perubahan dan kemajuan yang diraih, mulai dari otonomi daerah sampai kebebasan berpendapat.

Kehadiran Netizen Bandung  di acara ngobrol bareng MPR ini adalah salah satu bentuk kebebasan berpendapat dengan mengajukan beberapa unek-unek  yang berkembang di masyarakat.  Sebagai generasi milenial sekarang ini memiliki kebebasan berekspresi dan akan menjadi penentu sejarah. Dimana tantangan yang dihadapi pada jaman now adalah tentang revolusi kemajuan teknologi  informasi dan komunikasi, tantangan media sosial. Sudah selayaknya jika muncul isu atau berita hoax yang bersifat negatif, lebh baik dianalisa dulu tentang kebenarannya secara rasional.

Pada intinya ngobrol bareng Ketua MPR-RI Bapak Zulkifli Hasan, Beliau mengatakan kembali akan pentingnya rasa  kesatuan dan persatuan bangsa. Jangan mudah untuk dipecah belah dan diprovokasi. Tak lupa untuk selalu saling menghargai dan menghormati semua orang, karena kita semua adalah satu  meski bebeda-beda.

Semoga saja dengan adanya Gathering bareng MPR RI dan Netizen di Bandung ini membukakan mata para wakil rakyat yang telah dipilih dan dipercayai oleh rakyat untuk selalu menerima aspirasi rakyatnya dalam mewujudkan  unek-unek  yang diwakilkan oleh beberapa sahabat netizen. Terima kasih Pak Zul obrolan santainya sangat berfaedah sekali.

Sesi utama adalah poto-poto bareng Pak Zul

Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR | Blogger BDG | Nchie hanie | Aston Tropicana Cihampelas

Poto Session Netizen Bandung bareng MPR RI

 

Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR | Blogger BDG | Nchie hanie | Aston Tropicana Cihampelas

Kegiatan  Wefie yang menyatukan hati antara rakyat dan pemerintah

Comments (38)

  1. Okti Li

    December 19, 2017 at 12:26 AM

    Hanjakal batal ikut gara2 tijalikeuh kaki jadi bareuh…

    Ga ada no kontak para petinggi MPR itu, teh? Cik bagi lah. Biasanya ada hehehe
    Japri we japri…

    • nchiehanie

      December 19, 2017 at 10:32 AM

      Lah.lah padahal mah kopdar deh..

      HAhaaa..ga punya Teh, ga minta tah :p

  2. lianny hendrawati

    December 19, 2017 at 11:01 AM

    Wuah serunya itu yang lagi wefie. Kegiatan seperti ini merpererat persaudaraan selain juga bertukar pikiran.

    • nchiehanie

      December 19, 2017 at 3:46 PM

      Iya banget Mba..

  3. Lina W. Sasmita

    December 19, 2017 at 11:50 AM

    Ngobrol santai dari hati ke hati antara masy6 dan pemangku kebijakan begini nih yang patut digalakkan. Agar tidak memunculkan praduga-praduga dan kesalahpahaman. Keren inisiatifnya. Semoga akan ada di kota lainnya Teh.

    • nchiehanie

      December 19, 2017 at 3:45 PM

      Biasanya dibeberapa kota Ko Mba Lina (di Jawa)

  4. Apura

    December 19, 2017 at 2:14 PM

    Wah, mainnya jauh sampe ke MPR 😅 ayoo para relawan TIK semangat sebar konten positif

    • nchiehanie

      December 19, 2017 at 3:44 PM

      hahahaa..iya niy kalo basa sundanaya jarambah

  5. Nova DW

    December 19, 2017 at 3:07 PM

    Seru ya bisa berdiskusi dengan wakil rakyat. Semoga aspirasi teman-teman membawa perubahan ke arah yang lebih baik

    • nchiehanie

      December 19, 2017 at 3:43 PM

      Aamiin, semogaaa

  6. Munasyaroh Fadhilah

    December 19, 2017 at 7:01 PM

    Waktu di Surabaya kemarin Pak Zulkifli gak bisa datang, adanya cuma Sekjend ajah. Namun acaranya juga sama serunya

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 4:56 PM

      Iya yaa, mungkin lai pengen deket2 sama Netizen

  7. Ratri Anugrah

    December 19, 2017 at 8:17 PM

    Pada akhirnya, semua masalah di negara kita ya cuma bisa diselesaikan oleh masyarakatnya. Tapi ya gitu, susah. Belum lagi makin banyak orang-orang bersumbu pendek. Jadi ya pemerintah harus turun tangan dulu. Gimana mengubah mindset dan kelakuan kita-kita hehe.

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 4:56 PM

      Hehhehee… balik lagi ke masyarakatnya ya, tapi tetep dengan dukungan pemerintah yaa

  8. andyhardiyanti

    December 19, 2017 at 9:49 PM

    Wuihh seru…semoga acara yang sama diadakan pula di Lombok 🙂

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 4:57 PM

      kayanya sama mungkn Andy..
      oalnya lagi Roadshow

  9. MeriskaPW

    December 20, 2017 at 6:01 AM

    Emang gas lagi langka ya mbak? Pantesan ini gasku abis, mau beli di tetangga yang jadi agen kok kosong terus stoknya, hikz.

    Btw, Pak Zulkifli pinter bergaya juga di depan kamera ternyata, hehehe

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 4:58 PM

      Iya di BAndung uah beberpa bulan kebelakang langka dan mihil pulaaa

      HAhhaaa..iya banget, potogenik Pak Zul niy

  10. April Hamsa

    December 20, 2017 at 7:12 AM

    Belum pernah iku2 acara netizen bareng MPR selama ini. Sepertinya seru ya diajak membahas tentang kebijakan dll 😀

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 4:59 PM

      Seruu abiss, banyak candanya juga..

      Aku juga baru pertamakali Maak, biasanya suka nolak ikutan acara pemerintah, ga bisa nulisnya hahaa

  11. Noe

    December 20, 2017 at 11:05 AM

    Sekarang diskusi antara masyarakat dan pemerintah makin sering diadakan ya. Di Serang juga udah 2x, tapi sama Kemkominfo. MPR RI belum deh kayaknya

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 5:00 PM

      Iyaa, mungkin kepo dengan isu yg beredar di masyarakat ttg pemerintah.
      Nah kalo kemkominfo seringnya dari RTIK..

  12. Anindita Ayu Prastiwi

    December 20, 2017 at 1:08 PM

    Para relawan TIK yang keren-keren nih.. Pasti seru ya mbak main main dan ngobrol-ngobrol sampe ke MPR!

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 5:01 PM

      Seru banget, soalnya Netizen ga hanya Relawan TIK tapi ada juga Blogger, influencer dan media online lainnya

  13. rani yulianty

    December 20, 2017 at 3:54 PM

    wuih liat para blogger yang antusias seru banget dan daku pun keseret-seret ga bisa foto bareng pak zul, hahaha

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 5:02 PM

      Hahhaaa…sesi selpih yang anteng yaa

  14. Putu Ayu

    December 20, 2017 at 4:14 PM

    Aamiin.. semoga semakin amanah ya para wakil rakyat!

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 5:02 PM

      Aamiin ya Maak

  15. Tian Lustiana

    December 20, 2017 at 4:52 PM

    Semoga NKRI kita selalu bersatu, aamiin

    • nchiehanie

      December 20, 2017 at 5:02 PM

      AAmiin, Merdekaa!!

  16. Maria G Soemitro

    December 20, 2017 at 8:10 PM

    sesi foto , sesi yang ditunggu tunggu 🙂

    • nchiehanie

      December 21, 2017 at 7:37 AM

      hahahaaa iyaa ya Bun

  17. Larasati Neisia

    December 21, 2017 at 6:07 AM

    Hikss pengen ikut acaranya biar bisa curhat juga #loh 😂 semoga masyarakat Indonesia semakin punya kesadaran tinggi tentang kesatuan, supaya nggak gampang terhasut hoax, nggak main hakim sendiri biar negara Indonesia ini semakin maju. aamiin

    • nchiehanie

      December 21, 2017 at 7:39 AM

      wkakakaak..curcol mau nikah deh

      Amin yaa

  18. Santi Mukti

    December 21, 2017 at 10:34 AM

    Seru banget yaa ternyata bisa dekat ini dengan bapak pejabat, ga tanggung-tanggung langsung ke ketua MPR!

  19. Sugi Siswiyanti

    December 21, 2017 at 11:34 AM

    Iya ya,meski blog adalah laman pribadi,tetep kita sebagai blogger harus menuis secara objektif,ga melulu opinion apalagi nulis hoax 😀

  20. Triani Retno A

    December 21, 2017 at 8:31 PM

    Kadang2 kupikir, di kita tuh “peraturan ada untuk dilanggar”. Jadi ngebandingin sama negara2 yang diceritakan Pak Zul itu.

    • nchiehanie

      December 22, 2017 at 11:55 AM

      hahahaa..iyaa bener Teh, rasanya kalo ga dilanggar gemana getooh

Leave a Reply to Putu Ayu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.