4 Pilar MPR Penting Diterapkan dalam Kehidupan Bermasyarakat

PIN

Empat Pilar MPR RI Penting Diterapkan dalam Kehidupan Bermasyarakat. Senang rasanya ketika bisa berkumpul kembali di suasana new normal dalam event Warganet Bandung Ngobrol  Bareng MPR RI hari Rabu, 25 November 2020 di The Trans Luxury Hotel.  Meski dalam keadaan yang tak biasa namun engga mengurangi rasa kebersamaan. Tetep ya, wajib mematuhi protokol kesehatan  yang diutamakan.

Ngobrol Bareng MPR RI  di Bandung untuk ketiga kalinya, kegiatan ini sebagai bukti nyata bahwa MPR RI begitu dekat dengan masyarakat khususnya Blogger sebagai bagian dari media yang ikut membantu memberikan informasi tentang MPR RI. Dihadiri oleh Narasumber Bapak Ma’ruf Cahyono Sekretaris Jenderal MPR RI yang kebetulan berhalangan.  Ibu Siti Fauziah sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi MPR RI dan Bpk. Budi Mulyawan sebagai  Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Lembaga MPR RI. Beserta Blogger Bandung, Purwakarta dan beberapa Media.

Acara yang dipandu olem MC  kece andalan Blogger Bandung Raja Lubis yang apik mengemasnya, mulai dari rasa tegang terus penuh kehangatan dengan gimmick ala-ala beliau yang mampu mencairkann suasana. Memang ya kalau ngobrol bareng MPR RI kesannya serius sekali, tapi mendadak riuh ketika MC memberikan pertanyaan, apa itu singkatan MPR? Kebangetan kalau sampe ga tahu atau ga hafal.

Sebelum  acara dimulai pun, lagu kebangsaan Indonesia Raya tetep dinyanyikan bersama meski  nyanyi di balik masker khidmatnya  dan bangganya tetep berasa banget dilanjutkan dengan pembacaan doa. Ngobrol bareng pun dimulai oleh  Ibu  Siti Fauziah yang akrab dengan panggilan  Bu Titi, menyapa dan mengingatkan tentang Empat Pilar MPR lalu melempar pertanyaan, apa saja 4 pilar tsb?

Ibu Siti Fauziah sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi MPR RI

Dan ternyata masih banyak yang menyebutkan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, padahal sudah diubah menjadi Empat Pilar MPR. Ibu Titi berharap agar ke depan netizen Bandung mampu menuliskan tentang nilai-nilai Empat Pilar MPR setiap hari di akun media sosialnya, paling tidak menyampaikan tentang kebersamaan.

Tujuan dari Ngobrol Bareng ini untuk memperkenalkan MPR dan meminta netizen Bandung menyebarluaskan informasi dan program MPR kepada followernya terutama dari kalangan milenial. Semoga dengan adanya kolaborasi ini diharapkan membuat generasi muda lebih mempunyai jiwa kebangsaan lebih besar dan memahami ideologi negara Indonesia secara baik.

Menurut Pak Budi Mulyawan sosialisasi tugas MPR dan  Empat Pilar MPR ini baru terserap 82,6jt masyarakat Indonesia. Masih ada lapisan-lapisan lain yang belum tersosialisasikan. Maka dari itu melalui kegiatan ngobrol bareng MPR RI, mari kita memberikan pencerahan tentang  4 Pilar MPR RI ini.  Kepala Biro Pemberitaan dan Hubungan Lembaga MPR RI mengatakan bahwa MPR RI merupakan Lembaga yang mengawal tegaknya Ideologi Pancasila.

Budi Mulyawan sebagai  Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Lembaga MPR RI

Bahwa saat ini dunia informasi sudah tanpa batas, dimana para pelaku dunia informasi di antaranya adalah para netizen. Karena sudah tanpa batas geografis, netizen tidak hanya menyampaikan informasi di Indonesia, tetapi juga sampai ke luar.  Pak  Budi pun menyampaikan tentang visi misi MPR sebagai Rumah Kebangsaan, pengawal ideologi dan kedaulatan rakyat.

Apa itu 4 Pilar MPR RI?

Kembali mengingat, mengenal dan memahami pilar-pilar MPR  sebagai pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat. Empat pilar MPR adalah tiang penyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera. Kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh. Maka dari itu Empat Pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan.

Berikut 4 Pilar MPR RI,  antara lain :

  1. Pancasila
  2. UUD Negara Republik Indonesia 1945
  3. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
  4. Bhineka Tunggal Ika

Disampaikan oleh Pak Budi Mulyawan pun, dengan singkat  memaparkan sosialisasi Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara , Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Bagaimana menerapkan 4 Pilar MPR RI  dalam kehidupan sehari-hari?

Berbicara tentang penerapan 4 pilar yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi pijakan dasar dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Apalagi  berada pada situasi pandemi seperti ini, selayaknya  harus menggaungkan semangat gotong royong untuk bisa saling  menguatkan satu sama lain.

Dengan kebersamaan tersebut maka kita akan bisa bersama-sama melewati masa sulit ini dalam menghadapi pandemi. Sebagai warga Indonesia harus menjadikan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai pedoman, seperti nilai-nilai kemanusian dan kepedulian antar sesama semakin meningkat di masa pandemi.

Dengan adanya sosialisasi Empat Pilar MPR ini diikuti oleh kalangan pelajar dan milenial, selain memiliki aktivitas yang sangat tinggi juga bertujuan untuk menanamkan dan membangun pondasi ideologi kebangsaan yang kuat. Siapa lagi kalau bukan generasi muda yang melanjutkan, berharap nilai-nilai kebangsaan dapat diamalkan oleh generasi muda, di tengah Pandemi Covid-19.

Banyak sekali yang terdampak pasca pandemi ini, masyarakat harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai pancasila. Mulai dari perekonomian masyarakat,  banyaknya masyarakat kehilangan mata pencaharian, kesulitan dalam melakukan dan mengembangkan usaha. Sebagai bentuk kepedulian atau dukungan kepada teman-teman adalah dengan membeli produk atau barang yang mereka jual. Karena aku percaya, mereka sedang berjuang meningkatkan perekonomian di masa pandemi ini khususnya. Saling berbagi  ilmutentang bagaimana agar usaha mereka menjangkau luas lewat dunia online atau bagaimana cara berjualan lewat sosial media.

Penerapan Empat Pilar ini bisa juga  melalui semangat dan sikap gotong-royong di lingkungan sosial yang mampu membantu meringankan beban warga yang terdampak. Dengan gotong royong maka akan terwujud masyarakat yang guyub dan rukun sehingga dapat menguatkan kepekaan dan kepedulian sosial ditengah himpitan kesulitan di masa pandemi.

Hanya dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila kita bisa bersama melawan virus corona, yaitu dengan peduli terhadap sesama adalah salah satu bagian penting dalam mengamalkan Pancasila. Tidak lupa juga saling mengingatkan agar  menerapkan pola hidup sehat, olah raga, istirahat yang cukup, dan banyak berdoa agar wabah ini cepat berlalu dan bangsa Indonesia selalu diberikan kekuatan dalam menghadapi tantangan.

Banyak banget cara penerapan Empat Pilar ini dalam kehidupan sehari-hari, selain hal-hal di atas yang kulakukan dalam kehidupan nyata, sebagai pekerja online  pun harus bisa menyaring informasi yang benar, tidak menyebarkan hoax, membuat konten yang positif untuk menjaga keselarasan antara jiwa dan raga ditengah masa pandemi, serta menularkan virus happy ke sesama entah itu via sosial media ataupun blog.

Blogger Bandung

Kuy, kita kuatkan persatuan dan kesatuan, mencegah penyebaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga kita semua. Untuk itu, patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer setiap beraktivitas.

Mengajak semua nitijen di semua lapisan bahwa Empat Pilar MPR jangan hanya dijadikan slogan tapi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penyebaran informasi nilai-nilai Empat Pilar MPR dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, dari mulai kota besar hingga ke pelosok negeri dengan melakukan kunjungan serta mendengarkan aspirasi masyarakat di wilayah tersebut.

Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI ini mencuri perhatian, tentang bagaimana penerapan Empat Pilar MPR selama masa pandemi Covid-19, bagaimana sosialisasi Empat Pilar MPR kepada masyarakat di daerah perbatasan, serta sejauh mana peran influencer MPR dalam mengedukasi para followernya.

Semoga saja Ngobrol Bareng MPR RI ini menerima saran dan kritikan dari nitijen Bandung, agar kedepannya Empat Pilar MPR dibuat lebih menarik sehingga renyah dibaca, nyaman ditonton, dan disebarluaskan, seperti mengedukasi lewat film pendek atau film layar lebar. Karena masyarakat butuh contoh aplikasi nyata Empat Pilar MPR seperti kisah inspiratif menerapkan nilai-nilai Empat Pilar lebih mengena kepada masyarakat.

Seru kan, Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI? Gimana dengan mentemen, apakah sudah mengaplikasikan Empat Pilar MPR dalam sehari-hari? Sharing Yuk!

Comments (39)

  1. HM Zwan

    November 26, 2020 at 10:46 AM

    Semoga dengan adanya acaranya ini, makin banyak yang tau pentingnya mengaplikasikan 4 Pilar MPR RI dalam kehidupan sehari hari. Seru banget yavteh acaranya

  2. Dwi Puspita

    November 26, 2020 at 4:36 PM

    Pastinya dengan adanya acara bareng MPR ini lebih mengerti dan memahami tentang 4 pilar itu ya Teh

  3. Jiah Al Jafara

    November 26, 2020 at 5:21 PM

    Seru pastinya bisa ikutan Ngobrol Bareng MPR RI. Yuk sama-sama kita nerapin nilai-nilai 4 pilar dalam kehidupan sehari-hari. Sosialisasi harus dilakukan pada semua lapisan masyarakat

  4. Ana Ike

    November 26, 2020 at 6:11 PM

    Aku lupa loh empat pilar MPR itu apa aja. Baca ini jadi inget lagi deh, haha.
    Bukti bahwa kaya ginian tu harus banyak-banyak diinformasikan ke masyarakat umum ya. Soalnya selama ini tahunya ya MPR aja udah

  5. Alya

    November 26, 2020 at 8:42 PM

    Keren banget mbak bisa bertemu dengan anggota MPR. Btw, saya baru tahu juga ada 4 pilar MPR yang beru saya dengar sekarang ini. Jujur sih saya belum paham di dunia politik gitu sih

  6. Ina Tanaya

    November 26, 2020 at 9:48 PM

    Wah MPR RI masuk ke kota Bandung dengan 4 pilarnya. Setuju banget supaya 4 pilar MPR itu jangan sekedar wacana saja. Tunjukkan dulu teladannya.

  7. Adriana Dian

    November 27, 2020 at 2:33 PM

    wah acaranya seru banget ya mak, walaupun serius temanya yaaa.. hihi. jadi kangen acara offline nih.. Biar bisa ketemu langsung sama temen temene blogger lagiii.. hihi

  8. Keke Naima

    November 27, 2020 at 4:44 PM

    4 pilar yang seharusnya bisa dipahami oleh banyak masyarakat. Kayaknya kalau semua mengaplikasikan bisa adem

  9. Ruli retno

    November 27, 2020 at 5:31 PM

    4 pilar ini kalo enggak sering2 di ingetin dan diterapkan emang bisa lupa ya teh, jadi seneng bisa ikut acara ini memupuk perhatian kita kembali

  10. Andiyani Achmad

    November 27, 2020 at 6:57 PM

    pas temen-temen blogger dari Bandung posting foto di Instagram, aku sempet kepo dan kaget wah udah ada acara seru offline nih barengan MPR

  11. Milda Ini

    November 27, 2020 at 9:55 PM

    i hope anggota MPR dan empat pi;ar ini bisa saling sugesti untuk bikin negara ini lebih baik. empat pilarnya juga wajib kita junjung and terapkan in daily kita yah

  12. Maria G Soemitro

    November 28, 2020 at 1:07 AM

    Wah Blogger Bandung, tapi saya kesulitan nebak da pada pakai masker 😀😀😀
    Bagus sekali ya teh Nchie, 4 pilar MPR selalu disosialisasikan, supaya rakyat dekat legislator nya

  13. Dian

    November 28, 2020 at 5:22 AM

    wah senangnya bisa ikut acara bermanfaat seperti ini ..
    saya dulu juga pernah ikutan mbak, dua tahun lalu sih. .ada sosialisasi 4 pilar mpr di surabaya

  14. Grandys

    November 28, 2020 at 7:18 AM

    Alhamdulillah senangnya ya teh finally bisa event offline dengan patuhi prokes. Dan untuk 4 pilar ini wajib banget untuk disosialisasikan mengingat sedang di era pandemi juga, banyak yg merasa sangat terdampak

  15. Syarifani mama twins

    November 28, 2020 at 10:48 AM

    Waktu pandemi ini 4 pilar MPR bener-bener diuji.

    Saling peduli waktu tetangga yang positif covid-19 dengan menyumbangkan bahan makanan bila perlu.
    Saat ada temen-temen yang jualan, bantu beli barang jualannya.

  16. Raja Lubis

    November 28, 2020 at 1:00 PM

    Terharu ada foto aku di sini. Heheh

    Btw, semoga harapan netizen Bandung betul-betul diserap ya oleh MPR RI, bukan sebatas obrolan di meja makan saja.

  17. BayuFitri

    November 28, 2020 at 5:12 PM

    Semoga 4 pilar ini benar2 disosialisasikan dan dapat menyerap aspirasi rakyat ya mbak khususnya ditengah pandemi gini

  18. Helena

    November 28, 2020 at 6:27 PM

    kangen datang ke event begini karena sudah satu tahun di rumah aja
    btw, dulu juga ada nih sosialisasi empat pilar MPR di RW-ku. Terus gencar ya mengenalkan empat pilar supaya kita menerapkannya sebaik mungkin.

  19. Juliastri Sn

    November 28, 2020 at 6:32 PM

    Seru banget ya ngobrol barengnya. Menambah wawasan tentang kewarganegaraan khususnya 4 pilar MPR yang seharusnya tak hanya dihafalkan namun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ya..Keren 🙂

  20. Marantina

    November 28, 2020 at 7:24 PM

    Aku baru dengar 4 pilar yang diusung MPR. Semoga udah dipraktekkan dulu oleh anggota MPR biar masyarakat juga bisa meneladani 🙂

  21. Eri Udiyawati

    November 28, 2020 at 7:31 PM

    Semoga dengan adanya acara ini, 4 Pilar MPR bisa tersalurkan ke masyarakat, terutama yang kaum milenial. Sesuai dengan yang diharapkan oleh Ibu Siti Fauziah.

    Karena pada kenyataannya 4 Pilar MPR belum dilaksanakan sepenuhnya oleh kita. Jangankan melaksanakan, tahu 4 Pilar MPR itu apa aja juga masih banyak yang belum tahu.

    Tugas kita juga ya para netizen untuk menebarkan rasa kebangsaan pada teman-teman semuanya.

    Setuju banget, bahwa penerapan 4 Pilar MPR itu bisa dilakukan dengan gotong royong dan sangat mudah.

  22. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    November 28, 2020 at 7:53 PM

    Berat ini obrolannya 😀
    Tapi emang utk selalu mengingat dasar negara dll, sebaiknya gak menunggu agustusan yaaa, hehe.
    Acara2 kyk gini biasanya makin mengingatkan kita utk bangga jd rakyat Indonesia ya mbak.

  23. Hidayah Sulistyowati

    November 28, 2020 at 8:23 PM

    Setuju kalo bicara empat pilar enakan dijadikan film pendek yang menarik gitu. Kalo ngobrol dalam ruangan berat rasanya, etapi pembicaranya ibu Siti Fauziah ya. Enak sih kalo beliau yang ngomong.

  24. Larasati Neisia

    November 28, 2020 at 8:31 PM

    Emang nih 4 Pilar MPR harus sering-sering disosialisasikan biar banyak yang aware dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, apalagi disaat pandemi seperti sekarang wajib banget saling mengingatkan dan bantu-bantu sesama.

  25. Lisdha

    November 28, 2020 at 8:51 PM

    Pancasila
    UUD Negara Republik Indonesia 1945
    NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
    Bhineka Tunggal Ika

    Harus ingat-ingat nih. Btw, karena sering nemenin anak belajar PPKN, jadi masih agak sering ketemu deh materi2 semacam ini hihihihi

  26. Andy Hardiyanti

    November 28, 2020 at 11:31 PM

    Mungkin udah banyak yang tahu 4 pilar MPR RI ini, tapi ya jadi lebih mudah dipahami kalau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ya Teh. Dibuat jadi postingan blog gini pun biar lebih banyak yang tahu dan gampang disosialisasikan, tahu sendiri kan kalau bentuknya tulisan serius nan berat, kadang pada malas bacanya.

  27. diane

    November 28, 2020 at 11:46 PM

    wah jadi kangen acara kayak gini..Acaramya seru nih teh..Jadi tahu ttg MPR yang selama ini cuma bisa di baca2 aja di buku sekolah..

  28. Nia Haryanto

    November 29, 2020 at 1:30 AM

    4 Pilar MPR RI ini memang sering terlupakan ya dalam kehidupan sehari-hari. Aku jadi keingetan lagi dengan ikut acara kemaren itu. Kayaknya, akar dari semua permasalahan di kita saat ini memang memudarnya nilai-nilai dari ke-4 Pilar MPR RI ini.

  29. Vicky Laurentina

    November 29, 2020 at 1:58 PM

    Rasanya saya sudah mengaplikasikan Empat pilar MPR sejak saya kecil deh. Tapi tetangga sebelah itu semangat aja masih teriak-teriak minta ideologi Pancasila diganti jadi ideologi agama tertentu.

  30. Alif

    November 29, 2020 at 10:08 PM

    Dulu 4 pilar ini sering banget dijadikan lomba ya mbak? Para generasi muda perlu tahu ini dan mungkin programnya bisa dilanjut

  31. Alfa Kurnia

    November 30, 2020 at 6:21 AM

    Baru tahu kalau 4 hal itu disebut 4 Pilar MPR RI. Padahal sudah disosialisasikan dan diaplikasikan sejak kecil lewat pelajaran PMP (ketahuan banget umurnya ya). Semoga dengan sosialisasi seperti ini, 4 pilar bisa menjadi pedoman rakyat berbangsa dan bernegara oleh semuaaaaa rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

  32. Bety Kristianto

    November 30, 2020 at 1:23 PM

    Waah aku termasuk yang kudet nih teh. Taunya masih 4 Pilar kebangsaan. Ternyata udah diganti yaa… Seru banget deh acaranya… Ada Kak Raja Lubis juga ya.. keren!

  33. Visya

    November 30, 2020 at 8:22 PM

    Ah iya akupun tahunya empat Pilar kebanggaan. Sejak kapan diubah teh?

    Btw sepakat, sosialisasinya dibuat lebih asyique macam pakai film gitu oke tuh.

  34. Shafira Adlina

    November 30, 2020 at 9:30 PM

    seru ya akhirnya bisa ngumpul2 lagi teh. aku inget dulu dateng pas mahasiswa sosialiasai empat pilar MPR RI gini dapet tas gemblok hihi. lumayan

  35. Taumy Alif

    December 1, 2020 at 4:58 AM

    Saya sih, yang paling sering nilai2 pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dikondisi pandemi seperti sekarang.

  36. ghina

    December 1, 2020 at 6:50 AM

    seru sekali lihat foto-fotonya teh, akhirnya ada event blogger ya, tentu dengan protokol kesehatan agar aman

    empat pilar ini semakin harus digaungkan tapi juga praktiknya harus semakin digalakkan, apalagi pandemi begini, setuju sam contoh2 yang disebutkan teh nchie. gotong royong dan kesdaran untuk membantu sesama dengan menerapkan protokol perlu banget digalakkan lebih luas dengan memberi contoh tentunya.

  37. Lusi Dan

    December 1, 2020 at 8:17 PM

    Keempat pilar MPR RI harus diterapi ni… Salah satunya yg terakhir, Bhineka tunggal Ika

    Karena masyarakat Indonesia terdiri dari banyak bahasa, adat budaya, agama dan lainnya… Berbeda itu indah

    • Atiq

      December 2, 2020 at 5:31 AM

      Wah bagus sekali acara sosialisasi begini, biar masyarakat jg mengenal 😉 biar prakteknya jg bisa diterapkan sesuai tujuan
      Saling bahu membahu ya demi Indonesia 😉

  38. ima satrianto

    December 3, 2020 at 12:51 AM

    Wah seru ya acaranya, memang mengingatkan tentang 4 pilar MPR harus secara terus menerus dan berulang, supaya bisa terus mengakar kuat ke sanubari ya teh.

Leave a Reply to Milda Ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.