Open Kampus Itenas Bandung 2024

PIN

Open Kampus Itenas Bandung 2024. Bagi para siswa SMA, SMK, dan sederajat yang  masih bingung mencari  tempat kuliah dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tentunya memilih kampus yang tepat dan sesuai minat merupakan hal yang perlu dipikirkan matang-matang. Apalagi jika memilih perguruan tinggi berdasarkan kualitas yang dimiliki.  Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menyelenggarakan Open Campus Itenas 2024 yang bisa diikuti oleh SMA, SMK, dan sederajat di wilayah Jawa Barat

Open Campus diselenggarakan pada hari Rabu dan Kamis, 24-25 April 2024, terbagi dalam dua sesi pagi dan siang. Sesi 1 mulai pukul 09.00-12.00 dan sesi 2  pukul 13.00-16.00. Acara Open Campus ini merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan Itenas Bandung untuk para calon mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai berbagai Program Studi yang ada di Kampus Itenas, mulai tanggal 1 – 25 April 2024.

Acara ini juga merupakan bagian dari promosi kampus sehubungan dengan dibukanya Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2024/2025. Pada tanggal 24 – 25 April, diadakan Workshop Program Studi yang akan
memberikan insight mengenai pembelajaran ataupun hal-hal yang menarik pada Program Studi
di Itenas Bandung.

Acara ini dibagi ke dalam 2 sesi pagi dan siang, selama 2 hari. Selama acara berlangsung akandiadakan berbagai workshop dari program studi sesuai jadwal di bawah ini :

 

Itenas Bandung

Workshop Desain Interior “Fun Drawing”

Begitu menarik banget ketika melihat salah satu Program Studi (Prodi) Desain Interior. Tanpa basa-basi langsung mengajak anak gadis untuk melihat tempat kuliahan yang memang sudah sangat familiar di Kota Bandung. Kami berdua mengikuti workshop Fun Drawing bersama Gambar Konstruksi dan Interior, yang berlokasi di Gedung 1.

Pertama memasuki Kampus Itenas sangat menarik sekali desain  gerbangnya, munimalis banget. Di sekitarnya masih banyak pepohonan yang membuat asri,  emang tampak nyaman banget. Mengikuti petunjuk yang ada untuk menuju lokasi, sangatlah mudah. Berbaur dengan mahasiswa dan calon mahasiswa begitu menyenangkan. Akhirnya bertanya juga pada salah seorang mahasiswa yang gondrong dan tampak garang , tapi lembut dan ramah menunjukan arah di lantai 3 tempat workshop  berlangsung.

Pertama masuk Gedung Prodi Desain Interior, tampak banget hasil karya dari mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) berupa produk yang cantik mulai dari sepatu, tas, piring, gelas dll. Ada yang menarik  produk unggulan Itenas adalah Tas cantik yang terbuat dari jonggol jagung. Ahh, suka speechless akutu kalo melihat hasil karya beginian. Melewati mahasiswa yang sedang istirahat bernyanyi-nyanyi sambil bergitar ria, ahh sungguh pemandangan yang mengingatkan aku pada dunia sekolah pada jamannya pernah muda.

Memasuki lantai 2, tampak visi misi Desain Interior, kursi-kursi dengan berbagi model buatan mahasiswa tampak nyata. Memandang lingkungan sekitar yang tenang, anak-anak mahaswa dengan dandanan yang unik dengan stylenya masing-masing. Berlanjut, naik ke lantai 3 tempat workshop. Ahh, sambutan yang sangat ramah.

Tempat workshop, berteman dengan anak-anak SMA, SMK dan kakak-kakak mahasiswa yang menjadi pendamping untuk menggambar, setiap peserta disediakan meja khusus, pulpen berwarna dan kertas kosong, dipandu oleh Dosen yang menurutku nyentrik,  gaol, menyampaikan materi tentang desain interior begitu ringan dan penuh dengan ngelawak.

Dapet wawasan dan ilmu lagi, belajar menggambar tuh ternyata ada rumusnya, basic dari semuanya adalah menggambar kubus, membuat garis lurus dengan teknik menggunakan lengan, begitupun cara memegang pulpen untuk menggambar berbeda dengan halnya menulis. Sumpah, seru pisan bikin ngakak ngekek, terutama belajar membuat garis lurus yang pada ujungnya menggunakan insting dan perasaan.

Workshop selama 3 jam ini membuat mata juling, katanya memang begitu kalo awal-awal pas semester pertama, tapi lama-kelamaan kalo sudah menemukan titik asik dan nyamannya bakalan mudah banget.

“Ga semua calon mahasiswa yang mengambil jurusan Desain Interior harus punya bakat menggambar, asalkan ada kemauan dan konsisten itu kuncinya”, jelas Pak Iyus Djuhara sebagai Dosen Desain Interior di Itenas. Beliau juga mengajak semua calon mahasiswa mengambil program studi desain Interior, jangan takut  akan masa depan, tentu saja jenjang karir kedepannya sangat menjajinkan.

Apa saja Fasilitas dan Layanan di Itenas?

Fasilitas dan layanan di Kampus menjadi daya tarik tersendiri untuk bahan pertimbangan, seperti halnya di Itenas Bandung mempunyai fasilitas yang sangat lengkap, diantaranya:

Perpustakaan

Itenas hadir untuk memberikan pelayanan terhadap kebutuhan informasi terutama bagi civitas akademika Itenas. Perpustakaan yang telah terakreditasi “A” ini memiliki fasilitas koleksi buku dan sumber belajar berbentuk fisik maupun digital. Terdapat pula pojok kreatif yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk berdiskusi, belajar kelompok ataupun mencari sumber informasi. Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku dan masih banyak fasilitas lain yang tersedia di perpustakaan. Banyak tempat duduk yang nyaman dan ruang sosial yang bisa menjadi tempat berinteraksi antar mahasiswa atau dosennya.

Smart Clasroom

Kehadiran smart classroom berkaca pada awal masa pandemi covid-19 yang mengharuskan mahasiwa belajar daring atau online sebagai upaya menjaga protokol kesehatan. Hal itu mendorong Itenas berinovasi dengan menggabungkan sistem pembelajaran luring dan daring yakni hybrid. Smart Classroom, inovasi Itenas yang menghadirkan  kuliah hybrid  didukung oleh teknologi mumpuni.

Fasilitas tersebut memudahkan mahasiswa mengikuti belajar di mana pun dan kapan pun. Smart classroom bisa memberikan kualitas pembelajaran yang lebih baik dan tentunya tidak membuat jenuh mahasiswa

Ruangannya nyaman dan serba teknologi, mencoba explore dan menulis dengan menggunakan digital papan tulis.

Mural
Menjadi daya tarik tersendiri,  lokasinya berada di Gedung 18 dan Gedung 16 (mural tanaman dan CPU), pas pertama datang mata akan tertuju pada mural yang menghiasi, lagi-lagi hasil karya mahasiswa yang begitu kreatif.
Menarik banget kan hasil karya mahasiswa Itenas Bandung
Cafetaria
Terdapat Kantin Itenas di dalam kawasan kampus, lokasinya berada di tengah kampus sehingga mudah diakses oleh mahasiswa dari segala jurusan. Di kantin ini terdapat (jumlah) tenant makanan dan minuman dengan menu beragam dan harga yang terjangkau bagi mahasiswa. Tempat duduknya pun yang cukup banyak dapat mengakomodir mahasiswa. Merasakan duduk manis sambil nyeruput kopi  panas dan cemilan berbaur dengan mahasiswa dengan segala aktivitasnya.

Sarana Olahraga luar ruangan

Memiliki sarana olahrga berupa lapangan tenis yang berada di tengah area kampus. Selain itu ada juga lapangan basket dan futsal dan boulder (papan panjat) Demi menunjang aktivitas dan latihan, Itenas memiliki papan panjat yang juga sering dijadikan tempat latihan oleh beberapa klub panjat/penjelajah dari luar kampus Itenas

Ruang Publik

Sebagai bukti dedikasi kepada publik, Itenas revitalisasi Halte yang dibuat oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung dengan tampilan yang baru dan mudah terlihat. Halte diperuntukkan untuk area tunggu (kendaraan umum) dan juga sebagai titik jemput taksi/ojek online.

Dan masih banyak fasilitas  seperti tempat ibadah mesjid, klinik, ATM dan Bank, area parkir sepeda, motor dan mobil, dan  pendukung lainnya yang pastinya mendukung pembelajaran. Jadi buat yang sedang mencari perguruan tinggi langsung bisa berkunjung ke Kampus Itenas Bandung.

Tips mencari Kampus yang tepat

Tentu saja! Memilih kampus adalah keputusan penting yang bisa memengaruhi masa depanmu. Berikut beberapa tips yang mungkin membantu dalam proses pencarian kampus :

  • Tentukan Prioritasmu. Pertama-tama, pikirkan apa yang paling penting bagimu dalam sebuah kampus. Apakah itu reputasi, lokasi, program studi, fasilitas, biaya, atau faktor lainnya?
    Riset Kampus: Lakukan riset tentang kampus-kampus yang kamu minati. Pelajari program studi yang mereka tawarkan, reputasi mereka, fasilitas, kurikulum, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mereka sediakan.
  • Kunjungi Kampus. Jika memungkinkan, kunjungi kampus-kampus yang kamu pertimbangkan. Ini akan memberimu gambaran langsung tentang suasana kampus, fasilitasnya, dan mungkin juga kesempatan untuk bertemu dengan staf dan mahasiswa.
  • Pertimbangkan Lokasi. Faktor lokasi bisa menjadi penting. Pertimbangkan apakah kamu ingin tinggal di kota besar, kota kecil, atau di daerah pedesaan. Juga perhatikan jarak dari rumahmu dan aksesibilitas transportasi.
  • Reputasi dan Akreditasi: Pastikan kampus yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dalam bidang yang kamu minati. Selain itu, periksa apakah kampus tersebut memiliki akreditasi resmi untuk program yang kamu inginkan.
  • Biaya dan Bantuan Keuangan. Hitung biaya kuliah dan biaya hidup, dan pastikan kamu dapat mengaturnya. Juga cari tahu apakah kampus menawarkan bantuan keuangan seperti beasiswa, pinjaman, atau pekerjaan kampus.
  • Hubungi Alumni. Berbicaralah dengan alumni kampus-kampus yang kamu pertimbangkan. Mereka bisa memberikan wawasan berharga tentang pengalaman mereka dan bagaimana kampus tersebut mempersiapkan mereka untuk karier.
  • Pertimbangkan Lingkungan Akademik. Apakah kampus tersebut memiliki lingkungan akademik yang mendukung? Pertimbangkan rasio mahasiswa per dosen, fasilitas penelitian, dan kesempatan untuk magang atau belajar di luar negeri.
  • Perhatikan Kehidupan Kampus: Selain dari akademis, pastikan kamu juga cocok dengan kehidupan kampusnya. Apakah ada klub atau organisasi yang sesuai dengan minatmu? Bagaimana dengan fasilitas olahraga, kebudayaan, dan hiburan?
  • Percaya pada Instingmu. Terakhir, percayalah pada instingmu. Setelah melakukan semua riset dan kunjungan, pilihlah kampus yang paling sesuai dengan apa yang kamu rasakan akan menjadi tempat yang baik untuk mengejar pendidikan impianmu.

Semoga tips ini membantu! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya atau kepoin sosial medianya IG @itenas.official dan Tiktok  @itenasofficial. Kuliah di Itenas merupakan pengalaman tersendiri. Sebagai Kampus yang terletak di tengah kota, Itenas dikelilingi oleh beberapa tempat berkumpul strategis seperti coffee shop, toko buku, supermarket, pujasera, copy center, dan juga toko-toko yang dapat membantu keseharian mahasiswa Itenas.

Untuk info lebih lengkapnya seputar  Itenas silahkan  mengunjungi kampusnya!

Institut Teknologi Nasional, Bandung
Jl. PH.H. Mustofa No.23 Bandung 40124
Phone: +62 22 7272215, Fax +62 22 7202892
Email: humas@itenas.ac.id
Website :
www.itenas.ac.id (main website official)
www.pmb.itenas.ac.id (official Pendaftaran Mahasiswa Baru)

Comments (25)

  1. Tian lustiana

    April 27, 2024 at 8:09 AM

    begitu masuk ke Itenas seneng banget, lingkungannya nyaman dan asri banget meskipun berada di tengah kota yah, fasilitas dan prodi nya banyak.

  2. Linasophy

    April 29, 2024 at 11:59 AM

    Kampusnya terlihat nyaman dan adem, mendukung banget untuk fokus belajar. Jurusannya banyak juga ya? Nah yang menarik banyak tawaran workshopnya itu lhoooo…

  3. Myra (Keke Naima)

    April 29, 2024 at 2:46 PM

    Jadi inget zaman sekolah. Beberapa teman saya memilih Itenas. Ternyata masih terkenal ya sampai sekarang. Kantinnya juga dulu jadi favorit, tuh. Kalau sekarang makin cakep kali ya kantinnya.

  4. Lidya

    April 29, 2024 at 4:42 PM

    Materimateri workshopnya baghus teh kalau deket di sana anakku pasti mau ikutan tuh. Fasilitas kampusnya lengkap juga ya bisa jadi rekomendasi buat yang pada barululus SMA nih

  5. Sasha

    April 30, 2024 at 2:44 PM

    Kalau dulu yang ada visit biasanya cuma level TK.SD. Sekarang kampus-kampur sudah mulai banyak yang bikin acara semacam campus visit atau open kampus gini ya, mak. Gebrakan yang menarik. Calon maba jadi bisa punya bayangan nantinya kehidupan kampus bakal seperti apa.

  6. Susi

    May 1, 2024 at 3:58 AM

    Wih keren banget ya Itenas. Dulu, salah satu cita2 adalah kuliah di Bandung tapi nggak kesampaian! Hehehe.. semoga nanti bisa ke Bandung buat jalan2 🙂

    • Mpo Ratne

      May 1, 2024 at 4:42 PM

      Kuliah dengan fasilitas pendukung memberikan kenyamanan bagi mahasiswa dan ruang menyalurkan bakat lewat mural. Asik ada halte jadi tidak perlu jalan jauh lagi .pas depan kampus berhentinya

  7. nurul rahma

    May 1, 2024 at 6:55 AM

    Wihhhh ini bisa menjadi opsi terbaiikk, buat yg mau kuliah d BDG.
    cuaca enaakkkk, iklim pendidikan kondusif bgt.
    Layak nih jadi pilihan

  8. Lala

    May 1, 2024 at 7:24 AM

    Kampus idaman banget 🤩 Fasilitasnya mumpuni sangat, ada ruanh mural yang luas dan hasil muralnya cakeup-cakeup pisan. Ruang terbuka kampus juga sangat rindang dan nyaman, perpustakaannya pun duuhh bikin betah belajar disini.
    Institut Teknologi Nasional jadi kampus terbaik nih buat para keponakan atau saudara yang mau masuk kuliah 🥰

  9. Lintang

    May 1, 2024 at 11:53 AM

    Wah ada prodi Desain Interior nih kayanya seruuu. Banyak banget hasil karya anak DKV dengan berbagai produknya yaa. Penasaran jadinya ama tas cantik jonggol jantung. Dan aku baru tahu kalau menggambar juga ada rumusnya hehehe. Bikin garis lurus mayan susah nih buat yang mata silinder.

  10. firsty molyndi

    May 1, 2024 at 12:52 PM

    seru banget workshop “menggambarnya”. baru tahu nih kalo menggambar itu ada tekniknya sendiri-sendiri. kalo udah tahu, berarti siapa pun bisa menggambar dong ya..

  11. Jiah Al Jafara

    May 1, 2024 at 1:50 PM

    Suka deh, ada Muralnya juga. Dari segi lingkungan, Institut Teknologi Nasional kelihatan adem. Ruangannya juga kelihatan simpel dan nyaman. Yuk-yuk yang pada mau kuliah. Coba lihat-lihat di sana

  12. Rani R Tyas

    May 1, 2024 at 2:13 PM

    Teh, Itenas itu termasuk kampus negeri bukan? Kayaknya di Semarang juga ada, itu kira-kira berkongsi sama Itenas yang di Bandung nggak ya? 😀

  13. Arinta Adiningtyas

    May 1, 2024 at 4:37 PM

    Menggambar memang susah ya, Teh…

    Curhat suamiku pas kuliah arsitektur juga katanya pernah merasa salah jurusan pas semester awal. Padahal doi pinter nggambar. Ya mungkin karena teknik-tekniknya itu, yaa..

    Aku nyerah aja lah kalau disuruh gambar. Wong bikin lebah aja dikira kecoa. 🤣

  14. Alida

    May 1, 2024 at 6:00 PM

    Makin maju dan sesuai dengan perkembangan zaman nih Itenas. Penasaran dengan smart classroom yang bisa menggabungkan luring ini ya. Smoga makin banyak yang bisa menikmati fasilitas dan mendapat ilmu dari belajar di Itenas ini

  15. Suciarti Wahyunintyas

    May 1, 2024 at 7:01 PM

    Semakin keren ini Itenas ya teh, aku izin share juga ke teman-teman yang sedang mencari perguruan tinggi untuk anak-anaknya. Apalagi sekarang banyak nih anak-anaknya temanku yang memilih kuliah ke luar kota.

  16. Utie Adnu

    May 1, 2024 at 7:18 PM

    Cocok nih yg lagi cari2 kampus buat kuliah…fasilitasnya lengkap ya teh kampusnya juga bersih banget…. Belum pernah masuk Itenas nih teh .semoga sih UKTnya terjangkau jadi gak ragu untuk bnyk org kuliah disana

    • Ruli retno

      May 1, 2024 at 9:15 PM

      Masyaallah, suka banget liat mural dan ruang publik. Vibesnya ud kaya kampus2 di liar negeri hehehe. Aku ikut senang

  17. Okti

    May 1, 2024 at 7:58 PM

    Perpustakaan Itenas keren ya lengkap gitu
    Saya bakalan betah lho sampai nginap juga di sana. Hahaha…
    Yg masuk Itenas pasti betah secara semua fasilitasnya lengkap

  18. Damar Aisyah

    May 1, 2024 at 8:08 PM

    Bangunannya cakep nih, estetik. Itenas sudah cukup lama eksis, dan terkenal juga. Kalau sekarang kira2 biaya sampai berapa ya. Jadi penasaran.

  19. Nurul Fitri Fatkhani

    May 1, 2024 at 9:11 PM

    Selama ini kirain kampus Itenas itu jurusannya hanya teknik aja, ternyata ada jurusan seni rupa juga, ya, Teh.
    Saya sering lewat sana, lihat dari luar aja , kampus Itenas ini memang keliatan asri. Eh di dalamnya malah ada lukisan mural yang ciamik yaa…

  20. Tian lustiana

    May 1, 2024 at 10:01 PM

    Suka banget sama penataan kampusnya, bikin betah. Perpus nya asik bikin betah baca. – baca dan ngerjain tugas yah

  21. Umimami

    May 1, 2024 at 10:26 PM

    Waah warna kampusnya orange, kesukaan nih 😍
    Seneng ya bisa ikut workshopnya, anak saya suka design, itenas nanti bisa jadi pilihan nih, sekarang waktunya ortu nabung dulu, kan jafi kepikiran ntar ukt udah berapa ya? 😅

  22. Nathalia DP

    May 2, 2024 at 5:30 AM

    Banyak temen SMA yang kuliah di sini… Enak ya kampusnya, pengen nyoba nongkrong di cafetarianya deh…

  23. Hikmah Khaerunnisa

    May 6, 2024 at 8:46 AM

    Itenas sih gak diragukan lagi teh nchie kualitasnya, terkenal juga sebagai kampus swasta di bandung yaa

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.