Pameran Foto Dago Baheula di Herbal House

PIN

Pameran Foto Dago Baheula. Siapa yang ga kenal dengan wilayah Dago, menjadi jalan iconnya Kota Bandung yang terkenal dengan kawasan heritage. Selain itu bangunan khas Belanda yang bagus dan menarik tentunya memiliki  magnet dan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Tapi sebagai Wargi Bandung pun berasa banget semakin banyak perubahan yang terjadi di sekitar Kota Bandung. Dimana gedung Heritage ini lepas dari perhatian publik, bahkan beberapa di antaranya  ada yang lenyap  dan meratakan bangunan  sebenarnya memiliki sejarah sejak zaman Belanda.

Dago Baheula

Ibu Heni Smith selaku CEO The Lodge Group dan Pelaksana Pameran Dago Baheula mengatakan, pameran ini pada dasarnya menceritakan arsitektur bangunan Dago dan kehidupan sosial masyarakat pribumi saat zaman Belanda.

Dago Baheula diusung oleh Bu Heni Smith sebagai CEO The Lodge Group dan pelaksana Pameran tersebut.  Di Herbalhouse Bandung saat ini tengah digelar pameran foto bangunan ‘baheula’ (dulu) yang melibatkan warga pribumi sebagai pemilik dan sekaligus yang pernah tinggal di dalamnya. Beberapa poto bangunan jaman dulu yang khas banget, poto seadanya karena pada jaman dulu memgkin belum ada hasil jepretan yang sekece sekarang. Pajangan foto khas zaman dulu terpajang di sebuah ruangan.

Ramahnya Bu Heni tatkala berkunjung ke Pameran Dago Baheula, tanggal 8 November ini , beliau menjelaskan ga gampang mengumpulkan poto jaman dulu, belum lagi resolusi kalau dicetak membuat  poto tersebut  pecah-pecah.  Ga hanya gedung saja tapi  juga kehidupannya, bagaimana mereka hidup di zaman dulu, bagaimana mereka bersosialisasi dan apa saja katuangan (makanan) menak jaman dulu.

Sangat menarik banget dan sebagian  orang-orang ternyata banyak yang ingin tahu kehidupan di gedung heritage itu seperti apa, begitulah tujuan dibuatnya  pameran,  menunjukkan bahwa gedung tua juga cantik banget dan keinginan mendalami dan edukasi terhadap pemilik heritage, pemerintah dan anak muda penerus kita. Semoga saja bisa berkolaborasi diantara semuanya agar tetap terjaga kelestarian bangunan-bangunan lama tersebut.

Ada yang spesial juga, unik dan memiliki nilai lebih bahwa bangunan Herbal House yang saat ini menjadi lokasi pameran juga termasuk bangunan lama sejak 1930, wow sekitar 90 tahun, dan memang sangat menarik banget menikmati dan suasana cafe Herbal House ini.

Lebih spesial juga, ketika mengunjungi Pameran Dago Baheula, salah satunya seperti talkshow yang dihadiri oleh Ir Bernadus Djonoputro dan Pak Jepri dari IAI chapter Jabar yang membahas Tata Kota dan Arsitektur Kota Bandung. Pembahasan yang seru dan menceritakan bangunan-bangunan heritage di Bandung oleh pakar-pakar dibidangnya.

Menempel banget ucapan dari Pak Ben, kalau jaman dulu di jalan dago naik motor bisa dengan menyetir sebelah tangan, karena tangan yang satunya  ngagebay alias dadah-daha syantik. Trus mbayangin naik motor jaman Doeloe di Dago bari Ngagebay syantik, atulaah. Kuy ahh siapa lagi yang melestarikan gedung-gedung peninggalan jaman dulu kalo bukan kita, cuss wahai generasi milenials, mari beraksi!

Di masa yang akan datang ga menutup kemungkinan bahwa penerusnya adalah anak-anak muda yang akan mewarisi gedung berasitektur khas Art Deco dan Jengki ini. Masih banyak sebetulnya yang ga tahu bahkan kurang paham bahwa gedung itu heritage, menilai, bangunan heritage yang memiliki  nilai yang sangat tinggi mengenai asal usul kehidupan seseorang. Menjadi penting bagi kita untuk mengetahui nenek moyang kita dan menjaga gedung ini sebagai bukti . Salut dengan gagasan Bu Heni,  sudah menjadi kewajiban kita untuk mengedukasi dengan cara yang sederhana, salah satunya dengan adanya Pameran Dago Baheula ini.

Pameran foto ini adalah hasil kolaborasi The Lodge Group dan Tetangga Jadoel ini semoga memberikan inspirasi sekaligus edukasi bagi masyarakat umum serta memberikan perhatian lebih bagi pemerintah, sayang sekali dengan bangunan-bangunan lama yang dirombak habis. Mudah-mudahan menjadikan  inspirasi buat anak-anak muda untuk mengetahui bangunan-bangunan heritage yang ada di Bandung begitu sangat berharga.

Nah buat yang penasaran dengan Dago Baheula, merapat sini mulai dari 7-14 November ada di @herbalhouse_bythelodge Jalan Sumur Bandung No 6 Bandung plus ada Festival Katuangan Menak yang dapat disajikan

Comments (45)

  1. Ana Ike

    November 12, 2020 at 6:45 PM

    Aku tu suka banget lihat foto-foto jaman dulu gini. Suasananya masih asri, arsitektur dan bangunan biasanya kombinasi antara pengaruh kolonial dan sebagian khas daerah. Mau ah intip-intip fotonya Dago Baheula

    • Leyla Imtichanah

      November 16, 2020 at 8:59 PM

      Keren nih. Jadi bisa nostalgia setiap melihat foto-foto yang dipamerkan ya. Setiap foto menyimpan kenangan.

  2. Juliastri Sn

    November 12, 2020 at 9:41 PM

    Aku suka terhanyut kalau liat foto-foto jaman baheula. Kayaknya jaman dulu tuh indah banget untuk dikenang ya..Benar-benar kenangan yang jadi sejarah tak terlupakan..

  3. Armita

    November 13, 2020 at 5:02 AM

    Wah masih ada waktu dua hari lagi nih, hari ini dan besok ya Teh. Masya Allah itu kenangan banget pastinya dago baheula

  4. Alya

    November 13, 2020 at 8:33 AM

    Suka banget liat foto-foto jadul gitu. Dulu bangunan Belanda di indo tuh bagus-bagus banget dan sekarang kondisinya sudah gak terawat dan terasa jadi angker, miris banget :(. Padahal bangunan nya itu punya nilai sejarah banget dan harus patut untuk di lestarikan

  5. Yoharisna

    November 13, 2020 at 11:38 AM

    Aku suka bangets nyusurin era baheula. Apalagi abis baca tulisan mbak. Bikin pingin liat. Pasti cool😊

    Aku membayangkan jalan2 bareng mbak di Sana. Sambil ngobrol dg latar bangunan era doeloe. Eh,

    Anyway,

  6. Ina Tanaya

    November 13, 2020 at 1:25 PM

    Dago Baheula jadi festival menarik utk melestarikan peninggalan bangunan kuno. Wah jika yinggal di Bdg saya aksn hadir.

  7. Milda Ini

    November 13, 2020 at 10:54 PM

    Failed to focus on jengki, but in fact children now the idea is unpredictable and maybe later our children will too, the idea skyrocketed

  8. Maria G Soemitro

    November 14, 2020 at 1:19 AM

    Saya sempat ngerasain sejuknya Dago, teh Nchie
    Sekitar tahun 1980an jalan kaki dari kanayakan ke jalan merdeka
    Asyik aja, ga keringatan dan hampir ga ada debu

  9. Dian

    November 14, 2020 at 6:38 AM

    waahh dago tempo dulu terlihat sejuk dan asri ya teh,pasti nyaman jalan jalan disana

  10. atiq

    November 14, 2020 at 7:49 AM

    Seneng banget lihat foto-foto jaman dulu gini ya, lebih estetik hehe.. Suasananya tempo dulu banget, keren ya 🙂

  11. Marantina

    November 14, 2020 at 9:40 AM

    Tulisan ini bikin aku makin kangen sama Bandung, termasuk penasaran sama pameran foto Dago jaman baheula 🙂

  12. Nurul Fitri Fatkhani

    November 14, 2020 at 10:57 AM

    Saya juga paling suka lihat bangunan heritage, bangunan dengan arsitektur bagus dan masih kokoh berdiri hingga sekarang. Eh ada Festival Katuangan Menak juga ya? Wah menarik sekali.

  13. Dedew

    November 14, 2020 at 11:10 AM

    Ya Allah Teh, asyik banget sih acaranya, jadi pengen ikutan nonton pamerannya. Kalau lihat museum dan acara begini suka membayangkan kehidupan di masa lampau..bagaimana suasananya, gaya pakaiannya dll..

  14. Adhe

    November 14, 2020 at 12:00 PM

    Bandung emang juara yah teh kalo bikin kegiatan2 bermanfaat gini. Pameran2 semacam ini juga patut dijadikan contoh buat yg lain juga nih teh. Jadi rindu euy melipir ke Bandung lg hehe 😉

  15. Sapti nurul hidayati

    November 14, 2020 at 7:36 PM

    Belum pernah ke Dago
    Mungkin kalau di Jogja seperti kawasan kota baru gitu ya. Banyak bekas rumah belanda karena dulu memang kawasan pemukiman Belanda. Senang melihat bangunan heritage seperti ini…

  16. Alfa Kurnia

    November 14, 2020 at 7:40 PM

    Aku suka banget kalau liat pameran foto-foto jadul, Teh. Berasa ikut kembali ke masa lalu. Dago zaman baheula pasti cakep banget ya.

  17. Husnul Khotimah

    November 14, 2020 at 9:13 PM

    ‘Mengedukasi dengan cara yang sederhana’ simple banget kata katanya, tapi sangat mengena. Pikiran saya jadi kemana-mana, Bisa juga diaplikasikan untuk lingkungan sekitar.. yang pasti saya nemu intinya ^^

  18. Andy Hardiyanti

    November 14, 2020 at 11:59 PM

    Pamerannya berakhir Sabtu tadi yaa, Teh. Semoga kapan-kapan pas ke Bandung, sempat menghadiri pameran foto gini juga. Pasti menarik.

  19. RAch Alida

    November 15, 2020 at 3:34 PM

    Duh duh telat baca informasinya. Pamerannya diperpanjang dong. Atau diadain di Jakarta deh. Aku suka yang serba era jaman baheula. Hahaha. Dan ini juga jadi pembelajaran buat anak juga

  20. Diah Alsa

    November 15, 2020 at 3:59 PM

    kalau lihat bangunan-bangunan tempo doloe kayak gini itu jadi berasa lihat langsung sejarah ya Mbak, gedung-gedungnya kokoh dan unik bentuknya.
    waktu ke Bandung tahun 2012 lalu saya juga mampir ke Dago Mbak, tapi sayangnya gak ke tempat-tempat yang ada di foto-foto ini 😀

  21. Mama Minta Piknik

    November 15, 2020 at 4:50 PM

    Lihat jalan Dago masa kini aja masih eksotis, bagaimana Dago jaman dahulu ya. Aku suka menikmati foto-foto lama, Teh, sambil membayabgkan sekaligus membandingkan perubahan yang terjadi di masa sekarang. Bu Henny idenya gak pernah mati deh, ada aja cara untuk mengangkat potensi Bandung.

  22. indah nuria

    November 15, 2020 at 8:55 PM

    foto jaman baheula itu memang selalu nostalgic yaaa teh.. bikin kita bahagia ingat kenangan mas kecil. Aku suka excited sendiri liat foto lama tuuuh

  23. Ida Tahmidah

    November 16, 2020 at 5:24 AM

    Melihat-lihat foto zaman baheula membuat kita terlempar ke masa lalu, jadi terbayang, memori masa masa lalu terpanggil otomatis jadi bernostalgia deh…

  24. Nurul Fitri Fatkhani

    November 16, 2020 at 7:15 AM

    Dari melihat foto zaman baheula kita bisa menikmati keindahan seni fotografi sekaligus banyak belajar sejarah dari suasana yang diceritakan dalam fotoya, Teh.

  25. Nia Haryanto

    November 16, 2020 at 7:22 AM

    Wah udah lewat ya acaranya. Sayang banget gak tahu. Keren banget deh acaranya. Bisa bikin kita nambah wawasan tentang sejarah ya.

  26. Uniek Kaswarganti

    November 16, 2020 at 7:33 AM

    Di Semarang juga banyak nih bangunan jadul gini. Bagus juga ya kalau diadakan acara yang sama. Jadi anak muda ga sekadar fota-foto aja di depan gedung heritagenya, tapi juga tahu sejarah dari bangunan tersebut.

    • Gita Sarrah

      November 16, 2020 at 2:47 PM

      Wah menarik nih pameran foto Dago Baheula yah😍 ..sayang aku telat bacanya..pamerannya udahan ya teh? Mudah2an bakal ada lagi acara serupa. Kusuka segala sesuatu yg berbau heritage😘

  27. Sri Widiyastuti

    November 16, 2020 at 8:07 AM

    wah senangnya teh, bisa mengikuti acara ini, saya juga entah kenapa suka banget ikutan acara acara yang menggali sejarah, baik itu jalan, gedung dan sgala rupa weh yang bersejarah. Kebayang eta naik motor dadah dadah syamtik, siga putri diana ihihihi

  28. Alif

    November 16, 2020 at 9:19 AM

    Dago memang menyimpan banyak pesona ya teh. Apalagi pas ada pameran gini. Jadi pengen ikutan lihat pameran fotonya. Cuma sayangnya jauh

    • Ghina

      November 17, 2020 at 5:21 AM

      Iyaa nih, salah satu mimpi banget pengen bisa jalan2 ke Bandung. Belum pernh menjejakkan di Dago nih.

      Apalagi kalo ada museum smaa festival gini pasti dapat bgt suasana masa lampaunya uaaa

  29. TIAN LUSTIANA

    November 16, 2020 at 9:37 AM

    Seneng banget liat foto2nya ya teh, menggali lagi sejarah dan mengingatnya kembali.

  30. www.iffiarahman.com

    November 16, 2020 at 12:06 PM

    Suami aku nih suka banget sama pameran2 seperti ini, tapi sayang banget kami belum ke bandung lg sejak psbb, semoga pandemi ini segera usai. Sukses selalu pamerannya

  31. Rizka Edmanda

    November 16, 2020 at 12:46 PM

    Seru juga ya bisa lihat2 kenangan masa lampau zaman dulu di dago

    • Ghina

      November 17, 2020 at 5:21 AM

      Iyaa nih, salah satu mimpi banget pengen bisa jalan2 ke Bandung. Belum pernh menjejakkan di Dago nih.

      Apalagi kalo ada museum smaa festival gini pasti dapat bgt suasana masa lampaunya uaaa

  32. Bety Kristianto

    November 16, 2020 at 3:16 PM

    Daho nu ayeuna ge masih geulis pisan ya Teh… Kebayang deh jaman baheula pasti dobel dobel cantiknya. Hihihi motoran sambil ngagebay… Sok iyes banget pastinya. Aaaahh aku jadi makin kangen Bandung euy…. Kapan ya bisa mudik niih..

  33. Monica Anggen

    November 17, 2020 at 3:45 AM

    Aku dan Pewe suka banget dengan sesuatu yang berbau masa lalu, pernak-pernik vintage dan foto-foto tua. Entah kenapa, setiap melihat benda-benda seperti tersebut dan tahu ceritanya, rasanya luar biasa. Berasa diajak masuk ke mesin waktu yang melakukan perjalanan ke masa lalu… hahaha. Andai dekat, pengen banget ke pameran foto Dago Baheula ini.

  34. Visya

    November 17, 2020 at 4:34 AM

    Wuaah menarik sekali ini melihat foto foto jadul Dago temp dulu hehe. Btw Tetangga Jadoel itu apa Mbak?

  35. bang Day

    November 17, 2020 at 9:36 AM

    Duh saya suka banget dengan sejarah atau kisah2 jaman dulu baik via tulisan ataupun foto begini. Keren deh mb pny kesempatan bernostalgia

    • Ovi roro

      November 17, 2020 at 9:18 PM

      Wahhh yang namanya peninggalan sejarah emngk selalu memarik yAaa cuma tinggal gimana kita generasi muda nya yang mau peduli atau enggaknya.

  36. Desri Desri

    November 17, 2020 at 9:52 AM

    baru selesai tanggal 14 kemarin ya teh, Bandung emang super banget deh kalau soal tempat dan acara, pasti menarik banget untuk diikuti.

  37. antung apriana

    November 17, 2020 at 10:37 AM

    Wah Bandung ini kota kenangan banget soalnya pernah tinggal di sana 1 tahun pas SD. Suka banget sama bangunan-bangunan lama di kota Bandung yang masih terawat. Sayang di kotaku nggak banyak bangunan lamanya

  38. Nova Violita

    November 17, 2020 at 5:56 PM

    Liat2 foto lama..itu punya kesan tersendiri..dan terlihat kehidupan tenang.., pemandangan aari..masih sepi..gak banyak bangunan..

  39. Lusi Dan

    November 17, 2020 at 8:11 PM

    Selain punya banyak kenangan dari foto-foto lama, suasanya juga terasa lebih hangat.

  40. Lia

    November 18, 2020 at 10:51 AM

    Wah bicara arsitektur Di Kota kembangbtidak Ada matinyabya. Selain Dago di Braga juga masih ada bangunan berasitektur belanda. Bagus banget buat foto foto y

Leave Your Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.